Risiko Pengiriman Paket via J&Amp;T Express

Selamat pagi,

Saya ingin menyampaikan keluhan dan kekecewaan saya kepada J&T (merah). Sebelumnya saya pernah mengalami hal ini, tapi tidak terlalu saya ambil pusing. Namun kali ini saya harus menuliskan hal ini.

Paket dengan nomor resi: JX1594383202. Kronologi:

  1. Paket retur saya terima kemarin sore 28 Februari 2023 (di aplikasi J&T 26 Februari), diterima oleh ibu saya karena saya sedang check up ke RS Charitas.
  2. Bubble paket sudah terlihat lusuh/kumuh/kotor.
  3. Setelah paket dibuka ditemukan 3 pcs piring pecah, bahkan yang 1 pcs pecahnya sudah hancur. Jelas sekali seperti terbanting (meskipun sudah ditulis “jangan dibanting” besar-besar, kayaknya yang banting gak bisa membaca dan “perlu sekolah lagi”).

Kejadian ini bukan hanya sekali yang saya alami. Pernah saya kirim 1 buah sapu, gagangnya patah, dan patahannya entah di mana. Dan janjinya di-follow-up, tapi tidak pernah ada kelanjutannya lagi. Saya pernah juga mengalami tempat sendok pecah, saya ganti ke konsumen, karena itu pelayanan kami kepada konsumen “pecah ganti baru”.

Saya ingin melihat sejauh mana keseriusan J&T dalam melayani konsumen, karena saya sendiri melayani konsumen dengan suatu garansi agar selalu lebih baik!!!

Saran saya buat J&T:

  1. Didik karyawan belajar membaca, kalau barang sudah di-bubble apakah layak dibanting? Sudah ditulis pula jangan dibanting!! Apalagi barang tersebut akan diretur ke penjual karena ada yang php dalam membeli (sudah dibohongi konsumen php, barang hancur pula, belum lagi modal bubble).
  2. Didik karyawan biasakan menghubungi konsumen dan jangan kalau hubungi konsumen baru 1x saja udah langsung diretur.
  3. Selalu tekankan karyawan untuk bersabar dalam pelayanan, karena J&T adalah jasa pelayanan.
  4. Komplain jangan ditanggapi sepele, sekali dua kali masih sabar, kalau sudah berkali-kali gak bisa sabar, begitu juga kalau J&T antar paket kan? Saya lebih sabar dari J&T antar paket sekali dua kali, saya sudah berkali-kali.

Salam,

Abdurrahman (Aman Shop)
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:22    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Risiko Pengiriman Paket via J&Amp;T Express

  • 2 Maret 2023 - (01:53 WIB)
    Permalink

    Harusnya kalo beli barang pecah belah mending beli offline saja atau kalo jarak nya terjangkau ojol, mending pake ojol aja walaupun harga lebih mahal

    • 2 Maret 2023 - (10:06 WIB)
      Permalink

      saya penjualnya kk.. rezeki cari kemana aja..cuma ini mungkin bukan rezeki saya

  • 2 Maret 2023 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Saran dari sya mendingan agan pake lakban fragile klo mau pakai tulisan “jangan dibanting” tulis nya di dekat alamat pembeli krn klo agan tulis di samping seperti fto terlampir takut nya kurir nya tidak terlihat apalgi klo byk kiriman mrk pasti sudah gk perhatiin semoga jnt express nya mau ganti rugi

    • 2 Maret 2023 - (10:07 WIB)
      Permalink

      sudah pernah pakai fragile merah kk, tapi sama saja.. karena pakai fragile kadang mungkin ga kebaca karena kecil jadi kita pakai TULISAN BESAR2 “JANGAN DIBANTING” šŸ™

    • 2 Maret 2023 - (10:10 WIB)
      Permalink

      bener kk.. tapi kalau pakai JNT Cargo saya selama ini aman kk.. cuma itu ga bisa COD, konsumen bnyk yang mau COD,.. alhamdulillah aman pakai JNT CARGO… meskipun kadang2 ngeselin kadang lama…hehehe,, tapi barang tetap aman

      • 2 Maret 2023 - (22:33 WIB)
        Permalink

        Sebenernya gak ada ekpedisi yg aman, kalo pake kurir ini itu gak pernah kendala berarti belum apes aja, saya pernah di anteraja, si cepat, JNT barang hilang dr 750rb-4jt, justru pake TIKI blm pernah sekalipun barang rusak/hilang tapi kalo orang lain justru yg bermasalah TIKI tapi JNT selalu aman, ada yg Si cepat bermasalah tapi anteraja selalu aman, emang kalo barang di kurir susah di prediksi

      • 2 Maret 2023 - (22:52 WIB)
        Permalink

        Sedih banget sih kalo kiriman sampai kaya begitu. So far, saya cenderung ambil barang (khususnya brg penting) langsung digudang, baik itu jnt maupun jne. dan sejauh ini yang mengecewakan baru 1 kurir paket yaitu anter aja, sukur2 barang masih selamet walau dusnya udah babak belur

    • 3 Maret 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Iya… semua ekspedisi pasti ada aja kasus. Dari si “J”, si “C”, si “A”, dll. šŸ¤”šŸ¤ØšŸ˜

  • 2 Maret 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    kl sy udah kapok pake J&T, ga pernah beres, dulu barang dinyatakan hilang. Lalu, sabun cair bocor, padahal segel termasuk kuat. ga pernah bocor kalo pake ekspedisi lain. curiganya ditimpa yg berat2. harusnya kargo sama printilan paket kecil2 jangan digabung. sejak itu kalo belanja ga mau pk j&t, pasti pilihnya yg lain. anteraja yg notabene msh baru ga pernah mengecewakan. barang selalu utuh aman dan terkendali

