Penipuan Lewat COD, Pihak J&T Seolah Membiarkan dan Tidak Membantu

Saya kecewa sekali dengan penipuan dari belanja online COD yang dipaket yang diterima video unboxing kirim melalui ekspedisi J&T. Saya menjadi korban dari penipuan ini dan setelah saya baca lagi, ternyata beberapa orang juga banyak yang menjadi sudah korbannya juga. Kasus ini terjadi tepat pada tanggal 22 September 2023, di mana saya mengambil paket dari J&T dengan nomor resi 1195511048.

Sedari awal saya sudah merasa curiga karena sebelumnya saya memesan sepatu badminton, akan tetapi pembicaraan saya dengan penjual hanya berakhir dengan saya yang memberikan nama saya sebagai penerima dan juga alamat saya.

Saat saya mintai keterangan dari akan dikirim kapan barangnya dan juga nomor resi apabila barang sudah dikirim pun penjual tidak juga memberi saya keterangan. Chat saya di-ghosting setelah saya memberi alamat saya dan juga nama saya sebagai penerima.

Akhirnya pada tanggal 21 September 2023, saya di-chat seorang kurir, yang mengatakan bahwa saya memiliki paket COD yang akan diantar pada hari itu. Akan tetapi pada hari tersebut saya sedang sibuk sehingga saya memberi keterangan pada kurir bahwa saya sedang tidak berada di rumah.

Keesokan harinya pada tanggal 22 September 2023, saya kembali di chat oleh kurir yang berbeda mengenai paket COD saya. Akan tetapi lagi-lagi karena saya masih sibuk di hari itu, saya memberikan keterangan pada kurir bahwa saya tidak dapat melakukan COD di rumah saya. Akhirnya kurir pun menyarankan saya untuk saya untuk mengambil sendiri paket tersebut di gudang J&T Express yang berada di Wedomartani, Sleman.

Pada sore harinya saya menyempatkan untuk mengambil paket tersebut di gudang yang telah disebutkan. Di sana pun saya sudah menyampaikan kecurigaan saya pada staff gudang tersebut dan menanyakan bagaimana jika paket tersebut adalah penipuan dan tidak sesuai dengan apa yang saya pesan.

Staff gudang menyuruh saya untuk mengambil paket tersebut dengan. Karena saya sedang terburu-buru, saya pun mengambil paket tersebut dan juga membayarkan sesuai nominal yang tertera. Keterangan yang ada di paket tersebut memang tertulis sepatu badminton seperti yang saya pesan. Saya pun langsung membuka paket tersebut di gudang tersebut dan tepat di depan staff gudang yang ada.

Setelah saya buka, isinya memang sepatu, akan tetapi sepatu tersebut adalah sepatu palsu dari merk brand terkenal yang bahkan bukan sepatu badminton. Saya langsung menanyakan hal tersebut kepada staff gudang.

Saya memberikan keterangan bahwa barang yang saya terima tidak sesuai beserta bukti-bukti seperti resi, chat saya dengan penjual, dan juga rekaman video.

Ketika saya bertanya apakah uang pembayaran COD dapat mereka tahan agar tidak diteruskan kepada penjual, staff gudang berkata bahwa mereka tidak dapat membantu saya dan meminta saya untuk mengkonfirmasi kepada penjual untuk bisa melakukan return barang. Customer service J&T via WhatsApp.

Saya memberi keterangan bahwa penjual tidak dapat dihubungi, akan tetapi jawaban dari staff tersebut hanya mengulang bahwa mereka memerlukan konfirmasi dari penjual untuk bisa melakukan return barang.

Saya kemudian mencoba untuk menghubungi call center melalui web yang pihak J&T sediakan, akan tetapi pihak call center memberi jawaban yang sama. Keluhan saya melalui call center WhatsApp pun seolah tidak dilihat dan malah tidak mendapat jawaban sama sekali.

Saya merasa kecewa dengan pelayanan J&T yang seolah tidak mau membantu saya dalam menangani kasus penipuan yang saya alami ini. Ini berarti pihak J&T membiarkan kejahatan penipuan online ini semakin banyak berkeliaran melalui pihak J&T sendiri. Hal seperti ini nantinya juga akan merusak reputasi dari J&T dengan sendirinya. Mohon tanggapannya terkait hal ini.

