Transfer Melalui Aplikasi DANA Pending Tidak Ada Kejelasan dan Tidak Ada Media untuk Komunikasi dengan Baik

Pagi hari, sekitar pukul 02.30, saya akan berangkat ke tempat distributor untuk belanja kebutuhan toko saya. Kebetulan pada hari itu uang saya baru ditransfer oleh pelanggan saya ke aplikasi DANA saya. Kebetulan juga, 80% supplier dan distributor saya menggunakan Bank Mandiri. Akhirnya, karena saya ingin mengirit, saya pindahkan saldo dari BCA ke DANA, lalu transfer ke Bank Mandiri pribadi saya untuk menghemat biaya transaksi.

Pukul 02.42, saya melakukan transfer ke rekening pribadi saya Bank Mandiri, tetapi anehnya transfer tersebut pending dan disuruh menunggu 10 menit. Di situ saya berpikir okelah, cuma 10 menit. Setelah lewat 10 menit, saya buka kembali aplikasi DANA, dan alangkah terkejutnya saya ketika disuruh menunggu 24 jam lagi. Saya yang sudah siap berangkat belanja untuk memenuhi pesanan pelanggan saya, malah gagal dan tidak jadi belanja. Saya dimarahi habis-habisan dan sangat merasa dirugikan.

Saya mencoba komplain di aplikasi, dijawab oleh bot. Email, IG, Twitter pun dijawab oleh bot. Saya telepon ke 1500445 (berbayar Rp1.800/30 detik), tidak ada yang merespons. Telepon menyambung selama 6 detik tanpa ada suara, lalu terputus. Begitu terus sampai habis puluhan ribu pulsa.

Saya mencari informasi di media sosial, dan alangkah terkejutnya, ribuan komentar mengeluh uang mereka juga ter-pending. Ada yang sama kasusnya dengan transfer dan ada juga keluhan mengenai top up saldo. Yang lebih mengagetkan, banyak yang mengeluh sudah berminggu-minggu tidak ada kejelasan.

Tolong Bapak dan Ibu OJK dan Bank Indonesia, tentunya ini masuk ke ranah pengawasan instansi Bapak dan Ibu. Coba lihat dan dengarkan keluh kesah ribuan orang yang uangnya tidak jelas penyelesaiannya seperti apa. Jangankan tanya kejelasan, kami bertanya pun hanya dijawab bot. Call center tidak bisa dihubungi, sosmed semuanya bot.

Teruntuk pengembang aplikasi DANA, kami mempercayakan uang kami bertransaksi melalui aplikasi Anda karena banyak iklan yang Anda tayangkan. Kami adalah konsumen Anda, hargai kami, berikan akses yang layak untuk kami bisa berkomunikasi dengan baik.

Di sini saya sebagai pengusaha UMKM yang memutarkan uang saya untuk jualan. Bagaimana jika ada orang yang sedang membutuhkan uang untuk pengobatan dan sejenisnya yang menyangkut nyawa? Saya menilai perusahaan Anda besar jika dibandingkan dengan e-wallet lain, tapi pelayanan Anda sangat buruk.

Hendri Gunawan
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Transfer Melalui Aplikasi DANA Pending Tidak Ada Kejelasan dan Tidak Ada Media untuk Komunikasi dengan Baik

  • 3 Agustus 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Cuma gara gara biar hemat 2500 metode bi fast dan 6500 metode tf online mempercayakan tf uang nominal besar ke aplikasi yg lagi banyak masalah macem dana
    Di MK aja udah banyak surat buat dana dari nominal kecil tf pake dana nyangkut dan lama prosesnya buat balik

    • 3 Agustus 2023 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Beneran nyesel sih skrg, cuma gak habis fikir stalah saya cari sosmed mereka, ribuan komplain hal yang hampir sama dengan nominal yg besar pula, tapi kenapa OJK dan BI diam saja, padahal sudah banyak yg Tag sosmed mereka.

      2
      2
      • 4 Agustus 2023 - (09:04 WIB)
        Permalink

        Sangat beresiko pakai DANA buat transfer uang di jam 00.00 – 05.00 local time. Biasa jam segini suka ada pembaharuan sistem. Apalagi anda transfer 12 juta. Saya aja pengguna lama DANA Premium hanya berani transfer 5 juta maksimal. Suka khawatir juga kalo uangnya nyangkut di DANA.

