Tokopedia dan JNT Menolak Klaim Barang Hilang yang Diasuransikan

Saya adalah salah satu seller di Tokopedia yang dirugikan oleh pihak Tokopedia dan JNT senilai 729 ribu rupiah. Awal mulanya saya mendapatkan pesanan dengan nomor INV/20230410/MPL/3168201298 pengiriman dari Kota Surabaya menuju Ubud – Bali. Di toko saya, saya sudah menyalakan wajib asuransi untuk semua produk yang saya jual.

Nah ketika saya mendapatkan pesanan ini, entah kenapa nomor resi JNT tidak dapat di-generate, jadi saya hanya bisa melihat orderan masuk dan kurirnya JNT saja. Karena sudah di-refresh berkali pun masih tidak muncul juga dan di layar notifikasi terdapat pengumuman bahwa kurir JNT sedang dalam gangguan. Karena barang tersebut harus dikirim hari itu juga, maka saya terpaksa membuatkan resi gantinya di toko saya di platform Shopee dengan nomor resi JP5903061797 (karena Tokopedia tidak mengizinkan internal dropshipper) agar barang tersebut bisa dikirim.

Singkat cerita resi di Shopee tidak ada masalah dan bergerak wajar sesuai tracking number. Akan tetapi pada tanggal 12 April 2023, barang tersebut sudah sampai di Gudang JNT di Denpasar, tetapi tidak bergerak lagi. Saya sudah mencoba menelpon ke JNT call center pada tanggal 15 April dan tanggal 20 April dan hanya dibuatkan laporan saja.

Saya pun sudah follow up ke Regional Manager (RM) JNT tempat saya mengirim barang bernama Lydia, akan tetapi RM tersebut TIDAK ADA RESPON ATAUPUN JAWABAN SAMA SEKALI. Saya juga sudah melaporkan masalah ini ke koordinator di cabang konter saya mengirim barang, jawaban nya hanya selalu disuruh menunggu saja. Lucunya mereka sedang menganalisa CCTV yang datang pada tanggal 12 April. Beginikah SOP nya JNT? Setelah 2 minggu lebih itu barang baru mulai dicari? Kenapa ga sekalian kalian nunggu tahun depan saja baru dicari?

Lalu customer pun membuka komplain karena barang tersebut belum sampai-sampai juga. Lalu pada tanggal 21 April saya mendapatkan notifikasi pembatalan transaksi dari Tokopedia karena barang dianggap hilang oleh Tokopedia (karena tidak ada jawaban dari kurir). Saya pun menanyakan kepada pihak JNT, apakah betul barang saya hilang, mereka menjawab masih belum ada update bahwa barang tersebut hilang.

Ketika saya klaim barang hilang, pihak Tokopedia menjawab bahwa transaksi dengan nomor resi di luar Tokopedia maka tidak dapat mengajukan klaim asuransi barang hilang. Lalu kalau begitu kenapa tidak dari awal saja ketika resi tersebut terdeteksi diganti dengan resi lain maka transaksi tersebut OTOMATIS BATAL.

Kalau seperti ini namanya Tokopedia hanya mau uang PREMI Asuransi nya saja, tetapi ketika terjadi masalah, mereka tidak mau mengganti barang tersebut. Padahal sudah jelas barang tersebut yang menghilangkan adalah pihak kurir bukan pengirim.

Dan juga pihak JNT selaku jasa pengiriman tidak bertanggung jawab sampai surat ini dituliskan. Terlebih Regional Manager yang bernama Lydia, Supervisor JNT dan semua yang berhubungan dengan JNT tidak ada tanggung jawabnya sama sekali. Dari level kepala sampai bawah, tidak perduli dan tidak bertanggung jawab terhadap paket kiriman.

Laras Safira
Kabupaten Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Tokopedia dan JNT Menolak Klaim Barang Hilang yang Diasuransikan

  • 26 April 2023 - (13:11 WIB)
    Permalink

    JNT emang selalu bermasalah COD selalu retur padahal ga ke lokasi penerima, Non-COD malah di retur.heran dengan JNT yang semakin buruk kualitasnya

    2
    1
    • 26 April 2023 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Ya itu sudah ada kesalahan proses menurut saya. Kasarnya Cara kerja asuransi ini menurut saya memang harus 1 jalur saja yg sudah ditentukan. Anda tak boleh pakai jalur lain. Saya selalu dpt ganti rugi selama ini ketika barang bermasalah. Itu ga pernah saya hubungi pihak jasa kirim dll. Full melalui tokopedia prosesnya. Ketika anda komplain di toped lalu menghubungi pihak jasa kirim juga itu bisa jadi masalah karena jadi kayak 2 informasi yg masuk akhirnya jadi bentrok.

