Beli TV di Xiaomi Official Shopee Mall, Dikirim Barang Rusak dan Tidak Ada Tanggapan dalam Proses yang Berjalan

Seumur hidup, saya belum pernah membeli barang merek Xiaomi. Namun pada tanggal 23 Februari 2023, saya tergiur dengan marketing Xiaomi, dan akhirnya pertama kali saya membeli barang (TV) merek Xiaomi di Official Shopee Mall, dengan harga yang lumayan murah Rp3.199.000 (TV 43 inch), dengan harapan dapat kesan baik.

Sebelumnya saya sudah memutuskan untuk membeli tv merek Toshiba, tapi ada beberapa kesan buruk dari merek Toshiba. Setelah mencari, ada marketing yang pintar membuat saya berubah pikiran untuk beralih membeli TV Xiaomi.

Tanggal 28 Februari 2023, TV Xiaomi saya datang dan langsung saya coba nyalakan, ternyata tv mati. Saya konfirmasi ke chat admin Shopee Mall, dan jawabannya disuruh menghubungi contact center. Hari itu juga saya hubungi contact center, jawabannya akan dikunjungi teknisi ke rumah saya.

Setelah 1 minggu saya tunggu, tidak ada kejelasan, kunjungan teknisi tidak datang juga. Akhirnya saya bawa TV saya ke service center Xiaomi Cempaka Mas. Kemudian TV dicoba nyalakan di sana, tetap tidak nyala. Ya, saya beli TV baru di official Xiaomi Shopee Mall, tapi yang dikirim TV rusak!!

3 hari kemudian, saya hubungi service center Xiaomi Cempaka Mas dan dapat surat DAP. Saya follow up kembali admin chat Xiaomi Shopee, dan dari beliau dikirimkan alamat retur: Logos Metrolink Pondok Ungu. Pada hari yang sama setelah saya ambil surat DAP dan TV rusak itu di Cempaka Mas, saya langsung ke JNE Cempaka Mas untuk kirim TV rusak dan surat DAP tepat tanggal 09 Maret 2023.

Barang diterima tanggal 14 Maret 2023. Namun sejak tanggal tersebut sampai dengan saat saya menulis di Media Konsumen, jawaban dari admin Shopee Mall Xiaomi, contact center Xiaomi, dan WA Center Xiaomi “Akan kami bantu follow up”. Jawaban itu yang selalu saya dengar.

Apakah follow up sampai seminggu lebih?? Padahal ini kesalahan penjual yang mengirim TV rusak, dan saya urus sampai 20 hari tidak ada kejelasan. Mungkin jika memang rusaknya kesalahan saya, saya coba sabar menunggu jawaban yang jelas. Namun ini kesalahan penjual, bukannya seharusnya diprioritaskan?

Nur Aini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Beli TV di Xiaomi Official Shopee Mall, Dikirim Barang Rusak dan Tidak Ada Tanggapan dalam Proses yang Berjalan

  • 23 Maret 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Memang prosedur yang umum untuk peralatan elektronik seperti ponsel dan TV, jika terjadi kendala (bukan kerusakan fisik) maka akan dirujuk ke SC. Anda sebetulnya punya alternatif lain selain dibawa ke SC, yaitu komplain ke Sopi bahwa barang rusak dan mengajukan pengembalian dana.

    5
    1
    • 23 Maret 2023 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Untuk pembelajaran aja lain waktu kalau beli barang electronik model tv gini lebih baik beli di offline.resiko beli online ya seperti ini rugi waktu dan pikiran barang yg di kirim belum tentu bagus

      5
      1
      • 25 Maret 2023 - (15:29 WIB)
        Permalink

        Sangat setuju!!!!bahkan apapun tidak kepengen saya beli barang secara online.bukan tidak pernah,tapi di Indonesia yg namanya belanja online kebanyakan tipu tipunya

        2
        1
    • 23 Maret 2023 - (22:24 WIB)
      Permalink

      Iya ni bener, seharusnya bisa langsung ke cs shoppee trs bilang ke cs xiaominya bilang TV rusak minta balikin Dana asal ada video unboxingnya. Kalo kaya gitu pasti nunggu lama Karna pasti butuh proses. Waktu itu aja gua beli mi watch 2 mingguan baru diganti yg baru Karna mereka nunggu approvalnya dulu katanya si. Karna mi watch ga terlalu butuh bgt jd gua bersedia nunggu si yg penting di ganti baru aja.

    • 24 Maret 2023 - (01:21 WIB)
      Permalink

      Saran aja sih klo beli barang elektronik mending beli offline aja dikarenakan klo beli online barang yg datang kadang ga sesuai pesanan, produk cacat lah krn diperjalanan dll. lagian klo beli offline jg jauh lebih aman dan nyaman krn pada saat beli barang lgsg di tes ditempat klo ada kerusakan lgsg digantikan dgn unit yg baru. yah semoga masalahnya cepat selesai

      3
      1
  • 23 Maret 2023 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Kalau mau cepet yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

    3
    2
  • 24 Maret 2023 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Kasihan konsumen nya…br pertama x kenalan dgn merk xiaomi eh lgsg dapat pengalaman buruk…auto ngga ada kesempatan kedua utk beli merk xiaomi lg kayanya?

    2
    1
  • 26 Maret 2023 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Turut berduka cita, semoga ada follow up nya, saya kebetulan punya monitor xiaomi dan hapenya juga, so far si baik saja.
    Tapi ini menarik untuk disimak.

  • 28 Maret 2023 - (04:58 WIB)
    Permalink

    harusnya ts langsung ajukan pengembalian barang dan dana dengan alasan produk tidak berfungsi dengan baik bukan malah hubungi contact center. pastinya sering belanja onlen kan? harusnya klo udh brani beli elektronik mahal udh tau prosedurnya gmn bukan apa” masuk ke media konsumen. kecuali udah ngajuin tapi ga ada tanggepan baru dah bebas lapor ylki atau media konsumen. mending lgsg aja ts ajukan dari sistem shopee.

 Apa Komentar Anda mengenai Xiaomi Indonesia?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Beli TV di Xiaomi Official Shopee Mall, Dikirim Barang Rusak dan Tidak…

oleh Nur Aini dibaca dalam: 1 menit
11