SiCepat Reguler Terlambat Kirim, Mediasi Agen Shopee Merugikan Seller

Saya salah satu penjual di Shopee. Pada tanggal 10 Juli 2023 saya mendapatkan pesanan 2 dos (16 pcs) Roti Bluder Cokro Madiun dengan nomor pesanan 230710KDCUJ6A5 tujuan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Varian rasa yang dipesan pembeli adalah: keju 5 pcs, original 2 pcs, coklat 1 pcs, coklat kacang 2 pcs, kismis 5 pcs, Nutella 1 pcs.

Tanggal 13 Juli 2023, paket saya kirimkan via SiCepat Reguler dengan nomor resi: 004223092480. Adapun estimasi lama pengiriman dari Madiun ke Kebayoran Baru Jakarta Selatan menurut website SiCepat adalah 1-2 hari dengan SiCepat Reguler.

Tanggal 20 Juli paket diterima pembeli dan pembeli chat ke saya (seller), menyatakan ada salah satu varian yang expired yaitu rasa keju (5 pcs). Pembeli mengajukan pengembalian barang dan dana via Shopee dengan nomor pengaduan 2307210HM43DQXK. Pembeli mengajukan pengembalian barang dan dana dengan alasan semua barang yang diterima sudah expired, padahal via chat ke seller pembeli hanya menyampaikan bahwa yang expired hanyalah rasa keju sebanyak 5 pcs Saya sudah memberikan bukti chat pembeli via mediasi mengenai hal tersebut.

Akan tetapi keputusan mediasi Shopee sungguh di luar dugaan. Agen Shopee dengan entengnya langsung menyetujui pengembalian dana (tanpa pengembalian barang) ke pembeli. Dimana jelas-jelas bahwa SiCepat yang terlambat kirim, seharusnya diterima dalam 2 hari tetapi baru diterima dalam 7 hari dari tanggal kirim.

Seandainya molor pun seharusnya tidak selama itu, estimasi menurut website SiCepat sendiri untuk reguler adalah 1-2 hari. Jelas ini adalah kelalaian SiCepat. Parahnya lagi, agen Shopee membebankan semua kerugian ke seller, termasuk biaya kirim pun juga dibebankan ke seller.

Ditunggu tanggapannya baik SiCepat selalu pihak yang seharusnya paling bertanggung jawab dan berharap ke depan agen Shopee jangan asal buat keputusan yang merugikan salah satu pihak.

Budiyanto
Madiun, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 31/7/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “SiCepat Reguler Terlambat Kirim, Mediasi Agen Shopee Merugikan Seller”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Budiyanto dengan judul “SiCepat Reguler Terlambat Kirim, Mediasi Agen Shopee Merugikan Seller” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “SiCepat Reguler Terlambat Kirim, Mediasi Agen Shopee Merugikan Seller

  • 24 Juli 2023 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Madiun-Jakarta cuma 1-2 hari pengiriman reguler tidak masuk akal kecuali anda menggunakan pengiriman premium lewat udara. Untuk produk makanan sebaiknya pertimbangkan menerima order hanya di area terbatas (misalnya Jawa Timur) apalagi jika masa kadaluarsa makanan cukup pendek. Jikalau terpaksa, pembelian dari luar area layanan wajib pakai pengiriman udara.

    • 24 Juli 2023 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Itu dari websitenya si cepat ya kak, bukan dari saya silahkan anda cek asal Madiun tujuan Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan juga sudah saya lampirkan screenshot estimasi pengirimannya. Realisasinya biasanya 2-3 hari. Yg menjadikan lama itu stug di gudang.

  • 24 Juli 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    hanya menyarankan, tapi bener yg komen pertama, semua pengiriman sifatnya ESTIMASI (perkiraan), jadi kalau lebih (terlambat) itu resiko.. dan pengiriman makanan, apapun itu baiknya super kilat, BEST, YES, ONS, JNT SUPER, PAXEL SAME DAY.. mahal, tapi ada jaminan jika terlambat.. karena kembali lagi, ini makanan..

    • 24 Juli 2023 - (14:26 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya terimakasih atas perhatiannya, estimasi 1-2 klo kalaupun terlambat tentu tdk jauh2 dari estimasi. Dan anehnya paket yg belakangan masuk justru dikirim terlebih dahulu. Kalau seperti ini gmna ya ? Dan di olshop saya juga ada pengiriman next day, tapi kebanyakan customer memilih reguler. Kalau hanya mengaktifkan next day saja ya dijamin nggak dapat omset. Dan ketika pembeli memilih reguler terjadi keterlambatan apa hanya seller saja yg disuruh tanggung resiko ? Padahal padahal fasilitas next day juga tersedia.

      • 24 Juli 2023 - (15:33 WIB)
        Permalink

        “Dan ketika pembeli memilih reguler terjadi keterlambatan, apa hanya seller saja yang disuruhn tanggung resiko?”. Sayangnya saya sebagai seller harus menjawab iya, karena saya baru mengalami.. Tujuan ke Pandeglang Tangerang, stuck di DC Cakung.. akhirnya barang ditolak (padahal statusnya terbayar, bukan COD), telatnya berapa hari? 7 hari.. bayangkan.. tapi saya hanya jual baju, baju kembali, bisa saya jual lagi, kalau makanan?
        Semua pengiriman apapun bahkan yang super kilatpun, sifatnya estimasi (perkiraan).. cari aman aja.. karena makanan..

