Kecewa Banget dengan Pelayanan dan Produk Paket Internet Indosat Ooredoo

Perkenalkan, saya pemilik kartu prabayar Indosat dengan nomor 08570*****00. Sebelumnya terima kasih untuk Media Konsumen karena telah menayangkan keluhan saya.

Untuk keluhan saya yang pertama adalah pembelian Paket Internet Freedom Internet. Saya melakukan pembelian Paket Freedom Internet dengan varian 200GB dan 100GB. Ini bukan hanya terjadi sekali atau dua kali, melainkan sudah berlangsung beberapa bulan belakangan ini. Dan dari segi harganya, bagi saya, tidaklah murah.

Sebenarnya, Paket Freedom Internet tidak diperpanjang otomatis. Namun, saat saya membeli Paket Freedom Internet, jika terdapat sisa kuota, maka kuota tersebut akan terakumulasi. Oleh karena itu, saya selalu membeli paket Freedom Internet varian 200 GB dan 100 GB, sehingga kuota saya terakumulasi hingga mencapai sekitar 301,2 GB.

Namun, pada tanggal 01 Oktober 2023, saat saya melakukan pembelian paket Freedom Internet 100 GB, paket tersebut hanya diproses dan belum berhasil, sehingga paket saya sebelumnya terhenti. Akibatnya, kuota akumulasi saya pada saat itu, yaitu 301,3 GB, hilang.

Saya melakukan keluhan ke 185 dan melalui Digital Service. Di situ, saya membuat laporan, dan akhirnya saya dihubungi oleh 185. Saya diberi informasi bahwa Paket Internet dengan varian Freedom Internet sebenarnya tidak akan akumulasi, sedangkan saya membeli Paket Freedom Internet tidak hanya sekali, melainkan beberapa kali, dan selalu terakumulasi.

Tiket kedua yang di closed dan tidak ada problem solving dari Indosat

Saya menanyakan hal tersebut, dan ketentuan sejak kapan berlakunya, mereka hanya menjawab sejak saat ini. Saya merasa itu adalah jawaban yang ambigu, sehingga saya meminta mereka untuk menghubungi saya kembali jika sudah ada ketentuan tanggal pasti. Setelah beberapa hari, saya dihubungi kembali dan diinformasikan bahwa ketentuan tersebut berlaku sejak September.

Saya kemudian menanyakan mengapa tidak hanya nomor saya yang bisa melakukan akumulasi, dan mereka menjawab bahwa itu adalah anomali sistem. Namun, pertanyaan saya adalah mengapa tidak hanya nomor saya saja? Nomor rekan saya juga mengalami akumulasi. Tidak hanya satu nomor, melainkan ada tiga nomor. Namun, saya diminta untuk menyebutkan nomor rekan saya, tetapi saya tidak berkenan menginformasikannya.

Saya ingin memahami sejauh mana syarat dan ketentuan paket Internet Indosat tersebut berlaku, apakah hanya di nomor saya atau juga nomor lain? Selain itu, ada pernyataan bahwa posisi saya di”UNTUNGKAN.” Saya membeli paket tersebut dengan harga yang tidak murah, yaitu sekitar Rp200.000. Paket tersebut tidak gratis.

Kemudian paket saya, yaitu 100GB, sudah berhasil didaftarkan dan akumulasi kuota juga sudah ditambahkan. Mereka memberi informasi kembali bahwa paket saya memang tidak akan akumulasi. Saya masih belum menerima jawaban yang memuaskan, dan saya akan menunggu paket saya di periode berikutnya.

Namun, sekali lagi, saya mendapatkan notifikasi bahwa tiket saya ditutup dengan pernyataan:

“Sudah kami tindaklanjuti (Closed). Konfirmasi kami kirim via SMS, karena Anda belum berhasil kami hubungi. Hasil Analisa: saat ini sudah dilakukan penyesuaian/penambahan kuota sebesar 301GB dan saat ini nomor sudah aktif paket Freedom Internet 100GB/30 hari. Informasi tambahan untuk pembelian kembali paket internet, pastikan dengan kuota yang sama atau lebih besar agar manfaat sebelumnya terakumulasi. Silakan menggunakan layanan kembali. Terima kasih.”

Di situ saya merasa tidak puas dengan perbedaan pernyataan yang disampaikan melalui panggilan telepon dan tiket yang ditutup. Saya menghubungi kembali 185 untuk meminta pertanggung jawaban, tetapi dari Indosat hanya memberi tahu bahwa paket tersebut sebenarnya tidak akan akumulasi. Indosat berjanji akan menghubungi saya kembali untuk memberi penjelasan lebih lanjut, namun sampai saat ini tidak ada satu pun penjelasan dari Indosat Ooredoo.

