Kartu Kredit Bank Mega Dibobol Tanpa PIN dan OTP, Tagihan dan Biaya Overlimit Dibebankan ke Saya

Saya adalah nasabah aktif kartu kredit Mega dengan logo Mastercard dari tahun 2018. Pada bulan Juni atau Juli 2022, saya mendapatkan kiriman Kartu Kredit Mega berlogo VISA, yang belum saya aktifkan sampai saat ini (karena informasi Mega Mastercard, per tanggal 30 November 2022 sudah tidak dapat digunakan).

Kejadian yang saya alami terjadi pada tanggal 20 Januari 2023. Saya tidak menggunakan produk Apple dan tidak mempunyai ID APPLE. Pada tanggal tersebut saya sedang berada di luar kota (Jakarta) dan tidak melakukan transaksi apa pun menggunakan Kartu Kredit Mega. Yang membuat saya kaget, terjadi 9x transaksi di Apple.com (pembobolan kartu kredit tanpa PIN, tanpa OTP di merchant Apple.com), dengan nilai yang sama berturut-turut.

Pada malam harinya saya segera melakukan pemblokiran, dengan harapan transaksi tersebut dapat segera dicegah/diinvestigasi/ditangani oleh pihak Bank Mega. Namun yang terjadi kemudian, pada tanggal 21 Januari 2023, ada transaksi di merchant luar negeri, dengan meminta OTP di SMS, sekitar 5x transaksi.

Dengan adanya hal tersebut saya menghubungi kembali pada tanggal 22 pagi harinya. Namun tanggapan dari pihak Bank Mega sepertinya tidak ada upaya membantu saya. Saat saya tanyakan info untuk surat sanggahan (formulirnya tidak ada email seperti yang dijanjikan), saya hanya diminta menunggu saja.

Saya kuatir, limit kartu saya hanya Rp7 juta, sementara transaksi tersebut sudah melebihi limit dan kemudian tidak ada pencegahan dari pihak Bank Mega mengatakan sudah melakukan blokir. Lalu kenapa bisa ada transaksi atas kartu yang sudah DIBLOKIR?

Kemudian saya mengirimkan email surat sanggahan sebagai berikut ke pihak Bank Mega pada tanggal 25 Januari 2023, karena form sanggahan baru dikirimkan pada tanggal 24 Januari 2023.

Akan tetapi pada tanggal 28 Januari 2023 tagihan e-billing ditagihkan kepada saya, beserta dengan biaya overlimit Rp250 ribu.

Terbit tanggal 28 Januari 2023

Dapat saya jelaskan saya tidak melakukan transaksi apa pun pada bulan Desember dan Januari. Hal ini sangat MERUGIKAN saya. Apakah pihak Bank Mega benar-benar melakukan investigasi?? Padahal jelas di email Bank Mega menyatakan bahwa kartu Mastercard sudah tidak dapat digunakan setelah 30 November 2022.

Saya mohon kepada pihak Bank Mega untuk segara dapat mengatasi kasus tersebut, dan menyelesaikan penagihan atas transaksi yang tidak pernah saya lakukan

Terima kasih.

Irawati
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mega:
[Total:158    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “Kartu Kredit Bank Mega Dibobol Tanpa PIN dan OTP, Tagihan dan Biaya Overlimit Dibebankan ke Saya

  • 31 Januari 2023 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Punya Apple ID ngga? Dugaan saya sih acc itunes kamu di hack… (dengan info kartu kredit mega yg sblmnya sudah tersimpan ke account apple, jika pernah purchase). Biasanya byk pencobaan phishing melalui email dgn mengirimkan invoice apple palsu dimana bunyinya: jika ini bukan transaksi anda, segera login blabla… (jika kita klik login… Lsg pindah tangan acc nya). Sering sy dapat email model begini.

    Jika tidak punya Apple ID, artinya kartunya yg kebobolan.

    Sanggah transaksi nya ke apple, bank biasanya ngga mau tau dan lepas tangan.

