Tutup Rekening BCA Dipersulit, Uang Transferan Habis Dipotong Biaya Admin

Terima kasih saya sampaikan ke Media Konsumen yang sudah memuat surat saya. Saya sudah menjadi nasabah Bank BCA cukup lama (yang pasti sudah 10 tahun lebih). Saya nasabah BCA KCP Muara Karang 2 Jakarta, dengan nomor rekening: 6370177331. Dengan alasan suatu hal, saya pindah ke Surabaya.

Saya cukup puas dengan pelayanannya Bank BCA yang sangat ramah dan cepat. Akan tetapi saya merasa kecewa dengan sistem BCA, dalam hal penutupan rekening yang tidak aktif lagi. Sebelumnya aturannya adalah sisa saldo harus Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Waktu saya mengajukan penutupan rekening tahun 2021 ke CS BCA ITC Mega Grosir Surabaya, saya mendapatkan penjelasan bahwasanya sistem penutupan rekening BCA, kalau nilai saldo di rekening Rp0 selama 6 bulan, maka rekening BCA tersebut akan ditutup by system oleh BCA.

Namun kenyataannya tidak seperti yang dijelaskan. Banyak kejadian yang merugikan saya, pelanggan salah transfer ke rekening tersebut, langsung dipotong biaya admin (karena meski saldo sudah 0 lebih dari 6 bulan, tapi tetap aktif). Ini menjadikan semacam jebakan batman, apabila ada transferan masuk lagi, akan memotong biaya admin terus menerus.

Puncaknya pada tanggal 29 Juli 2023, ada pelanggan salah transfer ke rekening ini sebesar Rp215.000. Saldo sudah Rp0 dari tanggal 21 Maret 2022 ke 29 Juli 2023 (berarti sudah 1 tahun 4 bulan), tetapi rekening masih aktif. Lagi-lagi tidak sesuai dengan penjelasan CS BCA ITC Mega Grosir. Singkat cerita, tanggal 31 Juli 2023 (selisih 2 hari), uang transferan Rp215.000 dipotong bertubi-tubi dengan nominal Rp17.000 dan Rp 14.000 berulang-ulang, sampai saldo menjadi Rp0.

Saya komplain ke Cs BCA ITC Surabaya dan diarahkan ke HaloBCA. Penjelasan HaloBCA beda lagi, rekening non aktif 18 bulan (berubah lagi pernyataannya), pemotongan biaya akumulasi admin itu sudah by system dan kalau mau tutup rekening (tetap keukeuh dengan aturan) wajib harus ke bank asal di Jakarta.

Mohon maaf ya, apakah memang cara BCA seperti itu untuk mendapatkan dana dari nasabah? Secara logika hari gini, dengan teknologi yang super modern dan canggih, kami dipersulit dengan teknologi jaman dahulu, harus ke bank asal. Seumpama yang mengalami adalah lansia yang tidak memungkinkan pergi jauh, apakah tidak ada toleransi dari pihak BCA dan tetap keukeuh dengan sistemnya yang sangat kaku, wajib hadir di bank tempat pembuatan rekening, tanpa alasan apa pun? Dan tetap memotong biaya admin semaunya sendiri, tanpa adanya kepastian aturan yang berlaku? .

Terus terang kami sangat kecewa dengan sistem BCA yang kembali jadul. Bukannya mempermudah nasabah, malah mempersulit nasabah. Tolong kami minta aturan tertulisnya tahun 2021 dari pihak BCA, supaya kami tidak dipermainkan begini.

Berikut kami lampirkan bukti rekening detail yang dipotong bertubi tubi tersebut. Sekedar info aja, bukti ini adalah hanya sebagian aja, dari kerugian kami sebelum sebelumnya. Permintaan kami sangat sederhana aja, kami meminta saldo kami dikembalikan dan rekening kami ditutup permanen. Sehingga pelanggan lama kami tidak salah dan tidak bisa lagi mentransfer ke rekening tersebut.