Permasalahan yang kedua tidak jauh berbeda dari permasalahan pertama. Seperti biasanya, saat saya akan mendaftar untuk paket baru, permintaan saya sedang diproses, hingga akhirnya kuota akumulasi dan paket saya sebelumnya terhenti.

Saya menghubungi 185 lagi dan membuat laporan baru. Namun, hingga tanggal 02 Oktober 2023, paket saya belum berhasil ditambahkan, dan pulsa saya masih cukup. Tiba-tiba pulsa saya terpotong karena tarif dasar internet, dan sekarang hanya tersisa Rp144,000.

Saya menghubungi 185 lagi, tetapi customer service tidak memahami keluhan saya, sehingga akhirnya saya meminta untuk berbicara dengan atasan. Namun, atasan tidak bisa bicara karena sedang melayani pelanggan lain. Saya bersedia menunggu, namun saya diberitahu bahwa itu akan memakan waktu terlalu lama.

Saya terus diinformasikan bahwa atasan sedang melayani pelanggan lain. Akhirnya, dengan nada penuh tekanan, saya diinformasikan bahwa atasan sedang melayani pelanggan lain. Saya merasa bahwa percakapan itu tidak akan menghasilkan solusi, jadi saya memutuskan untuk mengakhiri panggilan tersebut.

Sampai saat ini, tidak ada tindakan baik dari Indosat untuk membantu keluhan pelanggan. Saya benar-benar sangat kecewa, dan saya mungkin hanya akan menggunakan nomor ini sebagai nomor WhatsApp saja. Selebihnya, saya akan menggunakan provider lain, dengan harapan bahwa hal yang sama tidak akan terjadi pada pelanggan lain.

Terima kasih,

Rambadi
Klaten, Jawa Tengah


Update (9 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Indosat sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kecewa Banget dengan Pelayanan dan Produk Paket Internet Indosat Ooredoo

  • 6 November 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Produk & layanan Indosat memang semakin kacau (IM3 & Mentari), harganya pun semakin mahal. Kalau HP-nya bisa dual SIM, untuk koneksi data pake kartu yang lain aja pak, seperti 3 (punya Indosat juga sekarang hahaha), tapi harganya lebih masuk akal. Kalau soal akumulasi sisa kuota, lihat dulu S & K seperti apa, dan nggak bisa dipegang juga, tahu-tahu bulan depan udah ganti aja. Dulu pernah saya pake XL tiap bulan saya isi kuota paket, lumayan bisa ditabung 1 GB per bulan karena jarang terpakai habis, sampe terakumulasi hampir 100 GB, tiba-tiba jadi nol. Indosat juga kurang lebih sama, harga paket aja tiba-tiba naik nggak cuma sekali dua kali.

    • 6 November 2023 - (21:51 WIB)
      Permalink

      Iyaa pak.. Kacau banget ini. Ga cuma syarat dan ketentuan yang berubah-ubah ga jelas.. Tetapi pelayanannya juga tidak mencerminkan dari customer service. Ternyata provider Indosat se merugikan itu sih pak.. Pembelian awal di murahin, sampe kita jadi ketergantungan pake paket tersebut langsung dinaikkan harganya.

      • 7 November 2023 - (02:26 WIB)
        Permalink

        @rambadi
        detail kronologinya bagaimana,.??
        dalam sehari langsung pembelian paket internet dengan paket yg berbeda atau ketika masa aktif paket sudah habis tapi quota masih ada sehingga anda membeli paket internet yg baru supaya quota internet di akumulasi kan,.
        Jawaban dari saya , beli paket internet sesuai kan kebutuhan ya, misalnya dalam 1 bulan paket internet dengan 50gb udh cukup jgn beli paket internet 100/150 GB, itu untuk menghindari sisa quota yg besar, kalo sisa quota besar demang susah untuk di akumulasi, ntah itu udh ada aturan baru atau bagaimana, udh lama ga pernah sisa quota, belinya paket pas”an, masa aktif belum abiis quota nya dah abis

        • 8 Desember 2023 - (03:50 WIB)
          Permalink

          #INDOSATUDINPETOT:

          2024: org2 mati2an cari customer jd plamggan ttp demi kelangsungan bisnis, via smua media baik marketplace, medsos dll….indosat udin petot malah nyari mangsa tuk ditipu dgn jaringa E udin petot, pola pikir kerdil jangka pendek.

          klu smua org dah thu kerjaan u cuma garong pulsa/data, elo tinggal sampah.

          menyambut ganas nya 2024 dgn speed kecepatan & presisi yg tinggi, pede amat loe modal jaringan udin petot ???😂

          GA PUNYA RASA MALU
          2024 lho…😃 modal loe apaan? jaringan udin petot? 😂

  • 6 November 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    kalo pemakaian rutin emang sebesar itu tiap bulan mending pake pascabayar mas.. tapi jangan pakai kontrak bilang bulanan aja.. karena setelah berakhir masa kontrak sisa kuota g di rollover.. meskipun kita perpanjang kontrak saya sendiri nggak paham kenapa sistemnya indosat kaya gitu malah yang bulanan justru bisa terrollover terus..

