Sangat Lambat Penanganan Kelebihan Ongkir karena Kesalahan Sistem Tokopedia dan Xiaomi Official Store

Pada tanggal 6 Oktober 2023, saya membeli sebuah smartphone melalui marketplace Tokopedia. Pada deskripsi produk tertera berat produk 6 kg. Saya sudah merasakan kejanggalan dan memberitahu admin toko tersebut untuk mengubahnya sebelum produk tersebut launching, namun tidak ada jawaban sama sekali. Ketika produk tersebut sudah bisa dibeli, saya langsung checkout karena takut kehabisan.

Setelah saya checkout, beberapa menit kemudian berat produk berubah menjadi 1.5 kg, di mana itu merupakan berat paket sewajarnya dari sebuah smartphone. Saya langsung mengajukan pembatalan pembelian untuk re-order dengan ongkir barang 1.5 kg (yang sewajarnya), namun langsung ditolak oleh pihak toko (Xiaomi Official).

Tentu, saya protes kenapa ditolak, dan jawaban admin beberapa hari berikutnya adalah kelebihan ongkir bisa diklaim ketika barang sampai. Sebagai catatan, saya tidak menggunakan gratis ongkir.

Percakapan dengan admin official store
Percakapan dengan admin official store

Lanjut ketika barang sudah sampai, pada tanggal 11 Oktober 2023, saya mendapati bahwa pada pilihan komplain barang tersebut tidak bisa diklik masalah ongkir.

Komplain saya ke tokopedia per tanggal 11 Oktober 2023
Komplain saya ke Tokopedia per tanggal 11 Oktober 2023

Akhirnya, saya diskusi dengan admin toko dan akhirnya diarahkan untuk komplain karena produk tidak sesuai dengan memberikan lampiran invoice berat barang di aplikasi dan paket yang sampai serta pengukuran dimensi paket (panjang x lebar x tinggi).

Berikut saya lampirkan juga dimensi paket dan invoice sebagai tanda bukti:

Terhitung sampai saat ini, admin Tokopedia sangat sulit dihubungi pada kolom diskusi komplain dan jawaban yang saya dapatkan selalu sama, yaitu masih dalam koordinasi dengan pihak jasa kirim, padahal sekali lagi ini jelas-jelas kesalahan sistem Tokopedia yang memasukkan berat barang 6 kg (yang mana ini 4x lipat dari yang seharusnya).

Jawaban terakhir admin tokopedia
Jawaban terakhir admin Tokopedia

Ketika saya coba tanya teman-teman yang lain melalui kolom diskusi barang, saya mendapati jawaban teman-teman yang mengalami hal yang sama juga belum dapat penggantian selisih ongkir hingga hari ini, bahkan ada yang sudah pasrah. Berikut saya lampirkan beberapa jawaban mereka.

Harapannya dengan surat konsumen ini dapat mempercepat proses pengembalian hak saya dan teman-teman yang mengalami hal serupa. Saya mohon maaf jika dalam penulisan surat konsumen ini ada pihak-pihak yang tersinggung.

Saya membuat surat ini semata-mata untuk memperjuangkan hak saya dan teman-teman yang mengalami hal yang sama, serta bisa menjadi evaluasi ke depannya untuk pihak-pihak yang terlibat.

Terima kasih.

Umar Hamzah
Garut

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Sangat Lambat Penanganan Kelebihan Ongkir karena Kesalahan Sistem Tokopedia dan Xiaomi Official Store

  • 17 Oktober 2023 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Penjual melakukan tindak pidana kecurangan, dan tokopedia melindungi penjual seperti itu. Harusnya petugas yang bertugas saat itu (terhadap Penjual) harus diberikan sanksi tegas pemecatan atau laporkan karena ada tindak pidana penipuan.

  • 18 Oktober 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Judes bgt lu apri, Jelas2 itu XIAOMI OFFICIAL STORE. Ya pasti org pd beli kesitu. Yg udh terjamin semuanya.

  • 18 Oktober 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, itu saya kan beli di official store, untuk barang yang nilainya agak lumayan saya gak mau ambil resiko jadi saya pilih beli di official store

    • 18 Oktober 2023 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Ini pasti xiaomi 13t kan? Kenapa langsung digasken dengan bobot ongkir ga wajar mas bro? Ini bukan produk goib btw, gak macem F5 yang stoknya langsung ludes waktu launching.
      Kalo 13t mah sampai sekarang aja masih tersedia produknya.
      Niat ngincer bonus di shopee juga dapet kok, saya beli di shopee 13t ini tetap dapet shutter bluetoothnya. 😃

  • 18 Oktober 2023 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Tokped makin lama makin aneh banyak promo dan makin banyak complain nya
    mana ini perihal ongkir receh gini aja lama bgt response nya tokped

  • 18 Oktober 2023 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Tokped makin lama makin aneh banyak promo dan makin banyak complain nya
    mana ini perihal ongkir receh gini aja lama bgt response nya

  • 18 Oktober 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Pasti dikembalikan cuma emang agak lama bisa sampai 1 bulan dan harus rajin tanya diskusi .sy sudah sangat sering masalah ini dan selalu dikembalikan cuma kuncinya sabar dan rajin tanya diskusi

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Sangat Lambat Penanganan Kelebihan Ongkir karena Kesalahan Sistem Toko…

oleh Umar dibaca dalam: 2 menit
12