Saldo Rp5,4 Juta Terpotong, tapi Sudah 21 Hari Pembayaran Masih Dalam Proses

Halo, saya Iim Mutmainnah. Saya ingin menyampaikan keluhan kepala pihak LinkAja, yang bertele-tele dalam pengembalian saldo refund. Pada tanggal 25 September 2023, saya melakukan transaksi pembayaran kepada pihak merchant senilai Rp5.410.000. Bukti terlampir:

Saya sudah komplain ke kantor LinkAja di menara Citicon pada tanggal 25 September 2023. Katanya “Ditunggu 14 hari kerja, tapi biasanya 4 hari paling lama saldo kembali”. Sambil saya lampirkan email ke CS-nya, bukti terlampir:

Kemudian saya hubungi pihak ASPI dan PTEN (perusahaan yang mencetak QRIS) di gedung Graha Mandiri. Mereka menyarankan untuk konfirmasi minta refund ke pihak LinkAja. Namun saya masih penasaran, ingin cek mutasi ke pihak switching yaitu Artajasa. Balasan dari pihak Artajasa, saya harus konfirmasi langsung ke pihak LinkAja, berikut bukti email:

Kemudian saya hubungi orang Linkaja bernama Ja**** (diberikan nomornya dari orang ASPI) katanya beliau yang bisa tangani. Akhirnya saya hubungi dan ceritakan keluhan. Lalu saya disuruh menunggu 14 hari kerja dan dia mengirimkan foto due date laporan, yaitu berakhir pada tanggal 14 Oktober 2023, berikut fotonya:

Hari ini pada tanggal 16 Oktober 2023, saya menghubungi orang LinkAja tersebut, tapi malah slow respond dan hanya mengatakan “Baik Ibu aku tanyakan terlebih dahulu ke team terkait ya”, dan sudah tidak ada ngomong apa-apa lagi.

Mohon maaf, saya pelanggan LinkAja benar-benar merasa kecewa dengan penanganan yang terkesan lambat. Padahal saya sudah menunggu waktu sesuai prosedur, bahkan sudah konfirmasi kepada pihak-pihak terkait dan terlibat dengan transaksi ini termasuk QRIS, Artajasa, dan cek berkala mutasi BCA (penjual yang punya merchant). Namun hasilnya tetap nihil dan LinkAja tidak ada penegasan kepastian.

Bagi saya ini uang sangat besar, dan saya meminta hak refund karena tidak ada uang pembayaran yang berhasil, bahkan sampai saat ini saldo saya belum kembali, berikut bukti foto:

Mohon maaf, bukan saya minta uang cuma-cuma ke pihak LinkAja. Kalau begini caranya akan menggerus kepercayaan masyarakat, yang awalnya pengguna setia LinkAja jadi ragu. Semoga pihak LinkAja bisa segera membaca surat keluhan saya ini dan segera menghubungi saya langsung untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

Terima kasih MediaKonsumen.com, sudah menjadi jembatan pengaduan pelaporan saya. Salam hangat.

Iim Mutmainnah
Lebak, Banten


Update (20 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak LinkAja sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Saldo Rp5,4 Juta Terpotong, tapi Sudah 21 Hari Pembayaran Masih Dalam Proses

  • 17 Oktober 2023 - (17:08 WIB)
    Permalink

    kronologi nya kurang jelas bu

    mksdnya ini ibu transaksi pembayaran pakai link aja trus batal gt bayar nya? tp dari link aja blm refund ke saldo lg gt ya?

    atau ibu bayar ke merchant tp pihak merchant blm terima uang pembayaran nya??

    • 17 Oktober 2023 - (17:30 WIB)
      Permalink

      @Maya
      TS bayar ayam 5,41 juta tapi dana belum juga diterima si penjual ayam. TS minta refund karena kemungkinan penjual ayam sudah dibayar dengan cara lain.

