Proses Klaim Asuransi Tokopedia Tak Kunjung Selesai, Bukti Packing Tidak Diteruskan Kepada Pihak Asuransi

Melanjutkan penyelesaian transaksi Tokopedia sebelumnya pada invoice INV/20230208/MPL/3034544868.

Pada tanggal 4 Maret 2023 Tokopedia mengarahkan saya untuk mengajukan klaim barang hilang. Sesuai arahan tersebut saya mengisi berkas Klaim dan upload foto identitas diri/KTP. Tercantum pada Status Pengajuan Klaim Tokopedia diproses maksimal, sampai tanggal 7 Maret 2023.

Kemudian pada tanggal yang sama pada pusat resolusi Tokopedia menyampaikan update bahwa “Berkas klaim tersebut sudah diteruskan dan saat ini sedang dalam pengecekan pihak Asuransi.”

Lalu tanggal 6 Maret 2023 dua kali saya tanyakan kembali pada CS tokopedia dengan jawaban: ” bahwa saat ini sedang dilakukan pengecekan mengenai klaimnya oleh Tim Asuransi Tokopedia Care.” Bukannya sudah teruskan, kenapa masih dicek?

Saya juga telah beberapa kali mengirim email kepada pihak asuransi guna menanyakan perkembangan klaim tersebut. Dan dijawab tanggal 06 Maret 2023 pukul 10:43 AM. Namun dengan kagetnya saya, pihak Asuransi mengatakan jika klaim tersebut masih terdapat kekurangan dokumen yaitu bukti foto packing barang sebelum dikirim dan bukti foto barang sebelum dikirim. “Sekenario macam apa lagi ini?” Apa Tokopedia dengan sengaja tidak melengkapi dokumen yang dibutuhkan pihak asuransi?

Padahal sejak kendala dibuka pada tanggal 10 Februari saya sudah melampirkan bukti yang lengkap, berupa video/foto dan screen record tanggal dan waktu sebelum barang dikirimkan.

Etah berapa banyak lagi proses yang harus saya lalui. Padahal dana tersebut adalah hak saya. Hak penjual! Tokopedia dengan seenaknya meberikan jawaban yang ambigu, bertele-tele . Meresahkan dan membuang-buang waktu yang lama.

Saya harap Tokopedia dapat memberi kejelasan terkait pengajuan klaim yang sudah berlangsung, dipioritaskan dan bertanggung jawab atas pernyataan yang telah disampaikan.

Asep Sadeli Dahlan
Tasikmalaya, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:10    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Proses Klaim Asuransi Tokopedia Tak Kunjung Selesai, Bukti Packing Tidak Diteruskan Kepada Pihak Asuransi

  • 7 Maret 2023 - (02:02 WIB)
    Permalink

    Gk kebayang deh klo seller tiap packing harus punya bukti video packing. Klo 5-10 orderan per hari msh bisa lah, gimana klo ratusan per hari?

    Lagian pengalaman sbagi seller & buyer urus asuransi kehilangan gk pernah dimintain upload ktp, apa tokonya msh regular bukan power/pro merchant?

    • 7 Maret 2023 - (08:30 WIB)
      Permalink

      Kan udah ada teknologi yang namanya CCTV bang. Kalau seller yang gede dan niat mah pasti arsipnya lebih bagus. Saya pernah komplain ke toko official malah dari barang belum di packing -> proses packing -> tempel resi mereka punya semua. Ada CCTV di berbagai sudut ruang kerjanya.

      • 7 Maret 2023 - (10:18 WIB)
        Permalink

        Emang kalau pake CCTV bisa kelihatan sampai ke stiker resi untuk barang apa yang akan dikirim kemana secara CCTV pastinya diletakkan agak jauh serta resolusinya yang terbatas.

  • 7 Maret 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    TOKOPEDIA?

    Jadi teringat kata-kata “klo bisa dipersulit kenapa dipermudah?”

    wkwkwkwkwk

  • 7 Maret 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Yang terjadi disini, sampai pada batas maksimal waktu yang ditentukan TOKOPEDIA belum melengkapi dokumen dengan tidak mengirimkan bukti foto packing dan nomor resi pesanan kepada pihak Asuransi. Yang padahal bukti bukti yang dibutuhkan tersebut sudah dikirim ke Tokopedia sejak tanggal 10 februari 2023. Setiap ditanyakan CS hanya menjawab “sedang dipantau, diproses, ditangani, diprioritaskan, dimaksimalkan” Bosan sudah dengan jawaban ambigunya.

  • 7 Maret 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Ini kayakny yg sulit barang harga jutaan ya? Saya kok gampang ya tp Harganya cuman ratusan ribu sih. Pengiriman melewati estimasi terus lapor nunggu pemeriksaan selesai. Dinyatakan hilang langsung klaim ga lama itu langsung cair. Tapi gak lama setelah itu ada laporan barang ditemukan dr agen jasa kirim ya saya laporan lagi ke toped buat balikin dana asuransinya.