Imanuel Candra
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

46 komentar untuk “Penipuan Lewat COD, Pihak J&T Seolah Membiarkan dan Tidak Membantu

  • 23 September 2023 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Resiko beli barang klo gk lewat rekber ya gini,
    Dan kenapa pakai COD kalau tau jam kerja gk dirumah?

    12
    2
    • 26 September 2023 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Ya, kebanyakan CS yg tdk pinter akan bilang semua sesuai SOP & tdk pakai logika.
      Saya kira semua CS sama jawabnya sop tanpa logika menandakan mereka bukan orang pinter yg kompeten

  • 23 September 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Bahasanya kacau, susah dipahami. Jadi ini ceritanya beli langsung tdk lewat marketplace. Anda kira lewat cod tdk bakalan ketipu, eh malah ketipu. Halah 😀 wong yg beli cod lewat marketplace saja ada ketipu kok, nekat beli langsung. Lewat marketplace bisa minta pengembalian tp beli langsung SOP atau alur kerjanya ya seperti itu.

    9
    2
    • 23 September 2023 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Betul sekali ini sering terjadi, saya juga pernah ketipu beli sepatu via online pesan sepatu bermerk di official store tp yg datang malah sandal jepit, saat itu saya juga langsung buka paket disaksikan oleh kurir bahwa isi paket tidak sesuai, harusnya pihak expedisi bisa menahan pembayaran Kpd penjual karena terbukti penjual melalukan penipuan, sampai skrng duitnya gak kembali..ini harus jd perhatian juga bagi expedisi supaya Lbh cermat dg penjual yg sering menipu untuk tdk langsung meneruskan dana pembeli apabila barang tdk sesuai.

      7
      14
      • 25 September 2023 - (23:59 WIB)
        Permalink

        Terus kalau kurir kena denda siapa yang tabggung jawab? Jawaban anda pasti ya itu resiko kurir, ya sudah jawaban orang yang paham gimana sistematika COD ya itu resiko orang yang beli paket COD yang ganya mengedepankan harga murah tapi gak tau apa², lain kali otak dipake kalau mau komentar

        • 26 September 2023 - (22:06 WIB)
          Permalink

          Solusinya gamang kalau kurir tdk hanya jalankan sop tp juga pakai logika.
          Paket dipacking ulang & dg alasan pembeli tdk order.
          Saya pernah jualan sparepart senilai 1 juta & paket sdh saya kirim & dibatalkan begitu saja oleh pembeli padahal yg saya kirim sdh betul.
          Dan barang saya balik utuh tp sdh dipacking ulang.
          Taktelpon ternyata pembeli iseng gk punya duit.
          Dr sini pembeli curang aja bisa retur paket kenapa penjual curang tdk bisa?
          Menandakan kurir cuma pakai sop tp logika (otak)

  • 23 September 2023 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Kalau saya COD selalu minta buka dulu baru bayar, kalau tidak sesuai langsung dipacking lagi dikembalikan kekurirnya.
    Ada kurir yang tidak boleh buka dulu ya tidak saya bayar, saya suruh retur saja daripada resiko.
    Saya pakai COD hanya untuk seller2 yang tidak meyakinkan supaya aman, jadi lihat dulu barangnya sudah benar baru bayar.

    8
    32
    • 24 September 2023 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Lu mah gak bisa belanja online kalau saya cash terus belanja harus di market place saya udah belanja ratusan bahkan ribuan aman2 aja yang penting saat barang diterima kita harus video unboxing, kalau tidak ada video gak bisa komplain

      8
      2
      • 24 September 2023 - (14:22 WIB)
        Permalink

        Kadang sya heran dengan Buyer” seperti ini ,beli Online itu Ada 4 Resiko yang harus Di pahami ,Resiko pertama Barang tidak sesuai ,kedua Barang rusak ,Ke tiga Ilang ,Ke Empat Ya kena Tipu ,Jadi pikir” dulu Klo mau beli online jngn Ketika smpe barang tidak sesuai/ketipu Lu Ngejelek jelekin Perusahaan Exspedisi ,Klo pengen aman ya beli langsung ke Toko jangan sok sokan beli Online ,Gaya elit Pengetahuan Sulit 😉

        9
        1
      • 26 September 2023 - (22:08 WIB)
        Permalink

        Aku belanja toped rekber 5 jutaan sebulan & video unboxing bukan aturan wajib. Asal komplain kita cukup bukti & minta seller kasih video waktu paking kita sdh menang.

