Lazada Tidak Menanggapi Laporan Penjualan Produk Palsu

Saya adalah pemilik merk Herbami Slim, yang mana merk tersebut sudah saya daftarkan di Direktorat Hak Kekayaan dan Intelektual, dan saya sudah menerima sertifikat atas merk tersebut. Singkat cerita, kami dilaporkan oleh para konsumen kami, bahwa banyak sekali produk Herbami yang dijual di Lazada, dengan harga yang sangat-sangat murah.

Alangkah terkejutnya kami mendengar hal tersebut, karena kami tidak mempunyai reseller dan kami tidak pernah menjual produk kami di e-commerce Lazada. Kami pun melaporkan masalah ini kepada pihak Lazada semenjak 7 September 2022 dan juga melampirkan dokumen-dokumen kepemilikan atas merek tersebut. Namun sampai saat ini masih belum ada tanggapan/tindakan apa pun dari pihak Lazada, padahal sudah 5 bulan lebih.

Ketika kami melakukan konfirmasi via telepon pun seperti tidak dianggap oleh pihak Lazada, hanya dijanjikan akan segera ditindak lanjut saja.Ā Berikut kami lampirkan bukti laporan dari pihak Lazada mengenai masalah ini dan bukti sertifikat merek asli yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

Apabila terjadi sesuatu karena penggunaan produk palsu tersebut, maka merk kamilah yang sangat dirugikan. Namun pihak Lazada Indonesia sepertinya tidak peduli. Sama seperti kasus penjualan obat bius yang dijual di e-commerce tersebut, sebelum viral tidak ada tindakan apa pun dari pihak Lazada.

Jefdi Gomulia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:41    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Lazada Tidak Menanggapi Laporan Penjualan Produk Palsu

  • 3 Maret 2023 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Coba anda konsultasikan dengan divisi legal perusahaan anda, atau langsung berhubungan dengan pengacara untuk (tahap awal) somasi ke pihak Lazada. Tuntutan kepada pihak Lazada lebih efektif karena anda cukup berhadapan hukum dengan cukup satu badan usaha dan Lazada secara hukum bisa dituntut karena memfasilitasi (dan mengutip biaya) atas aktifitas pelanggaran HAKI.

    Jika cuan jadi kendala, anda kunjungi toko-toko online di Lazada dan gunakan fitur “laporkan” di setiap toko. Lakukan secara konsisten, terjadwal, dan terus-menerus sampai ada tindakan konkrit dari Lazada.

    Jika hal tersebut masih sulit anda lakukan, berarti anda sebagai pemilik/pemegang merk dagang belum siap dengan segala konsekuensinya.

    20
    1
  • 3 Maret 2023 - (13:15 WIB)
    Permalink

    oo jadi ini yang suka kena banned marketplace dengan alasan produk palsu/pelanggaran hak intelekual.

    kadang mikir juga, misal anda beli laptop merek asus terus laptop untuk dijual kembali tapi pemengang merek asus melaporkan iklan dimarketplace yang menjual laptop tersebut TANPA INVESTIGASI ATAU KUNJUNGAN hanya tinggal lapor dan hanya mengunggah dokumen pemengang merek saja, TANPA DISELIDIKI, padahal laptop tersebut dibeli dari pemegang asus, KONYOL.

    sekalian tuh yang jual barang bekas dengan merek anda laporin sekalian, saya tau iri hati.

    3
    49
    • 3 Maret 2023 - (13:23 WIB)
      Permalink

      yang setuju berarti anda merasakan, yang tidak setuju anda belum merasakan dan semoga anda dapat merasakannya hahaha.

      2
      20
    • 3 Maret 2023 - (13:27 WIB)
      Permalink

      Lain cerita apabila telah dilakukan penyelidikan fisik dan memproduksi massal produk palsu dengan merek anda, baru silakan lapor, ini sepertinya hanya melapor hanya sebatas unggah dokumen pada layar.

      1
      19
    • 3 Maret 2023 - (17:57 WIB)
      Permalink

      kalau keseringan kena hapus produk dengan alasan tersebut berujung maut / pemblokiran akun permanen ya be šŸ™‚ wkwkwkwkkwkkk

      • 4 Maret 2023 - (00:59 WIB)
        Permalink

        Iri aje nih si penulis kalau banyak jualan yang lebih murah. Takut tersaingi dan gak ada pemasukan yah?
        Makanya kalau ada yang lebih murah, barang ente jualnya harus lebih murah dong, walaupun rugi. Jangan mau untung banyak doang maunya, tapi mencari barokah dan pahala.

