Retur Barang dan Dana Ditolak Shopee

Dengan hormat Media Konsumen/ Tim Shopee,

Saya customer Shopee Platinum, semua kebutuhan saya hampir semua saya beli via Shopee, mulai dari kebutuhan rumah, anak, kantor semua via Shopee. Saat ini saya membeli sepatu merk Sketcher untuk Ibu saya yang sudah lansia berumur 79 tahun seharga IDR 899.000,-.

Setelah barang saya terima, ternyata sepatu tersebut tidak muat di kaki ibu saya, sepatu tersebut ternyata model slim, sedangkan kaki ibu saya lebar agak besar, sehingga sepatu tersebut tidak muat atau kekecilan untuk beliau pakai.

Saya telah membuat permintaan retur barang dan pengembalian DANA saya ke pihak Shopee namun DITOLAK. Saya mohon kerjasama dari pihak Shopee, kenapa permintaan saya ditolak? Sepatu tersebut telah saya retur dalam keadaan 100% baik/normal/baru, apakah ibu saya yang sudah lansia harus pakai sepatu yang KEKECILAN? Dan sepatu tersebut juga harganya lumayan mahal, seharga IDR 899.000,-.

Saya mohon kerja sama dan tindakan bantuan dari pihak Shopee SEGERA. Terima kasih.

Regards,

Mia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Retur Barang dan Dana Ditolak Shopee

    • 1 Agustus 2023 - (04:12 WIB)
      Permalink

      Kalau ukuran baju, sepatu,dan segala hal fashion rada berat kalau mau pengembalian dana kecuali penjual salah kirim no ukuran masih bisa ajukan klaim, coba hubungi seller ceritakan kronologi dan bilang mau tuker ukuran

    • 6 Agustus 2023 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Maaf itu kan dicoba kaya sampe maksa masuk ya, berarti sudah mengurangi nilai barang juga kak. Mending dijual sendiri ke circle sendiri. Kalau online seller tidak salah kirim tidak wajib menanggung kesalahan pembelian oleh buyer. Kalau semua minta begitu main retur juga berimbas ke ekspedisi makin overload returan.

      Saya jg ngalamin beli sepatu import di toko A size dinaikkan 1 terus cocok, di toko B juga minta dinaikkan 1 ga cocok. Padahal sama-sama sepatu import bikinan Cina dengan range harga sama.

      Jadi ga bisa dipastikan kalau masalah ukuran. Baju aja kadang selisih 1-2 cm dengan ukuran standarnya ditulis di deskripsi toleransi ukuran diminta maklum.

      Diikhlaskan saja sih kalau saya jadi kakaknya. Semoga jadi pertimbangan belanja online ke depan.

  • 1 Agustus 2023 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Yaialah di tolak klo minta dana balik krn penjual mungkin sdh mengirim no sepatu yg sesuai permintaan customer kecuali retur ganti no

  • 1 Agustus 2023 - (02:49 WIB)
    Permalink

    itu kesalahan beli ukuran kaki, ya jelas ditolak kecuali barang rusak. bukan sepatu saja baju, celana da lain2 kalau kesalahan ukuran tidak bisa di tukar atau di kembalikan.

  • 1 Agustus 2023 - (02:51 WIB)
    Permalink

    Heeluuk kenapa gaa bisa retur di tiktok bisa AQ bli baju batik motif gaa sesuai minta retur bisa setelah Chad sama toko🤔 harga sepatunya hampir satu juta 😇 tokonya

    0
    4
    • 1 Agustus 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Beda konsep nya kak, kalo motif beda ya jelas bisa di tuker karna kesalahan toko , kalo di atas mah soal ukuran yang pastinya ini salah si pembeli ga memastikan ukuran dulu sebelum beli. Kecuali kalo si pembeli minta ukuran xxl , tapi yang di kirim ukuran m/l/xl baru bisa komplain

    • 1 Agustus 2023 - (11:16 WIB)
      Permalink

      Mungkin tukar ukuran masih bisa, negosiasi bersama seller.
      Tapi kalau tidak ada tertulis jaminan bisa tukar ukuran, atau bisa retur kalau tidak pas, ya memang nggak bisa retur. Nggak ada haknya minta retur. Prosedur packing dan repacking, pengiriman bolak balik sudah mengurangi nilai suatu barang.
      Kalau toko ku juga nggak setuju aku.
      Nanti kebiasaan kan?…
      Egh… Ada lho contoh yang beli baju udah dipake gegayaan, photo photo eh minta retur. Inilah yang dihindari.