    • 24 September 2023 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Ragu batal!!
      Jika ada 20 customer yg minta buka ditempat trus Kurir y pulang jam berapa?😁

      9
      1
    • 24 September 2023 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Yg kayak gini yg minta diviralkan. Kalau belanja online ya harus di platform yg menyediakan rekber. Kalau cod ya tetap harus bayar dulu baru paket diberikan. Soal gak sesuai ya urusannya ke platform jual beli bukan ke kurir. Kurir tugasnya hanya mengantarkan paket walau dia trima uang cod itu bukan uang dia atau prusahaan kurirnya

      5
      1
    • 24 September 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Owalah hal yg salAH AJA kok bangga,,,

      Tau nggak lu itu salah kaprah, beli di toko langsung, klo lu retur seenak jidat ya lu udah ngerugiin orang,

      Soal barang sesuai enggak. Klo elu berduit dan mau apa2 sesuai sama ori, beli di official Store,,,

      1
      1
    • 25 September 2023 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Anda beli lewat marketplace y klo ga sesuai bisa retur lewat marketplace kurir hanya tugasnya ngirim kasian sekali kurir yg ngantar paker cod kamu

    • 26 September 2023 - (18:18 WIB)
      Permalink

      Kalau saran saya sebagai kurir mending jangan pesan online lebih baik beli langsung ke toko. Daripada kita di rugikan oleh orang seperti anda.

      • 27 September 2023 - (15:57 WIB)
        Permalink

        saya sarankan kepada siapapun kalau dapat no resi dengan angka awal 11 lebih baik langsung tolak atau retur aja, gak perlu dibayar. caranya mudah ketika kurir memberi tahu akan datang kerumah anda untuk mengantar paket anda tinggal jawab (Retur) udah beres.

  • 24 September 2023 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Saya sering belanja melalui online, ada beberapa barang yg salah kirim, akan tetapi bisa di retur atau di tukar, walau tidak COD, yg penting semua jelas sesuai apa yg diminta. Harusnya kurir bisa membantu pengembalian dana, kalau memang benar sesuai SOP atau disaksikan langsung oleh kurir, akan tetapi COD juga sering merugikan kurir, krn sdh pickup barang dan pengiriman, barang direktur atau pembeli tidak Mau membayar yg sebenarnya masalah barang itu sesuai atau tidak bukan urusan kurir.. Dalam kasus ini penjual yg memang tidak jujur, sehingga banyak yg dirugikan…

  • 24 September 2023 - (03:40 WIB)
    Permalink

    Saya COD hanya untuk pembelian di luar marketplace atau beli langsung ke seller.
    Untuk matketplace saya tidak lernah pakai COD.

    1
    1
  • 24 September 2023 - (04:26 WIB)
    Permalink

    mau cod/cash kan harus bayar dulu, baru boleh buka pkt penting beli di MP sbg Rekber. kalo beli langsung ke seler mau COD/Cash sama aja barang tdk sesuai mana bisa komplen ke kurir

  • 24 September 2023 - (04:52 WIB)
    Permalink

    saya mantan kurir shopee kerja cuma 2 hari mo ngelurusin ya guys, cod harus dibayar dulu baru buka paket. dividioin kalo barang ga sesuai di return atas kesepakatan penjual dan pembeli, kalo kalian buka paket tanpa bayar dan paket ga sesuai itu kerugian ke kurir. karena kurir yang harus menanggung. jika kalian takut penipuan dari belanja online lebih baik beli secara konvensional, bukan kurir ga mau bantu tapi semua ada alurnya, sepertinya pembeli transaksi diluar aplikasi coba di tokped ato shope barang ga sesuai ato penipuan duit pasti di refund. saran saja jika transaksi jangan mau diluar aplikasi pasti dijamin palsu dan jika ketipu itu resiko sendiri, pastiin kalo mau beli cek history toko rate bintang berpa komentnya apa. dan jika transaksi nominal besar lebih baik ke toko langsung,

