Keluhan Layanan Pelanggan Telkomsel dan Aplikasi MyTelkomsel

Sudah waktunya bagikan dan publikasi bobroknya layanan pelanggan Telkomsel dan aplikasi MyTelkomsel karena dari 11 Maret 2023 sampai hari ini (sudah 21 hari), tidak ada solusi atas isu yang saya laporkan yaitu “Isi pulsa berhasil namun tidak tercatat di riwayat transaksi MyTelkomsel”

11 Maret 2023:
Saya laporkan melalui DM bahwa saya beli pulsa menggunakan Gopay dan membagikan bukti transaksi namun transaksi tersebut tidak tercatat di aplikasi MyTelkomsel. Kemudian dibalas dengan meminta detail, saya langsung balas dan lengkapi.

12 Maret 2023:
Kemudian, staff minta screenshot bukti bayar gopay yang SUDAH diberikan sebelumnya. Tidak cek histori percakapan. Mengenai riwayat transaksi yang tidak ada di aplikasi, CS menjawab kalau mereka tidak bisa bantu, “HANYA BISA CEK DATA” katanya.

Setelah itu saya tanyakan kembali, transaksi isi pulsa saya tidak bisa ditampilkan? Dan CS lainnya menjawab tanpa cek histori percakapan mengatakan “Untuk riwayat transaksi bisa dicek di aplikasi MyTelkomsel”, sementara isunya disini transaksi tersebut tidak tampil.

Kemudian CS lain menambahkan kalau bukti transaksi sudah ada melalui SMS, mengenai transaksi tidak muncul di aplikasi, CS meminta saya restart handphone, perbarui aplikasi, clear cache. Sudah saya lakukan dan hasilnya tetap nihil. Saya berikan bukti aplikasi saya versi terbaru.

Saya sebelum komplain juga sudah terima SMS yang menyatakan transaksi gagal namun pulsa saya bertambah. Yang saya permasalahkan adalah, kenapa transaksi tersebut tidak tercatat di aplikasi MyTelkomsel dan apa fungsi aplikasi tersebut jika tidak bisa menampilkan histori transaksi?

Kemudian CS lainnya membantu membuat laporan untuk diteruskan ke tim terkait dengan ID Laporan 1-GWH4M9Y dan diminta menunggu maksimal 72 jam. Saya terima SMS konfirmasi tiket tersebut dan keesokan harinya 13 Maret, saya terima SMS menyatakan isu telah diselesaikan, padahal tidak ada hasil pada aplikasi.

13 Maret 2023:
Saya laporkan lagi dan CS menggunakan nomor tiket yang sama untuk diteruskan, pada hari yang sama di jam 9 malam saya terima lagi sms menyatakan isu telah selesai sementara kenyataannya transaksi tersebut tidak ada di aplikasi.

Di sini semakin terlihat betapa bobroknya layanan pelanggan dan kualitas aplikasi dari provider TERMAHAL di Indonesia ini. Saya harus tanyakan dan follow sendiri isu ini. Tidak ada inisiatif dari sisi CS Telkomsel untuk memberi info mengenai proses keluhan ini. Kemudian CS berikutnya yang balas, menyatakan bahwa “transaksi sudah diterima”, bukan menanggapi isu transaksi tidak muncul

16 Maret 2023:
Saya ulangi lagi jelaskan kalau isi pulsa memang berhasil namun saya menerima SMS transaksi gagal dan histori isi pulsa tidak ada di aplikasi MyTelkomsel. Saya berusaha bersabar dan mencoba menunggu. Dan saya sudah siap kumpulkan bukti.

17 Maret 2023:
CS hanya mengatakan keluhan sedang diusahakan.

Isu transaksi tidak muncul, pembeli sudah sediakan semua bukti transaksi namun pihak Telkomsel tidak dapat menambahkan transaksi tersebut ke riwayat transaksi saya.