  • 1 Agustus 2023 - (08:38 WIB)
    Permalink

    mungkin next time kl beli apapun via olshop, dicoba dulu dan dipastikan sesuai sebelum mengklik “pesanan diterima”

  • 1 Agustus 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Bu, dari foto keliatan kaki ibu nya tidak sesuai spek sepatu nya. Ko masih berani beli online. Kecuali tau ukuran, di deskripsi/gambar produk pasti ada detail ukuran nya. Tiap marketplace / seller ada syarat dan ketentuan, di shopee barang yg sudah sesuai tidak bisa di return. Beda hal dengan seller yg salah kirim produk/ukuran. Baru bisa return. Sama Hal ibu beli CD ukuran S. Ternyata pas dicoba kekecilan. Masa iya CD yg udah ibu pake di return.

    Saya rekomendasikan marketplace Zalora, bisa return barang maks 30hari setelah barang diterima jika memang gak cocok bisa return suka suka. Shopee gak bisa gitu buk..

  • 1 Agustus 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    yg salah u mau sampai nangis darah gak bakal bisa retur penjual sudah kirim sesuai nomer kamu mungkin gak baca diskripsi,kecuali reject salah nomer baru shopey bisa ganti..itupun harus pakai unboxing.

      • 2 Agustus 2023 - (05:07 WIB)
        Permalink

        Katanya buyer platinum, bukan berarti bisa sesuka hati, saya selalu pikir 3x jika beli barang sepatu, celana, di shopee karna ukuran ngak standar. Ngak berani saya beli yg mahal2 karna bisa jadi ngak pas ukurannya, sedangkan sudah datang ke toko offline kadang nomor yg harusnya sering saya pakai bisa tidak pas di kaki atau celana.

  • 1 Agustus 2023 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Beli sepatu mahal di online shop yg kadang ukuran tdk sesuai walaupun itu yg di pake resikonya gitu. Mau retur barang di tolak karena yg dikirim sesuai pilihan pembeli

  • 1 Agustus 2023 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Ya gak bisa, barang gk ada cacat
    Seller kirim sesuai ukuran , kecuali barang cacat dan di kirim salah
    Kalo mau bisa di tukar beli di zalora salah ukuran bisa di retur

  • 1 Agustus 2023 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya kalau beli sepatu, sendal dan baju langsung ke toko aja. Apalagi kalau barang mahal

  • 3 Agustus 2023 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Itu kayaknya kebijakan dari skechers indonesia nya deh kak bukan shopeenya. 7 hari pengembalian hanya berlaku kalo barang rusak/cacat. Emang ga berlaku kalau buat alasan kekecilan/kebesaran. Sebaiknya beli lgsg di toko offline kalau mau ukuran yg pas. Jangan online.

  • 3 Agustus 2023 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Itu kayaknya kebijakan dari skechers-nya deh kak bukan shopeenya. 7 hari pengembalian hanya berlaku kalo barang rusak/cacat/salah kirim. Emang ga berlaku kalau buat alasan kekecilan/kebesaran. Coba dibaca lagi s n k msg2 toko sebelum membeli. Ada yg bisa tuker size ada yg tidak. Skechers official store emg ga bisa tuker size. Baik online maupun offline 🙂
    Sebaiknya beli lgsg di toko offline kalau mau ukuran yg pas. Jangan online.

  • 6 Agustus 2023 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Itu namanya salah beli, jadi gak bkal bisa diretur, beda cerita kalo barang tidak sesuai pesanan dan itupun harus melalui video unboxing, pahami konsepnya ya,
    Jangan maen klik beli sesuka hati kemudian ukuran g masuk maen balikin gitu aja

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Retur Barang dan Dana Ditolak Shopee

oleh mia dibaca dalam: 1 menit
19