Program Asuransi Pengiriman Shopee yang Tidak Jelas

Salam sehat semuanya kepada seluruh pembaca Media Konsumen. Di sini saya mau menyampaikan keluhan saya terhadap program baru dari Shopee kepada kami sebagai penjual. Program tersebut adalah program Asuransi Pengiriman Shopee Xpress.

Saya awalnya mendapat notifikasi dari Shopee, bahwa efektif per tanggal 15 Mei 2023 pengiriman menggunakan Shopee Xpress akan dikenakan biaya tambahan 0.5% untuk asuransi pengiriman. Karena kami menjual produk yang bernilai tinggi, maka kami mendaftarkan seluruh produk kami untuk ikut asuransi tersebut, mengantisipasi terjadinya kehilangan atau kerusakan saat pengiriman.

Saya menanyakan ke Customer Service Shopee mengenai Asuransi Pengiriman tersebut, apakah berlaku juga untuk pengiriman Shopee Xpress Instant atau tidak? Customer Service tersebut  menjelaskan bahwa asuransi pengiriman ini hanya berlaku untuk pengiriman Shopee Xpress Regular dan Shopee Xpress Ekonomi.

Seperti sebelumnya, bahwa pengiriman instant itu memiliki asuransi otomatis sendiri. Namun yang terjadi di lapangan berbeda, pengiriman menggunakan Shopee Xpress Instant pun dikenakan biaya asuransi tersebut. Kami pun melakukan komplain mengenai hal ini. Namun kali ini kami mendapat informasi jika Shopee Xpress Instant pun dikenakan biaya asuransi tersebut.

Di sini saya bingung, kenapa informasi yang di sampaikan oleh masing-masing Customer Service bisa berbeda-beda? Padahal saya sudah menggunakan fitur Chat Prioritas Platinum Shopee, tetapi informasi yang didapatkan tetap salah.

Masalah tidak sampai di situ saja, ternyata seluruh pesanan yang menggunakan jasa kirim Gojek, Grab, J&T, dan JNE dari tanggal 15 Mei sampai artikel ini dibuat tanggal 29 Mei, pun ikut terpotong biaya asuransi tersebut. Padahal informasi awal jelas-jelas program asuransi tersebut hanya berlaku untuk pengiriman menggunakan Shopee Xpress saja.

Saya di sini merasa dirugikan, karena untuk pengiriman menggunakan kurir J&T dan JNE, saya selalu membayar asuransi manual lagi. Sehingga dengan adanya kasus ini saya bayar dua kali asuransi. Komplain ke customer service Shopee pun sudah saya lakukan. Mereka pun mengakui kalau potongan biaya itu adalah biaya asuransi manual saya di J&T Express.

Nominal Rp 16.000 itu adalah biaya asuransi manual saya, sedangkan biaya admin saya naik menjadi 3,8% (tambahan biaya asuransi Shopee Xpress), dari normalnya 3,3%.

Saya merasa setiap komunikasi saya dengan Customer Service Shopee tidak menyelesaikan masalah saya ini, sehingga masalah yang saya hadapi ini tidak mendapat penyelesaian. Melalui surat ini, saya meminta bantuan dari Team Shopee untuk bisa menyelesaikan masalah ini dan tentunya bisa membuat Shopee lebih baik lagi untuk ke depannya. Terima kasih.

Alexander Ivan Wijaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Program Asuransi Pengiriman Shopee yang Tidak Jelas

  • 30 Mei 2023 - (10:05 WIB)
    Permalink

    2023 masih percaya sama yang namanya ASUransi..??

    Banyak noh klaim yang kaga kunjung dicairin..

    3
    2
  • 30 Mei 2023 - (12:52 WIB)
    Permalink

    dari screenshot dengan CS apakah ada ditanya secara spesifik tentang instant ? karena yang saya lihat mungkin ada salah pengertian dimana ditanya apakah untuk shopee express reguler dan dijawab reguler dan hemat. mungkin CS lupa menjawab termasuk instant

    setau saya asurnsi berlaku utk semua ajsa pengiriman yang berlaku di shopee

    bisa cek dilink ini

    https://seller.shopee.co.id/edu/article/17345

    2
    1
  • 30 Mei 2023 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Saran saya ,setiap ada sengketa selesaikan dengan bantuan bpsk.Konsultasi dulu by phone.
    Cs shopee emang loading,harus di galakin dulu baru paham.Kalo kita dipihak yang benar pertahankan argumen dan hak kita.
    Saya pernah kasih bintang satu di play store atas penyelesaian kasus saya yang lambat ditangani dan muter2 ga jelas.

  • 30 Mei 2023 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Tinggalkan SHOPEE,di duga di SHOPEE banyak oknum oknum nakal,dan di tim shopee sendiri banyak oknum mafianya dan para sindikat yang terorganisir,pasalnya setiap permasalahan selalu main saling lempar,dan pengguna hanya di hadapkan ke para agen SHOPEE via chat live yang kinerjanya tidak profesional dan tidak jelas,

    • 30 Mei 2023 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Pengalaman sih ga pernah ad yg benar diurus sama mereka akhirnya ngurus sendiri. Sampe ngasih bintang satu di google map itu langsung dihubungi sama pihak mereka.

      Pernah dengar gosip aja klo mereka lg buka lowongan banyak. Jadi pekerjanya itu ga permanen akhirnya kayak ga beres gtu kerjanya.

  • 31 Mei 2023 - (03:46 WIB)
    Permalink

    Coba tanyakan lagi via phone kalau memungkinkan, apalagi dengan nilai barang yg di jual sdh di atas 1jt, bisalah sisihkan dana untuk nelp cs nya shopee, jangan hanya via chat, karna kadang via chat agennya suka jawab ngasal,mungkin karna antrian banyak, saya kadang sampai naik pitam, karna si agen suka ngulang2 katanya padahal sudah saya ketik jawabannya sampai kadang syaa kesal suka jawab apkah anda tau baca? Apakah lulus bahasa indonesia.

  • 31 Mei 2023 - (06:14 WIB)
    Permalink

    Halo, saya juga sebagai user Shopee Indonesia, baik penjual atau pembeli kerap dibuat geram dengan CS Shopee, ada baiknya anda melaporkan juga ke akun Linkedin Shopee (bukan Shopee Indonesia ya), dan langsung cc ke direktur Shopee Indonesia, biasanya 1 hari kerja langsung direspon kok. Harap menggunakan bahasa formal ya. Karena akun tsb merupakan Shopee Global.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Program Asuransi Pengiriman Shopee yang Tidak Jelas

oleh Wijaya dibaca dalam: 2 menit
7