Penarikan ATM oleh Orang Tidak Dikenal, Padahal Kartu Ada di Saya dan PIN Hanya Saya yang Tahu

Assalamualaikum. Saya mencoba bersabar dan mengikhlaskan, tetapi ini masih mengganjal di hati saya. Saya mencoba menceritakan mengenai kejadian yang saya alami.

Pada tanggal 16 Mei 2023, saya mencetak mutasi rekening tabungan melalui aplikasi BRImo. Saya heran kok ada transaksi penarikan pakai ATM saya sebesar Rp2 juta pada tanggal 13 Mei 2023. Lalu saya melaporkannya melalui CS Sabrina, telepon BRI call center dan disuruh untuk membuat pengaduan ke CS VRI melali aplikasi BRImo. Saya bingung, karena kalau di BRImo pengaduannya gagal tarik tunai, padahal saya tidak melakukan transaksi tersebut.

Namun saya coba buat pengaduan saja dulu via BRImo, lalu besok paginya tanggal 16 Mei 2023, saya buat laporan melalui CS BRI Unit dengan nomor pengaduan: TTB000045959542. Saat saya cek di BRImo, pengaduan saya ada 2, tapi pengaduan yang melalui CS BRI sudah gak ada.  Trouble ticket saya sudah lebih dari 10 kali penyanggahan.

Hampir 2 minggu lebih saya diskusikan masalah saya tersebut melalui media BRI. Namun masalah saya tidak selesai sesuai dengan yang saya harapkan, sampai sekarang. Semua jawaban sama saja, pihak BRI tetap menyatakan bahwa transaksi tersebut sukses dan normal. Padahal dari foto snapshot yang mengambil uang di ATM saya itu, orangnya tidak saya kenal sama sekali.

Bagaimana mungkin kartu ATM-nya ada di saya, PIN juga tidak ada yang tahu selain saya, tapi bisa ada orang yang tarik tunai via ATM/CRM memakai kartu ATM saya. Di rumah saya tinggal dengan anak saya 3 masih kecil semua. Istri saya tidak paham masalah ATM. Saya sekeluarga sedang ada di rumah pada saat kejadian tanggal 13 Mei 2023.

Demikian surat saya ini buat dengan sebenar-benarnya dan sudah saya sampaikan kepada pihak BRI melalui laporan saya sebelumnya. Saya butuh solusi atas permasalahan saya. Uang itu sangat berguna dan penting buat anak saya mau beli susu, pampers, keperluan sekolah dll. Mohon tindak lanjutnya. Terima kasih.

Priady Nakasima
Banyuasin, Sumatera Selatan


Update (6 Juli 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Priady Nakasima

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

65 komentar untuk “Penarikan ATM oleh Orang Tidak Dikenal, Padahal Kartu Ada di Saya dan PIN Hanya Saya yang Tahu

  • 5 Juli 2023 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Insyaallah masalah ini beres, kalau memang transaksinya pakai kartu ATM, minta bukakan cctv pada jam dan menit tersebut, insyaallah ketahuan sosoknya . .!??

  • 5 Juli 2023 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Maaf bukan mau jelekin, saya uda kapok pakai BRI. ATM dikampung sering kosong, ATM sering gangguan & jg IT controlnya kanyaknya lemah. Menurut gw bank negara mending pakai Mandiri yg bisa dibilang dr segi IT terbaik. Tp jika pengin pakai bank terbaik pilih BCA / bank digital Bank Jago.
    Oh ya, jaman skrg mending kartunya taruk dilemari rumah. Fitur tarik dr kartu di nonaktifka lewat aplikasi, biar kalo kartunya diambil orang egk bisa ngambil. Klo mau tarik / setor lewat aplikasinya aja. Insya Allah aman menurut gw

  • 5 Juli 2023 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Sama dulu jga sya 5.250.000 lenyap di atm bri ada bukti rekaman cctv jelas2…tetapi pihak bri tak ada tanggung jawabnya…capek mondar mandir ke bank bri jawaban Ya tunggu pengecekan dan akan dihubungi pihak bri…tapi yg ada kasus di close dengan sepihak oleh bri..tanpa ada pemberitahuan…bri emang bank yg tidak bertanggung jawab atas kejadian yg di alami nasabah…smpe saat ini bukti laporan dan bukti rekaman cctv masih ada smpe di share ke fb dan ig tetapi bri tutup mata

  • 6 Juli 2023 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Adakah dari nasabah yang berhasil setelah melaporkan masalahnya ke BRI ?
    Karena saya pernah mengalami masalah top up brizi, sepertinya masalahnya sama sudah lapor berulang-ulang tapi tidak ada solusi uang kembali

    • 6 Juli 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Saya ga mau lagi pakai BRI. Setelah KPR saya (lewat BRI) lunas, langsung ay kosongi itu tabungan. Pengalaman juga, ATM pernah dikuras orang sebanyak 4 juta. Setelah lapor bbrp kali, baru diganti ATM yg pakai chip dan uangnya . Tapi ya tetep aja bikin kapok nabung di sana lagj

  • 6 Juli 2023 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Bukan rahasia umum LG klo kualitas bank BUMN itu ampas,lebih baik pilih bank swasta lebih jelas lebih fast respon
    Aplg BRI,bank paling sering kebobolan yg ga pernah dibenahin sistemnya.
    Bank BUMN itu cuma 1 motto ny,contek aja bank swasta ga perlu ada inovasi🤣🤣

  • 7 Juli 2023 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Itu kartunya kena SKIMER, alat yang ditarik di dekat mulut memasukkan kartu sehingga semua data terkait kartu sudah dibajak orang

Penarikan ATM oleh Orang Tidak Dikenal, Padahal Kartu Ada di Saya dan …

oleh Priady Nakasima dibaca dalam: 1 menit
65