Kecewa! Shopee dan J&T Cargo Tidak Bertanggung Atas Kerusakan Barang yang Dikirim

Halo semua,

Saya seorang seller di Shopee ingin menyampaikan keluhan atas barang saya yang rusak selama pengiriman.

Pada tanggal 21 September 2023, saya mendapatkan 1 order atas barang “Fot Step Foot Step Footstep Nissan All New Livina 2019 GM” di Shopee dengan nominal Rp1.100.000 dan tujuan Kediri, Wates. Pengiriman dilakukan pada hari itu juga, dengan nomor resi J&T Cargo: 200286911015.

Pada tanggal 27 September 2023, pembeli sempat menanyakan kenapa barang belum sampai juga. Akhirnya pada tanggal 28 September pukul 16.56 WIB, saya telepon ke J&T Cargo pusat, dengan jawaban bahwa barang saya terkendala rusak di gudang Jakarta dan di-repacking ulang. Informasi itu saya sampaikan ke pembeli dan sempat mengirimkan foto utuh barang tersebut yang panjangnya sekitar 2,5 meter.

Pada tanggal 29 September 2023, pembeli berinisiatif mengunjungi gerai J&T Cargo Kediri Wates. Pada saat itu juga pembeli menginformasikan kepada saya bahwa kemasan barang sudah dalam keadaan tidak utuh, yang hanya tinggal 1 meteran saja. Informasi dari kurir di sana juga mengatakan bahwa barang datang dalam keadaan tidak utuh dari Jakarta. Karena melihat barang dalam keadaan tidak utuh, pembeli mengajukan komplain ke Shopee dengan alasan barang hilang dalam proses pengiriman oleh pihak J&T Cargo.

Dalam form diskusi tersebut, tim admin Shopee hanya memohon kesediaan kami menunggu proses investigasi yang sedang berlangsung karena membutuhkan waktu tambahan dan berlanjut sampai tanggal 04 Oktober 2023 yang menyatakan bahwa,

“Berdasarkan pengecekan keputusannya adalah pengajuan pengembalian dana atas klaim pesanan tidak sampai telah disetujui, pengembalian dana ke pembeli dalam waktu 3×24 jam melalui limit Spaylater dan kepada penjual, mohon untuk menunggu proses pengembalian produk, dan apabila belum menerima produk maka penjual bisa menghubungi Shopee.”

Mendengar keputusan tersebut, saya sangat kecewa karena hanya mengembalikan uang ke pembeli, sedangkan ke penjual tidak ada kejelasan pergantian uang, hanya disuruh menunggu pengembalian barang saja.

Pada tanggal 04 Oktober 2023, saya langsung telepon ke CS Shopee untuk komplain mengenai hal ini, dan sesuai dengan informasi mereka, saya hanya diminta mengisi form pengembalian barang rusak dan akan diproses 4 hari kerja.

Setelah saya menerima email form pengembalian barang rusak dan mengisi form tersebut pada tanggal 4 Oktober 2023. Saya langsung mengirimkan kembali formnya untuk diproses. Saya juga sempat chat dengan CS Shopee untuk memastikan apakah formnya sudah diterima. Di chat CS pun mengkonfirmasi bahwa form sudah diterima dan pengiriman barang akan dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2023 dari gerai Kediri Wates dengan nomor resi yang sama.

Pada tanggal 8 Oktober 2023, saya coba telepon lagi ke J&T Cargo mengenai barang yang rusak ini sudah dikirim atau belum. Ternyata masih di gerai tujuan Kediri belum dikirim. Sedangkan untuk pihak Shopee sama sekali tidak ada respons atau follow up dari tim admin Shopee. Sehingga saya coba menelepon lagi ke CS Shopee mengenai masalah ini pada hari yang sama, yaitu tanggal 08 Oktober 2023.

Saya masih saja diminta menunggu sampai tanggal 10 Oktober 2023, karena dari CS mengatakan sudah memberikan estimasi ke pihak ekspedisi. Jika tidak ada konfirmasi, maka saya lagi yang diharuskan konfirmasi ke pihak CS Shopee. Pada tanggal 10 Oktober 2023 ini, saya coba telepon ke CS Shopee tidak bisa, dan saya chat ke CS Shopee juga tidak ada respons sama sekali.

