Masalah Klaim Kehilangan Paket Pos Ekspor di PT Pos Indonesia Surabaya

Saya adalah pelanggan Kantor Pos Surabaya untuk urusan kirim-kirim barang ke luar negeri. Tanggal 09 Mei 2022, saya mengirim barang dengan tujuan Amerika Serikat, menggunakan jasa mereka yang paling mahal (Pos Ekspor), yang merupakan kerja sama mereka dengan DHL, dengan nomor AWB kantor dari PT POS adalah CC006262407ID, sementara nomor AWB DHL: 5043986371.

Status kiriman terakhir adalah “final delivery” pada tanggal 13 Mei 2022. Namun saya mendapatkan komplain dari penerima barang bahwa beliau tidak menerima paket apa pun pada tanggal tersebut. Setelah melakukan komplain ke Kantor Pos Surabaya, saya mendapatkan hasil tanggal 16 Juli 2022 dan dinyatakan barang kiriman saya hilang. Saat itu juga saya diminta untuk mengajukan ganti rugi kehilangan sebesar Rp950.000 (sesuai bukti kirim berasuransi) dan langsung saya ajukan.

Namun sampai surat pembaca ini saya buat (sekitar 10 bulan berlalu), uang ganti rugi masih belum saya dapatkan. Kantor Pos Surabaya Pusat menjanjikan ganti rugi akan cair pada bulan Oktober 2022, tapi berlanjut terus saya follow up sampai saat ini belum ada kepastian. Saya sangat kecewa dengan jasa Kantor Pos yang seperti ini. Saya telah rugi ongkos kirim dan rugi atas barang yang dikirim dengan asuransi. Ditambah lagi proses ganti rugi tidak ada kepastian selama berbulan-bulan.

Alvius Victor Hartono
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pos Indonesia:
[Total:6    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Masalah Klaim Kehilangan Paket Pos Ekspor di PT Pos Indonesia Surabaya

  • 14 Maret 2023 - (00:58 WIB)
    Permalink

    Semoga bukan dokumen penting yang hilang, karena tidak setimpal dengan ganti-rugi. Mungkin harus sambangi lagi kantor pos Surabaya supaya bisa komplain “face to face, eyes to eyes”.

    Jadi kepikir pengen beli kulkas merek PETE POS. Bayangkan kasus panas sudah 10 bulan nggak cair-cair. đź‘ą

  • 14 Maret 2023 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Mohon izin komentar ya kak
    pertama; ini ceritanya kirim ke luar negeri ya? artinya tidak dijalankan oleh satu pihak saja, ada kerjasama antara PT Pos dan mitra DHL (ketika paket masih berada di Indonesia) dan dengan mitra satu lagi di Amerika entah itu DHL Amerika atau Kantor Pos Amerika, nah ketika ada proses delivery, artinya itu yang melakukan proses delivery adalah mitra yang ada di negara tujuan. Dan barangkali pihak yang bertanggungjawab penuh dengan status “final delivery” itu adalah mitra yang ada disana. Sehingga barangkali ini kasusnya saling tunggu menunggu, si pengirim menunggu kabar dan ganti rugi dari PT Pos, PT Pos menunggu kabar dari DHL, DHL menunggu kabar dari mitra yang di Amerika. Yah, saya doakan semoga kasusnya segera menemui titik terang ya kak. Aamiin

 Apa Komentar Anda mengenai Pos Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Masalah Klaim Kehilangan Paket Pos Ekspor di PT Pos Indonesia Surabaya…

oleh Alvius dibaca dalam: 1 menit
2