Masalah Refund Tiket Philippine Airlines yang Saya Beli di Traveloka

Saya membeli tiket pesawat Philippine Airlines rute penerbangan Philippine – Jepang (PP) pada tahun 2019 melalui Traveloka. Namun pandemi menyerang dan penerbangan dibatalkan. Traveloka sebagai travel agent seharusnya me-refund tiket ini, tapi wewenang terkait tiket ini diberikan kepada maskapai Philippine Airlines.

Tiket saya berubah menjadi travel voucher. Namun 2 tahun berjalan, harus diubah menjadi travel credit. Saya pun terpaksa mengubahnya, karena ketentuannya tiket akan hangus. Padahal sebelum diubah menjadi travel credit, saya telah bertanya apakah tiket saya bisa dikembalikan dalam bentuk cash dan dijawab tidak bisa.

Tahun ini teman saya juga membeli tiket yang sama dengan saya, tapi tiket beliau bisa dikembalikan dalam bentuk cash ditransfer. Saya sedang berjuang untuk mendapatkan hak yang sama dengan teman saya. Namun mereka mengatakan tiket saya tidak bisa diubah cash, karena sudah menjadi travel credit.

Permasalahannya adalah, mengapa tiket teman saya dari travel voucher berubah menjadi cash sedangkan tiket saya tidak? Padahal sebelum menjadi travel credit sudah saya tanyakan bisa berubah menjadi cash atau tidak. Pihak PAL telah melalukan diskriminasi. Traveloka di awal juga salah, karena secara sistem meminta refund dengan mengirimkan nomor rekening, tapi malah saya diberikan voucher.

Nila Fahliana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Traveloka untuk Nila

Kepada Yth., Ibu Nila Fahliana, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Nila Fahliana tujukan...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Masalah Refund Tiket Philippine Airlines yang Saya Beli di Traveloka

  • 15 April 2023 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Perbedaannya ada d waktu pandemi dan tidak. Semua duit masuk sudah tercatat dan biasanya memang ga bs keluar (makanya byk perusahaan menghindari refund). Bahkan sdh tercatat d pajak, dll. Maka pembelian th ini bs drefund sedang yg lama/sebelum pandemi tdk bs drefund. Jika seperti itu baiknya dpakai atau dijual ke temen supaya tdk hangus saja. Untuk dicashkan saya rasa hampir tdk mgkn terjadi.

  • 15 April 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Kapan TS beli?
    Kapan teman TS beli?

    **Traveloka sebagai travel agent seharusnya me-refund tiket ini, tapi wewenang terkait tiket ini diberikan kepada maskapai Philippine Airlines**
    ==>> Bukan keputusan Traveloka, semua refund menunggu maskapai bersangkutan. Dimana pun sama peraturannya walaupun beli di offline.

    **Traveloka di awal juga salah, karena secara sistem meminta refund dengan mengirimkan nomor rekening, tapi malah saya diberikan voucher**
    ==>> Apakah ini awal pandemi? Karena waktu chaos jadi belum ada peraturan final.

    • 16 April 2023 - (03:12 WIB)
      Permalink

      Belinya bareng om, typo kayaknya aku bilang “tahun ini” maksudnya tahun ini, uang temenku cair pdhl tiketnya sama banget.

    • 16 April 2023 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Emang kalau anda di posisi saya bakalan nerima? Temen anda yg tiketnya sama dengan anda, tiket dia jadi uang sedangkan tiket saya jadi voucher? Coba jawab????

  • 16 April 2023 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

      • 17 April 2023 - (06:56 WIB)
        Permalink

        Itu memang akal²an mereka supaya uangnya tidak balik cash, yg aneh dan sangat nyata tiket temennya yg pembelian nya nyata bareng bisa balik cash …jadi mikir

        • 17 April 2023 - (07:40 WIB)
          Permalink

          Iya krn temenku ngotot banget dan akhirnya PHILIPINE AIRLINE BALIKIN DUIT. Sedangkan aku ga bisa balik. Alasannya karena tiket aku ga bisa diubah karena sudah menjadi TRAVEL CREDIT padahal sebelum jadi TRAVEL CREDIT, aku tanya bisa gak berubah jadi uang, dan PHILIPINE AIRLINE jawab ga bisa. Emang rese banget maskapai ini.

  • 16 April 2023 - (03:14 WIB)
    Permalink

    Ralat : Tahun ini maksudnya uang temenku udah cair padahal tiket kita sama banget kan mau pergi bareng??

    • 16 April 2023 - (14:07 WIB)
      Permalink

      Bener, jadi jangan pernah BELI PHILIPINE AIRLINE LEWAT TRAVELOKA. Masih aja pesawat lain atau TRAVEL AGENT LAIN yang lebib FAIR.

      Kasus ini udah 3 orang yang saya dapet. Sisanya masih banyak lagi

    • 20 April 2023 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Lama kak refundnya malah pernah saya transaksi pake program cicilan. Eh cicilan udah berjalan malah refundnya belum masuk. Terpaksa datangi pihak maskapai buat refund langsung.

      • 20 April 2023 - (14:20 WIB)
        Permalink

        Ini udah ga bisa refund alasannya tiketnya udah berubah jadi travel credit tapi cuma bisa dipake satu orang aja. Kalo travel credit air asia bisa dipake siapa aja

  • 20 April 2023 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Refund di traveloka lumayan lama kak. Bisa sampe 90 hari kerja. Tergantung case nya gimana. Paling cepat 30 hari kerja.

 Apa Komentar Anda mengenai Philippine Airlines?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Masalah Refund Tiket Philippine Airlines yang Saya Beli di Traveloka

oleh Nila dibaca dalam: 1 menit
19