Transaksi Bank BRI Gagal, Saldo Tak Kunjung Kembali

Pada tanggal 28 Maret 2023 saya melakukan transaksi pembayaran ke KoinWorks. Transaksi gagal dan lucunya saldo saya terpotong sebesar Rp4,9 juta. Pada hari yang sama saya melakukan konfirmasi ke pihak BRI dan dibuatkan laporan TTB000045249777 untuk kendala tersebut.

Setiap hari saya minta bantu follow up dan mereka merespons bahwasanya sudah diprioritaskan dan maksimal 14 hari sudah beres. Namun nyatanya sampai saat ini saya belum menerima informasi apa pun. Dan dana saya juga tidak bisa dilacak keberadaannya.

Setiap minta bantu follow up yang merespons hanya AI yang memiliki nama random. Saya hendak membuatkan laporan ke OJK, namun pihak bank BRI tidak mau memberikan PUJK pelaporan nasabah ke pihak terkait.

Saya bingung, padahal yang minta uang saya, saya tidak mengajukan utang. Sejak saya memiliki akun bank di berbagai bank di Indonesia Bank BRI menduduki rekor nomor 1 bank paling buruk terhadap pelayanannya. Dan mereka seakan akan tutup mata akan hal ini. Dan tidak kalah buruknya PELAYANAN AGEN LIVE CHAT, seakan akan nasabah berhubungan dengan robot, yang hanya mengirimkan jawaban yang sama setiap saat, bukannya membantu malah mempersulit nasabah.

Jika masalah ini selesai saya akan menutup akun Bank BRI saya, dikarenakan sejak awal kasus ini saya telah membuka rekening Bank BCA yang lebih ramah terhadap keluhan nasabah. ?

Hendra Sinaga
Simalungun, Sumatra Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Hendra Sinaga

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Transaksi Bank BRI Gagal, Saldo Tak Kunjung Kembali

      • 16 Juni 2023 - (05:39 WIB)
        Permalink

        Semoga nasib uang saya tidak seperti abang, saya baru 2 hari ini, dg kasus tf dr brimo ke BSI nominal uang 3.300.000, itu uang utk byr kuliah,..sudah buat pelaporan dg no tiket TTBOOOO46414256, semoga bener bisa kembali secepatnya

        • 1 September 2023 - (11:33 WIB)
          Permalink

          haloo kakk saya ingin bertanya, kebetulan kasusnya sama kyaa syaa. ituu uangnya di reffund atau ilang begitu saja kakk?

    • 21 April 2023 - (08:25 WIB)
      Permalink

      Saya juga nasabah Bank BRI merasakan ketidaknyamanan luar biasa atas pelayanan bank BRI. Saya nasabah bank BRI kantor cabang jelambar. Saya memang punya pinjaman, namun pembayaran lancar. Namun bank ini memblokir dana saya berkali-kali. Pada saat saya tanyakan ke petigas banknya, malah dijawab : tahu darimana di blokir.

      Padahal seharusnya nasabah diberi keyerangan yang jelas mengapa uangnya ditahan berkali-kali. Nasabah yah tahu dong uangnya di blokir. Kan sadar saldonya berapa. Nah kalo nasabah ga sadar saldonya? Bisa ditipu dong nasabahnya yah?
      Hingga akhirnya BRI hanya jadi tempat gaji saya lewat, saya ga percaya meletakkan uang saya di bank ini..

      Semoga kasusnya bisa selesai dan memperoleh haknya yah pak Hendra….

  • 20 April 2023 - (16:42 WIB)
    Permalink

    mungkn pihak bank masih berkoordinasi dengan pihak merchant pak, jadi butuh waktu. kalau memang transaksi gagal, dana pasti balik kok ke rekening. Aku juga pernah alami kasus kayak gini di Bank lain dan memang butuh waktu tambahan utk cek transaksi yg aku lakukan. semoga dananya bisa cpt balik ya pak.