19 Maret 2023:
Saya harus inisiatif nanya lagi, CS tidak satupun ada yang update keluhan pelanggan. Dan kejutan atas kebobobrokan dan ketololan CS mulai lagi: Sesuai screenshot, CS nya bilang, “mimin bantu cek isi pulsa berhasil kok” luar biasa

Masalahnya apa, jawabannya apa. Berhari hari nunggu solusi transaksi agar muncul di aplikasi, hanya dijawab begitu. Kemudian CS lain membuat tiket laporan baru untuk “diteruskan” ke tim terkait. Satu CS ga peduli asal jawab, CS yang lain berusaha sok bener.

21 Maret 2023:
CS nya bilang: “Setelah dicek transaksinya sudah berhasil dan tidak mengalami kegagalan. Silahkan dicek secara berkala”. Benar2 layanan terburuk. Yang dilaporin masalah apa, yang selalu dia jawab adalah transaksinya berhasil.

Seperti biasa, satu CS menjawab ngasal, yang satunya lagi bilang “sedang di teruskan, di follow up”. Saya bersabar dan tahan, karena saya sudah siapkan semua ini buat saya bagikan ke publik.

Kemudian saya pernah terima telepon langsung pada tanggal 24 Maret 2023. Salah satu CS menelepon untuk membahas isu ini. Kemudian saya jawab dan pada akhir percakapan saya sampaikan bahwa saya lebih memilih percakapan tertulis seperti email, kemudian CS mengiyakan dan tanya email

Tapi seperti dugaan, GA SATUPUN CS CATAT PREFERENSI EMAIL SAYA. Setelah berkali kali di telepon saya bilangin saya lebih pilih email, perhatikan screenshotnya, malah dihubungi lebih banyak lagi

Summary:

  1. Isi pulsa berhasil tapi SMS 2x masuk menyatakan transaksi gagal
  2. Semua bukti transaksi lengkap tapi pihak Telkomsel tidak bisa memunculkan riwayat transaksi isi pulsa di aplikasi MyTelkomsel
  3. CS tidak peduli histori percakapan dan permintaan pelanggan.
  4. Baik itu CS dan IT team, tidak satupun menghasilkan solusi.
  5. Tidak ada komunikasi internal sama sekali karena bahkan setelah saya sampaikan kepada CS bernama Ang*la melalui telepon mengenai saya tidak ingin ditelepon, email saja, tetap keesokan harinya saya ditelepon.

Para netizen yang budiman, boleh bantu tag petinggi atau pejabatnya Telkomsel biar layanan pelanggan dan IT nya ini diperiksa lagi. Benar-benar layanan yang buruk, tidak ada hasil dan mengecewakan.

Dody Panjaitan
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

73 komentar untuk “Keluhan Layanan Pelanggan Telkomsel dan Aplikasi MyTelkomsel

  • 1 April 2023 - (15:46 WIB)
    Permalink

    saldo udah kepotong, pulsa dah diterima, tp masih komplain perkara riwayat gak muncul. Aja aja ada.

    19
    13
    • 1 April 2023 - (15:55 WIB)
      Permalink

      Situ orang Telkomsel ya? Wkwk. Kalo ga paham permasalahan mending simpen komen ke diri sendiri. Yang jadi keluhan disini yaitu kegagalan fungsi dari aplikasi dan bagaimana layanan pelanggan mengecewakan. Riwayat transaksi itu BUKTI BAYAR yang wajib ditampilkan sebagai hak konsumen.

      21
      42
      • 1 April 2023 - (17:33 WIB)
        Permalink

        Gak smua yang baca harus pro dengan komplain anda kali pak. Anda sudah bawa ini kesini jadi harus siap dikomen khayalak ramai juga. Good luck deh semoga cepet beres masalahnya.

        Nanti kalau mesin kasir alfa/indomar*t error jgn lupa ditungguin struknya ya, jgn mau terima barangnya kalau belum ada struknya

        26
        13
        • 1 April 2023 - (17:53 WIB)
          Permalink

          Gada yang maksa buat pro juga kali bu. Ya soal struk ya emang seharusnya diminta, biar kasir ga ada kesempatan buat menggelapkan uang. Soal itu error dan bakal nunggu lama, bakal jadi keputusan masing2 orang mau nunggu atau engga.

