Keluhan Paket Anteraja Tertahan di Lokasi Sortir Jakarta Timur

Halo, saya izin menyampaikan keluhan saya terkait paket Shopee yang saya kirimkan menggunakan Anteraja.

Pada tanggal 5 Juni 2023, saya mengirimkan 2 (dua) paket via Shopee menggunakan layanan Anteraja. Kedua paket berisi barang yang sama, dengan pengemasan yang sama dan diambil (picked up) oleh kurir di sekitar pukul 12.00 WIB. Satu paket bertujuan ke Semarang dan satu paket bertujuan ke Malang. Untuk paket yang terkendala adalah dengan nomor resi/AWB: 10007306154031.

Proses pengiriman awalnya berjalan lancar. Saya lacak status kedua paket kiriman dan pada 5 Juni 2023 pukul 19.41 WIB, keduanya sudah tiba di lokasi sortir Jakarta Timur. Namun kendala timbul ketika pada 5 Juni 2023, paket tujuan Semarang (10007307049183 )mengalami pergerakan di 5 Juni 2023 pukul 20.24 WIB, sedangkan paket bertujuan Malang dengan nomor resi: 10007306154031 tidak bergerak. Saya masih sempat positive thinking, karena mungkin sistem pelacakan mengalami delay atau memang kedua paket diproses oleh staf yang berbeda.

Nyatanya pada tanggal 6 Juni 2023 pukul 16.54 WIB, status pelacakan paket dengan nomor resi: 10007306154031 berubah menjadi gagal dikirim. Informasi yang tertera di Shopee, paket akan dikirim ulang keesokan harinya. Untuk itu, saya mencoba menghubungi Customer Service Anteraja agar dapat dibantu lebih lanjut.

Berhubung CS Anteraja hanya beroperasi pukul 08.00 – 20.00 WIB dan ketika saya pertama mencoba menghubungi sudah di luar jam operasional, maka saya mengirimkan email terlebih dahulu. Saya menanyakan mengapa paket saya tertahan, apa alasannya, karena paket yang lainnya aman sedangkan yang ini bisa sampai tertahan. Email saya dibalas pada 7 Juni 2023 pukul 07.18 WIB yang menyampaikan bahwa laporan akan diinvestigasi hingga 9 Juni 2023. Hingga saat ini di 9 Juni 2023, saya belum mendapatkan update kembali.

Saya juga mencoba menghubungi CS Anteraja melalui Call Center pada tanggal 7 Juni 2023. Namun hingga menunggu 3 menit dan 44 detik, saya tetap berada di sistem karena seluruh CS sedang berbicara dengan pelanggan lainnya.

Karena saya merasa informasi kurang jelas, saya mencoba menghubungi CS Shopee via DM Twitter. CS Shopee menjawab bahwa paket akan diretur karena tidak dapat dikirimkan. Jawaban ini jujur membuat saya merasa cukup kaget karena Shopee langsung menentukan paket akan diretu,r sedangkan pihak Anteraja info masih dalam investigasi. Namun bila keputusan yang ingin diambil adalah retur maka tidak masalah selama dapat dikembalikan dengan selamat. Yang menjadi kekhawatiran saya adalah apabila paket saya mengalami kerusakan.

Hingga saat ini di 9 Juni 2023, belum terdapat pergerakan pada paket kiriman saya apakah akan diretur ataupun tetap diproses pengirimannya. Kejelasan mengenai keberadaan dan kondisi paket juga tidak dijelaskan sama sekali oleh CS Anteraja. Jawaban yang diberikan ke saya setelah berkali-kali follow up baik dari CS Anteraja maupun CS Shopee hanya diarahkan menunggu proses investigasi.

Sekian dari saya. Apabila paket mengalami kerusakan sehingga pihak Anteraja merasa khawatir untuk melanjutkan proses pengiriman ke Malang, mengapa tidak transparan saja di awal dan menjelaskan bagaimana paket bisa mengalami kerusakan?

