Kecewa dengan Janji Palsu mengenai Ongkos Ganti Kartu Kredit BCA

Saya kecewa dengan janji palsu BCA. Tanggal 11 Juli 2023, saya buat artikel mengenai “Fisik Kartu Kredit Tidak Diterima Namun Ditagihkan Ongkos Ganti Kartu“. Setelah artikel tersebut release, pada 13 Juli 2023 sekitar pukul 10.30 dan 10.36, pihak BCA menghubungi saya dan berjanji akan menyelesaikan masalah tersebut.

Pada 17 Juli 2023 sekitar pukul 11.28, saya mendapatkan pesan WhatsApp dari kurir. Kurir tersebut meminta maaf karena kesalahan dan kebodohan yang dilakukan atas pengiriman dokumen dari pihak BCA ke saya. Saya tidak ambil pusing, saya memaafkannya. Namun saya tidak terima apabila saya masih ditagihkan ongkos kirim, karena hal tersebut merupakan kesalahan kurir.

Pada 22 Juli 2023, saya cek transaksi terakhir CC BCA dan terdapat riwayat transaksi ongkos ganti kartu sebesar Rp50.000. Akhirnya saya telepon Halo BCA untuk menghapus riwayat transaksi tersebut, dengan menceritakan kronologi awal sampai akhir. Pihak BCA diwakili agen Linda akhirnya membuatkan laporan atas keluhan saya dengan nomor laporan 2045253687 dan estimasi 5 hari kerja.

Pada 24 Juli 2023 sekitar pukul 16.20 dan 16.40, pihak BCA mengkonfirmasi mengenai keluhan saya di artikel sebelumnya dan laporan dari Halo BCA bahwa kesalahan tersebut murni kesalahan dipihak ekspedisi, sehingga akan dibebankan ke pihak ekspedisi. Pihak BCA berjanji akan menghapus ganti ongkos kartu dengan estimasi tagihan akan normal pada 25 Juli 2023 atau maksimal 26 Juli 2023.

Tanggal 26 Juli 2023, saya cek tagihan masih dibebankan kepada saya. Akhirnya saya telepon kembali Halo BCA pada tanggal 01/02 Agustus 2023 untuk komplain mengenai hal tersebut kembali. Dari pihak agen call center BCA menyarankan saya untuk menunggu sampai tanggal cetak tagihan keluar, karena laporan saya telah disetujui untuk dihapus tagihan ongkos ganti kartu sehingga dimutasi akan tertulis “CR”.

Tanggal cetak tagihan pun tiba, tapi saya masih belum mendapatkan email dari BCA ataupun membayarkan tagihan. Hari ini 4/08/2023, saya buka aplikasi myBCA kemudian saya cek tagihan bulan berjalan dan boom saya masih ditagihkan ongkos ganti kartu tersebut.

Saya tidak terima karena tidak sesuai dengan riwayat transaksi yang saya gunakan + tidak sesuai dengan janji dari pihak BCA di 13 Juli 2023 dan 24 Juli 2023, maka saya hubungi Halo BCA kembali untuk keluhan Tagihan Tidak Sesuai.

Lalu saya tersambung dengan agen Dios, dan agen tersebut membuatkan saya laporan dengan ID 2044436903. Agen tersebut juga menginformasikan ke saya untuk membayarkan tagihan tersebut terlebih dahulu. Buat saya “I know I’ll pay my bills“, tapi saya tidak terima apabila tidak ada refund mengenai ongkos ganti kartu yang seharusnya menjadi beban pihak ekspedisi yang bayarkan.

Agen tersebut juga bilang bahwa limit akan kembali ke awal di bulan selanjutnya (September 2023), dan jika terdapat kelebihan pembayaran silakan hubungi Halo BCA untuk pengajuan refund.

Saya ingin berkata kasar, padahal jika saya sudah bayar tagihan pun limit saya akan kembali ke awal tanpa harus menunggu bulan berikutnya. Saya hanya menagih janji dari pihak BCA yang katanya case saya di artikel sebelumnya sudah solved dan akan dibebankan ke pihak ekspedisi, tapi ternyata masih dibebankan ke saya.