    1
    2
  • 20 April 2023 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Yah live chat emang banyakan bot bwuaang. Kecuali ente telpon call center lah, paling siap2 fakir pulsa aja abis nelpon premium

    3
    1
    • 20 April 2023 - (17:45 WIB)
      Permalink

      Kalau yang respon memang manusiam tapi jawapan yang setiap dikirimkan selalu sama. Beda kalau udah di ancam. Seperti hari ini saya ancam kalau gak ada perkembangan apa apa bakal saya laporkan ke OJK berserta pelayanan agen yang tidak bagus. Agen langsung mencarikan informasi dari tim terkait. Beda hal kalau di iya iyakan aja, yang di kirim auto reply. Jujur beda banget sama bank BCA. Kalau terkendala dalam live chat, langsung di alihkan ke panggilan suara agar nasabah mendapatkan informasi yang jelas.

      4
      6
      • 20 April 2023 - (17:53 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi karena transaksi di third party jadi agak lama om. Munckin pihak bank sdh hubungi koinworks tpi blm ada balasan. Dan mnrt ku pelayanan BCA juga nggak bagus2 banget. Pernah baca juga ada laporan di media konsumen

        4
        3
  • 20 April 2023 - (18:01 WIB)
    Permalink

    kasus over SLA seperti ini bisa saja terjadi di bank mana pun apalagi ini transaksi melibatkan pihak ke 3. soalnya aku juga pernah ada laporan ke bca sampai dtg ke cabang & call center, laporan aku lebih dari 1 minggu bisa selesai. tapi ya sdh lah, semua org berhak memberikan penilaian.

    3
    1
  • 20 April 2023 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Namun saya sudah ke kantor cabang Bank BRI. Disana petugas mengarahkan. Untuk kasus transaksi QRIS yang saldonya terpotong akan di proses maksimal 3-8 hari kerja. Dan melalui Agen Live Chat di sampaikan bahwa maksimal 14 hari kerja untuk kendala tersebut akan selesai. Namun setelah 15 hari kerja, pihak bank tidak memberikan konfirmasi apapun. Bahwa ya dibutuhkan waktu lama atau apalah. Bahkan ketika diminta bantu follow up, jawapan mereka cuma 1 saja. Sudah kita bantu prioritaskan. Padahal di hari pertama setelah saya membuka tiket bantuan atas transaksi tersebut, saya konfirmasi kembali ke pihak BRI bahwasanya laporan saya hanya di terima dan tidak di proses. Mereka hanya menjawab : Mohon di tunggu maksimal 14 hari kerja, karena sudah kita bantu prioritaskan. Setiap hari juga saya minta follow up setiap hari. Jawapan tetap sama. Kesalnya saya, sudah 15 hari kerja, bukannya memberikan informasi mengenai perkembangan, jawapannya hanya diminta tunggu saja . PENGALAMAN SAYA MENGGUNAKAN BANK JAGO UNTUK TRANSAKSI INTERNASIONAL pada merchant HostArmada. Dikarenakan tidak adanya kepuasan atas produk, sehingga mereka menyarakan refund dan meminta saya konfirmasi ke pihak Bank Jago. Setelah tiket dibuka dalam 14 hari kerja transaksi belum berhasil di refund. Dan tanpa saya follow up Bank Jago mengirimkan Surel ke email saya bahwa pihak HostArmada akan memproses transaksi tersebut setelah tutup buku pada transaksi bulan tersebut.
    Setelah awal bulan pada tanggal 1. Dana saya berhasil di refund dan pihak jago mengirimkan Surel detail transaksi refund telah berhasil didebet ke rekening saya.
    Lah, ini masa sudah di follow up tiap hari tapi mereka bahkan tidak dapat melacak. Atau memberikan informasi terbaru terkait transaksi tersebut.
    Saya melakukan transaksi di lokal merchant bukan di internasional yang prosesnya ribet seperti kartu kredit.

