Masalah Penarikan Paket “Salah Harga” yang Terlanjur Terkirim

Kami adalah seller online di TikTok Shop. Pada tanggal 11 Mei 2023, ada pembeli dengan inisial EC asal Palembang melakukan transaksi online di toko kami. Transaksi kami proses, tapi ternyata kami menyadari adanya kelalaian dari admin kami, yang mana salah memasukkan harga barang. Yang seharusnya harga Rp800.000, terjual dengan harga Rp80.000. Paket telah terlanjur terkirim melalui J&T Express dengan nomor resi: JX1796341991.

Pada tanggal 12 Mei 2023 kami hubungi pembeli, agar barangnya ditolak atau dikembalikan, tetapi tidak direspons. Akhirnya pada tanggal 14 Mei 2023, pembeli merespons kami. Dia menjawab bahwa itu kesalahan kami dan kami yang wajib menanggung kesalahan itu. Kami langsung sadar bahwa pembeli ini tidak ada itikad baik. Padahal dia regular customer kami dan sudah beberapa kali beli dan dia juga tahu harga barang sebenarnya.

Akhirnya kami meminta bantuan dari J&T call center via email saat itu juga pukul 10.47 pagi. Saya email berkali-kali, tetapi tidak ada respons. Sampai akhirnya tanggal 15 Mei 2023, ada CS yang merespons bahwa sedang dalam proses penanganan ke yang terkait. Saat itu barang sudah sampai di Palembang. Kami juga berusaha mencari JNT drop point itu, tapi tidak ada yang jawab.

Kami berhasil menghubungi call center dua kali pada tanggal 15 Mei 2023, jawabannya sama diproses ke pihak terkait. Tanggal 16 status paket delivered. Namun dikatakan bahwa untuk alur retur adalah barang distatuskan delivered baru bisa dikirim ulang.

Kami sudah memberikan alamat kirim dan bersedia membayar biaya ongkir-nya. Namun setelah itu yang jawab beberapa CS dengan jawaban hanya copy paste saja. Seperti yang jawab itu robot bukan manusia dan tidak ada yang menelepon saya. Telepon ke Call Center juga sama saja.

Akhirnya pada tanggal 22, CS Nova info kalo barang diterima pembeli EC dan saya disuruh berkomunikasi dengan pembeli. Sudah saya lakukan sebelumnya tapi pembeli tidak mau mengembalikan barang. Kami ditolong oleh pihak supervisor J&T Alang-alang. Beliau cukup kaget dengan kendala kami, kurir sudah 2-3 kali ke sana berusaha menarik barang, tapi pembeli EC tidak mau mengembalikannya.

Pertanyaan saya:

  1. Apa gunanya saya kontak CS sejak barang sebelum diterima? Kenapa tidak ada action dari awal dan koordinasi ke J&T Alang-alang?
  2. Ini pertanggungjawaban dari J&T apa?
  3. Untuk apa bikin hotline kalau tidak ada penyelesaian?
  4. J&T adalah salah satu pelopor transaksi COD dan pilihan di TikTok Shop, bagaimana untuk ke depannya kalian dengan semakin berkembangnya platform ini?
  5. Apakah CS kalian robot?

Sekian laporan saya. Semoga pembeli EC semakin barokah dengan sandal barunya dan CS J&T lebih “manusiawi” dalam menjawab keluhan customer. Bukan cuman copy paste saja. Thanks.

Amelia Oktaviani
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Masalah Penarikan Paket “Salah Harga” yang Terlanjur Terkirim

  • 29 Mei 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Semua pekerjaan ada tanggungjawabnya.
    Jangan menyalahkan pembeli dan j&t.
    Kalau pembeli tidak mau , anda mau berbuat apa ?
    Transaksi sah dalam jual beli.
    Ya harusnya kelalaian adminnya yang bertanggungjawab.
    Diikhlasin saja.
    Pembeli tidak salah.

