Kesalahan Tampilan Kalender Pemesanan AirAsia yang Merugikan

Pada tanggal 10 Juni 2023, saya melakukan pemesanan tiket pesawat melalui website AirAsia, untuk rute penerbangan dari Bali (DPS) ke Solo, dengan jadwal penerbangan hari Minggu, minggu ke-3 bulan Juli 2023. Dalam tampilan jadwal penerbangan, hari Minggu bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2023, sehingga saya klik dan proses pada tanggal tersebut (screenshot terlampir).

Saya terkejut, ternyata setelah tiket terkonfirmasi tanggal tersebut adalah hari Senin. Saya mencoba melakukan pengaduan ke layanan AirAsia, tapi ternyata sulit sekali. Layanan virtual yang disediakan tidak dapat membantu dan call center sudah ditutup semua.

Akhirnya saya melakukan penggantian jadwal ke tanggal 9 Juli (yang menurut tampilan kalender AirAsia hari Sabtu) dengan membayar sejumlah biaya yang besarnya hampir sama dengan biaya tiket itu sendiri.

Pada tanggal 10 Juni 2023, saya kembali mencoba melihat jadwal penerbangan di website AirAsia kembali. Ternyata sudah diperbaiki menjadi tanggal yang benar, yaitu tanggal 10 Juli 2023 adalah hari Senin dan tanggal 9 Juli 2023 adalah hari Minggu.

Kesalahan tampilan kalender di website AirAsia ini telah merugikan saya dan karena sulitnya menghubungi call center AirAsia, saya menulis surat ini. Mudah-mudahan ada tanggapan dari pihak AirAsia Indonesia

SG Pramudo
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Kesalahan Tampilan Kalender Pemesanan AirAsia yang Merugikan

  • 15 Juni 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Kalau anda emg niat pergi hari minggu kan setidaknya anda tau itu tgl 9. Knpa anda tdk tanya ttg perbedaan tsbt?

  • 15 Juni 2023 - (14:46 WIB)
    Permalink

    saya coba cek melalu web dari pc atau hp ada kok diatasnya tulisan harinya (SMT dll)…kurang teliti aja sih

  • 15 Juni 2023 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Harus diakui TS agak teledor tidak segera menyadari jika tanggal 10 (saat transaksi) di web maskapai tertera hari Jum’at padahal seharusnya Sabtu. Tapi tetap saja kesalahan fatal jika web resmi mencantumkan urutan hari yang tergeser—seharusnya “S S R..” malah menjadi “M S S..”. Itu admin webnya seharusnya digantung di Monas karena nggak mau kompensasi sepeserpun.

  • 15 Juni 2023 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Utk semua komentar, terima kasih. Sesuai dg isi surat, tujuan utama adalah mendapat tanggapan dari pihak AirAsia, apapun wujudnya…karena sulit sekali mendapat nomor/akses pengaduan secara langsung ke AirAsia
    Kalau yg pernah bermasalah dg AirAsia pasti tahu rasanya.Tapi pihak AirAsia selalu responsif dan fair, sejauh pengalaman saya.Hanya ya itu…. sulit mendapat akses langsung pengaduan, yg ada hanya layanan chat virtual

  • 16 Juni 2023 - (04:46 WIB)
    Permalink

    Sedikit cerita saya bekerja di salah satu top 5 travel agent, dimana jobdesk saya adalah melakukan pembookingan reservasi customer, saya selalu meminta customer untuk memastikan kembali apakah tanggal yg dimaksud sudah benar, kalau sudah ok dan dirasa benar saya akan proses issued pembookingan tersebut, jadi intinya disini kembali lg kepada Anda pak, jangan menyalahkan pihak Air Asia, sekian terima kasih.

    • 16 Juni 2023 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Sedikit cerita, anda baca keluhan TS dengan teliti tidak ya, bukannya kerja di travel agent harus teliti??? Itu ada gambar kalender yang atas dgn harga tiket, dan yang bawah tanpa harga tiket, jelas jelas, hari/tanggal nya berubah.
      Di kalender dgn harga tiket, tgl 16 Juni ada di hari Jumat. Sedangkan yang bawah, tgl 16 Juni ada di hari Sabtu.

      4
      0
    • 16 Juni 2023 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Sedikit cerita juga buat @Christiana (karena greget baca komennya, sepertinya gak teliti baca thread TS) 🙂

      Itu yang salah program aplikasinya, posisi Title/Judul hari di kalender aplikasi nya bergeser.
      Customer kan berpatokan pada kalender ini (karena ada ditampilan waktu mau booking/pesan). Customernya sudah cek Tanggalnya yaitu tanggal 10 Juli, kok disuruh cek lagi apakah tanggalnya sudah benar?
      Ya tentu sudah dong… Tanggal 10 JULI…. cuma begitu dilihat di kalender yang berlaku sedunia, ternyata Tgl 10 Juli itu hari SENIN… apa setiap customer yang mau pesan harus cek kalender aplikasi sudah benar atau masih salah…. 🙂
      Ada2 aja… 🙂

  • 16 Juni 2023 - (13:38 WIB)
    Permalink

    @yubi dan @tania zoldig…..mudah-2an kita tidak ketemu pegawai travel agent yg resisten sama kesalahan sendiri dan bisanya mencari kesalahan customer. Predikat Top 5 travel agent bukan jaminan mendapat pelayanan menyenangkan.
    AirAsia telah menanggapi dengan baik dan cepat.AirAsia juga menyadari kesalahan yang ada, kemudian meminta maaf dan melakukan penggantian kerugian yang ada. Semua dilakukan AirAsia dengan cepat tanpa menyalahkan customer.Ini yg kedua kali saya komplain dan ditanggapi positif oleh AirAsia.Sebagai bentuk apresiasi, saya juga sudah memberi masukan detail terkait proses pemesanan melalui aplikasi AirAsia agar kejadian tidak terulang lagi

  • 16 Juni 2023 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Terkadang tampilan web, hank internet, juga keteledoran bisa menyebabkan kerugian akibat kesalahan input. Saya pernah mengalami kerugian serupa 5tahun lalu di aplikasi tiket.com. pengaduan ke aplikasi yg merupakan provider sangat sulit, harus langsung ke maskapai terkait, diperparah kalo maskapai nya sulit di hubungi dari indonesia sperti TigerAir

 Apa Komentar Anda mengenai AirAsia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Tampilan Kalender Pemesanan AirAsia yang Merugikan

oleh Divia dibaca dalam: 1 menit
10