Saya akan tunggu pihak BCA untuk merevisi tagihan saya terlebih dahulu. Jika tanggal 7 Agustus 2023 tidak ada revisi, maka akan tetap kecewa dengan pelayanan pihak BCA dan saya akan tetap bayarkan tagihan ongkos ganti kartunya walaupun bukan kewajiban saya yang membayarkan.

Saya tunggu itikad baik dari BCA untuk menyelesaikan kasus ini. Saya terlanjur kecewa, padahal saya sudah menjadi nasabah BCA dari umur 17 tahun.

Ragil Putra Nugraha
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa dengan Janji Palsu mengenai Ongkos Ganti Kartu Kredit BCA”

Menanggapi keluhan Bapak Ragil Putra Nugraha di Media Konsumen tanggal 08 Agustus 2023 dengan judul “Kecewa dengan Janji Palsu mengenai...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Kecewa dengan Janji Palsu mengenai Ongkos Ganti Kartu Kredit BCA

    • 8 Agustus 2023 - (16:13 WIB)
      Permalink

      Dulu pernah coba nonaktifkan CC ke halo BCA dan dibuatkan laporan dan bilangnya nanti pihak BCA akan menelepon. Setelah ditunggu beberapa hari belum mendapat telepon, akhirnya berinisatif untuk telp lagi Halo BCA dan status kartu saya blum terblokir sepenuhnya. Istilahnya masih dipending dan menginformasikan akan ditelp pihak BCA. Hari yg ditunggupun tiba dan saya ditelp diinformasikan bahwa CC saya dapat promo gratis biaya kartu hingga tahun depan. Dengan senang hati saya mengiyakan agar kartunya tidak jadi diblokir. Setelah beberapa hari ingin mencoba pakai CC tsb tapi tdk bisa. Karena penasaran akhirnya telp lagi ke Halo BCA dan diinformasikan bahwa CC saya terblokir LOL haha. Lama2 BCA jadi tambah lucu nian pelayanannya.

  • 8 Agustus 2023 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Pake trik nya Marketing, minta tutup CC. Otomatis pemutihan dan bisa bisa digratiskan Annual Fee nya.
    Kalau sudah tagihan kan masuk ke Collection. Nego Nego gitu mana mereka urusin. Giliran minta tutup kartu, bagian Marketing akan teriak, dan berupaya untuk mempertahankan nasabah.
    Di Bank lain (Permata Bank) aku minta “Penghapusan Annual Fee 400K, kalau nggak aku Non Aktif aja, Aku masih ada CC Bank lain”. Itu bulan Juni barusan.
    Nggak nyampe empat hari ada email masuk, “Permintaan Penghapusan Annual Fee sudah selesai di proses”
    Ini cuma 50K masa nggak bisa sih? Lagian kesalahan Pihak Ekspedisi yang ditunjuk oleh Bank. Buat aku sih keterlaluan.

  • 8 Agustus 2023 - (20:57 WIB)
    Permalink

    Selama bukan kesalahan kita bebankan aja ke bank nya, kalau kekurir biarlah dia yang tanggung jawab. Kalau tetap tidak mau tanggung jawab gunting kartunya kirimkan ke banknya tapi jangan lupa di vidio kan kl ada transaksi lagi setelah kartu di gunting laporkan ke yang berwajib beserta data2 komplain yang kita miliki.

  • 9 Agustus 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    BCA system sebenarnya sdh berantakan, mereka sangat lambat mengupdate history, sehingga memperlambat refund, sementara tagihan terus berjalan. Bahkan keputusan direksi jarang disesuaikan, akibatnya system bertambah kacau.

  • 14 Agustus 2023 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Kayanya kerugian anda ga cuma 50 rb deh… Anda telpon ke cs bca nya aja klo pake pulsa biasa, pasti pulsa anda bisa abis 50 rb juga

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Janji Palsu mengenai Ongkos Ganti Kartu Kredit BCA

oleh Putra dibaca dalam: 2 menit
7