      11
      1
      • 26 April 2023 - (18:28 WIB)
        Permalink

        Sama gan, uda 7tahun pakai Tokopedia beberapa kali claim asuransi karena kerusak pengiriman selalu cair dan prosesnya claimnya ndk ribet. cuma agak lama aja cairnya

        6
        3
  • 26 April 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Mana yg waktu itu bilang dari semua ekspedisi, cm JNT dan sicepat yg paling cepat tanggap atas keluhan costumer.

    4
    9
  • 26 April 2023 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Ya jelas asuransi nya void lah. Asuransi tokopedia itu dicover pihak ketiga, bukan oleh ekspedisi. Lah kamu pakai resi yg diterbitkan invoice shopee, ya tuntutnya ke sana. Ganti resi boleh, tapi ya jika ada keluhan ya ke marketplace dimana resi tersebut berasal. Seandainya bisa klaim sesuka hati tanpa diliat asal dr resi tsb, ya bisa double klaim, seller akan lebih berharap kiriman hilang. Mau cuan/dagang di mana, ya harus paham dan taat peraturan nya.

    11
    1
    • 26 April 2023 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Nah betul, soalnya Resinya yg pakai itu di terbitkan dari Resi otomatis marketplace lain, yg artinya itu juga sudah melanggar ketentuan dan juga sudah diluar tanggung jawah marketplace Tokopedia, kalau Resinya Diterbitkan di Shoope ya komplain asuransinya di Shoope

    • 28 April 2023 - (05:11 WIB)
      Permalink

      Anda benar gan. Di sini posisi yg salah seller. FYI, sy juga seller di oren dan ijo. Tiap MP sudah ada aturannya. Resi otomatis yg diterbitkan tiap MP itu beda kode. Untuk JNT di shopee kode depan JP di tokped TJNT sangat berbeda bukan. Dropshipper boleh tapi harus paham aturan juga dong ? jangan seenaknya aja. Gimana cerita resi shopee di input di tokped. Ya jelas void. Saat error ya chat CS tokped minta solusi. Ambil barang dari shopee, yg di input resi shopee kok klaimnya ke tokopedia ?.
      Pahami aturan dulu sebelum jualan ya….jangan asal cari cuan aja, malah boncos kan…

  • 26 April 2023 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Waduh, kalau saya abang sudah melanggar SOP tokopedia makanya Tokped mau lepas tangan, harusnya dari awal kalau ada masalah abang hubungi call center tokopedia gmn masalah pengiriman barang yg ada masalah dst. Dulu saya pernah di hubungi seller mereka juga bermasalah dgn expedisi, dan mereka kontak saya sebagai buyer, saya bilang coba hubungi saja CS tokped kalau diminta batal ya batal saja nnt saya order ulang.

    4
    1
  • 26 April 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Bentar bentar.. Pesanan dari MP mana? Asuransi dari MP mana? Kirim pake fasilitas MP mana? Trus klaim asuransi barang hilang ke MP mana? ?

    Apa cuma saya yg bingung? ???

    • 26 April 2023 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Laiya aneh jual di Tokopedia tapi kirimnya resi Shopee, mungkin sellernya Dropship ambil barangnya dari shoope

  • 26 April 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Jelas kesalahan anda sebagai seller, kok pake resi shop**, harusnya kalo no resi jnt otomatis nya gak muncul di toped karna sistem error, ya lebih baik kirim manual saja bayar sendiri ongkirnya + tambahin biaya asuransi juga , jadi resi input manual di sistem topednya, gak rugi jg kok nanggun biaya ongkir + asuransi toh kalo paket dah sampe ke pembeli kan uang pengiriman + asuransi yg dibayarkan manual kan digNti ama toped.

    6
    1
  • 26 April 2023 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Ini mah salah seller sendiri “ganti resi” yang bukan resi otomatis dari Tokopedia.. Resi otomatis TIDAK BOLEH DIGANTI resi manual meskipun dalam 1 ekspedisi yang sama..!!! Sudah tertulis kok di S&K Tokopedia mengenai asuransi pengiriman dan ganti rugi jika barang hilang..

    Kalo resi tidak bisa digenerate di hari yang sama dan harus dikirim saat itu juga, seharusnya seller komplain ke TokopediaCare dong.. Jangan main asal input resi manual.. Baca lagi mengenai S&K Tokopedia mengenai “RESI OTOMATIS & RESI MANUAL”..

  • 26 April 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Waduh mbak Laras knp mengganti ke platform pesaing? Pasti lah tidak akan dilayani klaimnya. Pihak asuransi pun pasti menolak karena ada ketidaksesuaian resi.
    Wah ini sih bisa aja disalahgunakan sama oknum kurir di gudang kota tujuan karena resinya berbeda.

    Harusnya gini mbak ketika auto generate nya kurir sedang error. Mbak datang ke gerai nanti mereka yg akan membuat resi. Nah resi ini secara manual diinput sama mbak di kolom isi manual resi.

