DANA Menahan Saldo Pembayaran QRIS Bisnis

Saya seorang petani jamur tiram. Mengingat zaman sekarang teknologi sudah maju, dengan pembayaran digital yang sangat bagus dan aman, akhirnya saya men-download aplikasi DANA. Kemudian saya mendaftarkan akun DANA Bisnis, untuk mendapatkan QRIS.

Setelah proses verifikasi yang cukup lama, akhirnya status akun saya disetujui oleh pihak DANA. Setelah itu terjadilah transaksi QRIS pertama oleh pelanggan saya, sebesar Rp50.000. Pembayaran QRIS dilakukan oleh pelanggan via e-wallet OVO, pada tanggal 3 Oktober 2023 pukul 16.56 WIB. Terlampir bukti dari pembeli, bahwa transaksi QRIS OVO berhasil ke QRIS DANA Bisnis saya.

Saya melihat keterangan di akun DANA saya, bahwa saldo akan diproses maksimal 1 x 24 jam, atau keesokan harinya pukul 17.00 WIB dana akan dibisa ditarik.

Setelah menunggu 1 x 24 jam, ternyata saldo “Sedang diproses” tidak kunjung selesai dipindahkan ke saldo “Dapat ditarik”.

Saya menanyakan ke CS, kenapa sudah melewati batas waktu 1 x 24 jam sesuai keterangan yang ada di aplikasi? Namun CS tidak dapat memberikan penjelasan mengapa sampai 4 Oktober 2023 saldo saya masih ditahan oleh pihak DANA!

Mengerikan sekali melihat kasus e-wallet DANA ini. Awalnya saya sendiri tidak percaya, sampai akhirnya saya mengalami. Pihak DANA tolong tanggapi masalah saya! Memang cuma Rp50.000, tapi membuat saya berpikir ulang untuk mempercayakan bisnis saya melalui QRIS DANA dengan nominal besar.

Handoko Tandi
Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “DANA Menahan Saldo Pembayaran QRIS Bisnis”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Handoko Tandi di Media Konsumen, “DANA Menahan Saldo...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “DANA Menahan Saldo Pembayaran QRIS Bisnis

  • 7 Oktober 2023 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Ealah…. baru sehari aja bingung…. transaksi tgl 3 jam 16… tgl 4 jam 17… belum bisa di tarik…. tunggu besok pasti bisa.

    • 8 Oktober 2023 - (13:24 WIB)
      Permalink

      Kalau qris saya detik itu masuk, langsung aja detik itu jga saya tarik. Kok ada qris sampai pemding 24 jam, jangankan 24 jam 1 jam pemding, udah tidak saya pakai qris itu. Tinggalkan sistim elektronik yg mbulet. Untuk apa kita bikin elektronik kalau ruwet kayak birokrasi. Buang ganti yang lain

      • 7 Oktober 2023 - (08:59 WIB)
        Permalink

        DANA sedang butuh dana, Pak. Mohon bersabar, abis itu kalo udah bisa ditarik jangan pake DANA lagi daripada dana anda ditahan lagi.

        • 7 Oktober 2023 - (09:06 WIB)
          Permalink

          Terima kasih pak sarannya sampai sekarang saya masih menunggu tanggapan pihak dana

  • 7 Oktober 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Halo TS Handoko. Gini ya mul pemula, ente msh pertahanin pake QRIS Dana merchant? Ganti dong mul pemula! QRIS Dana itu paling mahal di antara seluruh QRIS senusantara mul pemula. Bayangin ente kena potongan aplikasi 0.7% + potongan BI 0.3% total potongan 1%, baru bisa di withdraw setelah h+2 hari kerja, kalo trx gede atau buat gestun apa nggak tekor tuh ente mul pemula. Manut aja sama sesepuh mediakonsumen ini! Mul pemula, segera ganti QRIS ente dgn QRIS dr bank!

    3
    0
    • 7 Oktober 2023 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Ya pak saya baru pemula di dunia merchant saya sendiri tidak paham bahwa e wallet ini benar bermasalah di MK sudah banyak
      Terima kasih atas sarannya

  • 7 Oktober 2023 - (09:40 WIB)
    Permalink

    QRIS Merchant dana gak ada masalah kok memang Penarikan yg QRISnya dari Ewallet/Selain dana bisa H+1 atau lbh pak..

    Sekedar saran, coba pakai Livin merchant dia MDRnya 0%
    Penarikan setiap Jam 8 Pagik 6 Sore dan 8 malam.. Bikin QRIS 5 Menit lgsg jadi

    • 8 Oktober 2023 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Tingkywingky Dipsy Fadjar Puh Sepuh, setujuh sama sepuh fadjar. Prefer pake QRIS bank, hindari QRIS Merchant Dana. Pengalaman ane, yg dana QR nya realtime ya : Permata & Maybank QRIS.

      Oh iya puh sepuh, FYI : sekarang dana membebankan Fee (sekitar 0.3% lg) juga ke Pembeli bila Pembeli membayar ke QRIS lain dgn aplikasi Dana. Rampok banget nggal tuh, wkwkwk, pembeli dan penjual kena fee semua.

      Puh sepuh, ini semakin menjadikan Dana jd ewallet Paling dihindari seNusantara. Semoga pada ngeh betapa mahal & mengerikannya ewallet satu ini.

    • 21 Oktober 2023 - (14:39 WIB)
      Permalink

      Aku pakai Livin Merchant, awal² sih lancar, tapi setelah Transaksinya mulai rame, Duitku nyangkut di Livin Merchant sebesar 17,5 Juta. Sejak Tanggal 6 Oktober 2023 hingga sekarang masih belum balik Duit Gua. Ya masa’ Uang 17,5 Juta Hilang Begitu Saja di Livin Merchant…

  • 8 Oktober 2023 - (23:55 WIB)
    Permalink

    Saya sampai saat ini baru berani menggunakan Qris untuk gopay, goceng aja buat bayar bus. M-banking pun hanya Qris yang tampil di M-banking teman kantor. Yang lain lain, No Way!

  • 9 Oktober 2023 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Update : pagi ini jam 07.30 Saldo saya sudah dapat ditarik
    Terima kasih pihak dana mau menghubungi dan menjelaskan kepada saya

    Case closed
    Terima kasih buat suhu MK untuk saran saran yang sangat berharga buat saya 🙏

 Apa Komentar Anda mengenai DANA Bisnis?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

DANA Menahan Saldo Pembayaran QRIS Bisnis

oleh Handoko Tandi dibaca dalam: 1 menit
17