    14
    • 31 Januari 2023 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Pernah ngalamin. Terdapat 5 transaksi dari merchant luar negri. Transaksi berhasil tapi dana masi di hold oleh bank penerbit. Pd saat bersamaan, bank sms ke nasabah utk menghubungi bank terkait transaksi mencurigakan tersebut. Setelah telp dan melakukan sanggahan. Isi form. Mslh selesai..
      .
      Kemudian pernah jg kejadian di kk bank yg lain. Terdapat transaksi yg tdk saya lakukan. Transaksi tsb pembelian tiket pswt dan hotel. Masuk pemberitahuan transaksi tsb lewat sms. Lalu saya hubungi bank utk menyanggah transaksi tsb. Cs bank agak bertele2, capek saya berdebat lalu saya blg ya sudah la kita jumpa saja di pengadilan. Baru cs nya bersedia buatkan laporan sanggahan. Padahal investigasi paling gampang tinggal liat tiket pswt punya siapa dan hotel checkin pst menggunakan ktp.
      .
      Biasanya kasus spt ini bisa terjadi krn pernah menggunakan kartu tersebut utk transaksi online. Cuma utk kasus ts agak aneh, kartu blm pernah diaktifkan kok bisa kebobolan.

      12
      • 31 Januari 2023 - (23:11 WIB)
        Permalink

        Pihak bank mega memang lelet investigate pdhl ts sdh gercep menolak & kirim sanggahan. Ts tdk punya apple id, tdk pernah pakai produk apple, pertanyaan nya apakah ts pernah transaksi online sebelumnya via smartphone dgn kk, apakah pernah klik link di email sehngga hp nya kena hack jg bisa dianggap lalai

        10
        • 1 Februari 2023 - (07:30 WIB)
          Permalink

          halo makasih untuk tanggapan /komen nya

          saya tidak memiliki Apple atau pun Apple id

          transaksi online pernah lewat Agoda, untuk kartu yang kena bobol mastercard kode awal 5 kl untuk transaksi diatas sdh saya kirim surat sanggahan

          jeda transaksi nya beruntun dan cepat , saya proses via Mega call untuk bntu cegah dan tanya bbrp temen saya , kt nya transaksi tersebut untuk beli token game..

          ga pernah ada klik email dan Mega jg menyarankan jgn di simpan kl habis transaksi data kartu nya

          • 2 Februari 2023 - (11:40 WIB)
            Permalink

            pernah kejadian jug nov 2022 tpi bed bank ini bank besar juga swasta logo biru, tiba2 ada sms kartu kredit terblokir karena ada transaksi dr luar juga. setelah di cek ada di biiling tagihan 3 transaksi total2 4jt an. akhirnya tlp cs nya konfirmasi dan suruh buat pengajuan sanggahan selama 14hr kerja katanya pdhl 14hr ini kan tambah brpa hri udah JT, sdh call di 14hr kerja belum masih proses , dan memang sangat disayang kan. kenapa bisa jebol pdhl tidam pernah dipakai trx online, dan tidak ada sms minta kode otp apalgi cvv itu. kok bisa2 nya kebobolan. katanya sih dr sistem entah sistem apa yg bikin ke bobolan. alhasih pas JT dicall lagi dan transaksi sanggahan disetujui. kartu lama sudah tdk bisa digunakan jdi dikirim kartu baru lagi. ini yg kena di kartu master.. saran TS uber terus call terus sampai bisa sangganan disetujui dan dihapus kan. ancem2 aja. semoga cepat selesai ya masalahnya..

          • 3 Februari 2023 - (06:16 WIB)
            Permalink

            Tampaknya smartphone sudah kebobolan. Mungkin pernah akses sesuatu link ga jelas, atau install sesuatu tanpa disadari. Contoh kasus seperti apk apk yg lagi ramai. Dalam hal ini, hp sudah di sniffing dan ditempelkan keylogger yg bisa mantau semua penekanan tombol maupun otp yg masuk dan bisa diremote.

            Tapi memang seharusnya, jika ada transaksi dari luar negeri yg mencurigakan, rata2 bank melakukan oemblokiran sementara

      • 2 Februari 2023 - (00:18 WIB)
        Permalink

        cvv nya dibobol orang tuh. entah ada yg ngintip kartunya, atau pernah ngisi aplikasi lalu cvv nya dibocorkan pihak aplikator. Agoda apa Traveloka bs jd. Atau bs jg pernah isi cvv lewat komputer publik yg g aman..kepasang keylogger misalnya.

    • 31 Januari 2023 - (20:24 WIB)
      Permalink

      @Iwen
      bank biasanya ngga mau tau dan lepas tangan.
      Kalau kesalahan ada di pihak bank, bank hrs tanggung jwb donk. Ini kaitannya dgn security bank tsb. Kalau bank yg salah dan dibebankan ke nasabah kacau donk. Kecuali kelalaian ada di pihak nasabah baru bank bole lepas tangan.