          11
          21
        • 11 April 2023 - (11:22 WIB)
          Permalink

          @Reny bandingin jangan ke alfamart. Kalo mau bandingin dipenjualan gado gado gerobak dorong. Ga ada struk, jangan mau terima.

      • 1 April 2023 - (17:33 WIB)
        Permalink

        Gak smua yang baca harus pro dengan komplain anda kali pak. Anda sudah bawa ini kesini jadi harus siap dikomen khayalak ramai juga. Good luck deh semoga cepet beres masalahnya.

        Nanti kalau mesin kasir alfa/indomart error jgn lupa ditungguin struknya ya, jgn mau terima barangnya kalau belum ada struknya

        20
        11
        • 4 April 2023 - (17:47 WIB)
          Permalink

          Komen yang ga nyambung, likenya banyak. Yang nyambung, dislikenya banyak. Wkwkwkw. Ga ada hubungannya dengan struk alfa/indomart. Itu membangun narasi baru.

          1
          1
      • 1 April 2023 - (18:01 WIB)
        Permalink

        Dibaca berulang-ulang kirain salah baca
        Ehh ternyata emang orangnya ribet
        Kirain internet lemot atau isi pulsa gak masuk-masuk tapi saldo terpotong
        Perkara history gak ada dibuat laporan berkali-kali..??
        Sangat tidak ada kerjaannya

        Gw pengguna telkomsel
        Jujur ini provider untuk internet memang kadang lemot tapi mau gimana lagi..?
        Provider sebelah gak jauh berbeda jg

        27
        9
        • 1 April 2023 - (18:39 WIB)
          Permalink

          Tidak ada kerjaan? Hahaha. Saya hanya menggunakan waktu luang untuk membuat Telkomsel koreksi layanan pelanggan dan aplikasi. Yang saya sorot adalah bagaimana mereka menanggapi keluhan dan sistem aplikasi yang tidak bekerja sesuai fungsinya. Perkara isu yang dilaporkan dianggap kecil, itu hak anda. Dan hak saya juga menggunakan waktu luang untuk bagi kebobrokan dari Telkomsel.

          13
          29
        • 2 April 2023 - (00:02 WIB)
          Permalink

          ini poin utama nya apa sih? khan isi nya via gopay, di gopay ada ga riwayatnya? yaudha pakai itu aja , simple..

          Barang siapa mempermudah suatu urusan, maka akan di permudah juga urusan nya kelak

          28
          7
          • 4 April 2023 - (17:49 WIB)
            Permalink

            tergantung amalnya juga

            1
            1
        • 2 April 2023 - (16:09 WIB)
          Permalink

          Istri sy Prnah bli pulsa Simpati melalui BRI Mobile dgn isi pulsa 20rb di hr sabtu. Uang sdh otomatis diautodebet dr rekg BRI tp pulsa Simpati tdk diterima & cek di My Telkomsel tdk ada penambahan Pulsa. Stlh 2hr di hr Senin Sy & Istri datg ke Bank BRI dgn dijelaskan ke CS BRI. CS BRI membantu dlm 1x24jam. Bsknya uang kembali ke rekg BRI.

          Coba Penulis jg komplain ke Pihak Gopay spy membantu mengurus pulsa yg di beli tp tdk diterima.

      • 2 April 2023 - (03:12 WIB)
        Permalink

        biasanya netizen +62 tukang komen nyinyir. saya juga pernah di salahkan netizen waktu saya protes tentang kontrol pulsa xl gak berfungsi lg, bisa lihat di surat pembaca ini https://mediakonsumen.com/2022/09/06/surat-pembaca/fitur-kontrol-pulsa-xl-tidak-berfungsi-lagi

        mereka kagak tahu dulu kalau memblokir sms konten, memblokir pembelian di google play. mereka kagak tahu xl seenaknya mengecualikan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan.

        10
        39
        • 2 April 2023 - (09:37 WIB)
          Permalink

          Ya ampun dek masi aja dibahas udah dek belajar lagi sana yang giat biar orang tuamu bangga ?