          • 5 Agustus 2023 - (13:44 WIB)
            Permalink

            Yg saya alami..transfer 75 rbu ke reg mandiri malah di pending tunggu waktu 5 menit..stelah 5 menit uang cma 50 rbu balik kedana dan di suruh tunggu waktu 24 jam LG bahwah saldo anda akan kembali semua . sya trnfer balik 50 rbu ke
            Reg mandiri Lg berhasil,Tpi tiba2 uang yg 75 rbu masuk LG ke akun dana..jdi dpt uang cma cma 50 rbu dari dana.

    • 5 Agustus 2023 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Terlalu ngirit. Pedagang mental pengemis. Transfer besar kok mental miskin. Ok lah kl nomina puluhan ratusan ribu. BI fast 2500 aja dipikir. Heran ama orang2 jenis ini.

      1
      1
    • 3 Agustus 2023 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Iya kak, yg jdi masalahnya, saya tanya kenapa transfer dipending, gak ada yg bisa jawab, Aneh bgt gila ini apk. Gak ada yg mau respon lg

      • 4 Agustus 2023 - (21:12 WIB)
        Permalink

        Masalah pending transaksi itu g cuma d alami ewallet mas, apalagi dinihari, sekelas bank aja pasti mengalami hal yg sama, faktor pending nya y banyak, bisa jadi pas waktu transaksi itu jam sistem maintenance harian, penarikan data harian, bisa jadi yg terkendala dr rekening penerima. Y banyak faktor, solusinya klau udh pending y harus buat laporan, nunggu proses laporan, mdh²n kasusnya cpt slesai.

    • 3 Agustus 2023 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Apk Dana jangan di gunakan, banyak masalah bahkan saldo saya hilang tanpa jejak ini terjadi Maret 2023 dan sampai saat ini tidak dikembalikan ,untuk saya apk Dana adalah apk ghaib/apk maling

  • 3 Agustus 2023 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Maret kemarin pernah saya kirim saldo DANA ke Bank pada pukul 01.00 pagi senilai 2 juta,dan pending persis yg anda alami.Saat itu cs nya ada yg nyangkut sih komplenan saya dan suruh nunggu max 3 hari kerja bakal balik ke saldo Dana (transaksi dinyatakan gagal).Saya transfer Jumat dini hari,dan saldo balik hari Rabu.Ditunggu saja terbatalkan,dan saya ngasih saran JANGAN LAGI MENARUH UANG DI DANA DIATAS 100 RIBU.

  • 4 Agustus 2023 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Pakai Flip saja, Pak. Saya pakai Flip aman, Alhamdulillah dan ga pernah ada masalah. dari transfer, beli pulsa sampe beli token listrik. Dan saya ga pernah taruh saldo di flip. Emang ribetnya kalau mau tf pakai kode unik di belakang. Cuma bagi saya itu ga masalah, karena ujung2nya kode unik itu jadi koin kita.

  • 4 Agustus 2023 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Smua layanan customer baik chat via aplikasi, email atau lainnya itu BOT yg jawab.
    Untuk customer yg tinggal di area Jakarta, ada baiknya saat mengalami masalah financial baik TF/Top Up nominal besar, langsung complain ke kantornya alias LABRAK LANGSUNG!!!!
    Baru kemarin tanggal 31 Agustus 2023 sy alami masalah yg sama & complain sana sani sampe email pake kata ****** **** ga jg di respon kecuali jawaban BOT SYSTEM.
    Bisa check koment minus di Playstore yg mayoritas masalahnya sama, tapi pemerintah khususnya OJK & BI seolah tutup mata/telinga!!!!
    Kaya gini Indonesia mau maju👎🏻