      • 19 Oktober 2023 - (15:56 WIB)
        Permalink

        ooh gt…
        btw emang bs ya transaksi pembayaran minta di refund??
        kan ini status nya masih pending, bukan nya kita minta di proses percepatan transaksi nya ya biar masuk ke merchant, klo memang statusnya nnti sudah gagal baru lah kita bs minta permohonan proses refund CMIIW

    • 17 Oktober 2023 - (17:35 WIB)
      Permalink

      @Arif
      Nggak perlu sinis bro. Bisa aja TS pesan nasi kotak paket ayam 30 dus. Bisa juga bayar berkali-kali pakai QRIS tapi gagal melulu.

      • 18 Oktober 2023 - (05:10 WIB)
        Permalink

        Waduh ibu, pakai bank atau lainnya deh kalau transfer besar2 ngapain simpan duit dan pakai link aja hanya untuk nyari bebas transfer, udah tau linkaja sering bermasalah, cari saja kalau ngak link aja besok dana yg di komplain

    • 17 Oktober 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Saya pernah disuruh bos, beli ayam goreng di kota S. Hampir 10 jt.
      300 kotak, untuk undangan hajatan. Kirim do’a.

  • 17 Oktober 2023 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf bu , koreksi saya klo salah refund itu dimana² maksimal 14 hari setelah pelaporan, sesuai peraturan pemerintah, dan kebijakan visa dan mastercard sebagai gerbang pembayaran,klo pun bisa lebih cepat berarti hari tersebut mendekati pencatatan kas buku setiap badan usaha keuangan (14 hari) jdi mau ibu nangis darah, ngomel ga jelas di MK klo belum kas buku ya ga bisa refund

    Klo nanti sesudah 14 hari baru tidak di refund ibu baru bisa menuntut aplikasi, atau badan usaha keuangan yg ibu pake

    • 18 Oktober 2023 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Tapi kalo dihitung dari tgl 25 september saat dia melaporkan pertama kali, due datenya itu tgl 16 oktober, dan beliau buat Surat ini tgl 17 oktober.
      malah jawaban dari orang linkaja yang dia hubungi, due datenya tgl 14 oktober.
      artinya emang udah 14 hari kerja dan masih belum ada kejelasan terkait dananya.

  • 18 Oktober 2023 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Rewet ini masalah ujung2 trx pending uang pending di mana juga gk jelas dan kemungkinan susah balik saldo linkaja.double masalah trx pakai linkaja via qris semoga bisa balik itu saldonya.buat yg baca jangan coba2 trx nominal besar lewat ewalet.resiko terlalu besar uang hilang.

  • 19 Oktober 2023 - (04:57 WIB)
    Permalink

    Sama dengan saya, pada tanggal 20 Agustus 2023 saya transfer ke e-money sebesar rp500.000, uang sudah terpotong tapi gagal masuk ke e-money sudah berkali-kali saya telpon ke cs linkaja bahkan mungkin habis pulsa sampai rp100.000, tapi cuma dijanjikan akan dikembalikan 3x24jam. Dan sampai sekarang tanggal 19 Oktober 2023 uang saya belum kembali.

  • 19 Oktober 2023 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Bukan gitu konsepnya, bayar via QRIS itu bisa pake kartu kredit, tergantung bank-nya, jadi nggak melulu pakai saldo. Memang riskan sih, bayangkan QRIS untuk merchant warung kecil sebut saja ayam goreng kaepsi, orang kalau beli wajarlah berapa puluh sampe ratusan ribu rupiah. Kalau nilainya sampai jutaan, ini biasanya akan dipersulit cairnya dengan alasan keamanan, money laundering, dll. Cek lagi keluhan di MK, banyak kok kasus transaksi QRIS saldonya ditahan.

  • 19 Oktober 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Apapun itu TS hanya mau uangnya sampai ke tujuan, jika tidak ya uangnya kembali dgn utuh..
    Ini mh nerima saldo bisa, giliran transaksi pending. — punya fanspage gk jelas, nomor CS jarang bisa di hubungi, email bales nya robot, kerja nya cuma nyuruh Livechat CS, giliran di chat bales nya kyk lagi dandan aja 🙈🙈 haduhhh, buang2 waktu.
    Perusahaan sekelas anak BUMN koq begini 😂😂..
    Bokbrok

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Saldo Rp5,4 Juta Terpotong, tapi Sudah 21 Hari Pembayaran Masih Dalam …

oleh iim dibaca dalam: 2 menit
15