    Yah mudah2an pihak kurir nya mau bantuin meski agak sedikit kemungkinan.

  • 26 April 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    pointnya sih disini :
    “maka saya terpaksa membuatkan resi gantinya di toko saya di platform Shopee”

  • 26 April 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Asuransi Tokopedia, keluar resi via shopee, hilang salahin Tokopedia padahal ini aja udah salah pakai resi shopee, ini seller baru atau ga paham sistem asuransi.
    1 kata #Chuakss

      • 26 April 2023 - (22:16 WIB)
        Permalink

        Lah dia aja kagak pake asuransi, resi JP itu udah jelas dr Shopee bukan Tokopedia dan di Shopee jelas2 dia gak pake asuransi, mau pake seribu ekspedisi yg berbeda pun (si cepat kek, anteraja kek, TIKI kek, POS kek…) kalo hilang nya pake resi yg gak ada asuransinya ya tetep gak bakal di ganti bos, karena asuransi yg dia daftar kan itu di Tokopedia dan udah ada kode nya, kalo dia kagak pake kode yg dr Tokopedia udah jelas berarti gak mau nerima asuransi dr kode tsb, yaelah ganti resi kek gini mah adek gw yg bocah SMP jga paham soal dropship

  • 27 April 2023 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Klo pake resi Shopee komplain nya ke Shopee, nnti Shopee yg ganti. Bkn tokopedia nya. Sy prnh alamin sama persis.

  • 27 April 2023 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin hal sama di tokped. Resi error ga kebaca sistem JNT. Persis kayak gitu. Solusinya yg diberikan admin saat itu: anda kirim manual dulu di JNT, duit ongkirnya talangin dulu. Trs lapor ke admin tokped kalo resi nya invalid gabisa kebaca, jadi saya bayar manual. Anda tinggal upload bukti resi manual tadi ke admin sebagai laporan. Entar setelah barangny sampe, ongkirny diganti sama tokpednya ka. Dan jangan pake JNT marketplace lain krena disana gak ada resi fisik.

    Terus lagi, pgalaman saya pake JNT ditokped emang busuk..? beberapa kali kejadian error resi gak kebaca. Herannya di marketplace lain aman. Cuma JNT ditokped doang yg gitu.

  • 27 April 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin hal sama di tokped. Resi error ga kebaca sistem JNT. Persis kayak gitu. Solusinya yg diberikan admin saat itu: anda kirim manual dulu di JNT, duit ongkirnya talangin dulu. Trs lapor ke admin tokped kalo resi nya invalid gabisa kebaca, jadi saya bayar manual. Anda tinggal upload bukti resi manual tadi ke admin sebagai laporan. Entar setelah barangny sampe, ongkirny diganti sama tokpednya ka. Dan jangan pake JNT marketplace lain krena disana gak ada resi fisik.

    Terus lagi, pgalaman saya pake JNT ditokped emang busuk..? beberapa kali kejadian error resi gak kebaca. Herannya di marketplace lain aman. Cuma JNT ditokped doang yg gitu.

    Sy bisa pastikan kasus anda ini rejeki buat si pembeli. Karena kadang sbulan kmudian pas barang ketemu, ntar bakal tiba2 sampe ke pembeli scara gratis

  • 27 April 2023 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Yg ngaconya ngapain seller maksa ngirim kalo emg sedang gangguan, pake bikin resi dari shoppe segala, ya salah prosedurlah, asuransi di toko ijo kok libatin toko oren ya ga mau lah si tokoijo, kesannya seller bikin order fiktif mau untungin asuransinya.

  • 27 April 2023 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Buat semuanya jangan serta merta menyalahkan ekspedisi. Coba dibaca dulu. Itu seller mengganti resi dengan menggunakan resi shopee bukan Tokopedia. Ya jelas asuransinya void. Harusnya bisa hubungi CS buat perpanjangan atau penambahan waktu masa kirim. Jika input resi yang tidak sesuai SOP asuransinya sudah pasti void.

  • 28 April 2023 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Celakanya j&t gak bisa dinonaktifkan..seller shopee dipaksa pake j&t..padahal ekspedisi ini terkenal paling busuk , sy dah bosen ngitung berapa banyak barang sy yg dihilangkan oleh j&t

  • 1 Mei 2023 - (03:23 WIB)
    Permalink

    Kesalahan TS adalah kenapa dia ganti no.resi dr toped ke marketplace lain.
    Lalu kesalahan kedua, adlh Aduan ke pihak ekspedisi (sampai kontak RM ekspedisi) juga ke Toped ats Hilang Barang.

    TS lakukan 2 kesalahan.