Kami tunggu jawaban dan solusi dari Pihak BCA. Kami yakin BCA bisa merevisi aturan tersebut seperti bank-bank lainnya, 3 bulan saldo Rp 0, rekening ditutup by system. Besar harapan kami untuk mendapatkan solusi terbaik, yang tidak merugikan kami selaku nasabah BCA dan tetap menjadi nasabah BCA. Terima kasih.

Lie Suryana
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tutup Rekening BCA Dipersulit, Uang Transferan Habis Dipotong Biaya Admin”

Menanggapi keluhan Ibu Lie Suryana di Media Konsumen tanggal 14 Agustus 2023 dengan judul “Tutup Rekening BCA Dipersulit, Uang Transferan...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “Tutup Rekening BCA Dipersulit, Uang Transferan Habis Dipotong Biaya Admin

  • 14 Agustus 2023 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Ya memang gitu konsekuensinya kalo rekening dibiarkan begitu saja. begitu ada dana masuk, sisa dana pasti akan terpotong biaya admin yg selama ini nunggak dan tak jadi ketutup rekeningnya.
    sy pernah menutup rek bca dgn cara ini. sy memastikan semua pelanggan sy utk tidak mentransfer ke rek bca lama. kalo msh ada yg trf ke sana, sy anggap dia blm melunasi pembayarannya. Lama2 ke tutup sendiri kok.
    intinya bank ga salah, yg salah sampeyan kenapa ga info ke orang2 bahwa jangan trf kesana lagi

    67
    33
      • 17 Agustus 2023 - (07:21 WIB)
        Permalink

        Salahin pelanggan anda.
        Atau salahin anda sendiri. Kenapa masih transaksi di rekening yang lama.
        Wong tinggal kasih rekening baru.
        Ribet amat jadi orang.

    • 15 Agustus 2023 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Tapi pihak Bca menjelaskan akan tutup otomatis setelah 6 bulan jika saldo 0.
      Kenapa mereka (pihak bank ya bukan pihak laen) berani info begitu ??? Padahal kenyataannya yg terjadi tidak seperti penjelasan mereka ??? (Penjelasan bank Bca ya bukan orang laen).

      • 16 Agustus 2023 - (14:47 WIB)
        Permalink

        Nah emg gtu bca kalo rek biasa. Tapi giliran rekening kita yg isi tabungan aja n ga pernah kita tarik keluar duitnya cuma in ajah begitu sempat ga setor 3 bulan lgsg auto ketutup loh rekening ku sampe panik aku lha kok gmana uangku 😆😆 untung bisa sih mesti di urus lagi ke banknya yg tempat kita buka rekening. Giliran rekening kosong melompong gtuh bakalan lamaaa d tutup automatisnya di bca 🤣🤣

        1
        1
        • 16 Agustus 2023 - (14:59 WIB)
          Permalink

          Selama ada uang mana ditutup kak, sy jarang tarik uang karna memang buat nabung gak ketutup sampe skarang

        • 17 Agustus 2023 - (23:40 WIB)
          Permalink

          gak mungkin auto ketutup kak, yg ada namanya dorman klo 3 bulan ga ada transaksi, tinggal buka status dorman nya aja ke cabang tempat buka rekening, saldo gak akan ilang

      • 17 Agustus 2023 - (23:38 WIB)
        Permalink

        coba di cek lg buku tabungan nya, saldo nol nya maret, ada uang masuk juli, memang belok 6 bulan dan ndak nyalahi aturan bank nya dong

        • 28 Agustus 2023 - (08:45 WIB)
          Permalink

          coba dilihat lagi lebih teliti, maret 2022 bukan 2023 ya…
          uang masuk juli 2023 bukan 2022 ya….