  • 2 Maret 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    mungkin pakai streofoam atau kardus yang tebal biar aman lalu pakai bubble, saya juga kalo kirim hdd, pakai kardus berlapis lapis biar tebal dan pakai bubble, mencegah guncangan

  • 2 Maret 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga pake j&t paket saya iainya besi semua rata2, kalo ketiban paket saya pasti ancurlah paket situ šŸ˜‚šŸ˜‚

  • 2 Maret 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Memang susah kalau pakai jasa JnT. Saya selalu tulis di paket untuk jangan meletakkan di PopBox (semacam loker elektronik di tempat umum seperti apartemen dan stasiun) dan hubungi terlebih dahulu, karena saya bisa turun langsung karena saya bekerja selalu remote dan menghabiskan waktu di dalam kamar. Yang terjadi, tidak di telpon lewat WA, intercom atau telpon biasa, langsung main letak di PopBox. Dan Popbox di apartemen saya terletak d ujung kompleks apartemen dan jauh jalannya. Hal ini juga serupa saya alami dgn JNE.

    Anehnya, kalau paket yang tidak ada tulisan itu, gak pernah diletak di PobBox oleh kurir JnT šŸ¤£

  • 2 Maret 2023 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Hari ini J&T Cabang sini yang suka ambil paket datang ke toko saya.. mereka sedang melakukan investigasi dari cctv karyawan mana yg sudah melakukan banting2 barang, dan disisi dari mereka terlihat tidak melakukan banting2 barang, karena barang tersebut bukan barang yg kalau jatuh biasa aja bisa pecah seribu,,krn barangnya melamin..kecuali beling baru akan pecah seribu… kebaikan J&T cabang sini sangat saya apresiasi.. dan mudah2an menjadi contoh bagi J&T dicabang lainnya..dan mudah2an investigasinya segera terselesaikan..makasih untuk pihak MEDIA KONSUMEN Yang sangat selalu membantu dalam menayangkan keluhan2 konsumen..semoga tambah maju dan berkembang

  • 2 Maret 2023 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Kalau memang pecah belah packing palet kayu aja kak.. wrap tidak menjamin anti pecah..
    Cek packing dulu . Pikir pake logika aja kak

  • 3 Maret 2023 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Saya suka kirim VGA dulu jaman mining lg hits aman sih.. Packingnya mgkn bisa lebih optimal lagi, mgkn dikasih bubble di tiap item antar piring ke piring lain ada bubble.. Trus kardusnya dipotong dibuat sisi kanan kiri trus bubble lagi.. Karena percuma nyuruh kurir jangan dibanting haha.. Sy pernah kirim vga lewat sicepat.. Begitu di scan barcode sy balik badan nengok dikit packing paket yg baru dia terima (paket saya) dilempar ke temennya yg di belakang. Sy masih disana loh, tp karena sy packingnya yakin aman dan ternyata aman sampai tujuan..
    Semoga membantu

  • 3 Maret 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    kayak ga tau aja, coba ke agen ekpedisi rata rata semua ekxpedisi, semua paket semua lempar ke mobil box, apalagi barang kecil/ dus kecil-sedang enak untuk dilempar kedalam mobil box, sudah lihat dengan mata sendiri.

  • 3 Maret 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Aku punya konter HP & JNE, jd sering kirim paket juga tergantung pembeli pilih ekspedisi apa. Menurut ku, tulisan fragile dll pengaruh nya tidak banyak. Masuk karung tertindih dll. Jadi yg paling utama adalah packing yg aman dari penjual. Perkiraanya kalau terlempar jatuh masih aman.

    • 7 Maret 2023 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Maaf yang pilih expedisi itu pembeli bukan saya sebagai penjual… dan Alhamdulillah ini sudah selesai dengan JNT Express Palembang

  • 5 Maret 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Jangan pakai spidol warna hitam kakak.

    kalau pecah belah saya selalu pake spidol warna merah. dengan peringatan tanda seru 3x
    biar melek itu kurir2.

    “MOHON HATI-HATI, MUDAH PECAH!!!”

    dah gitu aja, kesannya gak sopan, tapi kalau sopan, biasanya gak diperhatiin

    • 7 Maret 2023 - (16:35 WIB)
      Permalink

      makasih utk sarannya.. dan Alhamdulillah ini sudah diselesaikan oleh JNT Express Palembang, dua kali untuk mendatangi kami sebagai penjual,, dan sudah selesai permasalahannya..Makasih utk Media Konsumen dan juga mkasih untuk J&T yang sudah bertanggung jawab menyelesaikan masalah ini

  • 7 Maret 2023 - (16:39 WIB)
    Permalink

    ALHAMDULILLAH PIHAK J&T EXPRESS Palembang Sudah 2x mendatangi saya.. dan alhamdulillah semua masalah sudah terselesaikan dengan baik.

    Terimakasih Kepada MEDIA KONSUMEN yang sangat respon dalam menerbitkan surat ini, dan makasih juga saya sampaikan kepada J&T EXPRESS yang sudah sangat sigap menanggapi Keluhan saya dan Sudah Menyelesaikan Masalah ini dengan baik…
    Semoga Kerjasama ini Terus Berlanjut dengan Baik Seperti ini.

  • 7 Maret 2023 - (16:51 WIB)
    Permalink

    bagus kak, pihak J&T EXPRESS ada mendengar dan menyelesaikan, pantas untuk di apresiasi PIC ybs

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Risiko Pengiriman Paket via J&Amp;T Express

oleh Abdurrahman Abdurrahman dibaca dalam: 1 menit
24