Kasusnya cukup aneh bagi saya karena saya mengirimkan 2 paket berisi barang yang sama dengan packaging yang sama, tetapi salah satu paket tersebut ditahan tanpa alasan yang jelas. Saya juga tidak ingin jika kasus ini hanya berujung dengan pengajuan klaim karena proses klaim sendiri juga memakan waktu dan tidak sebanding dengan harga barang serta waktu yang sudah saya keluarkan. Terima kasih banyak.

Khairena Zhafran
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Khairena

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Khairena Zhafran yang berjudul: “Keluhan Paket Anteraja Tertahan di Lokasi Sortir Jakarta Timur” di...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Keluhan Paket Anteraja Tertahan di Lokasi Sortir Jakarta Timur

  • 12 Juni 2023 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Saya beli brg melalui tokopedia juga begitu.
    Anteraja memang sering begitu.
    Sampai di sortir kota tujuan, kadang butuh 5 sampai 6 hari baru diantar, kadang gagal antar.
    Besok baru sampai.
    Pernah paket tersebut ingin saya jemput digudangnya anteraja, tp pihak anteraja merahasiakan lokasi dan nomor tlp kantor cabang.
    Saya cek melalui google, dan saya dtg keloksi tersebut ternyata bodong lokasinya…
    Tlp cs gak mbantu sama sekali, yg bisa disampai silakan tunggu hasil investigasi.

    • 12 Juni 2023 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Begitu pak. Ketika pesanan bapak gagal diantar, apakah akhirnya tetap dikirim oleh pihak AnterAja atau bagaimana pak?

    • 12 Juni 2023 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Paket saya dinyatakan hilang setelah 6 hari ditahan di lokasi sortir Jakarta Timur itu gimana ceritanya? Padahal terakhir ditahan lho oleh kurir, kok bisa tiba-tiba hilang? Sengaja nggak dicari kah?

  • 12 Juni 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Update per 12 Juni 2023 pukul 18.09 WIB:

    Paket saya dinyatakan HILANG dan dana yang dikembalikan hanya Rp.10.000 sedangkan di awal dijanjikan 10 kali lipat ongkos kirim. Sudah DM kembali di Twitter ke CS Shopee dan AnterAja. CS AnterAja bilang sudah sesuai sedangkan CS Shopee belum ada merespons pesan saya sejak siang ini pukul 12.03 WIB.

    Ongkos kirim yang pembeli bayarkan adalah Rp.23.000.- namun yang saya terima hanya Rp.10.000.

    • 9 Juli 2023 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Update terbaru dari kasus ini:

      Pada 19 Juni 2023 pukul 16.57 WIB, CS AnterAja kembali menghubungi saya untuk menyampaikan permohonan maaf serta memberikan kompensasi berupa voucher promo gratis ongkir untuk pengiriman menggunakan aplikasi AnterAja. Saya diberikan voucher yang dapat digunakan sebanyak 5 kali dan masing-masing bernilai Rp.20.000. Walaupun tetap tidak sebanding dengan harga barang yang dinyatakan hilang serta waktu & tenaga yang sudah saya keluarkan, saya hargai upaya AnterAja. Terima kasih.

  • 13 Juni 2023 - (03:49 WIB)
    Permalink

    saya pun mengalami baru ini, pelayanan anteraja sangat tidak memuaskan bagi saya, bayangkan 18 hari baru barang sampai di tangan saya, kemana aja mereka. siapa sih bos nya

  • 13 Juni 2023 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Saya jg pernah ngalamin, paket sy tertukar, untungnya tu paket blm sy buka, eh kurirnya nelpon katanya paket tertukar, pas sy liat namanya ternyata bkn nama sy, untungnya barang receh gmn klo barang mahal, bs amsyong dah, sejak saat itu kapok pake anter aja

  • 13 Juni 2023 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Sudah jangan di pakai lagi anteraja , tidak mau berbenah, dan kendalanya selalu di sortir jakarta timur, bahkan paket saya sampai 2 minggu mengendap di sortir jakarta timur, jasa kirim macam apa ini? Masih banyak jasa kirim lain yg lebih baik

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Keluhan Paket Anteraja Tertahan di Lokasi Sortir Jakarta Timur

oleh Khairena dibaca dalam: 2 menit
13