    Saya Seller Toped prnh alami hal demikian yi Barang Hilang.
    Hrga Barang 630, Pot. Layanan pasang Iklan 3.1%, layanan free ongkir 10rb.
    Barang dr tangkot tujuan Kediri.
    Buyer pilih Kurir Rekomen Toped.
    Checkout dan pickup 8 hari sblm Hari raya Idul fitri.

    4hari tdk tiba ke buyer (14-18). Di Toped Status Estimasi Tiba (17-21), berubah ats kendala pengiriman.

    Stlh diTelisik, tyt Kurir salah tempel Barcode di barang paket saya. Ya alhasil paket tdk sesuai Alamat Tujuan (Barang Hilang). Minta Admin kurir Ekspedisi itu utk Ubah Status Jadi Barang Hilang.

    Saya komplain yaa ke Toped Care. Toped verifikasi ke Kurir. DiNyatakan Barang Hilang. Saya Ajukan klaim dg Isi Form Klaim, Upload Foto bukti. Tunggu waktu. Lalu Klaim di verifikasi Berhasil. Nunggu waktu 2x24jam. Tyt lebih cepat proses Klaim Dana masuk kembali ke Saldo Toped Seller dg Potongan-potongan persenan dan 10rb.

    Saya Ajukan keberatan ke Toped Care utk 3,1% dr 630rb dan 10rb utk Dikembalikan ke Dana Saldo Toped Seller krn barang bukan dibeli melainkan HILANG. Lalu diminta menunggu Tim verifikasi dan Tim Divisi terkait. Dan TARAAA… Dana MASUK. (2x MENANG. Dana atas nilai barang masuk DAN Dana Potongan Iklan juga masuk)

    Yg Kasihan Buyer-nya. Krn beli pakai CC di Toped jd pengembalian Dana memakan Waktu 14hri kerja. Pluss Buyer chat (WA dan Chat Toped) dg hinaan; “Seller ga amanah”, “Sedari awal sudah bermasalah” dan “Nipu”, “Penipu”.
    Disini Buyer marah dan chat ke Seller krn tiba-tiba status barang terkirim, pdhl itu yg ubah status adlh Toped, buyer malah chat dg tidak berEtika sampai berkata NIPU-PENIPU (masuk kategori pasal Hinaan di KUHP).

    Sampai saat ini si Buyer blm ada perkataan maaf. Wlpn chat di Toped dan di WA msh saya simpan rapi. Dan saya Minta Dia utk Berani kah buat Laporan ats apa yg buyer Katakan PENIPU.

    Di Toped, Saya Nilai Tidak Puas transaksi dg Buyer dan Ajukan Komplain atas transaksi dg buyer ke Toped Care. Agar Buyer di Edukasi dan harus paham Alur Komplain dan Klaim bertransaksi di Marketplace Toped terlebih saya minta toped care agar Buyer tau ini kesalahan bukan disebabkan seller, melainkan kesalahan kurir. Dan Toped Care bisa Edukasi si Buyer.
    Alhasil Toped Care sudah hubungi Buyer melalui Email (krn beberapa kali buyer di Hub oleh Toped Care tetapi tdk merespon).

    dan Saya Nilai Sangat Puas utk Respon dsn Verifikasi Issue dr Problem Solving Toped Care. Sampai saya DM-in Head Mngr Customer Engagement Toped (HO) agar bisa Kasih Apresiasi Kerja utk kinerja si Staff toped care yg melayani Permasalahan saya, krn si Staff Toped Care tsb tlh menjaga marwah GodWill perusahaan dan Excellent Problem Solve also Responsive and Nice Communicated.

    PS ; Bagi Buyer dan Seller kudu SMART dan Tau TATACARA dan PROSEDUR Ajukan Komplain-Klaim saat terjadi DISPUTE bila ber-Transaksi di MarketPlace.

    • 2 Mei 2023 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Setuju, ini kesalahan TS yang menjadikan klaim asuransi menjadi tidak berlaku (tidak valid).

      Yang saya alami gampang kok untuk proses klaim asuransi jika barang hilang.
      Seller dan buyer nggak perlu upload2 video segala macem seperti kasus barang rusak, tinggal nunggu investigasi Tokped ke kurir aja dan pantau perkembangannya.
      Yang terpenting persayaratan dalam S&K asuransi nya terpenuhi.

      Menarik juga cerita anda, terutama cerita mengenai Buyer.
      Kebetulan kalau dalam kasus saya, buyer nya ada yang sudah tahu mekanisme belanja Tokped dan ada juga yang belum paham tapi baik/sopan.
      Cerita anda jadi masukan bagi saya pribadi dengan harapan nggak ketemu buyer seperti dalam ceritanya, semoga. ??

 Apa Komentar Anda?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Tokopedia dan JNT Menolak Klaim Barang Hilang yang Diasuransikan

oleh laras safira dibaca dalam: 2 menit
32