XL Prioritas tapi CS Tidak Kompeten, Tidak Bisa Mengaktifkan Nomor

Kejadian ini berawal pada tanggal 5 Maret 2023, saya membeli paket nomor XL Prioritas Gold 3 bulan seharga Rp245.000 dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit. Pada tanggal 8 Maret 2023, saya tanya ke customer service Twitter @myXLCare, mau tahu paket saya sudah sampai di mana. Karena saya tinggal di apartemen, yang semua paket harus dititipkan ke sekuriti.

Twitter @myXLCare menjawab dengan template, kalau prosesnya 7 hari kerja dan akan diberitahu via email jika sudah sampai. Beberapa hari kemudian saya bertanya hal yang sama dan dijawab dengan template yang sama.

Ternyata paket saya telah sampai sejak 7 Maret 2023 dan paket di penitipan sekuriti telah dimasukkan ke gudang karena telah lebih dari 7 hari. Saya harus mengurus paket ini di jam kerja dan harus izin ke perusahaan saya kerja. Kalau saja saya diberikan nomor resi ekspedisi oleh Twitter @myXLCare, maka hal ini tidak akan terjadi.

Tidak Bisa Aktifkan Nomor

Setelah paket kartu perdana XL Prioritas sampai di tangan saya, masalah tidak selesai di sini. Saya kesulitan mengaktifkan kartu dan sampai saat ini belum juga bisa aktif. Menurut langkah-langkah aktifkan di email, saya harus SMS ke 123 ketik AKTIF#NIK#KK untuk mengaktifkan. Dengan kondisi SIM card di slot 1 dan tidak ada SIM card lain di slot lainnya, data internet dan Wi-Fi mati.

Saya telah menuruti langkah-langkah tersebut, tapi tidak ada balasan SMS atau keterangan kalau kartu saya sudah aktif dan dapat digunakan. Bahkan saya menunggu lama untuk balasannya sampai 2 jam dengan keadaan hp saya tanpa internet. Ini sungguh buang-buang waktu.

Saya telepon customer service di 817 menyampaikan masalahnya dan disuruh menunggu 3×24 jam (lama banget prosesnya). Besoknya ada telepon balasan dari customer service, menyuruh saya melakukan lagi SMS ke 123 ketik AKTIF#NIK#KK yang mana telah saya lakukan kemarinnya. Maka saya tanya, jika masih tidak bisa saya harus apa? Lalu dijawab pasti bisa karena sudah dibantu. Setelah telepon ditutup saya melakukan instruksinya, saya menunggu hp saya tanpa internet 1 jam dan tidak ada tanda-tanda nomornya aktif,

Lalu, saya telepon kembali 817, petugas di telepon menyuruh saya hanya mengetik “AKTIF” kirim ke 123 atau 808. Kemudian, saya tanya lagi bagaimana kalau cara ini tidak bisa, saya harus apa lagi. Petugas tidak menjawab malah memutus sambungan telepon. Lalu saya ikuti saran dengan mengetik kata AKTIF dan SMS ke 123 dan 808, tapi hasilnya tetap tidak bisa.

Saya kembali hubungi customer service kali ini via WhatsApp di nomor 0818800055. Dalam keterangan paket kartu perdananya, nomor WA ini untuk customer service, tapi profil WA-nya hanya untuk pembelian nomor XL Prioritas dan upgrade nomor XL. Ini bikin bingung, jadinya kami bisa lapor masalah di WA atau tidak?

Sampai tulisan ini saya tulis, saya beberapa kali coba lagi aktifkan dan masih belum berhasil. Mungkin solusi terakhir dari saya ke XL Center yang juga tidak ada kepastian bisa aktifkan atau tidak. Saya sih maunya di-refund saja, tidak jadi membeli paket ini yang bermasalah.

Saya memiliki bukti screenshot maupun rekaman suara telepon jika dibutuhkan.

Keluhan Lainnya:

  • Live Chat lewat web XL Prioritas tidak berguna, sudah tunggu lama langsung diakhiri sepihak.
  • DM Twitter @myXLCare antrean panjang bisa berjam-jam baru bisa terhubung agennya.
  • WhatsApp 0818800055 yang harusnya untuk customer service malah untuk pembelian.
  • Paket saya seharga Rp245.000, saat ini sudah turun dengan promo yaitu Rp185.000, yang bikin saya menyesal membelinya saat ini.