      • 24 Juli 2023 - (15:35 WIB)
        Permalink

        Jual makanan yg cepat expired jangan jual sampai seluruh indonesia kalau jual makanan exp 2-3 bulan baru anda jualan sampai seluruh indonesia gk jadi masalah.kalau cuma berpatokan web site 1-2 hari itu estimasi pengiriman tercepat bukan yg terlambat.terlambat pengiriman bisa lebih dari itu.

      • 24 Juli 2023 - (15:41 WIB)
        Permalink

        Kalau di kecamatan yg jauh dari kabupaten memang lebih lama. Itu sudah dari dulu begitu. Meskipun secara jarak lebih dekat tetapi pengiriman bisa lebih lama di banding kirim ke ibukota provinsi.

  • 24 Juli 2023 - (14:26 WIB)
    Permalink

    jualan expired pendek ko di shopee anda tdk memikirkan resiko molornya paket..kalau barang cepet expired jual di shopey yg lokal saja via instant…itu kesalahan anda 1-2hari ..itu kata website bukan kata estemisasi shope….jelas shopey menabgkan pembeli masa pembeli mau menanggung expired..

    • 24 Juli 2023 - (15:46 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas atensinya. Tentunya buat estimasi juga tdk sembarangan kan, tentu sudah melalui riset yg betul2 dapat dipertanggungjawabkan. Klo estimasi dilanggar begitu saja, apa gunanya dibuat estimasinya. Estimasi 1-2 hari, terkirim dalam 14 hari aman2 saja berarti ekspedisinya namanya juga estimasi, begitu mungkin ya …

      • 24 Juli 2023 - (18:22 WIB)
        Permalink

        Rekan2 sudah benar lebih baik tidak kirim 1 indonesia kalau masa expire cepat, tapi anda maksa bahwa harus 1-2 hari sesuai iklan di web expedisi. Kalau kata saya anda harus intospeksi diri, ini masih negara 62 bukan di negeri utopia yg bilang 1-2 akan sampe 1-2 hari. Lebih baik makanan yg expire cepat hanya dalam kota dan expedisi gojek atau grab yg pasti sampai.

        • 24 Juli 2023 - (18:35 WIB)
          Permalink

          Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas atensinya. Tolong dibaca artikel saya dari awal sampai akhir jgn hanya baca judulnya saja. Estimasi itu hanya berlaku untuk pengiriman dari Madiun ke Kebayoran Baru Jaksel. Koq malah melebar kemana2.

          • 12 Agustus 2023 - (13:52 WIB)
            Permalink

            Estimasi itu cm perkiraan, bisa lbh lambat bahkan bisa lebih cepat.
            Sy jg baru tau ada yg jual makanan yg cepat expired tp dgn service yg tidak sehari sampai.

  • 24 Juli 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Saya setuju dengan komentar diatas.
    Sebagai penjual harusnya bisa memikirkan resiko atas produknya sendiri.
    Estimasi itu hanya perkiraan, tapi anggap lah telat semua, karena jasa kirim sekarang pada punya masalah soal keterbatasan personil.
    Lebih baik kalau produknya cepat expired ya jualan secara lokal aja pak.
    Kirim-kirim satu kota kan bisa, kalau mau keluar kota pake lah jasa nextday.
    Kalau ada yang masuk order pake reguler ya tinggal tolak, atau buat persetujuan dengan pembeli jika kerugian ditanggung penerima.
    Kamu takut kehilangan omzet pun kalau banyak kasus begini bukan hanya omzet yang ngga dapet, tapi justru minus.
    Intinya, jangan cari “penyakit”. Main “aman” aja dalam berjualan mah.
    Semua orang butuh cuan, tapi kalau resikonya tinggi masa iya dihajar terus. Giliran rugi gak terima. Ngga gitu cara mainnya pak.
    High profit, high risk.
    Kalau berani ambil cuan besar dengan serok orderan pembeli dari berbagai daerah, maka juga harus siap dengan kerugian besar jika ada kasus seperti ini.

  • 24 Juli 2023 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Jadikan pelajaran gan, dari dulu estimasi ya perkiraan tercepat apalagi reguler tidak ada jaminan tepat waktu, klo ngotot jualan ke seluruh indonesia saran saya hanya aktifkan kurir next day yg ada jaminan tepat waktu.. jadi calon pelanggan yg jauh2 tidak bisa dijangkau layanan nextday tdk bisa order

  • 26 Juli 2023 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami kejadian yang hampir sama menggunakan sicepat. Cuma beda kabupaten Denpasar ke Badung Bali yg tidak ada 30km, kalau pakai JNE sehari sampai, ini pakai sicepat seminggu lebih baru sampai, itu pun sudah komplain kemana-mana. Sicepat tidak secepat dulu dalam pengirimannya

  • 26 Juli 2023 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Jangankan sicepat, jnt reguler saja terlalu lama kirim paket berisi bibit tanaman dan bumbu masakan. Nextday juga bisa 4-5 hari. Makanya jangan proses pesanan ke luar kota via ekspedisi dan memang biasanya hanya via kurir instan. Pembeli juga harus smart. Beli segitu aja harus ke luar kota kayak gak ada yang jual di kotanya. Harus lebih bijak beli barang online.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

SiCepat Reguler Terlambat Kirim, Mediasi Agen Shopee Merugikan Seller…

oleh Budiyanto dibaca dalam: 1 menit
17