          11
          1
          • 2 April 2023 - (11:15 WIB)
            Permalink

            Haha makjlebb

      • 2 April 2023 - (05:48 WIB)
        Permalink

        Assalamualaikum warahmatullahi wb…saya indra..pada hari Kamis tgl 30 Maret 2023 saya membeli paket data internet sakti 65 GB seharga Rp 143000 dan pulsa biasa 10 RB. di aplikasi my Telkomsel dengan metode pembayaran link aja.

        Transaksi di link aja sukses..dan saldo pun terpotong..tetapi paket dan pulsa tidak kunjung masuk.dan diriwayat aplikasi my Telkomsel tidak tercatat..

        Besar harapan saya dengan aplikasi my Telkomsel ini dengan tujuan untuk memudahkan transaksi. Sehingga bisa membantu dalam hal bertransaksi.

        Tetapi kenyataannya tidak seperti itu…

        Apakah Iyah Telkomsel cari keuntungan dengan cara seperti itu.

        Mohon pertanggung jawabannya

        Dan saya menuntut apa yg menjadi hak saya

      • 2 April 2023 - (20:00 WIB)
        Permalink

        Kenapa ga ke GraPARI ya?
        Kalo ga bisa juga yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
        085311111010
        +62213451692
        0213441839
        0217971378

      • 3 April 2023 - (19:18 WIB)
        Permalink

        Sy pelanggan Telkomsel sdh 3 tahun. Seingat saya di aplikasi my Telkomsel TDK ada riwayat transaksi. Yg ada di menu utama tertulis sisa saldo dan paket internet yg kita beli. Riwayat Transaksi hanya notifikasi lewat SMS. Sy rutin isi pulsa lewat mbanking Alhamdulillah TDK ada masalah

    • 2 April 2023 - (01:22 WIB)
      Permalink

      Emang bener telkomsel payah sekarang layanan nya,
      1. Isi Pulsa ga nambah masa aktif
      2. Sinyal kartu di daerah rmh saya pisangan timur
      jakarta timur cuma 2 balok di kamar saya di
      atas, di ruang tamu cuma dpt 1 balok, bahkan
      kadang H+.
      3. Biasanya kl main game ML di kamar lancar,
      sekarang mahudah 4 hari ini lag terus
      4. Sinyal 5G ga mhncul² di hp, padahal HP saya
      udah support 5G

      Komplen kena Pulsa tapi ga ada perubahan nya.. begini pelayanan provider BUMN??? terlalu komersil telkomsel yg sekarang. Moga aja cepet Bangkrut

      13
      16
  • 1 April 2023 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Seharusnya SMS gagal itu bisa diabaikan saja. Asalkan pulsa sudah masuk resi dari transaksi gopay sudah bisa dianggap bukti valid. Jadi gak perlu diperdebatkan lagi sepertinya.

    20
    9
  • 1 April 2023 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Buat apa menyusahkan diri pak. Hidup ini dibawa santai aja. Kalau mmg telkomsel tidak memberikan riwayat di gopay kan sudah ada. Itu bisa jadi bukti kuat semisal kedepannya ada masalah.

    21
    8
  • 2 April 2023 - (03:14 WIB)
    Permalink

    klo ada orang beli pulsa trs minta no SN /bukti transaksi biasanya buat top up judi online.

    16
    6
      • 3 April 2023 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Sy pelanggan Telkomsel sdh 3 tahun. Seingat saya di aplikasi my Telkomsel TDK ada riwayat transaksi. Yg ada di menu utama tertulis sisa saldo dan paket internet yg kita beli. Riwayat Transaksi hanya notifikasi lewat SMS. Sy rutin isi pulsa lewat mbanking Alhamdulillah TDK ada masalah

    • 2 April 2023 - (03:55 WIB)
      Permalink

      Maksudnya gimana ya pak? SN itu bisa ditukar jadi voucher atau saldo gitu?