  • 4 Agustus 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Salam kak TS, wah wah nggal habis fikri emang dengan Dana yg selalu Bermasalah mulai dr security sampai operational. Kami yakini upaya transfer gratis memang baik, namun berisiko krn ekosistem dan infrastruktur yg belum memadai.
    Mengenai masalah kak TS, izinkan kami memberikan solusi berdasarkan pengalaman dan keilmuan kami.
    – analisis : di platform manapun terutama LKNB (lembaga keuangan non bank), selalu hindari trx transfer pada jam 23.30 – 05.00 WIB/WITA/WIT krn pada jam tsb merupakan aktivitas bagi sistem developer utk maintenance (server setting, backend, devops, securetest, dsb). Krn aktivitas tsb, beberapa bank bahkan memilki kebijakan menonaktifkan layanan trx tf di jam2 tsb khususnya utk custodian atau virtual account. Apk Dana itu sebagai client custodian, terbukti memiliki VA dr beberapa bank, uang nasabah disimpan dlm bank custodian tsb.
    – alternatif : jika ingin tf besar di jam rawan tsb, usahakan gunakan LKB (lembaga keuangan bank) misal Neo Bank. Lebih handal digunakan pada jam2 rawan, karena Neo Bank bertindak sbg LKB, meskipun memilki beberapa custodian. Trx yg terjadi dlm Neo Bank hanya pertukaran informasi antara Custodian dgn Neo Bank. Transfer akan dieksekusi sbg transfer dr akun bank neo, bukan akun custodian.
    – tips : khusus yg menggunakan layanan transfer custodian / VA (ewallet dan platform gratis transfer lain), transfer besar pada jam rawan (23.30-05.00) sebaiknya dilakukan dgn nominal kurang dr 10jt. Apabila ingin transfer lbh dari 10jt, maka lakukan pemecahan minimum 2 kali (misal ingin tf 12jt, maka tf pertama 6.5jt, tf kedua 5.5jt).
    – solusi : hubungi CS secara berkala. Jika CS slow respon, tulis report ke medkom. Dana memang terkenal “rusak” CS nya.
    Tulisan di atas tanpa bermaksud menyudutkan dan mengapresiasi apk tertentu krn ini murni pengalaman kami, Semoga bisa menjadi wawasan rekan2 medkom lain. Apabila TS atau rekan medkom lain menemukan LKB yg juga memiliki custodian seperti Neo Bank, blh banget transfer knowledge nya di sini. Cmiw 🙂

    3
    1
  • 4 Agustus 2023 - (11:27 WIB)
    Permalink

    dana itu memang aplikasi yg arahnya sudah ke SCAM alias penipuan massal, mirip miriplah sama grab toko di jaman itu yg bahkan sampai brani iklan di tv dan memakai nama besar grab seolah punya grab..

    keluhan tentang dana sudah jutaan dan terlalu banyak dimana mana, dijawab bot, karena CS nya tidak pernah ada dan mungkin aslinya memang tidak ada cs fisiknya, semua dijawab oleh bot, bisa jadi mereka cuman dikelola beberapa orang doang sehingga gak bisa menghandel keluhan yg terlalu banyak..

    sy juga UMKM dan tahun lalu, saya setiap hari tarif uang dr DABIS ke BCA DIGITAL, itu tiap hari saya tarik sampai total 27 penarikan, tidak ada 1 pun yg masuk ke rek bank saya !

    saya komplain dijawab bot terus2an dan gak ada solusi, ilang2an duit saya. waktu itu sy terlalu percaya dana sehingga tiap tarik saldo dari dabis gak pernah cek saldo bank penerima, hanya percaya saja kalau transaksi penarikan sudah berhasil,

    sampai pd suatu hari sy butuh uang untuk belanja kulakan dagangan cek saldo BCA DIGITAL, shockkk banget saya saldo gak ada, brati selama itu gak pernah masuk 1x pun dr puluhan kali transaksi pengiriman uang dari DABIS,

    krn total akumulasi sangat banyak jelas sy komplain di forum forum medsos dan telegram, hampir 8 bulan bs balik itupun kyk dicicil masuk 1 per 1

    setelah slesai sy uninstal app sam pah tsb… keluhan masalahnya sudah terlalu banyak, dan sangat jelas arahnya ke SCAM ! entah knp lembaga hukum gak berani menindak

  • 4 Agustus 2023 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Dana kan udah ga OJK ya?
    Ana udah 3thn make nih aplikasi, Alhamdulillah belum terjadi apa2,tapi ana uninstall aja,karena baca banyak banget kasusnya,jadi ngeri dah.

  • 6 Agustus 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    gatau lagi lah sama dana yang sekarang. banyak banget keluhan transaksi dari para usernya. sayapun juga mengalami topup saldo dana via alfamart Rp 900.000 yang sampai saat ini belum juga masuk.belum ada respon/kejelasan dari pihak dana juga

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Transfer Melalui Aplikasi DANA Pending Tidak Ada Kejelasan dan Tidak A…

oleh Hendri dibaca dalam: 1 menit
27