Akun Shopee Dibatasi, Dana Hasil Penjualan Ditahan Sepihak oleh Shopee

Saya adalah salah satu penjual di Shopee, dengan nama toko: herbami.jakartabarat. Pada tanggal 19 Juli 2023, akun saya secara tiba-tiba tidak dapat diakses. Saya mendapatkan email bahwa akun saya dibatasi sementara waktu, karena adanya aktivitas mencurigakan.

Saya sudah mencoba menghubungi pihak Shopee, akan tetapi saya tidak mendapatkan jawaban yang jelas untuk masalah ini. Mereka hanya menjawab disuruh menunggu, sedangkan ada saldo hasil penjualan di akun tersebut dan juga ada barang yang harus segera diproses pengirimannya di akun tersebut.

Produk yang saya jual adalah produk suplemen herbal yang bernama Herbami dan sudah mempunyai izin BPOM: TR213347451. Serta produk teh bernama Herbami Slim Tea, dengan nomor izin BPOM: TR21324528. Untuk nominal saldo yang tertahan tidak dapat saya lampirkan, karena saya tidak bisa mengakses akun saya, tapi sekitar Rp765.500.

Info terbaru yang saya terima dari tim Shopee, bahwa akun dibekukan karena kejanggalan transaksi pembelian, bukan penjualan. Padahal di akun saya tidak pernah melakukan pembelian, karena akun tersebut adalah akun toko. Saya melakukan pembelian menggunakan akun lain (akun pribadi).

Saya minta pertanggungjawaban dari pihak Shopee untuk memberikan saya kembali akses ke akun saya.

Agus Susanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Akun Shopee Dibatasi, Dana Hasil Penjualan Ditahan Sepihak oleh Shopee

  • 25 Juli 2023 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Ke depannya, akun lain itu (untuk pembelian) jangan di install di ponsel yang sama dengan akun jualan dan tidak menggunakan kartu SIM yang sama. Lebih aman lagi jangan pakai sumber WiFi yang sama, data pribadi yang identik, alamat yang mirip, dan pin lokasi peta alamat yang berdekatan. Penyelenggara marketplace biasanya paranoid pada hal-hal begini dengan anggapan penjual/pembeli menggunakan akun ganda untuk praktik curang.

    • 4 Agustus 2023 - (11:45 WIB)
      Permalink

      Mungkin itu yang membuat akun tokopedia dan shopee sering diretas. Wifi satu server dan sandi (WPS) data pribadi alamat dan no telpon

    • 25 Juli 2023 - (17:37 WIB)
      Permalink

      salah ya kalo ktp surabaya tp jualan di jakarta ? harusnya cuma boleh jualan di surabaya aja ya ?

  • 26 Juli 2023 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Coba pastikan anda menggunakan akun shopee seller dan akun shopee buyer di satu hp yg sama ngak? Kalau iya bisa jadi BOT shopee ngedeteksi bahwa anda “curang” karna IP adress yg sama, mending hp seller dipisah dan tidak pernah di pakai untuk buyer atau browsing2 shopee.

  • 22 September 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Halo kak, apakah dananya sudah berhasil dicairkan? Saya juga mengalami kendala yang sama 🙏

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibatasi, Dana Hasil Penjualan Ditahan Sepihak oleh Shopee…

oleh agus susanto dibaca dalam: 1 menit
7