    33
    2
    • 29 Mei 2023 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Sebagai pe jual online, jangankan paket sudah di kirim, barang masih di tangan aja tetep gue kirim kalau itu memang salah ngasih harga.. Apalagi itu pelanggan loyal kita.. Walaupun kita rugi uang, tapi menjaga nama baik toko adalah yg utama..IMHO

      13
  • 29 Mei 2023 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Kalau kesalahan harga dan barang sudah dikirim ya untung2an pembeli mau kembalikan/tidak. Tapi ini kan kesalahan seller tidak bisa menyalahkan kurir/pembeli, saya juga punya toko kalau memang kesalahan saya yang memberi harga ya sudah memang rejekinya pembeli.

    15
    1
  • 29 Mei 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Salah sendiri malah salahin yang lain!
    Ini kalo kamu kerja ikut orang jelas langsung potong gaji.

    18
    1
  • 29 Mei 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Di Shopee banyak ditemui kasus salah harga,tapi pihak seller gercep antara chat buyer buat batalin orderan atau cuek tidak memproses orderan hingga batal otomatis.

    8
    0
    • 29 Mei 2023 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Untuk kasus ini, saya ga bilang adminnya seller ga salah. Dia juga kayaknya perlu belajar lebih teliti.. Tapi di hidup ini ya kan ada yg namanya integritas dan empati juga ya.

      Integritas dari pembeli yg sudah jadi regular buyer. Dia pasti tahu itu barangnya ga mungkin dapat harga segitu tp tidak ada kejujuran dari dia untuk memastikan lagi ke penjual. Bayangin aja anda jadi teman/tekan kerja dari orang seperti ini? Ini tipe orang aji mumpung to the max.

      Terus soal kurir JNT.. Ya memang salah juga kan? Itu udah dijelasin dari kapan sellernya kontak dan kapan baru direspon sama JNTnya.. Itu alurnya udah panjang loh. Jadi buat saya ya.. Buat apa ada customer service juga kalo gitu ya?

      4
      13
  • 29 Mei 2023 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Sama seperti tanggapan pembaca lainnya… Ini krn kamu lalai dan sadar nya telat. Jika belum diberangkatkan/masih di agen, paket masih keburu dicari dan ditarik. Sudah pindah tempat dan mau ditarik, bahkan diganti alamat baru yg ngaku sbg pengirim… Ya tidak bisa (bisa kacau dan jatuh ke tangan yg salah).
    Sudah diterima pembeli dan minta ditarik? Wah kamu kek leasing aja, seakan yg beli ngutang/kredit macet.

    15
  • 29 Mei 2023 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Hi, Thanks all buat tanggapannya. Ini bukan flash sale. N untuk kerugian memang kita udah relakan. Mungkin kalian yang comment tidak pernah lalai dan salah. Ini saya hanya mempertanyakan kinerja JNT, kalo memang ada keluhan tolong ditanggapin. Jangan tanpa kejelasan.

    2
    24
    • 29 Mei 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      TS sebagai pemilik usaha?
      Karena kesalahan ini terjadi karena kelalaian dari admin TS sendiri, kenapa kerugian gak dibebankan kepada si admin yg lalai tersebut?
      Misal adminnya harus ganti kerugiannya, bisa dari gaji dipotong setiap bulannya.

    • 29 Mei 2023 - (13:53 WIB)
      Permalink

      TS menulis yang kontradiktuf:

      “Ini saya hanya mempertanyakan kinerja JNT, kalo memang ada keluhan tolong ditanggapin. Jangan tanpa kejelasan.”

      Vs.

      “Kami ditolong oleh pihak supervisor J&T Alang-alang. Beliau cukup kaget dengan kendala kami, kurir sudah 2-3 kali ke sana berusaha menarik barang, tapi pembeli EC tidak mau mengembalikannya.”

      Dan utk pernyataan ini:
      “Mungkin kalian yang comment tidak pernah lalai dan salah.”
      ==>> tentu pernah tapi kalau sudah deal yang dikedepankan adalah etika bisnis.

