Pulsa XL Tersedot dan Habis Hanya Dalam Hitungan Jam Saja

Saya Pelanggan XL baru dengan nomor 08597971****. Pada tanggal 27 September 2023, saya melakukan pembelian kartu perdana di konter dekat rumah, kemudian saya registrasikan menggunakan NIK dan KK. Sebelumnya sudah terjadi kendala untuk registrasi kartu baru, dengan respons diminta menghubungi DUKCAPIL karena NIK saya tidak sesuai. Padahal sudah jelas kalau itu sudah sesuai.

Setelah registrasi berhasil, saya melakukan isi pulsa sebesar Rp5.000. Namun tiba-tiba saat saya cek di aplikasi myXL pulsa berkurang Rp2.000. Setelah saya cek lagi, ternyata dikarenakan adanya penggunaan SMS seperti layanan berbayar. Saya merasa aneh karena ini adalah nomor baru, kenapa langsung terpotong untuk SMS? Padahal saya tidak pernah lakukan aktivasi apa pun.

Malam harinya, saat saya sedang membuka aplikasi WhatsApp, tiba-tiba mendapatkan notifikasi bahwa pulsa terpotong karena adanya akses internet. Data seluler sudah saya nonaktifkan dan menggunakan Wi-Fi, tapi tetap saja masih mendapatkan notifikasi yang sama. Akhirnya pulsa saya senilai Rp5.000 habis hanya dalam beberapa jam saja.

 

Saya meminta pihak XL melakukan pengecekan di nomor saya. Kalaupun ada layanan yang berbayar mohon untuk dinonaktifkan, karena saya tidak pernah menginginkan konten apa pun, dan juga pengembalian pulsa yang sudah terpotong baik untuk SMS ataupun tarif internet.

Mohon kerja sama dari pihak XL atas kendala yang saya alami.

Eni Rahmawati
Gunungkidul, Yogyakarta


Update (24 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pulsa XL Tersedot dan Habis Hanya Dalam Hitungan Jam Saja”

Jakarta, 23 Oktober 2023 Ref.CM/CU/E/003/1023/SS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Eni Rahmawati melalui...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Pulsa XL Tersedot dan Habis Hanya Dalam Hitungan Jam Saja

  • 30 September 2023 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Sekedar info ya, untuk jaringan 4G walaupun internet mati/dimatikan tetap nyedot pulsa berlaku untuk semua operator. Solusinya ubah pengaturan hp dari 4G ke 2G atau bisa disetting dari aplikasi seperti myXL di menu profil untuk kontrol pulsa.

    3
    2
  • 1 Oktober 2023 - (05:46 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna provider XL sdh belasan tahun, dulu sih sering banget pulsa tiba2 habis, pdhl tidak ada penggunaan aplikasi apapun, hanya WA saja. Saya pikir.. karena banyak kiriman foto atau video di group. Sering kebobolan.. hingga kesal.
    Akhirnya datang ke counter XL, dan dapat informasi,.dgn mengalihkan pengaturan dari 4G ke 2G., dulu awal2 beli paket lewat 817 atau 818, selalu boros banget, Semenjak beli kuota paket data langsung di website nya My XL, banyak bonus yang di dapat. karena banyak aplikasi yang saya klik..dgn 141ribu, paket data 30GB,. tapi yang di dapat 68GB.
    Lebih leluasa berselancar untuk internetan.karena tugas dan pekerjaan. Bukan untuk games atau yang aneh2 ya.. hehehe , dan akhir jatuh Tempo selalu ada sisa 15 -20GB, bisa di akumulasi kan bulan berikutnya.
    Saran: klik aplikasi MyXL, pastikan saldo pulsa mu, tersedia. kemudian beli kuota paket data di website MyXL, Naah beli paket data sesuai budget dan kebutuhan mu. Setelah itu akan ada SMS, pemberitahuan bonus apa saja yang didapat, segera klik dan ambil bonus gratis itu. macam2 bonus gratis yang didapat, ada untuk YT, IG, TT atau video streaming.
    Berbagai paket data tersedia kok, sesuai kan saja dgn isi pulsa mu dan tentunya dgn kebutuhan mu.
    Biasakan juga membaca dgn seksama.. agar tidak salah nge klik.

    • 1 Oktober 2023 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Itu kakak kan pakai my XL. Aktifkan kontrol pulsa biar tidak terpotong oleh layanan yg tidak berguna.

    • 1 Oktober 2023 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Selamat siang, mohon infonya..untuk paket 30 gb dapet 68 gb seharga Rp. 141.000,- itu paket apa ya ? kebetulan saya pengguna myXL dan sering beli paket XL Combo Plus…tapi belum nemu paket yg dapet kuota lebih dari yg ditawarkan di myXL…Thx.

      • 4 Oktober 2023 - (07:42 WIB)
        Permalink

        Pkt Xtra Combo VIP , kuota utama 30GB, selebihnya bonus , biasanya setelah pembelian paket, akan ada SMS bonus gratis, segera saja ambil agar tidak hangus, seperti :
        bonus ig 5gb, tiktok 5gb, YouTube 5gb, pulsa area 10gb, pulsa nasional 5gb , video streaming 5gb, Cek kuota di myXL.
        Jumlah berapa besar kisaran nya tergantung ya.. diatas hanya contoh. Kebetulan saya sdh lama pakai paket itu.. jadi lumayan besar bonus gratis nya

  • 1 Oktober 2023 - (07:17 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya untuk hal gini hanya perlu cek di aplikasi myXL atau tlp operator dg biaya 350.

  • 2 Oktober 2023 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Ribet amat sich pulsa 5rb perak tersedot diposting disini.
    Ganti kartu kek susah amat, atur pengaturannya.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pulsa XL Tersedot dan Habis Hanya Dalam Hitungan Jam Saja

oleh sunset dibaca dalam: 1 menit
7