      • 31 Januari 2023 - (21:42 WIB)
        Permalink

        Saya kan nanya bbrp poin ke TS dan belum terjawab. Transaksi Apple/itunes nya kan masih ke kartu mastercard lama. Baca e-statement (membedakan tagihan tercatat ke visa/master) sblm komen dan mencoba serang orang lain. Jangan sok paling bener.

        3
        10
          • 3 Februari 2023 - (07:02 WIB)
            Permalink

            Saatnya Nabung di BCA Bank Celengan Ayam . .!??

        • 3 Februari 2023 - (18:54 WIB)
          Permalink

          Ah elah iwen koplak, lo aja komen pertamax kagak baca isi kan ya, udah jelas ditulis “Saya tidak menggunakan produk Apple dan tidak mempunyai ID APPLE.” Masih nanya pula, budayakan baca sebelom komen woy

      • 1 Februari 2023 - (07:37 WIB)
        Permalink

        transaksinya ga cmn di apple.com saja gan, stelah saya blokir banyak transaksi nominal euro

        dr sy jg sdh lapor tapi banyak transaksi masuk stlah itu saya telp Mega call kt pihak mereka transaksi tersebut gagal

        tgl berikutnya ada lg transaksi sekali

        • 2 Februari 2023 - (07:26 WIB)
          Permalink

          Dear all,

          Sekedar informasi, saya juga pernah mengalami hal yg sama, bedanya saya menggunakan cc BNI, kejadiannya bbrapa tahun lalu di saat bulan ramadhan di waktu jam hectic orang berbuka puasa, sama persis, pembobolan pembayaran itune apple,, pihak cc BNI memang tdk bertanggung jawab untuk hal tersebut karena dianggap kelalaian dari pengguna card, meski saya bukan pengguna produk apple dan tidak memiliki id apple manapun, tapi saya mencoba menghubungi pihak merchant trsbut terkait ada nya transaksi diluar wewenang saya sebagai pemegang kartu kredit, alhasil pihak apple sangat membantu,, transaksi atas kartu cc BNI saya dibatalkan, dan nomor kartu saya di blokir dari semua merchant apple sebagai tindakan penanganan pembobolan,, akhirnya uang pembelian nya dikembalikan, dan saya minta surat pembatalan transaksi untuk antipasi kalau bank BNI tetap melakukan penagihan,, dan saya minta nomor kartu baru di bank BNI tsb nah sebaiknya saudara bisa mencoba langkah ini, menurut saya sistemnya sama, selama merchant mengembalikan pembayaran, pihak CC pun tidak akan menagihkan, semoga membantu..

    • 1 Februari 2023 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Berawal dari phising email kan .. Isi data diri tauny itu jebakan .. Jadi bukan kartu kreditnya yg bermasalah

    • 1 Februari 2023 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Kmarin saya juga di AWS begitu. Akun AWS nya yg di hack. Harus lapor ke AWS nya.

  • 31 Januari 2023 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Dl pernah punya cc mega kalau ada transaksi beruntun atau gak wajar langsung ditelpon pihak banknya. Ditanya apakah benar melakukan transaksi tersebut

    • 1 Februari 2023 - (07:34 WIB)
      Permalink

      iya bener gan dulu awal saya pake Mega jg demikian sering di hubungi transaksi online maupun offline.

      saya jg tidak pernah bermasalah selama ini aman aman saja

      bru terjadi sekali seumur hidup

  • 31 Januari 2023 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Pasri nanti ditanggapi bank mega nih. Malu dong habis dpt penghargaan ada kejadian kyk gini.