  • 7 Maret 2023 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Sabar aj Tunggu info dari toped mungkin butuh waktu lebih lama dari batas waktu estimasi, sering juga ngalamin barang hilang setelah paket dikirim ke pembeli ,setelah komplen di aplikasi toped harusnya yg berurusan pihak toped sama pihak asuransi, seller hanya perlu tunggu info kelanjutannya dari cs toped saja / melengkapi info/ kekurangan yg di butuhkan oleh pihak toped.

  • 8 Maret 2023 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Sekarang pelayanan cs tokped jelek sudah seperti tim Oren kadang menilai berat sebelah walau kita punya bukti packing nya,

    Seperti pengalaman saya klaim asuransi dan bahkan karena jawaban cs tokped beda2, komplain terkait asuransi pertama saya laporan di tutup padahal blm kelar , saya lapora lagi komplain asuransi blm masuk dan komplain kenapa ditutup sepihak laporan saya, aktif membalas chat padahal saya, tp hasil nya laporan klaim diteruskan dan selang 2 hari laporan ke dua ditutup juga, besoknya saya laporkan lagi kenapa laporan komplain saya ditutup yg pertama dan kedua, terus kebenaran jawaban cs tokped care nya kenapa beda2 yg pertama sudah diteruskan dan diterima pihak asuran, yg kedua sudah diproses tinggal menunggu pengembalian dana, dan di laporan ke 3 saya di buat prioritas dan saya minta penjelas jd saya minta tim cs tokped telp saya, setelah telp dan saya rekam proses percakapan laporan tgl 28 Des 2022 melar sampai Januari bahkan sekarang Maret 2023 gak ada tu mutasi dana masuk dari klaim ada nya dana refund pembeli yg di tolak seller. Jd sekarang tokped saya rasa gak jauh beda pelayanan cs nya dg tim Oren bisa jd perusahaan pihak ke 3 yg ngontrak kerja pkwt karyawan yg bekas karyawan Oren pindah ke ijo pelayanan cs nya buruk sekarang tokped

    • 8 Maret 2023 - (08:06 WIB)
      Permalink

      Padahal saya klaim asuransi biaya pengembalian brg saja, sebelum nya saya ada beli brg ada kerusakan malfungsi jd saya retur pdhal ada video unboxing nya dr buka paket sudah seperti itu buka paket tes nyala taraaaa bermasalah brg terus saya retur ditolak seller dg alasan dikrm brg normal saya minta bukti dia ngecek brg sblm dkrm normal dia gak punya.
      Seperti itu masih di belain sama cs tokped nya jelas2 ada video unboxing nya.

      Selang 1hari Bru admin mutusin retur dan baru malam nya seller ksh alamat, PD saat itu juga saya langsung proses Krn sudah diksh alamat dan di pusat resolusi muncul pengembalian brg gratis ongkir Krn pakai asuransi muncul lah kurir anteraja saya request langsung pickup jam 8 itu juga gak selang lama tiba2 dpt chat dr admin dipusat resolusi kalau request pickup saya terbayarkan harus kirim dg kurir lain, pdhal sudah print label saya kurir anteraja nunggu dipickup eh hrs ganti kurir akhirnya ganti j&t yg dkt rmh lokasi nya singkat cerita sudah saya krm dan saya input manual resi nya selang 3hari brg sampai ke seller dan seller terima tiba2 pusat resolusi ditutup lah saya blm ajukan klaim pengembalian untuk ongkir nya cpt bgt ditutupnya brg sampai ke tangan seller langsung ditutup trs saya chat tokped care di ksh link isi form terkait klaim biaya asuransi untuk klaim pengembalian brg nya sudah saya isi semua form nya kronologi, kurir yg dipakai, kerusakan brg kenapa dll. Sampai skg pun tetep gak ada dana pengembalian asuransi nya untuk ongkos kirim, tau gini saya gak langsung request pickup ke anteraja pas mlm hari jam 8 mending nunggu besok pg seklian ke gerai nya langsung drop paket, sudah bayar asuransi+ ongkos kirim pembeli brg dan pengembalian brg bayar sendiri di klaim gak mau kocak tokepdnya

  • 8 Maret 2023 - (22:18 WIB)
    Permalink

    UPDATE

    Pihak-pihak terkait sudah menyelesaikan kendala ini pada tanggal 08 maret 2023 pulul 15:10 WIB. Dengan penerusan dana ke saldo penghasilan penjual dan pergantian dana ke saldo refund pembeli.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Proses Klaim Asuransi Tokopedia Tak Kunjung Selesai, Bukti Packing Tidā€¦

oleh Asep dibaca dalam: 1 menit
11