    13
    1
    • 24 September 2023 - (05:27 WIB)
      Permalink

      Pahami dulu tata cara COD itu sprti apa. tidak boleh di unboxing sblm di bayar, jika tidak sesuai komplen ke penjual jgm ke expedisi krna mereka tugasnya hanya antar barang. kalau takut tidak sesuai, sebelum membeli ada baiknya lihat review dari orang2 sebelumnya yg membeli di toko tersebut. kalau ragu lebih baik jgn di unboxing dan minta retur sama kurirnya sebelum di bayar. kalau mau bagus dan ori beli lgsung di official store nya dn adh pasti ada rupa ada harga. lebih baik beli langsung ketoko, jd bisa di cobain lngsung jangan beli online.

  • 24 September 2023 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Udah tau sering sibuk diluar, ya hindari COD.
    Lbih banyak kasus COD yg ditipu dibandingkan via rekber.

  • 24 September 2023 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Sudah tau ada curiga modus penipuan masih mau buka, kayaknya alasan terburu2 itu hanya playing victim, apalagi hanya beli di luar toko hijau, orange, hitam hanya di market place mungkin di fb, atau insta atau tiktok. Sudah terima saja, anda yang b0doh mau2 saja di b0dohi, kalau ngak yakin ngapain di ambil bayar, tolak saja sedangkan anda sudah di ghosting.

  • 24 September 2023 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Udah paling bener lewat toko ijo merah atau oren, itu aja kadang masih kecolongan, lah ini beli langsung, yawassalam

  • 24 September 2023 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Pembelian barang onlain lbh aman dg e-commerce yg terpercaya, dilihat dr resi itu bukan paket dr ecomers sprti shoope/ tiktok / ecomers lain,, kl misalnya cod tp pembelian dr Facebook/ IG jelas kl paket tdk sesuai akan susah dicansel bahkan kurir tdk bs berbuat apa-apa kern saat kurir klik brng tersampaikan yaudah itu udah tnggungan prnjual dan pembeli, beda dg e-commerce yg terpercaya dana cod otomatis msh tertahan dishopee, jd lbh gampang pelanggan untuk return atau brng dikembalikan,
    Pahami sistem COD krn tugas kurir cm mengantrkan, saya hampir tiap hr cod aman aman saja kok belanjanya, brg tdk sesuai saya return

  • 24 September 2023 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Kurir nya dah pada BT kali yaa… 2x mo d antar paket COD nya, ehh malah gak ada d rumah mulu…

  • 24 September 2023 - (08:45 WIB)
    Permalink

    jelas u yg salah udah tau ragu ko di bayar ,terus paket di buka ,kalau di shopee ada.mekanisme unboxibg..namanya petugas gudang u ksna ambil paket ya dikasih ..kalau u ragu harusnya u ga sah ke jnt biarin ja pakeytnya diretur pembeli. sepertinya anda orange terlalu cerdas makanya udah ragu dibayar

  • 24 September 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Kesalahan anda sendiri mengapa beli tanpa ada pihak ke-3 yaitu aplikasi marketplace seperti Oren/hijau dll. Sepertinya anda beli di fb/ tiktod yg rawan banyak penipu, resi di luar aplikasi percuma mau komplain juga karena tidak ada pihak ke-3 sebagai penahan/penerus dana.

  • 24 September 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Pada merasa paling benar semua. Yg Paling prosedur. Menurut Sy udah benar kalau ga mau ketipu ya COD. Sy selalu bilang sama kurir utk buka paket di depan dia. Bila tidak sesuai Sy bayar kamu 50rb. Kurir yg datang ke sy selalu setuju. Daripada lu pada ngikutin prosedur yg ribet, video unboxing, komplain, lalu kirim barang lagi, mau brp lama, brp hari, duit kembali? Mending rugi uang rokok daripada stress rugi waktu. Nalar pada dipake, jgn dibegoin system. Dan jgn pelit sama Kurir, selesai antar, kasih sedikit rejeki. Biar ada senyumnya antar paket kita.