    • 20 Agustus 2023 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Kok jadi pelanggan yg kau salahkan. Dia mengeluh kan kebijakan bank krna dia udah berupaya untuk menutup rekeningnya dan telah mengkonfirmasi org bank, namun hasil nya nihil… Malah si nasabah yg disalahkan. Justru org bank yg slah, bagaimana kebijakan nya trhadap nasabah.. knpa ga kau slah kan aja skalian presiden, mentri atau pun tukang parkir, dasar ******

  • 14 Agustus 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Setujuh Bca makin lama makin mempersulit nasabah contoh login mbca aja harus ke ATM dulu buat register ulang bila tdk digunakan selama 3 bulan pulsa sy hbs banyak cuma buat OTP

    17
    11
    • 14 Agustus 2023 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Ya elah. Biar AMAN blok. 3 bulan lo ga pake, apa salah ny ke atm, pulsa juga ga sampe rp 1.000. Dibuat supaya aman. Onenk amat

      16
      20
    • 14 Agustus 2023 - (21:32 WIB)
      Permalink

      @Tjahya otp abis berapa pulsa???? Kwkwkwkwk sekali otp paling ga sampai pulsa rp 1000. Playing victim nie farel tjahya

      11
      5
      • 15 Agustus 2023 - (02:02 WIB)
        Permalink

        Truz masalah rp 1.350? Ngemeng kek hilang puluhan ribu ratusan ribu. Melebihi lebih kan. Kita Kita seneng az di jaga in BCA. 3 Bulan mBanking tidak aktif, wajar az registrasi ulang. Kunci brangkat Kita tu di mBanking. Kenapa registrasi ulang di atm, karena lo musti masukan pin atm. Itu double verifikasi, jadi tidak mudah di jebol. Di kasih aman koq, komplein. Sms rp 1.350 di masalahnya BLOk. Rekening lo jebol bru koar koar. Itu yg punya TS juga musti ny sadar. Rekening di rp 0 di tahun 2021. Tiba tiba ada uang masuk di thn 2022, langsung tarik kosong. Masih ngendap rp 50rb yg ga bisa di tarik. Dari bulan ny az kelihatan dekat begitu. BANK MANA yg ga GULUNG admin bulanan. Yg ogut kurang sreg sama lo, lo main nyablak az. Bertingkah seolah olah di rugikan. Bukan nya meluruskan hal yg ada.

        6
        20
        • 15 Agustus 2023 - (11:02 WIB)
          Permalink

          Skali login itu kena 2x sms jamedd itu kalo langsung berhasil, kalo gak berhasil ya ngulang lagi bayar lagi 2x OTP. makanya jgn sotoy jamedd gw nasabah dr 2010 aman aja tuh tanpa perlu disuruh regis ke ATM segala kalo mau login mbca makanya punya otak diuprade jgn ksh otp dan asal klik link apalagi modus penipuan receh ky dapat undian gitu

          2
          7
  • 14 Agustus 2023 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Masukan Untuk Bank Bca yang merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ,mengintrospeksi systemnya yang menyulitkan konsumen dan bisa memakai logika dalam menghandle setiap persoalan. Selama Ini ,BCA terkenal sangat modern systemnya dan mempermudah nasabahnya. Semoga kedepannya BCA lebih bijak dan tidak kaku aturannya. Supaya nasabahnya tidak lari ,karena aturan yang sangat menyulitkan nasabah .

    13
    5
    • 14 Agustus 2023 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Aturan sudah flexible itu. Rekening BCA rp 0, Rekening masih aktif 18 bulan, dgn catatan admin bulanan GULUNG. ini berlaku semua bank juga. Nah klu ada yg salah TF, kenapa bank yg di salah kan. Setuju dgn @Herwin

      15
      6
      • 15 Agustus 2023 - (22:55 WIB)
        Permalink

        Masalahnya, penjelasan awal dari bank BCA (ingat yg menjelaskan bank nya bukan tukang sapu), bahwa setelah 6 bulan saldo 0 maka rekening otomatis tutup (ingat bank BCa yg menjelaskan begitu bukan tukang sapu ya).
        Jadi jika terjadi tidak tutup rekeningnya berarti penjelasannya yg salah dari tukang sapu nya ya paakk???? Begitu menurut bapak ???