        3
        10
    • 3 Maret 2023 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkw Mas Angelina, tolong baca baik2.
      Mana ada orang jualan barang tapi lebih murah dari harga belinya???
      Kalau dagang itu tujuannya untung bukan buntung.

      • 4 Maret 2023 - (07:39 WIB)
        Permalink

        Banyak mas, apalagi produk produk MLM. Karena mereka anggap dapat untung dari royalty. Cuma biasa kalau perusahaan MLM pi ter, mereka punya cara tersendiri utk mendeteksi reseller dari member mereka. Ketahuan tinggal di suspend.

    • 3 Maret 2023 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Mas Engelina kalo ga ngerti masalahnya gausah komen, jelas itu ada pelanggaran. Jangan2 mas ini salah satu nya ya?

    • 3 Maret 2023 - (23:40 WIB)
      Permalink

      misal untuk dijual kembali… yakinkah harganya jauh lebih murah???
      semua pasti sepakat, yg namanya jualan pasti nyari untung.

    • 4 Maret 2023 - (00:43 WIB)
      Permalink

      Komen paling ngawur, kan udah jelas si pemegang merk tidak punya reseller di lazada apalagi dijual dengan harga jauh lebih murah.
      Kalau Asus kan jelas mereka punya banyak reseller tidak terbatas, jadi keaslian utamanya pada after sales service.

    • 4 Maret 2023 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Pola pikirnya aneh. Kalau brand yang dijual dengan harga yang pas atau jika bisa lebih murah, tentu pemilik brand ga akan komplain. Kalau sudah terlalu murah, tentu beda lagi. Kasusnya beda dengan barang second. Kalau liat itu nama brand Herbami, tentu sudah kebayang itu produk Herbal. Mau ga beli produk Herbal bekas?

      Pernah dapet ga? Beli produk herbal apa isinya apa? Bungkusnya juga mirip, harga 1/3 asli. Saya pernah dapet saat awal2 jadi pembeli di marketplace.

      Jadi pola pikir situ dibenerin dulu.

  • 3 Maret 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    CS Lazada: “mohon maaf atas ketidaknyaman anda akan kami teruskan ke tim terkait.”

    Kalau sudah mangkrak 5 bulan, artinya:
    MEREKA TIDAK MENINDAKLANJUTI !!
    Artinya mereka melakukan pembiaran dengan dalih pemasukan/omset dari seller2 yg nakal itu gede buat lazada.

    Jangankan produk anda, produk HP palsu pun lazada melakukan pembiaran. Banyak sekali sindikat barang palsu yang dijual di lazada serta review2 palsu juga.

    Kalau trafik penjualan seler nakal ini tinggi, sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan advokat yang anda kenal baik.
    Jika tidak ada yang kenal, coba kontak ke hukumonline.com nanti ada yang bantu mulai dr associate maupun senior legal.

    Menurut saya anda sudah rugi berat akibat dr produk yang dipalsukan.

    Secara hukum, diatas kertas anda menang.

    12
    1
    • 3 Maret 2023 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Itu dia udh tulis “karena kami tidak mempunyai reseller dan kami tidak pernah menjual produk kami di e-commerce Lazada”, “dengan harga yang sangat-sangat murah”. Logika aj bang dijual harga murah untungnya dri mana itu, udh pasti produknya palsu terus klo konsumen knp2 pasti yg dituntut yg punya produk

      7
      1
  • 3 Maret 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Apakah mereka menjual di bwh harga jual anda atau di atas harga jual anda. Coba anda beli di lazada dan teliti dgn cermat brg tsb apakah asli atau palsu.
    .
    Bisa jadi kemungkinan, krn anda tdk punya reseller dan tdk menjual di marketplace dan ada yg melihat peluang ini, lalu memasarkan produk anda dan menjual nya di marketplace. Dgn kata lain produk yg dipasarkan adlh produk anda juga.