      11
    • 30 Mei 2023 - (11:22 WIB)
      Permalink

      J&t ga salah apa apa lhoo. Profesionalisme situ aja yang ga diutamakan. Selaku seller ya harus pertanggungjawabankan apa yang dia jual, udah kejual kok malah minta balik, kan tolol. Lu mau pelanggan yang lain kabur karna mikir barang yang mereka beli bakalan di tarik lagi, buang buang waktu lah, mending cari seller lain.
      Harusnya lu ga bisa ngeluh apapun ke j&t, tugas mereka itu buat ngirim barang sesuai alamat yang kalian isi, bukan jadi penanggung kerugian bisnismu.
      Inget akar masalah ini itu di management bisnismu, yang dibenerin ya berarti bisnismu itu.

  • 29 Mei 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    pelajaran utama ada lah ketelitian admin dalam menentukan harga dan cek harga saat pesanan masuk. untuk masalah penarikan paket di jasa pengiriman jujur saja sifatnya adalah untung-untungan. jika beruntung bisa ditarik tapi kebanyakn susah untuk ditarik karena alur pengiriman itu banyak. dan jumlah paket juga ribuan. iklasin aja dan semoga rejekinya bisa tergantikan lebih banyak

  • 29 Mei 2023 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Dikutip:
    “Kami ditolong oleh pihak supervisor J&T Alang-alang. Beliau cukup kaget dengan kendala kami, kurir sudah 2-3 kali ke sana berusaha menarik barang, tapi pembeli EC tidak mau mengembalikannya.”

    Pihak J&T sudah mengupayakan bantuan padahal proses jual-beli sudah sah di mata hukum. Jangan karena salah mencantumkan harga kemudian menyalahkan pihak-pihak yang tidak terkait.

    Sikap TS dalam menghadapi masalah ini membuat saya berpikir mungkin menjadi alasan kenapa pihak CS J&T terkesan slow respon. Hukum sebab-akibat. Semoga usaha dagang TS lebih barokah terlepas sikap dan pemikiran TS yang “out-of-the-box”.

  • 29 Mei 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Perlu TS ketahui penghuni MK itu 90% pedagang online, jadi ya mungkin komentar mereka bisa dianggap sebagai masukan untuk ke depannya.
    Pembeli apalagi yang langganan kalau tahu salah harga tapi diam saja ya jujur kurang etis, tapi lebih kurang etis lagi penjual salah harga sampai menyuruh kurir 3X untuk menarik barang yang sudah diterima. Sangat aneh sebenarnya.

  • 29 Mei 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Jual online ya, maaf ketika proses packing/kemas, apakah tidak sambil Quality control terhadap barang yg akan anda jual. Disini saya agak sedikit menyinggung penjual, berarti salah 1 penjual yg tidak melakukan QC terhadap barang yg akan di kirim k pembeli.

  • 29 Mei 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Kalau anda marah sama j&t karna anda yg salah ya gak bisa begitu. Kurir hanya mengirim barang berdasar amanat sistem jual beli sdh ada alurnya. Kalau sdh terkirim ya relakan. Admin yg masukin harga salah yg harus tanggung jawab. Pembeli jg gak bisa disalahkan karna dia gak melakukan kecurangan apalagi dia sering beli. Ya kalau pembeli punya itikad baik ya lain cerita.

  • 29 Mei 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Terkadang saat kita membeli barang dan minta pembelian dibatalkan dengan alasan salah apapun, seller tidak mau dengan alasan orderan yang sudah masuk tidak bisa dibatalkan. jadi kalo buyer kali ini tidak mau membatalkan barang salah harga yang terlanjur dikirim, ya saya juga tidak bisa menyalahkan. Mungkin buat seller jadi pelajaran aza untuk lebih teliti di masa depan.

  • 29 Mei 2023 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Ini alur gmn dah kesalahan dari admin anda sndiri kok mlah nyalahin pembeli dan pihak jasa kirim, hrus nya di sini admin anda yg tanggung jwb

  • 29 Mei 2023 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Kalo barang sdh dikirim ya resiko harus ganti rugi, bkn malah menyalahkan pihak lain karna awalnya kan salah sendiri.

