Masalah Penarikan Paket “Salah Harga” yang Terlanjur Terkirim

Kami adalah seller online di TikTok Shop. Pada tanggal 11 Mei 2023, ada pembeli dengan inisial EC asal Palembang melakukan transaksi online di toko kami. Transaksi kami proses, tapi ternyata kami menyadari adanya kelalaian dari admin kami, yang mana salah memasukkan harga barang. Yang seharusnya harga Rp800.000, terjual dengan harga Rp80.000. Paket telah terlanjur terkirim melalui J&T Express dengan nomor resi: JX1796341991.

Pada tanggal 12 Mei 2023 kami hubungi pembeli, agar barangnya ditolak atau dikembalikan, tetapi tidak direspons. Akhirnya pada tanggal 14 Mei 2023, pembeli merespons kami. Dia menjawab bahwa itu kesalahan kami dan kami yang wajib menanggung kesalahan itu. Kami langsung sadar bahwa pembeli ini tidak ada itikad baik. Padahal dia regular customer kami dan sudah beberapa kali beli dan dia juga tahu harga barang sebenarnya.

Akhirnya kami meminta bantuan dari J&T call center via email saat itu juga pukul 10.47 pagi. Saya email berkali-kali, tetapi tidak ada respons. Sampai akhirnya tanggal 15 Mei 2023, ada CS yang merespons bahwa sedang dalam proses penanganan ke yang terkait. Saat itu barang sudah sampai di Palembang. Kami juga berusaha mencari JNT drop point itu, tapi tidak ada yang jawab.

Kami berhasil menghubungi call center dua kali pada tanggal 15 Mei 2023, jawabannya sama diproses ke pihak terkait. Tanggal 16 status paket delivered. Namun dikatakan bahwa untuk alur retur adalah barang distatuskan delivered baru bisa dikirim ulang.

Kami sudah memberikan alamat kirim dan bersedia membayar biaya ongkir-nya. Namun setelah itu yang jawab beberapa CS dengan jawaban hanya copy paste saja. Seperti yang jawab itu robot bukan manusia dan tidak ada yang menelepon saya. Telepon ke Call Center juga sama saja.

Akhirnya pada tanggal 22, CS Nova info kalo barang diterima pembeli EC dan saya disuruh berkomunikasi dengan pembeli. Sudah saya lakukan sebelumnya tapi pembeli tidak mau mengembalikan barang. Kami ditolong oleh pihak supervisor J&T Alang-alang. Beliau cukup kaget dengan kendala kami, kurir sudah 2-3 kali ke sana berusaha menarik barang, tapi pembeli EC tidak mau mengembalikannya.

Pertanyaan saya:

  1. Apa gunanya saya kontak CS sejak barang sebelum diterima? Kenapa tidak ada action dari awal dan koordinasi ke J&T Alang-alang?
  2. Ini pertanggungjawaban dari J&T apa?
  3. Untuk apa bikin hotline kalau tidak ada penyelesaian?
  4. J&T adalah salah satu pelopor transaksi COD dan pilihan di TikTok Shop, bagaimana untuk ke depannya kalian dengan semakin berkembangnya platform ini?
  5. Apakah CS kalian robot?

Sekian laporan saya. Semoga pembeli EC semakin barokah dengan sandal barunya dan CS J&T lebih “manusiawi” dalam menjawab keluhan customer. Bukan cuman copy paste saja. Thanks.

Amelia Oktaviani
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Masalah Penarikan Paket “Salah Harga” yang Terlanjur Terkirim

  • 31 Mei 2023 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Kalau barangnya belum diterima sih menurutku masih bisa pengajuan retur. Dengan alasan salah barang atau harga. Sering pakai expedisi ujung2nya juga di retur kalau kita yang salah. Sebenernya mau aja mereka bantu cuman kalau expedisi kan gak mau tau ya istilahnya dia juga ngirim barang aja, kalau dah sampai dengan kondisi baik diluar kesalahan mereka ya mereka gak bisa berbuat apa apa.

  • 4 Juni 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Salah admin nya yg dipermasalahkan kurir dan kunsumen nya aneh seller nya ya tinggal minta ganti rugi karyawan admii nya lah,

    Karena semua transaksi berjalan dg bener sesuai SOP pembelian order penjual kirim dan kurir krm paket ke tangan pembeli….

    Ingat setiap pekerja an punya resiko kalau gak mau ambil resiko jd pengangguran saja… Gak ada resiko makan tidur jadi beban emak bapaknya

 Apa Komentar Anda?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Masalah Penarikan Paket “Salah Harga” yang Terlanjur Terki…

oleh Amelia Oktaviani dibaca dalam: 2 menit
36