      18
      5
    • 2 April 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Maaf mas, konteks disini mengenai cara tim CS Telkomsel menanggapi keluhan dan gagalnya aplikasi menampilkan riwayat transaksi dari isi pulsa yang berhasil. Gada yang minta nomor serial. Saya hanya mempertanyakan fungsi dari aplikasi agar pelanggan bisa monitor transaksi dari satu aplikasi. Kejauhan kalo mikir buat judi online, maaf saya bukan pejudi.

      1
      5
      • 2 April 2023 - (08:51 WIB)
        Permalink

        mohon maaf kak, riwayat transaksi di aplikasi mytelkomsel setau saya hanya di peruntukan untuk monitoring pembelian dan notifikasi pembelian kuota ,dan itu sudah dari dulu seperti itu, untuk notifikasi masuk pulsa hanya ada di sms, cek di pengaturan pesan barangkali no cs tlkomsel masuk kedaftar spam,

  • 2 April 2023 - (03:38 WIB)
    Permalink

    Minta nomor serialnya ini bukan ya pak? Coba datangi aja GraPARI Telkomsel terdekat. Sabtu Minggu biasanya juga buka kalo lokasi di mall.

    2
    20
    • 2 April 2023 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Tidak kok mas/mbak, saya hanya ingin Telkomsel memperbaiki fungsi aplikasi agar riwayat transaksi di aplikasi bisa tampil dan lebih mudah monitor pengeluaran di aplikasi dan bukti bayar bisa di satu aplikasi milik mereka.

  • 2 April 2023 - (03:53 WIB)
    Permalink

    Maaf pak sebelum kalau boleh tahu ni minta SN nya buat apa ya? Apa ada cashback atau klaim ke kantor kah? Soalnya saya juga sering isi pulsa dan gak mendapatkan SN di SMS.

    19
    2
    • 2 April 2023 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Tidak kok mas/mbak, saya hanya ingin Telkomsel memperbaiki fungsi aplikasi agar riwayat transaksi di aplikasi bisa tampil dan lebih mudah monitor pengeluaran di aplikasi dan bukti bayar bisa di satu aplikasi milik mereka.

      2
      2
  • 2 April 2023 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Wah gila kakkkkkk, aku juga harus komplain nih, di riwayat transaksi saya semua isi ulang pulsa baik dari M-Banking, E-Wallet, Counter, atau beli langsung di app nya juga gada riwayat transaksinya :p
    Eh BTW emang di app Telkom seharusnya ada riwayat transaksi dari pembelian pulsa kah? Setau ku di riwayat transaksi my Telkomsel cuman Pembelian paket data, balance transfer (Transfer Pulsa) sama gift paket.
    Harus komplain nih wah wah wah
    Awowkwkwkwwkwk

    20
    7
  • 2 April 2023 - (04:02 WIB)
    Permalink

    Wah iya lhooo kakkkkkk, aku juga harus komplain nih, wajibbbb pake banget ya kak. Saolnua di riwayat transaksi saya juga semua isi ulang pulsa baik dari M-Banking, E-Wallet, Counter, atau beli langsung di app nya juga gada riwayat transaksinya :p
    Eh BTW emang di app Telkom harusnya ada riwayat transaksi dari pembelian pulsa kah? Setau ku di riwayat transaksi my Telkomsel cuman Pembelian paket data, balance transfer (Transfer Pulsa) sama gift paket.
    Harus komplain nih wah wah wah
    Awowkwkwkwwkwk

    20
    7
  • 2 April 2023 - (05:20 WIB)
    Permalink

    jangan pedulikan komen negatif, anggap aja mereka buzzer konyol atau orang kurang kerjaan. gw curiga itu yang dislike komen gw masih orang yang sama.