    • 6 November 2023 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Wah kalau beralih ke pascabayar malah takut saya mas.. Nanti tambah rugi.. Ribet kalau misal tidak bisa migrasi kan mas.. Dengan bahasa marketingnya yang sangat menjanjikan haha akumulasi hilang nanti juga dianggapnya kita sebagai customer yang gak baca syarat dan ketentuan haha pdhl sistem mereka yang berubah sesuai kebutuhan mereka sendiri.

  • 6 November 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    100Gb = 150k
    dan sisa kuota 300GB?
    untuk jaman sekarang mah masih murah itu kak

    saya pernah menjamani operator si merah
    saat itu jaman 10GB : 75 – 100k dan masih bisa akumulasi

    di saat udah jalan >1 thn dan kuota akumulasi saya 120GB++
    tiba2 bulan depannya hangus karena dirubah kebijakan jadi non akumulatif
    kwkwkwkwk

    120GB = 750k amblasss
    kwkwkwkwk

    jawaban CS nya bikin emosi “karena kebijakannya telah berubah”

    • 6 November 2023 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Kalau si merah udah tobat saya kak.. Udah mahall.. Jaringan jelek pulakkk.. Paket yang ditawarkan semakin mahal.. Tidak ada penyelesaian.. Akhirnya saya buang kartunya haha dan beralih ke Indosat ini.. Eh ternyata juga otw sama kayak si merah.

  • 6 November 2023 - (18:26 WIB)
    Permalink

    setiap kartu punya benefit berbeda sy punya 2 nomor yg 1 tdk pernah dpt promo 1 dpt penawaran isi pulsa dpt kuota meski sering tdk sesuai misal promo dpt 5Gb/5hari realnya 5Gb/3hari kebijakan sering berubah tdk konsisten

    • 6 November 2023 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Yes betull kak.. Karena kebijakannya berubah ga jelas.. Customer akan dituntut juga mengikuti syarat dan ketentuan itu. Alhasil customer yang dirugikan dengan bahasa marketingnya yang aduhai

  • 7 November 2023 - (00:34 WIB)
    Permalink

    jual paketdata seperti jual paket narkoba.. awal di murahin bahkan gratis..lama2 kecanduan .. murah … selanjutnya naikin harga.. tetap mau kan dah kecanduan.. di san itu paket si kuning kompak harga tingi di atas awan.. klo gitu gak ada pilihan lain kecuali pake wifi.. di indonesia jual data gaya promo trik jual narkoba.. !!!

  • 7 November 2023 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Indosat emang makin gak jelas sekarang. Kemarin saya abis perpanjang paket kontrak pascabayar setahun, di aplikasi myim3 tertera kalo perbulan dpt bonus kuota 12gb/bulan tp smpe billing cycle bulan pertama abis ga ada masuk2 itu bonus.

    lapor ke cs dibuatin tiket laporan sekaligus disuruh kirim screenshot penawaran bonus yg dr aplikasi. eh pas udah dikirim, semua penawaran paket di aplikasi myim3 yg ada keterangan bonus 12gb/bulan tiba2 hilang semua.

    Habis itu besoknya cs kirim sms yg isinya notifikasi tiket laporan sudah ditutup dan bonus kuota yg dimaksud sudah masuk saat tanggal pembelian perpanjangan kontrak. pdahal udah jelas2 dr awal perpanjang smpe masuk billing cycle pertama yg masuk cuma kuota utama doang.

    Rasanya udah males pake si kuning tai ini, mau lapor lg jg kyknya percuma, bukti udah jelas masih aja ngelak.

  • 8 November 2023 - (00:42 WIB)
    Permalink

    Hahaha…Indosat y..? Sering bgt dpt SMS/notif mengenai perolehan kuota sebesar sekian GB tanpa syarat…eee setelah msk n mengakses aplikasi tsb trnyt syaratnya aiueo slh 1nya hrs ajak bbrp kawan/kontak download aplikasi M3. G jelas memang ini provider

    Boleh disebut sebagai penipu kah..?

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo Hutchison?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kecewa Banget dengan Pelayanan dan Produk Paket Internet Indosat Oored…

oleh Rambadi dibaca dalam: 3 menit
17