Dari semua langkah di atas, saya sangat kecewa dengan penanganan komplain dari Shopee yang benar-benar tidak profesional, padahal merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Padahal sudah jelas sekali barang saya rusak oleh kurir J&T Cargo saat pengiriman (saya masih menyimpan hasil voice recorder dari pihak J&T Cargo yang mengakui barang saya ada kerusakan di gudang Jakarta dan di-repacking ulang). Namun saya masih dipersulit dengan berbagai alasan untuk disuruh terus menunggu dalam memperoleh hak saya atas barang saya yang rusak dengan nominal yang menurut saya lumayan besar, yaitu Rp1.100.000.

Sampai hari ini, saya masih menunggu itikad baik dari Shopee untuk bisa segera menyelesaikan kasus saya ini.

Andy Franndesar
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa! Shopee dan J&T Cargo Tidak Bertanggung Atas Kerusakan Barang yang Dikirim”

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di mediakonsumen.com oleh Bapak Andy Franndesar di Jakarta Utara pada tanggal 11 Oktober...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Kecewa! Shopee dan J&T Cargo Tidak Bertanggung Atas Kerusakan Barang yang Dikirim

  • 11 Oktober 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Saya sering kl pas drop paket, lihat ada yg kirim paket produk kerajinan, panjang smp 2 meteran dan kadang hanya dibungkus buble, pakainya cargo lagi. Apa tdk rusak itu paket, lihat saja ngeri2 sedap.

    1
    1
  • 11 Oktober 2023 - (10:05 WIB)
    Permalink

    Kalau yg ini isi batangannya plat 4mm dilapisi plastik aloy sepanjang 2 meter dan sisa panjang kisaran 50cm an itu batangan plat besi / bracket setebal 8mm.. paket saya bukan patah barangnya, tp batangan yg 2 mtr itu hilang..direpacking ulang sama orang j&t cargo sisa sekitr 50cm..mereka akalin pakai dus yang sama keliatan dr luar sekitar 1 mteran..tp isinya cm bracket2 sepanjang 50cm an lebih dikit

    2
    1
  • 11 Oktober 2023 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Kejar jnt kargo ada tikus bermodus karyawan jnt kargo mereka tau mana brg murah dan brg mahal yg bisa dijual cuan, jelas2 jnt kargo ngakui repacking brg dan kerusakan ( menurut saya kerusakan cmn modus aja alih2 sebenarnya isi Dimaling karyawan sendiri buat dijual tau aja gaji kurir itu cmn beberapa ribu rupiah mahalan bayar kencing di SPBU atau parkir dimall perjam nya dr pada gaji kurir perpaket, Krn pas awal ramadhan dl pnh ikut iseng dftr jd kurir di j** , sh*******s, A******* dibayar perpaket paling gede byran kurir orange wlu sudah keterima tp gak berangkat saya sampai ditelp bagian HR nya mendingan jual online atau jd kurir ojol food aja sekali kirim makanan jelas dpt nya diatas goceng

    2
    1
  • 11 Oktober 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Lucu nya lagi untuk pengiriman lewat gerai yang bersangkutan selalu terjadi kehilangan, saya yakin sekali dari kurir j&t cargo yang bermasalah..bayangin barang bs rusak pas pengantaran ke gudang, bukan pas perjalanan ke tujuan..

  • 12 Oktober 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin. Sekadar info aja buat teman2 seller maupun pembeli.
    Seller:
    -Usahakan foto atau video kondisi barang sebelum dipacking dan selesai packing
    -packing yang aman, selalu diberi bublewrap dan sticker fragile

    Pembeli:
    – foto video unboxing barang
    – usahakan kalau unxoing sticker pengiriman jangan sampai disobek atau rusak.
    -gunakan asuransi dari marketplace.
    -pilih seller yang terpercaya dan bisa bantu jika ada masalah dengan barangnya.

  • 14 Oktober 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Selamat Pagi,

    saya ingin menyampaikan pertanggal 13 oktober kemarin saya sudah menerima pergantian ganti rugi dari pihak expedisi yang dibantu oleh pihak Shopee. Terima kasih atas respon dari pihak shopee atas artikel yang saya buat, semoga kedepannya lebih responsif lagi dalam menangani komplain.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Cargodi Shopee?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Kecewa! Shopee dan J&T Cargo Tidak Bertanggung Atas Kerusakan Bar…

oleh Andy dibaca dalam: 3 menit
7