    6
    20
  • 2 April 2023 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Kenapa ga ke GraPARI ya?
    Kalo ga bisa juga yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

    1
    2
  • 3 April 2023 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Emg sih telkomsel skrg bobrok. Paket internet sy dr tgl 3 maret 2023 sampai skrg gak ada kejelasan. Padahal bukti2 sdh kuat & sdh dikasih ke mereka. Bukti riwayat pembelian paket internet dr app telkomselnya dgn ID transaksi dan status lunas juga udh jelas artinya berhasil pembelian paket sy tp di aplikasi tdk menambah kuota, Alhasil sy tdk bs menggunakan paket internet tsb dengan dalih bhw pulsa sy terpotong krn GPRS. Jadi yg ngaco itu aplikasinya atau tim CS nya??? Pdhl bukti sudah ada di riwayat pembelian dan berhasil untuk membeli paket internet & pulsa terpotong sebanyak paket yg sy beli

  • 3 April 2023 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Ini ternyata masalahnya riwayat pembayarannya tidak muncul.kalau bayar saldo keluar.kalau posisinya ini karyawan konter di kiranya korupsi

  • 3 April 2023 - (13:52 WIB)
    Permalink

    sebenarnya pulsa sudah masuk atau belom. itu poinnya. kalo udah masuk, ya sudah. pentingnya apa ada riwayat?

    • 3 April 2023 - (14:06 WIB)
      Permalink

      penting tahu. aplikasi itu harus berjalan dengan lancar, pengeluaran, pemasukan harus masuk ke dalam riwayat.

  • 3 April 2023 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Kalau masalahnya di aplikasi, paling bener kasih kritiknya di playstor/Appstore biar developernya langsung yg ke notice. Toh cuma masalah riwayat transaksi aja kan?ye kan?

          • 3 April 2023 - (15:20 WIB)
            Permalink

            Terus masalah abangnya sama telkampret apa ya? Cerita dong bang

            1
            0
        • 3 April 2023 - (15:25 WIB)
          Permalink

          apa salahnya nyerang telkmapret? wong telkampret salah. anggap aja gw bersimpati ke si penulis. misal gw lihat tulisan korban asuransi axa mandiri, yah gw mungkin akan komen menyerang axa mandiri walaupun gw bukan korban.

          1
          1
          • 3 April 2023 - (15:34 WIB)
            Permalink

            Tatataaapi penulisnya jg udah diem kan bang? Saya pikir abang punya dendam sendiri sama telkomsel ampe bilang2 telkampret, ayolah cerita sini

            1
            1
    • 3 April 2023 - (15:58 WIB)
      Permalink

      ok gw mau cerita sesuatu ke lu, dulu pulsa gw pernah terpotong oleh sms konten di nomor telkomsel gw, padahal gw gak membeli sms konten. itu aja masalah gw dgn telkomsel, kejadiannya udah bertahun tahun yang lalu.

      • 3 April 2023 - (16:05 WIB)
        Permalink

        Kyk gitu aja ya bang kejadiannya? udah bertahun lalu masih membekas sampe skrg di hati abang?
        Baiknya sama2 kita ikutin penulis komplain ini yg sdh tenang bang. Siapin tenaga buat masalah yg lbh besar drpd yg ecek2 gini bang. Salam hormat buat abang.

          • 11 April 2023 - (12:43 WIB)
            Permalink

            Waalaikumsalam salam bang

  • 7 Mei 2023 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah menggunakan aplikasi My Telkomsel Lite dan mengisi paket data internet sekitar Rp100.000 dan ternyata gagal .aplikasi Telkomsel lite-nya yang bermasalah .Alhamdulillah setelah saya chat email dengan pihakTelkomsel permasalahan saya clear waktu itu dan akhirnya masalah selesai .pulsa dan data paket saya dikembalikan ke aplikasi link aja .semoga masalahnya bisa selesai ya. Memang benar tu telkomsel sudah seharusnya memperbaiki kualitas nya dari segala hal nya. Mulai dari apk dll agar ke error an tsel berkurang setidaknya ada perbaikan kedepanya. Apalagi kan tsel punya negara ri. Harus nya menjadi yg terbaik di indonesia..

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 73 komentar sampai saat ini..

Keluhan Layanan Pelanggan Telkomsel dan Aplikasi MyTelkomsel

oleh Dody dibaca dalam: 3 menit
73