Transfer via BNI dengan Tujuan BCA, Saldo Terpotong namun Saldo Belum Diterima di Rekening Tujuan BCA

Hal ini saya alami pada tanggal 7 Juli 2023 pukul 20.20.20. Kronologinya, saya membeli sebuah barang dengan mendatangi rumah kontrakan yang ditinggali oleh si penjual. Ketika sudah deal, saat saya transfer melalui m-banking BNI sejumlah Rp5.300.000, dengan rekening tujuan si penjual Bank BCA. Transaksi mendapatkan status sebagai berikut: “Transaksi sedang diproses”, tapi saldo telah terpotong dari rekening BNI saya.

Saya menunggu hingga pukul 22.00 di sebuah rumah kontrakan, yang ditinggali oleh si penjual barang tersebut. Hingga akhirnya saya pulang dari sana, tanpa membawa sebuah barang yang saya beli tetapi saldo saya terpotong. Dari hal tersebut, pastinya akan membuat seseorang gelisah, jantung berdebar, dan perasaan lainnya.

Saya sudah mencoba sebelumnya untuk menghubungi pihak BNI melalui live chat. Namun hanya ada bot dan saya disuruh menunggu oleh bot live chat tersebut hingga ada customer service yang merespons saya. Namun hingga pukul 03.20 tidak ada customer service yang merespons saya pada live chat tersebut.

Yang ditakutkan pada transaksi yang saya lakukan ini dan saya alami sebagai pembeli adalah, ketika proses status transaksi tersebut berlangsung lama yang mungkin akan memakan waktu berhari-hari. Dari status “Transaksi sedang diproses” menjadi “SUKSES”, dan dana diterima oleh si penjual, si penjual lari kabur dengan membawa saldo dan barang yang ingin saya beli sebelumnya. Hal tersebut menjadikan kerugian bagi saya selaku pembeli.

Saya ingin saldo saya dikembalikan dan status transaksinya diganti menjadi “GAGAL” saja, agar tidak ada pihak yang dirugikan dari transaksi tersebut.

Mohon BNI agar segera ditindaklanjuti hal tersebut dan mohon segera dibenahi. Jika sekiranya terjadi kendala, mohon ditutup transaksinya untuk sementara waktu dan diinformasikan kepada nasabah agar tidak terjadi hal-hal seperti ini kepada orang lain. Bagaimana jika transfernya ke orang lain atau bukan kerabat seperti yang saya alami saat ini, pasti masalah akan lebih rumit.

Imam Taftazani Al Hakim
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Transfer via BNI dengan Tujuan BCA, Saldo Terpotong namun Saldo Belum Diterima di Rekening Tujuan BCA

  • 8 Juli 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Yakin dana ngga masuk ke rekening penerima saat itu juga? Pengalaman pake BI Fast itu real time kok (tapi biasa sy sumbernya dr BCA ke yg laen). Curiga anda dibohongi penjual. Jangan langsung percaya begitu saja. Kalau pun dia login ke mobile banking dan nunjukkin ke kamu, apakah diperlihatkan juga nomor account yg di login dan mutasi nya? Sebab bisa saja dia login ke account laen/beda dr yg dituju dan itu yg diperlihatkan ke kamu. Terlebih kamu mention domisilinya di kontrakan, setiap saat bisa kabur/pindah, atau belum tentu juga dia tinggal di situ, bisa aja hanya sekedar berkunjung (sbg calon penyewa, jd dapat izin masuk) ke kontrakan sambil melangsungkan aksinya.

    • 8 Juli 2023 - (09:35 WIB)
      Permalink

      @Iwen
      Diperlihatkan mas, dia login akun M-banking BCA nya dengan nomor rekening yang sesuai ko mas dan bener bener dimutasi belum masuk. Sampai sekarang tanggal 8 Juli 2023 pukul 9.35 di M-Banking BNI saya pada menu “Bukti Transaksi” transaksi tersebut masih berstatus “Transaksi masih diproses”. Dan saya liat kemarin ada beberapa orang yang mengalami kendala yang sama dengan saya ko mas di sosial media IG.
      Selain itu yang saya sesali lamanya proses sistem transfer di BNI, seharusnya kalo status dan kondisinya sebagai berikut:
      Status “Transaksi sedang diproses” dan kondisi “Saldo telah terpotong” namun saldo belum diterima ke rekening tujuan, seharusnya jika sudah lebih dari 15 menit atau beberapa menit di “GAGAL” kan dan dikembalikan saja saldonya ke pihak pengirim. Jadi tidak terjadi kejadian seperti ini, coba aja seperti itu sistemnya kan enak saya tinggal coba lagi dan kalo sukses transaksi, saldonya sudah diterima ke rekening kan saya bisa bawa pulang barang yang saya ingin beli dan tidak mengalami kejadian hal seperti ini.

      • 8 Juli 2023 - (11:04 WIB)
        Permalink

        Ya jika anda yakin mutasi yg diperlihatkan sama dan memang kendalanya dr BNI ya bagus lah. Dan semoga saat transaksi berubah berhasil, orang tsb masih berada di kontrakan tsb dan amanah.

        • 8 Juli 2023 - (11:42 WIB)
          Permalink

          Iyaa mas karena saya melakukan 2x transaksi dengan nomor rekening tujuan yang sama. Transaksi pertama “Transaksi sedang diproses” saldo saya terpotong dan dana belum dimasuk ke rekening tujuan dan transaksi kedua “Sukses” saldo terpotong dan dana masuk ke rekening tujuannya.

          Terkait hal ini BNI sudah membuat laporan dengan nomor pengaduannya mas, saya harap dapat ditindak lanjuti dengan cepat dan sesuai yang saya inginkan pada artikel ini. Mengingat saldonya yang sangat besar bagi saya. Jika kendalanya dengan saldo 1 rupiah pun tetap saya akan laporkan karena takutnya kejadian yang serupa sama temen temen pengguna BNI lainnya.

          1
          1
  • 8 Juli 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Dan saya coba transfer lagi ke rekeningnya yang sama sebelumnya kemarin dengan nominal 10ribu terkirim dan tercata pada mutasinya di M-banking BCA dan status transaksi pada M-Banking BNI saya “SUKSES”.

  • 8 Juli 2023 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, coba baca-baca di Twitter banyak yg kena juga rata-rata transaksi tanggal 7 Juli 2023 malam, transfer dari BNI ke BCA menggunakan BiFast saldo terpotong tapi belum masuk ke rekening penerima. Sudah buat laporan lewat Twitter, disuruh nunggu 5 hari kerjakerja 🥲

  • 5 November 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    permisi bang, mau bertanya agar uangnya kembali. apa yang dilakukan? apakah melapor ke BNI centernya?

    • 23 November 2023 - (10:19 WIB)
      Permalink

      maaf kak sy baru saja mengalami kendala yang sama, uangnya kembali ngga kak jadinya? makasih

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Transfer via BNI dengan Tujuan BCA, Saldo Terpotong namun Saldo Belum …

oleh Imam dibaca dalam: 1 menit
14