Fisik Kartu Kredit Tidak Diterima oleh Pemilik, Malah Ditagih Biaya Pengiriman untuk Kartu yang Baru

Pada tanggal 14 Juni 2023, saya melakukan pengajuan Kartu Kredit BCA. Tanggal 19 Juni 2023, pengajuan disetujui dan kartu fisik akan segera dikirimkan, dengan estimasi 7-14 hari kerja. Setiap hari selalu saya tracking, agar saya tahu paket pengiriman kartu sudah sampai mana. Namun di sistem tidak ada keterangan apa pun.

Akhirnya hari ini saya buka email, ternyata pada 4 Juli 2023 terdapat email dari BCA yang menyatakan bahwa fisik kartu kredit saya sudah diterima. Saya buka web dan ternyata benar fisik, telah diterima per tanggal 03 Juli 2023. Saya tidak langsung percaya dengan notifikasi di email maupun web. Saya hubungi dan konfirmasi one by one ke keluarga saya di rumah. Ternyata keluarga saya di rumah baik ibu, ayah bahkan hingga ART saya, tidak menerima paket dari BCA.

Saya hubungi pihak BCA menggunakan aplikasi Halo BCA, tapi 3x terputus. Akhirnya saya telepon dengan pulsa ke Halo BCA dan terhubung dengan agent Tala. Saya ceritakan keluhan dan kronologinya ke agen tersebut. Lalu saya bersedia dikirimkan kembali fisik kartu kredit terbaru ke alamat saya. Namun agen Tala menginformasikan bahwa akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000.

Saya kaget, karena kartu belum saya pakai dan kesalahan bukan di pihak saya (melainkan kurir dari BCA), tapi kenapa saya yang ditagihkan? Saya tidak menerima dong, walaupun saya tahu regulasinya. Agen Tala bilang bahwa kartu baru akan dikirimkan kembali dengan estimasi 5 hari kerja. Saya makin gak terima dong, karena saya butuh dan bahkan saya sudah menunggu hampir 14 hari kerja dari pengajuan. Saya minta ke agent Tala untuk maksimal kartu diterima tanggal 10 Juli 2023. Namun pihak BCA tidak bisa memastikan. Makin kecewa dong saya sebagai nasabah BCA sejak 2017.

Saya pastikan bahwa saya tidak akan membayar tagihan tersebut, dan harus kurir yang membayarnya, karena ini kesalahan kurir, bukan karena saya. Saya minta pihak BCA dan kurir tersebut untuk menghubungi saya secara personal. Saya sudah dirugikan secara materiil karena kesalahan kurir. Saya harap BCA bisa aware atas kasus ini, dan tidak terjadi ke nasabah lain.

Ragil Putra Nugraha
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Ragil Putra

Menanggapi keluhan Bapak Ragil Putra Nugraha di Redaksi Media Konsumen tanggal 09 Juli 2023 dengan judul “Fisik Kartu Kredit Tidak...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Fisik Kartu Kredit Tidak Diterima oleh Pemilik, Malah Ditagih Biaya Pengiriman untuk Kartu yang Baru

  • 9 Juli 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk, damagenya kan maen ini mah, kartu ngga sampe2, palagi limit kere hore ((bca banget gak sih)) double impact dah lo, wkwkwk

  • 11 Juli 2023 - (03:00 WIB)
    Permalink

    Ya ampun, bukan cuma elo Customer yang di prioritaskan harus sampai 1 x 24 jam . Bca itu punya Customer ratusan juta. Wajar 5 hari kerja. Hanya 50 doang. Bisa jadi itu kartu kredit loh yng pertama salah alamat. Masa kasih ongkir 50 ribu aja gak bisa bayar… gini aja mesti dimuat di MK wkwkwk

    • 11 Juli 2023 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Harusnya TS sabar dulu nungguin kartunya datang. Biasanya kurir suka main selesaikan pengiriman padahal dia gak keburu nganter. Kadang besok atau lusanya dianter itu kartu. Sy aja pernah nunggu kartu BCA Mastercard Blibli sampe lbh dari 2 minggu biasa2 aja (sy nasabah BCA dari thn 2000, gak penting bngt ya wkwkw). Mengenai 50rb itu bukan ongkir tp biaya cetak kartu pengganti, biasanya itu kalo kartu ilang baru dibebankan, dan ditagihnya jg lewat cc jadi mustahil kalo kurirnya yg disuruh bayar. Semalam baru baca ada jg yg komplain masalah kartunya salah kirim, udh dibikinin kartu baru tau2 kartu yg sblmnya nongol dianterin sm kurir hehehe. Mungkin TS ini pengguna baru cc, welcome yah. Masalah cc yg terbesar bukan dipengiriman, ada yg namanya double tagih, ditagih biaya tahunan, blm lg transaksi tidak dikenal. Semoga TS siap yah, karna menurut sy kartu ilang dipengiriman sbnrnya gak masalah karna selama blm diaktifkan gak ada yg bs pake, utk mengaktifkan cc BCA hrs lewat CS, mbanking, sms dari nomor kita yg terdaftar, jadi masih aman lah.

      • 11 Juli 2023 - (09:08 WIB)
        Permalink

        Gua paham biaya cetak kartu, tp gua gamau lah kan kesalahan bukan di gue ada dikurir. Gua jg udh 3 hari nunggu setelah dpt notif dr email. Gua emang oengguna baru cc, tp ga pantes aja selevel bca bisa fatal gini. Gua jg paham cc aktif hanya bisa via sms atau cs, dsb.

        Gua merasa dirugikan dong secara “materil” yang mungkin nominal tidak seberapa, tapi kan itu hak gua sebagai cust bahwa gue nuntut permasalahan ini ke bank, tujuan biar mereka tau bahwa ada case fatal. First impression bikin cc harusnya good dong, apalagi cust yang tertarik dengan produk cc mereka. Eh ini first impression aja udah dibikin bad.

    • 11 Juli 2023 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Gua tau kok cust bca bukan gw aja, tp kalau lebih dr estimasi SLA yang disampaikan Call Center, ga boleh gue komplain?. Lalu kalau gua emg gamau bayar, kenapa?. Kan hak gue, cc blm dipake, case bukan kesalahan gue. Wajar dong komplain dengan flow handling case yang jatohnya udaah HC dan Fatal?!.

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman kartu kredit Bank BCA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Fisik Kartu Kredit Tidak Diterima oleh Pemilik, Malah Ditagih Biaya Pe…

oleh Putra dibaca dalam: 1 menit
5