  • 1 Februari 2023 - (00:17 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin kasus seperti anda pak, tapi di bank lain dengan nominal kerugian 10jt. Saya sudah coba nego sama pihak bank tetap tidak bisa. Transaksi katanya dilakukan tahun 2020, tapi baru ditagih tahun 2023

  • 1 Februari 2023 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Saya baru kemarin kena juga tapi bank BNI, saya dan istri saya kena juga transaksi ilegal dr APPLE.COM ITUNES.ID nominal transkaksi sama seperti anda, tapi pihak bank langsung blokir kartu saya dan saya di sarankan bayar tagihan sesuai yg saya pakai saja, soal transaksi APLLE.COM saya tidak perlu bayar karena itu bukan yg saya lakukan dan saya diminta ganti kartu kembali dan bayar tagihan sesuai nominal yg saya pakai di luar tagihan lain, alhamdulillah selesai dan kartu pengganti juga udh aktif dan tagihan APLLE.COM nya juga gak tau ilang
    Saya udh 4x kena kayak gtu
    BANK BNI semuanyaa
    4x kena transaksi ilegal dan di kartu yg berbeda beda padahal hp saya samsung semua

    5
    1
    • 1 Februari 2023 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Iya gan syukur kl bisa langsung di tangani, saya jg ga tau tiba2 kena bobol 9x diluar yang minta OTP

      apa kl kena hack itu dari pihak bank BNI memberikan jaminan kl ga bayar ga kena bunga ?

      • 1 Februari 2023 - (09:44 WIB)
        Permalink

        apa kl kena hack itu dari pihak bank BNI memberikan jaminan kl ga bayar ga kena bunga ?
        .
        Mgkn lbh tepat nya bukan ga byr, tapi memang tdk ditagih baik bunga maupun induk nya sepanjang itu bukan kelalaian nasabah. Biasanya bikin pengaduan, isi form, kemudian dilakukan blokir kartu dan dikirim kartu baru.
        .
        Hati2 transaksi online menggunakan cc. Rata2 yg kena spt ini rata2 menggunakan cc utk transaksi online

        • 1 Februari 2023 - (09:59 WIB)
          Permalink

          iya gan ngerti, kita ga bayar krn ga ditagih , ini kan sdh masuk billing tagihan kl ga dibayar pasti didenda gan ..
          gitu si mksd nya

          • 1 Februari 2023 - (17:32 WIB)
            Permalink

            jika memang sudah lapor maka transaksi tersebut digantung dulu (pending) menunggu investigasi, selama pending ini tidak kena bunga dan denda.. nanti setelah investigasi jika terbukti adalah fraud maka akan otomatis dihapus tetapi jika terbukti transaksi sah oleh pemilik maka akan denda dan bunga dari sejak tanggal transaksi 2 itu dilakukan.

    • 3 Februari 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Udah kena bobol sampe 4x di bank bni, tapi masih ja betah pake cc bni, sungguh membagongkan sekali..

  • 1 Februari 2023 - (09:02 WIB)
    Permalink

    itunes bisa disanggah ( pengalaman itunes paling baik balikin duit bahkan kita sendiri yang bayar duit juga dibalikin ), harusnya bank mega bisa bantu sih, kalau bank lain sih palah ditelepon ditawarin sanggahan sama bagian fraud nya

    • 1 Februari 2023 - (09:58 WIB)
      Permalink

      hai kak, kl bank mega itu saya kasi surat sanggahan tgl 25 kl ke itunes itu saya ga tau kemana kirim nya ?

      • 2 Februari 2023 - (07:31 WIB)
        Permalink

        Gag perlu surat sanggahan, langsung telepon itunes apple nya aja, nti operatornya yg ngarahin, operator indonesia nanti di bypass ke operator singapur untuk penanganan komplain soal pembayaran … Contact cs apple nya bisa dicari di mbah google šŸ˜ŠšŸ‘

        • 2 Februari 2023 - (09:31 WIB)
          Permalink

          makasih banyak gan infonya, saya sdh menghubungi pihak apple tinggal menunggu prosesnya 5 hari kerja , bisa lebih cepat akan di informasikan. helpfull

          • 2 Februari 2023 - (10:04 WIB)
            Permalink

            Jangan lupa minta pihak applenya kirim email kalau transaksi itunes nya dibatalin dri pihak mereka, karena sebagai buat ke pihak cc mega kalau sewaktu2 cc mega tetap minta tagihan ke saudara,, dengan bukti trsbut cc mega gag bsa menarik tagihan ke anda..
            Salut sih sama pihak apple, gag nunggu sehari lebih, hitungan bbrapa jam, emailnya dah kita terima…