        1
        1
    • 14 Agustus 2023 - (19:33 WIB)
      Permalink

      Oh jadi systemnya begitu,,,saldo 0 bbrp bln tdk aktif harusnya otomatis rekening ditutup system, ini kok aneh ya begitu rek ada saldo langsung didebet biaya admint beruntun… Nasabah tentu yg dirugikan..

      7
      3
      • 14 Agustus 2023 - (21:25 WIB)
        Permalink

        Semua bank sama. Saldo rp 0, bbrp bulan, biaya admin bulanan tetap GULUNG. hadeh. Klu gitu rekening di kosongkan rp 0, trus giliran pake buru buru di tarik sampai rp 0 lagi. Emank lo pada pake fasilitas mau ny gretongan. Sudah di permudah, masih az

        13
        5
  • 14 Agustus 2023 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Namanya jg bank kalo gk rugiin ya ngambil untung sebanyak banyaknya untuk saat ini yg aman mah bank mega bebas biaya transfer 0 gk di kenakan biaya ke bank manapun

    1
    11
    • 14 Agustus 2023 - (21:30 WIB)
      Permalink

      @ratu dih, coba az rekening bank mega di rp 0, selama bbrp bulan, tetap GULUNG itu admin bulanan. Ga ngerti main komen. DIIH

      12
      2
      • 14 Agustus 2023 - (23:25 WIB)
        Permalink

        Saya pake BRI , rekening ga kepake belasan bulan saldo 0, ga ada tuh dipotong gulungan kayak gitu.

        Trus ada juga pengalaman rekening saldo 0 lebih dari 2 tahun, status rekeningnya berubah jadi dormant dan ga bisa ditransfer kesana Krn harus di aktifkan dulu. Trus pas udah diaktifkan juga ga ada potongan ADM gulungan.
        Dari pelayanan dan tampilan mngkin BRI punya image buruk, tapi systemnya sih fine2 aja

        6
        4
        • 15 Agustus 2023 - (04:59 WIB)
          Permalink

          Ga juga.. Pengalaman BRI juga sama.. Tetap terima dana meski rekening dormant tp ga bisa keluarin dana (semua Bank juga gt).. Ketika diaktifkan lagi, setelah penempatan dana dua hari langsung jebret terpotong biaya² admin sebelumnya.

      • 15 Agustus 2023 - (00:34 WIB)
        Permalink

        Itu BCA Konvensional,yg kalo mau tutup rekening memang harus ke kantor cabang pembukaan.Aturan ini juga berlaku buat bank lain juga yang masih konvensional.Kalo jenis bank digital,baru bisa tutup rekening di cabang terdekat (buka rekening via aplikasi).

        10
    • 15 Agustus 2023 - (07:26 WIB)
      Permalink

      BCA memang parah. Saya pumya saldo mengendap 30juta di Tabungan BCA, bunga nya tidak sampai Rp.1.000 dan itu akan di potong pajak lagi.
      Setiap bulan saya harus membayar biaya admin Rp.7.500 lagi.
      Sehingga yang ada saldo terus berkurang.
      Jika saya bandingkan dgn CIMB Niaga, dgn saldo segitu biaya admin dapat tertutupi bahkan lebih.

      8
      3
      • 16 Agustus 2023 - (07:59 WIB)
        Permalink

        emang 30jt bunganya brp sehingga bs menutupi?
        emang fasilitasnya apa aja yg sdh lo nikmati, contoh atm brp bnyk????…jenis tabungannya apa….

  • 14 Agustus 2023 - (23:05 WIB)
    Permalink

    itu namanya rekening dormant atau tidak aktif,
    selama ada transferan masuk, via atm, teller, itu rekening akan aktif kembali.

    jika memang mau ditutup, seharusnya infokan ke pembeli jangan trf ke rekening tsb lagi.

    ini ya lebih ke kesalahan ts yg menganggap sepele masalah tsb.

