Paket Pengiriman JNE Criss Cross

Selamat pagi,

Terima kasih kepada Media Konsumen, tempat para konsumen untuk menceritakan keluh kesah atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Saya Fransiska dari Semarang. Pada tanggal 15 Februari 2023 saya melakukan pesanan sebuah controller di Shopee,  dengan nomor pesanan: 230215418EEAYA. Waktu itu saya memilih dengan kurir JNE dengan servis reguler, karena saya pikir dengan JNE maka barang saya bisa cepat sampai, nomor resi: CM08477984640. Berdasar dari pengalaman saya selama ini, tidak pernah ada masalah dengan kurir JNE, malah kurir-kurir lain yang sering saya temui agak lambat dan statusnya jarang update, karena itulah akhirnya saya memilih JNE waktu itu.

Saya cek tanggal 15 Februari sore, pengirim telah mengirimkan barang tersebut dan tanggal 16 Februari 2023 ada info bahwa barang saya sudah sampai di lokasi sortir Semarang dan sedang diantar ke alamat tujuan. Namun ada update lagi bahwa barang saya gagal di kirim dan akan dikirimkan lagi esok hari. Setelah itu, masih tanggal 16 Februari, update barang saya melalui Shopee itu bahwa barang dikembalikan lagi ke lokasi sortir.

Saat itu saya masih sabar menunggu, saya pikir tanggal 17 Februari barang akan kembali dikirim. Namun pada akhirnya status barang saya tidak ada update lagi. Saya coba berinisiatif untuk cek di website JNE dan keluar statusnya on process dengan barang saya mengalami criss cross atau tertukar. Saya saat itu masih coba menunggu karena estimasi barang saya sampai dari Shopee itu tanggal 19 Februari 2023.

Sampai di tanggal 19 Februari, saya cek di Shopee tetap tidak ada update dari barang saya. Tulisannya masih tetap dari tanggal 16 Februari barang di lokasi sortir dan di website JNE pun sama saja. Saya sudah mencoba menghubungi CS JNE pusat untuk menyampaikan keluhan ini dan hanya ditanggapi dengan dibuatkan laporan. Saya juga sudah mencoba menyampaikan keluhan lewat Shopee dengan mengisi form untuk mempercepat barang saya sampai.

Bahkan pada tanggal 19 Februari, saya juga sudah mencoba menghubungi CS JNE area Semarang via WA dan hanya diinfokan bahwa paket saya criss cross dan diminta menunggu dengan alasan hari Sabtu dan Minggu, JNE reguler juga tidak ada pengiriman. Mohon maaf JNE, tapi kalau hanya itu infonya, saya sendiri pun bisa membaca di website JNE tanpa perlu bertanya dengan CS-nya langsung. Oke, saya saat itu berupaya untuk sabar menunggu, mungkin besok hari Senin sudah bisa ada update kembali.

Per tanggal hari ini di tanggal 20 Februari, yang mana sudah melewati batas estimasi barang tersebut sampai, status pengiriman barang saya baik di Shopee maupun di website JNE masih tetap tidak berubah. Saya mencoba kembali menghubungi CS JNE area Semarang, tetap saya hanya diinfokan kalau barang saya sedang tertukar. Lagi-lagi saya diminta untuk menunggu dengan tempo waktu yang tidak jelas sampai kapan dan tidak jelas juga info barang saya itu sekarang ada di mana.

Update baru saja oleh CS JNE area Semarang, bahwa barang tersebut sedang dikroscek dengan barang lain yang tertukar dan saya lagi-lagi diminta menunggu dengan periode waktu yang tidak jelas. Berarti kalau selama ini saya hanya diam, bisa-bisa barang tersebut tidak di cek, padahal menurut saya waktu 4 hari di lokasi sortir itu sudah cukup lama untuk dilakukannya kroscek dan diinfokan permasalahan tersebut ke saya.

Saya mohon kepada pihak JNE dapat segera menyelesaikan permasalahan saya ini, memberikan info ter-update tentang status barang saya yang jelas sampai di mana. Saya berharap JNE bisa mengirimkan barang saya dengan segera, karena sampai tanggal 20 Februari saya belum menerima barangnya. Mohon maaf sebelumnya, tapi jujur saya sekarang merasa kecewa dengan pelayanan JNE, padahal selama ini saya selalu memilih JNE sebagai kurir utama di saat saya ingin mengirim dan membeli barang.

Terima kasih.

Fransiska Sutrisno
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir JNE Express di Shopee:
[Total:16    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdri. Fransiska Sutrisno

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 22 Februari 2023 berjudul “Paket Pengiriman JNE Criss...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Paket Pengiriman JNE Criss Cross

    • 22 Februari 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas responnya. Mohon untuk barang saya bisa segera dikirimkan ya JNE, karena sampai saat artikel saya dimuat hari ini di tgl 22 Februari, saya masih belum menerima barang tersebut.

  • 22 Februari 2023 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Biasanya kris kros (tertukar) krn petugas JNE waktu input resi di komputer salah tempel label pengirimannya dgn paket yg lain.
    Rata2 waktu sortir petugas hanya melihat alamat tujuan di label pengiriman yg dicetak JNE, bukan dari alamat yg tertera di paket.
    Pengalaman saya bbrp kali juga begitu kris kros dgn paket tujuan kota lain.
    Cuma ya prosesnya agak lama bisa 1-2 mingguan sampai benar2 paket diterima di alamat tujuan yg seharusnya.
    Jadi saran sy sabar aja. Krn paket yg dikirim jumlahnya ribuan setiap harinya. Dan kalau diasuransikan sebaiknya klaim asuransi untuk kompensasi barang tertukar (kris kros) maupun seandainya hilang krn kesalahan operasional.

    • 22 Februari 2023 - (21:12 WIB)
      Permalink

      biasa kalau cc itu salah tempel resi jd proses ini memang butuh waktu untuk konfirmasi paket lawan nya nah jika sudah ketemu nnti akan proses penerusan saran sy jika menemukan hal seperti ini memang hrus sbar bu biasa waktu 7-14hr kerja max namun aktual nya 5 hr dah kelar biasa nya…. apa lgi via shopee pasti pket ibu kan d follow up dan aka di lakukan penerusan

      selagi di mp mah aman bu itu jika pket tidak smapai2 pasti seller jg kan kontak jne nya bgitu sebalik nya

  • 23 Februari 2023 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Per tanggal 23 Februari 2023 ini akhirnya barang saya telah sampai dengan selamat dan dalam kondisi baik. Terima kasih untuk JNE yang akhirnya dapat menyelesaikan permasalahan ini, saya harap untuk ke depannya pelayanan JNE dapat ditingkatkan agar kendala seperti yang saya alami dapat diminimalkan. Terima kasih juga untuk pihak seller dan juga Shopee yang ikut bantu untuk memonitor. Terima kasih untuk media konsumen yg sudah memuat keluhan saya dan juga para pembaca yg ikut support.

  • 23 Februari 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Semua expedisi baik kurirnya dan manajemennya kinerjanya tidak sesuai SOP,klo ada keluhan cuma di jawab di bantu buatkan laporan follow-up,dan saling lempar tanggung jawab,anehnya masa paket di bawa kurir siapa mobil apa motor plat polisi berapa,seharusnya para pihak expedisi memiliki no TLP karyawannya,jadi klo ada masalah bisa langsung hub kurir yang bawa paket,bulan lempar sana lempar sini

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Paket Pengiriman JNE Criss Cross

oleh Fransiska Sutrisno dibaca dalam: 2 menit
7