Hati-hati Membeli Produk Gift Voucher dari Traveloka!

Pada hari Selasa tanggal 27 Juni 2023, saya membeli Gift Voucher dari Traveloka sebanyak 2 lembar @Rp1.000.000, untuk saya kirimkan kepada seorang kolega sebagai ucapan terima kasih. Gift voucher tersebut dikirim ke email pribadi saya.

Namun saya merasa heran, karena validity voucher disebutkan “untuk 1 tahun hingga 12 Juli 2023”, sedangkan saya membelinya pada 27 Juni 2023. Logikanya, 1 tahun dari 27 Juni 2023 adalah 26 Juni 2024.

Saya lalu menghubungi agen Traveloka melalui fitur chat untuk menanyakan perihal ini. Melalui template, disebutkan bahwa sedang dilakukan pengecekan oleh payment specialist dengan nomor tiket: #32920440. Perlu diketahui bahwa menghubungi agen CS Traveloka cukup tricky, karena customer hanya dihadapkan pada mesin penjawab otomatis.

Hingga hari Rabu tanggal 28 Juni 2023, saya belum juga menerima informasi yang melegakan dan menjawab permasalahan saya terkait pelaporan pada hari sebelumnya.

Karena ini cukup mengganggu saya, saya memutuskan untuk mencoba sendiri gift voucher tersebut dan tidak jadi mengirimkan kepada kolega saya. Dikarenakan saya khawatir akan validitasnya dan berhubung saya juga perlu membeli tiket untuk libur panjang periode Idul Adha.

Saya lalu melakukan pemesanan tiket pesawat pada halaman pemesanan Traveloka, pada hari Rabu tanggal 28 Juni 2023. Betapa terkejutnya saya, karena pada saat meng-input kode gift voucher di kolom kupon pada halaman pembayaran, tidak ada satu pun dari kode tersebut yang valid dan dapat digunakan. Coba bayangkan, apa yang terjadi kalau saya sudah memberikan voucher gift itu kepada kolega saya dan ternyata tidak bisa digunakan?? Mau ditaruh di mana muka saya?

Saya lalu menghubungi agen Traveloka melalui fitur chat untuk mencari tahu tentang masalah ini, dengan judul pelaporan yang berbeda, yaitu tentang Gift Voucher Yang Tidak Dapat Digunakan (nomor tiket #32939796). Melalui template, disebutkan bahwa sedang dilakukan pengecekan oleh payment specialist.

Karena saya hanya menerima jawaban-jawaban template yang meminta saya untuk menunggu, maka saya memutuskan untuk menghubungi call center Traveloka. Saya lalu menjelaskan tentang permasalahan saya tersebut. Oleh call officer, saya diminta untuk menyebutkan kode voucher saya.

Saya lalu diminta untuk menunggu selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, call officer kembali ke sambungan telepon dan menjelaskan bahwa berdasarkan pengecekan pada sistem, voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk pembelian tiket Kereta Api, dan meminta saya untuk menggunakan voucher tersebut sesuai peruntukannya.

What!!?? Jelas-jelas saya membeli voucher tersebut karena disebutkan bahwa voucher tersebut dapat digunakan untuk SEMUA produk Traveloka. Hal ini juga telah mendapat penegasan dalam keterangan voucher yang saya terima, bahwa voucher tersebut bisa digunakan untuk semua produk Traveloka, yang berarti, juga termasuk TIKET PENERBANGAN.

Singkat cerita, saya lalu memiliki sekitar 3 nomor tiket hanya untuk masalah voucher Traveloka ini, yang sudah saya beli tapi tidak bisa digunakan sama sekali. Setiap hari saya hanya dijanjikan bahwa “sedang ditangani” dan “mohon menunggu”.

Saya sempat ditelepon langsung 2x oleh Payment Specialist pada tanggal 29 Juni 2023, dengan informasi bahwa masalah ini akan “dieskalasikan” ke “pihak internal” dan saya diminta untuk menunggu sekitar 1×24 jam.

Saya lalu bertanya mengapa harus 1×24 jam? Disebutkan bahwa “tim internal” tersebut bekerja dengan office hour, yang artinya, Kamis 29 Juni mereka libur, dan kemungkinan akan ikut cuti bersama hingga Minggu 2 Juli 2023. Pada telepon kedua jam 06.36, payment specialist secara tidak sopan menutup telepon pada saat saya masih berbicara.