    10
    1
  • 15 Agustus 2023 - (04:54 WIB)
    Permalink

    Ini sih bukan salah Bank nya.. Yang salah adalah orang yang transfer, jadi minta pertanggungjawaban ke orang yang transfer. Lagi pula kalo mau tutup rekening ya tutup aja ga usah nunggu rekening tutup karena ga aktif. Masa ga aktif rekening dapat berubah sesuai kebijakan Bank. Sangat besar kemungkinan anda tidak mau membayar biaya tutup rekening.

  • 15 Agustus 2023 - (04:59 WIB)
    Permalink

    Apa susahnya tinggal info ke pelanggannya untuk TIDAK TRANSFER ke rekening BCAnya?
    Misalkan pelangganmu sudah kamu infokan utk tidak transfer ke BCA tapi mereka masih ngotot transfer, ya sudah anggap aja mereka belum dianggap bayar (selama issue di rekening BCAnya blm beres).
    Tinggal bilang klo rekening BCAnya sudah tidak bisa diakses, beres.
    Tinggal pelan2 cari waktu atau cara lain untuk tutup rekeningnya.

  • 15 Agustus 2023 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Sy juga kena dulu, solusi nya sy minta no.rek nya saya di block via Halo BCA, jd tidak bs terima transfer masuk maupun keluar. Alhasil aman sampai skrg krn saat mau transfer ke nomor tsb gak akan bisa dan muncul error ..

    7
    1
      • 15 Agustus 2023 - (22:09 WIB)
        Permalink

        Betapa rugi nya menabung uang.. Mari. Kita menabung Emas mulai 50rb..
        Gak ada biaya titip admin dll seperti di pegadaian..
        Yuk Kepoin

  • 15 Agustus 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Yg salah yg transaksi, kenapa rekening lama masih ada di pelanggan, harusnya diinfokan agar pelanggan tidak transfer ke rekening nt yg udah ga dipake, klopun salah trf ke rekening lama itu bukan salah bank, tapi salah pelanggan lama nt,
    Bank ga salah, sistem kerjanya gitu, lagian cuman adm bulanan paling bayak 20rb/bln,
    Kalo mau ga ada biaya bulanan y pake Ewalet saja GRATISSSS

  • 15 Agustus 2023 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Semua bank kalo mau tutup rekening memang harus ke rekening awal di mana tempt pembukaan rekening.

  • 15 Agustus 2023 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Kok anda salahkan BCA? Yang salah itu Bank BUMN dan swasta lain. kalau BCA mah ga pernah salah. gmn seh?

    • 15 Agustus 2023 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Gimana yah ini TS nya ga up to date kayak nya , semua bank juga pasti ada admin terus rekening bakalan ga dianggap dormant selama 18 bulan masih ada uang keluar atau masuk walaupu sekali doang , jadi yang harus introspeksi diri duluu , kalo ga mau kena admin ya uang cash aja , tau buka rek baru di bank lain yang admin 0 dan saldo endap 0

  • 15 Agustus 2023 - (12:01 WIB)
    Permalink

    kalo gak salah BCA TUTUP otmatis itu 12 / 16 Bulan saldo Rp.0 bukan 6 Bulan. selama belum 12 bulan saldo rekeningnya RP 0, status rekeningnya masih aktif kalo ada transferan ya pasti di potong buat bayar hutang TS nya beberapa bulan gak bayar admin.

    analoginya kayak gini TSnya ngekos tapi nunggak 6 bulan, nah ortu TS mau ngirim uang tapi lewat Rekening si ibu kos, yah si ibu kos pasti ambil uangnya buat bayar tunggakaan kosnya.

    jadi kalo gak mau bayar tunggakan tapi uang mau masuk yah bilang ke Ortu nya jangan transfer lewat “ibu kos” nya lagi,

    1
    1
  • 15 Agustus 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Aku juga punya tabungan tahapan xpresi yg dibiarkan saldo terus Rp0 selama 3 tahun lebih, kayaknya minus biaya adminnya sudah menumpuk, tapi rekening tetap aktif kalau dicari rekening bank lain. 1760158514

  • 15 Agustus 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Aduh mending pake Blu BCA Digital, gak ada biaya admin bulanan, tapi ya minusnya gak ada kartu debit, sistem pembayaran nya cuma lewat QRIS. Tarik Tunai & Setor bisa lewat ATM BCA.