  • 29 Mei 2023 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Saran saya supaya memperbaiki manajemen pengiriman.Bikin sop pengiriman,supaya proses pengiriman lebih sistematis.sehingga bisa meminimalisir kalau ada kesalahan penulisan seperti ini.
    Saya setuju pembeli dan pengirim ga salah,tp saya setuju sih di banyak perusahaan,kebanyakan customer care nya ga berguna.
    Anggap aja ini harga yang di bayarkan buat biaya les privat.

  • 29 Mei 2023 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Saya seller juga buyer online. Klo bedanya sedikit ya oke lah, klo 800rb ke 80rb ya jauh. Rejeki itu berawal dari yg baik, bukan ngambil kesempatan dalam kesempitan. Buat seller mungkin perlu diteliti ulang dulu pas terima orderan

    2
    2
    • 29 Mei 2023 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Woi… 0takx di pakek
      Point 2, 3, 4, 5 kok dititik beratkan ke JNT..!
      Apa hubungannya dg JNT atas kesalahan Harga.? Tugas JNT Pickup -> Delivered Ok 100%.
      Status anda disini cuma minta tolong ke J&T trus ujuk2 karena gak sesuai diharapkan anda salahkan J&T dengan mengatakan tidak tanggung Jawab.
      Parah Nih orang

  • 29 Mei 2023 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Salah sendiri ko nyalahin pembeli, pembeli itu benar, dia beli dengan harga yang tertera, kalau salah harga ya itu slah kamu, aku juga dulu kasir, salah harga kita yang tanggung karena cerobih, semua ada sopnya g bisa maen ambil aja, kalau busa main batalin dimana tanggung jawab seller?

  • 29 Mei 2023 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Ini makanya kita dalam bertransaksi online itu, ketika mendapati suatu musibah. Lalu kita bikin laporan ke penyedia jasa yang kita gunakan, kita harus sabar & sadar bahwa yang menggunakan jasa tersebut bukan cuma kita, tapi banyak.. bahkan sampe ribuan tiap harinya.

    Saya sebagai seller juga sama merasakan, sering dapat customer yang tidak sabaran. Sudah dijelaskan estimasi selesainya kapan & dikirim kan, masih saya ditanyakan kapan kapan kapan, dia tidak kepikiran bahwa yang order (menggunakan jasa saya) ratusan orang perharinya.

  • 29 Mei 2023 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Sama juga seperti kurir, banyak orang yang menggunakan jasanya. Makanya disediakan template pesan otomatis buat menjawab pertanyaan customer.

    Ketika kurir menjawab, sedang ditanyakan kepada pihak terkait. Itu kemungkinan sedang banyak keluhan masuk sehingga keluhan kita butuh waktu lama.

    Yang harus kita ambil pelajaran, saling menghargai, teliti dalam kondisi sesibuk apapun. Jangan sampai gara-gara kelalaian sendiri, merepotkan & menyalahkan orang lain.

    Jangan sampai hanya gara-gara kecewa satu kali, sampai melupakan jasa kebaikan orang lain yg sudah lama kita rasakan manfaatnya.

  • 29 Mei 2023 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Menurutku sih pembelinya tega,ga mau retur barang atau tf kekurangannya.

    Coba konsultasikan dengan bpsk setempat kak

    • 30 Mei 2023 - (05:59 WIB)
      Permalink

      Biasanya yg menentukan HARGA itu OWNERS bukan ADMIN yg hanya PEKERJA. ini PEMBELI nya Juga ga punya rasa BERDOSA..Baru ini ada Pembeli yg Memanfaat kan kesalahan untuk mendapatkan barang HARAM. Sangat tidak Manusiwi. Sabar OWNERS Semoga Semua tergantikan. Rezky sudah ada yg Atur. Jadi iklaskan. Semoga Pembeli nya SADAR.

 Apa Komentar Anda?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Masalah Penarikan Paket “Salah Harga” yang Terlanjur Terki…

oleh Amelia Oktaviani dibaca dalam: 2 menit
36