    1
    5
    • 25 September 2023 - (00:00 WIB)
      Permalink

      Saya suka dengan komen ini. Jadi ya minta bantuan kurir nya pas antar buat bantu ngecek juga. Kasih duit rokok juga, biar antar balik.
      Emang gak sesuai SOP, dan tentu saja si kurir ada resiko kena denda atau apa.

      Tapi ya memang harus gitu. Kalau gak ngapain si kurir harus bantuin situ? Mana ada resiko kena lagi.

    • 25 September 2023 - (19:21 WIB)
      Permalink

      nah ini bagus bayar kurir. kurir ga keberatan juga kalau dibayar sebesar itu.
      tapi kebanyakan minta buka doang tapi ga mau bayar kurir. kan kesel kurirnya

  • 24 September 2023 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Jnt kan prusahaan ekspedisi. Kalau anda komplen ke mreka dan barang sudah di antar ya salah. Soal uang cod bukan kewajiban mreka menahan dan tidak ada hak. Makanya blanja di platform yg ada rekber kalo komplen kan dananya ditahan

  • 24 September 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    selama kurir mengirim barang dr pengirim ke penerima tidak terjadi kerusakan..
    anda mau ditipu puluhan juta oleh seller gadungan.. bukan tanggung jawab expedisi/kurir yg harus menahan duit COD.
    kecuali dr pengirim barang masih bagus, eh di perjalanan menuju ke penerima barang tiba tiba rusak atau cacat baru itu tanggung jawab expedisi/kurir

  • 24 September 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Pertama: Jangan Belanja online selain di Marketplace/E-commerce seperti (SHOP**, TOKO**DIA, LA*ADA, BUKA*APA*, BLI***,).
    Kedua: Sekarang di SHOP*” udah ada metode pembayaran COD dg system buka dulu baru bayar, tapi dg biaya penanganan
    0.040% dari Harga barang+ongkir, tapi tidak semua toko mengaktifkan metode pembayaran COD, kalau di Marketplace lain saya kurang tahu.
    Ketiga: kalau mau belanja online diluar Marketplace/e-commerce tsb diatas, harus belanja di Website RESMI, dan hanya beberapa brand saja yg punya Website RESMI (dan untuk yg ini harus waspada dan hati-hati).
    Keempat: Ketahuilah resiko dari belanja online.

  • 24 September 2023 - (22:51 WIB)
    Permalink

    1. Saudara melakukan transaksinya melalui apa? Media sosial atau aplikasi marketplace resmi?
    2. Kalau melalui marketplace resmi, sebetulnya ada fitur ajukan pengembalian atau komplain pada aplikasi nya jika produk tidak sesuai, rusak, tidak original, atau tidak lengkap, bahkan sekarang ada fitur COD cek dulu. Jika memesan hanya melalui media sosial, maka tidak ada fitur tersebut. Jika pembeli meragukan isinya, bisa langsung ditolak dan tidak bisa dibuka dulu.

  • 26 September 2023 - (18:35 WIB)
    Permalink

    kalau ragu kenapa diambil pak,? mana beli bukan lewat market place lagi, dan di ekspedisi itu ngeretur paket ada rulesnya. dan apalagi untuk paket yg udh di buka mungkin perlu komunikasi 2 arah dengan penjual.

    • 27 September 2023 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Saya kemaren hampir ketipu beli jersey original real madrid, katanya yg ngejual dia langsung dari tokonya di madrid. Udah sampe ngechat panjang lebar, sampe saya kirim nama alamat dan no hp, terus saya tanyain bayar COD. Ngechat panjang lebar udah kaya ngomong sendiri, saya ga tau dia ngomong apa eh dia juga sama, jadi kaya ngomong sendiri. Namanya juga tergiur harga murah, soalnya di IG nya tertulis harganya ada 35, 125, 110. Kok murah bnget, padahal di tokped oficial adidas bisa sampe 1jtan keatas. Sayang bnget padahal harga murah, eh malah gagal gara” chat yg ga jelas doang, jadi ga dapet jersey original murah

 Apa Komentar Anda?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Penipuan Lewat COD, Pihak J&T Seolah Membiarkan dan Tidak Membant…

oleh Imanuel dibaca dalam: 2 menit
46