    1
    4
    • 3 Maret 2023 - (15:43 WIB)
      Permalink

      kmgknan besar si palsu, mana mgkn bisa jual lebih murah dr produsen aslinya kecuali beli partai besar. produk obat/suplemen memang banyak palsu, ada brg asli harga ratusan ribu di jual cuma puluhan ribu dan terjual ribuan.

      3
      1
    • 3 Maret 2023 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Membaca surat TS, TS tidak mempunyai reseller dan menemukan banyak seller di Lazada yang menjual harga murah, berarti kemungkinan besar adalah barang palsu. Lain ceritanya kalau seller-seller Lazada menjual di atas harga TS, ada kemungkinan barangnya memang asli yang di beli dari TS.

      5
      1
    • 3 Maret 2023 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Wkwk bnr sih klo punya nyali di somasi aja. Tp ingat, anda di negara yg tdk menghargai HAKI & mental rakyatnya yg penting murah wlo kw wkwkwk.. klo d eropa, HK atau SG anda pasti menang dgn mudah

  • 3 Maret 2023 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Haha klo HAKI ditetapkan secara konsisten di Indonesia, marketplace asal tiongkok bakal dilarang Mrk dgn senang hati jual produk2 fake asal tiongkok..

  • 3 Maret 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Mungkin bukan cuman anda yang merasakan,bnyak sekali bukan hanya di lazada,semua marketplace
    di Indonesia,selernya bnyk yg jual barang tiruan dgn harga di bawah standar ya dg tujuan biar laku,,karena murah.,, intinya sebge seller klo emg menjual barang yg asli harus punya trik dan bisa meyakinkan konsumen bahwa barang yg di jual asli.. Intinya di sini persaingan bisnis , entah itu asli atau palsu asal laku,, dan mungkin semua Marketplace susah untk mendeteksi seller2 nakal karena jumlahnya ribuan yg berjualan.. Saran saya sih intinya kita bisa meyakinkan konsumen klo produknya yg di jual itu asli,,

  • 4 Maret 2023 - (05:03 WIB)
    Permalink

    Lazadong, E-commerce yang suka nyepam iklan dan maksa buat diklik, tekan tab x kirain menutup iklan, ternyata masuk ke aplikasinya…
    Caranya mmg agak kotor..!

  • 4 Maret 2023 - (15:44 WIB)
    Permalink

    gw kalau report Kompetitor, gak pakai-pakai surat itu langsung ilang tuh produk nya… wkwkwkwkkk

  • 4 Maret 2023 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Halo semuanya selamat malam, saya mau menanggapi masukan dan saran dari teman2. untuk masalah pemalsuan produk ini perlu saya tegaskan sekali lagi ya,PRODUK YANG ADA DI LAZADA itu PALSU SEMUA , kenapa bisa saya katakan seperti ini , karena sekali lagi saya tekankan tidak ada reseller dari kami dan distributor kami yang berjualan di Platform tersebut,yang kedua ulasan2 yang diberikan oleh pembeli di lazada sebagian adalah ulasan fiktif, yang mana ada beberapa ulasan dari pembeli yang testimonial dan foto produknya mengambil dari testimonial yang diberikan oleh customer kami di shopee dan juga yang memberi ulasan ya akun itu2 saja.

    sebenarnya masalah pemalsuan produk ini sudah terjadi di beberapa e commerce , seperti shopee , tokopedia , blibli.com . di market place yang lain mereka sangat cepat menanggapi masalah ini.sehingga toko2 palsu tersebut langsung dengan segera di takedown. hanya di lazada saja yang sangat sangat lelet dalam mengurus hal ini.

    untuk yang menyarankan somasi , tuntut secara legal, memang betul itu adalah langkah hukum yang tepat, langkah tersebut akan kami ambil apabila memang masih tidak ada tindakan apapun dari pihak lazada.

    untuk akun bernama angelina, saya sarankan anda minum obat terlebih dahulu supaya cepat sembuh ya.atau apakah anda salah satu pemilik toko palsu di lazada tersebut ?

  • 5 Maret 2023 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Mungkin maksudnya ada yg jualan produk palsu di markatflase dan TS yg kena getahnya begitu bukan yah

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Lazada Tidak Menanggapi Laporan Penjualan Produk Palsu

oleh Jef0227 dibaca dalam: 1 menit
30