Willyam Jeremia
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Willyam Jeremia

Jakarta, 6 April 2023 Ref.CM/CU/E/001/0423/SS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Willyam Jeremia melalui...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “XL Prioritas tapi CS Tidak Kompeten, Tidak Bisa Mengaktifkan Nomor

  • 27 Maret 2023 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Setelah keluhan dipublikasikan di Media Konsumen, biasanya akan cepat ditanggapi pihak XL. Yang penting bukan anda yang membuat klarifikasi susulan (kecuali ada kompensasi untuk kerugian immaterial anda).

    @Kata:
    Ente bener. Sistemnya ngebug. CS-nya ngebug. Geregetan pengen gebhuggg.

      • 28 Maret 2023 - (11:41 WIB)
        Permalink

        Cs xl mana paham gituan yg diotak dia hanya jualan omset dan target , parahnya lagi cs call n cs off xl center gak sinkron , kalo gak bisa jawab auto di putus jika telp, kalo yg off jawabanya muter muter gak jelas.

  • 27 Maret 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    “Dengan kondisi SIM card di slot 1 dan tidak ada SIM card lain di slot lainnya, data internet dan Wi-Fi mati”

    Baru tahu kalau ada cara aktifin kartu model begini..ribet amat

    • 27 Maret 2023 - (17:04 WIB)
      Permalink

      Saya pake TselHalo langsung aktif dong ga perlu ini itu…untung gak kegoda XL dulu pernah buka website nya…karena memang mereka sedang promo 80rb dapat 20GB+20GB jika pembayaran pake CC..+diskon jika langsung langganan 3bulan cuma 180k @aja

      • 7 April 2023 - (01:49 WIB)
        Permalink

        Saya juga pake telkomsel halo sdh cukup lama..dan iseng” pake XL prio sumpah greget bgt saya pelayanan itu loh jauh bgt bgt bgt sama telkomsel halo. Soal harga memang telkomsel halo melejit,tpi menurut saya itu sebanding si sama pelayanan nya yg bagus “fast respon” beda bgt sama XL prioritas.sumpah beda bgtttttt

  • 27 Maret 2023 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Solusi saya ke XL center didaftari mereka setau aq itu gbisa karena NIK sudah sring didaftar.

  • 28 Maret 2023 - (05:36 WIB)
    Permalink

    Waktu saya dulu pakai Prioritas malah gak perlu daftar lagi, kan pas beli langsung daftar pake KTP nya…

  • 4 April 2023 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Kirain hanya saya yang mengalami masalah seperti ini, ternyata ada yang lebih dahulu mengalaminya.

    Saya sampai saat ini juga kesulitan dalam aktivasi kartu, sehingga kartu tidak dapat digunakan (sinyal oke, hanya saja kartunya berstatus “panggilan darurat saja”).

    Hal yang sudah saya lakukan ialah:
    1. Telepon CS, gak mau via WhatsApp ataupun platform media sosial, karena lebih suka yang bicara langsung
    2. Mendatangi XL Centre terdekat, sudah dilakukan penggantian kartu SIM, perhari dimana saya berkomentar menuju 2 hari sejak penggantian kartu SIM. Penjelasan dari CS kartu dapat digunakan dalam 1 x 24 jam, nyatanya sampai saat ini masih tidak aktif.

    Alasan hendak menjadi konsumen XL Prioritas karena saya menemukan nomor cantik yang sesuai dengan keinginan, dimana itu tidak saya temukan di-provider merah.

    Saya tidak minta refund, hanya minta dapat diatasi dengan segera mungkin, karena saya ingin menggunakannya. Semoga dapat teratasi.

    Terima kasih.

    Ghiffari
    Tangerang Raya

 Apa Komentar Anda mengenai XL Prioritas?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

XL Prioritas tapi CS Tidak Kompeten, Tidak Bisa Mengaktifkan Nomor

oleh Willyam dibaca dalam: 2 menit
12