Minggu 2 Juli 2023 pukul 02.11, akhirnya saya menerima chat yang menginformasikan bahwa saya “dapat mencoba menggunakan kembali” voucher saya. Setelah saya membeli 2 tiket pesawat dengan membayar FULL, setelah saya RUGI UANG (membeli voucher 2×1 juta + membayar 2 tiket pesawat dengan harga full!), setelah saya rugi waktu, pikiran, dan emosi , Traveloka hanya menyuruh saya untuk “mencoba kembali”, tanpa kompensasi apa pun!

Yang terpenting, mereka sangat tidak profesional dengan hanya menyuruh “mencoba menggunakan kembali”, dan tidak mengirimkan voucher baru dengan masa validitas yang berlaku hingga Juni 2024. Apakah ini berarti validitas voucher saya benar-benar hanya sampai 12 Juli 2023? Jadi saya harus membuang uang lagi untuk membeli tiket pesawat hanya supaya bisa menggunakan voucher tersebut?

Kepada para pengguna Traveloka, mohon untuk berhati-hati dan berpikir 2 kali sebelum membeli produk yang bernama “GIFT VOUCHER”.

Natalia Tewuh
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Traveloka untuk Ibu Natalia Tewuh

Kepada Yth., Ibu Natalia Tewuh, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Ibu Natalia Tewuh tujukan...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Hati-hati Membeli Produk Gift Voucher dari Traveloka!

  • 4 Juli 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    makasih infonya kaka, selama belum ada tanggapan dari traveloka sebaiknya beli saja secara langsung jangan dengan voucher

  • 4 Juli 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Gila tuh perusahaan, produk belum beres udah dijual ke pelanggan.

    Saya pedagang, kalau ada kesalahan gini langsung saya refund 100% tuk menyelamatkan muka dan kalau perlu saya kasih kompensasi.

    Anyway, semakin yakin tuk meninggal Traveloka dari apapun yang dijual.

    Utk TS, semoga cepat aja jalan keluarnya.

    4
    2
    • 4 Juli 2023 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Saya juga mikirnya seperti itu, produk ini belum beres tapi sudah dipasarkan. Saya malas aja nyeritain proses tarik urat saya di kolom chat. Berulang kali diminta menunggu konfirmasi, dijanjiin 1×24 jam, ujung2nya jadi 5×24 jam. Sampai saat saya menulis ini, voucher saya memang sudah bisa digunakan. Tapi validity nya gak ada kabar. Masih tetap cuma sampai 12 Juli 2023, yg artinya hanya tersisa sekitar 8 hari lagi. Kalau saja tempo hari saya bisa gunakan voucher itu untuk pembelian tiket yg saya pakai sendiri, saya ikhlas kena tipu soal vailidty yg gak nyampe setahun. Lah ini, sudah kena tipu di validty, kena prank juga di pemakaiannya. Sampai2 saya harus bayar tiket dengan harga full, padahal saya punya duit 2 juta di Traveloka. Apa gak kesel saya. Sekarang masa iya saya mau ikhlas lihat tu voucher hangus 8 hari lagi. Enak aja.

    • 14 Juli 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Sayang hanya segelintir orang yang terjangkau oleh info ini. Kulihat Play Store 50jt orang yang mendownload *raveloka.
      Akhir akhir ini semakin banyak transaksi digital yang bermasalah. Misalnya yang paling banyak kasus sempat viral di portal ini sebelum Pandemi, eh tetap saja banyak korban berjatuhan lagi. Mau dibilang kok nggak kapok kapok, ternyata mereka merasa selama ini aman aman saja, dan nggak pernah tahu masalah masalah yang ada, padahal orang lain sudah trauma sampai ubun ubun.
      Jauh sebelum Pandemi aku putus hubungan dengan *raveloka, gara gara menolak pengajuan refund saya. Baru gabung lagi untuk beli makanan saja, itupun sekarang sudah hilang.

  • 4 Juli 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    gile kupon itu kan beli pake uang tunai ya, jd secara pola berpikir yg waras, seharusnya kode kupon berlaku utk apapun jenis transaksinya. ga boleh ada pembatasan ini itu. Kecuali kalo kupon tsb merupakan fitur/fasilitas yg disediakan oleh traveloka utk mendapatkan cashback/diskonan.

 Apa Komentar Anda mengenai Gift Voucher Traveloka?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Membeli Produk Gift Voucher dari Traveloka!

oleh N. Aveiro dibaca dalam: 3 menit
10