    • 15 Agustus 2023 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Itu blu BCA digital thn kpn? Sekarang berbayar semua. Setor tunai sekarang aja admin nya 3500 termasuk tarik tunai jga, dan fitur lainnya ada admin nya smua. Qris jga…

      • 15 Agustus 2023 - (21:52 WIB)
        Permalink

        kalau saldo tabungan lo nol ya wajar ga gratis. lagian saldo kosong mau gratisan. mimpi aja lo. Blu BCA gak ada biaya admin bulanan sampe 2023 ini, tarik & setor memang ada limit tapi sesuai saldo lah. menurut gw cukup worth it.

      • 16 Agustus 2023 - (08:03 WIB)
        Permalink

        ia..peraturan skrg ada perubahan sepertinya, kita yg perlu update…senang lanjut, ga senang cabut..simple..

  • 16 Agustus 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    memang bgitu om, stiap ga ada duit dan rekening masih aktif biaya admin itu berjalan dan dipotong pada saat ada saldo. klo ga mau kena biaya apapun taruh di celengan, aman…

  • 16 Agustus 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Harusnya yang bisa Jawab Pihak Bank….Bukan Bapak Bapak Tukang Sapu….
    Semoga Ts segera mendapatkan solusinya.

    Salam Tuyul Milenial

  • 16 Agustus 2023 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru tutup Rekening, emang harus ke Bank pas kita buka Rekening, sebelum tutup cari referensi d google, emang tutup rekening begitu.dulu Kalau rekening saldo 0 dan dormant otomatis d tutup paksa, aturan baru tambah lagi 18 bulan. Kalau ada aktifitas ya ngulang lagi dari saldo 0, 6 bulan + 18bulan. Tinggal fokusnya kemana kalau saya lakuin aja kita, kalau ngerubah sistem BCA kayanya sulit.

  • 16 Agustus 2023 - (14:39 WIB)
    Permalink

    BCA memang begitu kak, saya juga pernah mau menutup rekening yg ga aktif tapi agak ribet cuman kata cs nya biar ga di tutup tapi kalau ga aktif 6 bulan bakalan ketutup otomatis. Tp udah bertahun2 kenyataannya engga ketutup. Jadi mestinya kalo emang rekeningnya udah ga aktif berbulan2 lebih baik nomor rekeningnya di singkirkan saja sama harus kasih informasi ke pelanggan atau saudara2 kakak bahwa rekeningnya ganti. Krn emg begitu masuk duitnya ya lgsg 0 biaya adminnya lgsg bertubi2. Dan semua bank juga begitu, jadi kalo merasa rekening sudah gak aktif berbulan2 mending di infoin klo rekening udh ganti, n jangan sekali2 pke rekning itu lagi buat transaksi dan usahakan jgn sampe ada salah transfer. Krn emng begitulah lgsg kepotong ga ngotak 😆😆 saya pernah juga gtu ga tanggung2 400rb melayang, cuman yah udah resiko. Salah aku juga sih wkt buka usaha kan sempat punya rekening bisnis dimana saya bisa dapat mesin debit bca. Nah pas saya udh tutup toko ada setahun n udh tutup rekening jg krn biaya adminnya mayan tinggi, trus ada temen memohon krn mau gestun terpaksa akupakai mesin debitnya n otomatis duit org masuk ke rek bisnis yg udh setahun ga kepke itu n duit org yg gestun itu kepotong banyak, syok lah aku. N mau ga mau harus gantiin kan yah. Mo gmana lagi. Mau lapor juga duit kita ga bakalan balik. Jd ikhlas kan aja sejak saat itu aku lgsg ga pernah mau pake lagi tuh mesin debit buat gestun 🤣🤣. N next time nya aku jd mesti lebih berhati2 lagi. N sampe sekarang udh ga ada masalah lagi.