          • 2 Februari 2023 - (21:22 WIB)
            Permalink

            Nah ini nih yang saya mau tau, saya penah belanja di merchant luar negeri, ternyata dia tidak memerlukan OTP untuk melakukan transaksi, cuma no kartu sama cvv.
            Trus saya tanya ke CS nya, kok ini gak minta OTP langsung diproses transaksi nya, gimana kalau no saya dibobol, kan jadi gampang.
            trus jawab CS nya, itu settingan dari merchant seperti itu, bukan dari pihak bank. kalau ada transaksi yang tidak dilakukan bisa disanggah dalam waktu 30 hari setelah statement keluar.
            Baiklah kalau begitu…
            Sekarang ada kasus seperti yang ditakutkan, gimana kelanjutannya gan? tolong di-update yah… Thx šŸ™

  • 1 Februari 2023 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Saya CC BCA Tib2 trx di Itunea pdhal 1 kluarga gaada yg make iphone akhirnya bikin surat sanggahan deh jarak 3hri limit balik

        • 1 Februari 2023 - (13:05 WIB)
          Permalink

          berarti ada maling di antara 2 aplikasi itu. ngeri. mending pake pembayaran transfer deh

          • 2 Februari 2023 - (07:43 WIB)
            Permalink

            Seharusnya harus ada vertifikasi wajah yg kedip” mata sama mangap”,,, kyak’y aman…

  • 1 Februari 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    jd serem gunain kartu kredit buat belanja online. soalnya diminta lengkap hingga cvv pun diisikan, yg mana sudah cukup utk dilakukan transaksi bila di google/apple/apk jasa lainnya ky itunes, spotify, dll tanpa perlu lg otp.
    kl sy pake cc hanya di lokal saja misal tokopedia, shopee. ga pernah di luar negeri punya ky agoda, rawan maling

  • 1 Februari 2023 - (14:00 WIB)
    Permalink

    Awalnya gue bingung orang di medsos banyak yang jualan top up murah.
    Contoh harga 100 diamond di sebuah game 100rb rupiah, tapi hanya di jual 60rb rupiah.

    Apa mungkin mereka yang jual” seperti itu retas CC orang.

    Soalnya ga mungkin banget sekelas google play & Apple kasih diskon sampai 40% begitu.

    Klopun developer yang kasih diskon, harga yang dijual oleh orang” di medsos juga ikut turun.

  • 2 Februari 2023 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sama terjadi pada saya bulan dec 2023… terdapat 4 transaksi yg dilakukan di luar negri tepatnya di uber.eats.. ada sms tansaksi berhasil yg masuk ke nomor sy, sy baru ngeh setelah sms ke 4 kali dipagi hari… sy langsung blokir kartu dan melakukan sanggahan… sy follow up lagi dengan email dan twitter, kartu sy lansgung diganti baru, tp transaksi masih di investigasi, lalu pada tagihan bulan berikutnya transaksi itu di kredit kembali oleh bank mega dan tidak dibebanan kepada saya… apa krn sy pengguna aktif sudah lbh 10thn dan limit jg 50jt? Ga tau jg… apa mbak nya pernah pakai beli game di google play?? Hati2 loh itu….

    • 2 Februari 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Maaf loh maaf, Desember 2023? Anda dari masa depan ya? Ah saya asumsi anda typo. āœŒ

    • 2 Februari 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      saya ga maen game, mungkin kakaknya customer prioritas ya, menurut mega hari ini saya telp ke megacall betul transaksi nya dikreditkan hanya saya cek tagihan via telp masi sama.

      tinggal nunggu untuk biaya overlimitnya spy ga dibebankan, saya minta penghapusan, ga otomatis di hapus sifatnya masih pengajuan

      makasih ya atas sarannya

      • 2 Februari 2023 - (15:38 WIB)
        Permalink

        Biasanya bisa kok di nego untuk hapus tagihan… intinya selama nasabah recordnya baik pasti di mantain jg sama bank nya… cuma sy heran akhir2 ini banyak bgt yg kena hack CC di beberapa Bank…

    • 2 Februari 2023 - (14:15 WIB)
      Permalink

      saya ga maen game, mungkin kakaknya customer prioritas ya, menurut mega hari ini saya telp ke megacall betul transaksi nya dikreditkan hanya saya cek tagihan via telp masi sama.

      tinggal nunggu untuk biaya overlimitnya spy ga dibebankan, saya minta penghapusan, ga otomatis di hapus sifatnya masih pengajuan

      makasih ya atas sarannya

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Bank Mega Dibobol Tanpa PIN dan OTP, Tagihan dan Biaya Ovā€¦

oleh ira wati dibaca dalam: 1 menit
53