    3
    1
    • 20 April 2023 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Sudah coba hubungi lagi koinworks pak? Bisa jadi di sistem mereka yg blm update. Karena seharusnya kalau pembayaran sudah mengurangi saldo, pasti bakal diterima merchant. Coba hubungi aja lagi pak, lampirkan bukti transaksi biar dicek sama mereka

      2
      2
    • 20 April 2023 - (20:27 WIB)
      Permalink

      14 hari aja udah waktu yang lama untuk menyelesaikan kegagalan transaksi antar 2 sistem yang tidak terintegrasi secara langsung (bahkan kasus ini sudah hampir 1 bulan ya)
      Kan semuanya dilakukan melalui sistem. Kalau manual okelah 14 hari.
      CS perlu telpon, email ke pihak merchant untuk verifikasi data dan lain2 nya…

      Melalui sistem komputerisasi, sebetulnya verifikasi data bisa dilakukan melalui tracing data (otomatis dilakukan oleh sistem untuk memastikan transaksi sukses). Bukannya malah nasabah yang harus urus ini-itu untuk membuktikan kegagalan sistem (transaksi).
      Desain sistemnya sudah memperhitungkan jika terjadi kagagalan transaksi.
      Mungkin butuh waktu untuk refresh data (web-service) dengan aplikasi merchant-nya,
      tapi ya itu… nggak sampe berhari-hari bahkan berrminggu-minggu 🙂

      Pengalaman saya top-up dari bank mandiri ke gopay.
      Transaksi gagal, akun mandiri sudah ter-debit.
      Saya tunggu kira-kira 5 menit, akun saya terima kredit untuk pengembalian dana senilai transaksi.
      Seharusnya sistem yang ideal seperti ini.
      Tapi ini pengalaman subjektif saya, mungkin pernah juga ada nasabah mandiri yang
      seperti Bang Hendra Sinaga, lama penyelesaiannya (saya kebetulan tidak pernah ya).

      Dari keluhan di MK, lumayan banyak ya keluhan untuk BRI yang berkaitan masalah updating data transaksi.
      Sepertinya BRI harus evaluasi desain sistemnya. Mungkin…

      5
      1
      • 21 April 2023 - (06:04 WIB)
        Permalink

        Benar banget mas, dan lagi setelah lewat estimasi 14 hari bukannya konfirmasi apa apa. Masa harus saya yang nanya terus. Ditanya juga responnya kayak gak penting gitu. Kayak Bot yang auto reply.

        2
        1
          • 21 April 2023 - (13:33 WIB)
            Permalink

            Masalah sejak saya buat laporan di media konsumen sudah terhitung 16 hari kerja.

  • 20 April 2023 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Halo, Jasmine. Saya telah konfirmasi ke pihak KoinWorks dan dikarenakan saya tidak memiliki Bukti transaksi Valid yang menampilkan informasi Transaksi berupa No Reff dan lainnya. Sehingga saya hanya melampirkan Screenshot SMS Banking dan Mutasi Rekening saja. Untuk sisanya, saya minta langsung agar dikonfirmasi oleh pihak KoinWorks ke Bank BRI. Karena untuk saya sendiri bukti transaksi berupa resi dari BRImo tidak dapat di akses, karena ketika di klik, aplikasi akan forcestop.

    2
    2
  • 21 April 2023 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Untuk update terbaru pada 21 April 2023. Pihak Bank BRI mengkonfirmasi ke saya Bahwasanya Transaksi telah berhasil, namun KoinWorks belum meneruskan dana ke Merchant. Namun setelah konfirmasi pihak KoinWorks dan mereka menyajikan bahwa dana belum di proses bank pengirim. Jadi pihak BRI mengada2 dong yang mengatakan transaksi berhasil ?

  • 22 April 2023 - (06:50 WIB)
    Permalink

    BRI adalah satu-satunya bank tertua di Indonesia yang sistemnya ‘tua’ juga. Segala bentuk transaksi harus menggunakan ‘cara tradisional’ untuk meminimalisir kendala. Semua fasilitas otomatisasi yang diberikan kerap bermasalah. Makanya sebagai nasabah BRI saya selalu menolak bila ditawarkan fasilitas2 itu (ATM, BRI mobile, mesin setor, dll). Untuk amannya memang harus dilakukan secara manual semua. Unruk semua transaksi saya masih mengantri di teller dan CS.

 Apa Komentar Anda mengenai Pelayanan Bank BRI ?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Transaksi Bank BRI Gagal, Saldo Tak Kunjung Kembali

oleh Hendra dibaca dalam: 1 menit
23