  • 17 Agustus 2023 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Yang saya tahu itu selama pakai bca itu jika saldo mengendap 50rb yg tidak terlihat sudah 0 selama 6 bulan. Saldo tidak terlihat kalo cek di atm dan m bca. Tapi kalo cek via internet bca akan terlihat. 6bulan 0 dan ada masa tenggang lagi 5 bulan.

  • 17 Agustus 2023 - (09:01 WIB)
    Permalink

    seharusnya kalau sudah ada permintaan tutup rekening pihak bank harusnya tidak mempersulit dan langsung menutup,, pemilik rek menutup rekening jg bukan tanpa alasan kan?
    supaya tdk ada yg salah tranfer dsb,,
    mudah memang kalo bilang yg salah yg tranfer knp salah tranfer gtu kan,,
    ini jg salah satu alasan pemilik meminta menutup rekeningnya,,
    buat yg pake mbanking yg data rek blm dihapus memang rawan salah tranfer sulosinya ya menutup rekening supaya tdk bisa transaksi tranfer dan yg bisa menutup rek siapa?
    pihak bank bukan???
    buat orang yg tdk berduit salah tranfer itu kerugian jd jgn asal ngmg salahnya yg tranfer,,
    ya saya yakin yg bilang salah yg tranfer pasti uangnya doble2 gtu aja dimasalahin iya tah,,
    yg bilang ky gtu semoga sllu sehat ya,,
    tah roda berputar dan ada karma didalamnya,,

  • 17 Agustus 2023 - (23:34 WIB)
    Permalink

    lha saldo dr maret nol, otomatis di juli ada duit masuk ya dipotong admin yg diutang april – juli lah mbak. yg bener aja lah, itu bank bukan punya nenek moyang kita, karyawan bank jg bth digaji, gajinya ya dr duit admin nya kita lah….

  • 19 Agustus 2023 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Sebelum komplain di media konsumen seperti ini. Coba cari info dlu, apakah bank.nya ada memberikan pengumuman di situs resminya
    Cek di news situs resminya oktober/november 2022 tentang berita dgn judul : perubahan-jangka-waktu-tutup-rekening-otomatis

    Udah diberikan pengumuman oleh bank BCA. Perihal anda baca atau tidak itu kesalahan anda sendiri.

    Intinya yg saya baca diatas itu gini :
    1. Mau nutup rekeing konvensional, tapi tidak bisa pergi ke cabang pembuatan karna alasan pribadi.
    2. Oleh bank, diberikan solusi auto tutup dengan saldo nol selama 6 bulan (maret 2022) yes ini benar.
    3. Bank BCA ada pengumuman di situs resmi tentang perpanjangan masa tutup saldo (ybs tidak membaca pengumuman di situs resmi ini, ya saya pribadi sih juga gak akan buka news BCA kalo gak ada yg penting yang sedang saya urusi dgn bank BCA terkait kebijakan perusahaan) so perusahaan menurut saya sudah fair dalam hal ini. Baca atau tidak terserah user.
    4. Konsumen transaksi dengan memakan rekening lama, saldo langsung terpotong biaya admin
    5. Konsumen komplain ke BCA (tidak bisa. Karna jelas posisi bank tidak salah) lanjut ke media konsumen.

    Solusi :
    1. Blok rekening anda, agar tidak menerima transfer dari siapapun
    2. Beritahukan semua kolega anda bahwa anda ganti rekening.

    NB : jangan pernah nyalahin kebijakan bank yang berubah2, kebijakan itu berubah sesuai dinamika kondisi dilapangan. Kitalah yang harus proaktif dalam mencari informasi bila sedang dalam berurusan dengan kebijakan perusahaan lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Tutup Rekening BCA Dipersulit, Uang Transferan Habis Dipotong Biaya Ad…

oleh Lie Suryana dibaca dalam: 2 menit
60