Voucher Telkomsel yang Dibeli dari Mitra Bukalapak Tidak Dapat Digunakan

Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada rekan redaksi Media Konsumen, yang telah memberikan fasilitas untuk menyampaikan keluhan dari pelanggan/konsumen. Bersama ini saya menyatakan apa yang saya tulis adalah benar adanya.

Kedua, saya sampaikan terkait kendala yang saya alami mengenai voucher fisik Telkomsel (voucher paket data dengan kode voucher digital) yang dibeli dari aplikasi Mitra Bukalapak, tidak dapat digunakan.

Saya merupakan penjual/pedagang UMKMv yang saat ini memanfaatkan aplikasi Mitra Bukalapak sebagai sarana pembelian produk digital. Saya senang dengan fitur, kemudahan dan biaya yang ditawarkan oleh aplikasi Mitra Bukalapak dan selama bertransaksi dengan aplikasi Mitra Bukalapak relatif berjalan lancar dan pilihan produknya sangat lengkap. Saya sebenarnya dengan berat hati harus menulis artikel singkat ini.

Kendala terkait voucher fisik Telkomsel yang dibeli dari aplikasi Mitra Bukalapak tidak dapat digunakan, mula-mula terjadi tanggal 14 Oktober 2023 (transaksi ini sempat saya biarkan, karena akan lebih memakan waktu jika komplain dan anggaplah kerugian saya). Transaksi selanjutnya yang bermasalah untuk produk yang sama terjadi tanggal 2 November 2023 (pembelian ulang 2 kali dan semuanya gagal).

Saya selaku penjual/pedagang sempat menjelaskan kepada langganan saya, bahwa saya sudah berusaha menghubungi Telkomsel di nomor 188pada  tanggal 2 November 2023. Lalu saya coba beli ulang produk yang sama 1 (satu) kali lagi, karena belum ada titik temu atas penyelesaian kendala dari CS Telkomsel dan juga CS Mitra Bukalapak.

Sesaat setelah saya beli lagi produk yang sama, tetap tidak bisa digunakan. Saya sudah coba bantu pandu dari aplikasi MyTelkomsel dan juga format *133*Kode Voucher# tapi masih gagal terproses. Singkat cerita, saya menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan saya dan saya mengembalikan sejumlah uang pembayaran kepada pelanggan saya.

Saya sudah menghubungi CS Mitra Bukalapak. Namun karena saya menghubungi dari fitur chat, maka tanggapannya memerlukan waktu. Saya menghubungi CS Mitra Bukalapak untuk meminta nomor seri yang dimaksud oleh CS Telkomsel. Terlampir sebagian bukti percakapan, karena panjang sekali percakapannya.

Setelah saya mendapatkan tanggapan dari CS Mitra Bukalapak, saya segera menghubungi CS Telkomsel. Saya menghubungi CS Telkomsel pada tanggal 2 November 2023. Namun hingga saat ini belum mendapatkan jawaban yang memuaskan dari kedua belah pihak, karena saya diminta melampirkan “Nomor Serial” bukan “Kode Voucher”. Sedangkan saya mendapat info dari CS Mitra Bukalapak “Dapat menghubungi provider dengan melampirkan SN tersebut”. Bahkan nomor pelaporan dari Telkomsel telah “Ditutup” dan “Dinyatakan tidak ada kendala oleh tim IT”.

Hal ini membuat saya berpikir mengenai beberapa kemungkinan, apakah CS Mitra Bukalapak tidak mengerti perbedaan Kode Voucher dengan Nomor Seri? Atau Memang dari sistem Mitra Bukalapak hanya ada kode voucher saja sebagai mana adanya? Atau CS Telkomsel tidak paham mengenai percakapan yang saya sampaikan berulang kali bahwa “Saya adalah penjual voucher dari aplikasi Mitra Bukalapak dan bukan voucher yang digesek”? Atau kemungkinan lain yang tidak dapat saya tulis satu persatu.

Saya sebagai penjual kecil-kecilan, mohon kepada Telkomsel atau Mitra Bukalapak untuk dapat menyelesaikan kendala saya ini. Hingga detik ini 3 (tiga) Voucher Fisik Telkomsel (Voucher paket data dengan kode voucher digital) yang dibeli dari aplikasi Mitra Bukalapak tidak dapat digunakan. Sana saya dari pembelian tersebut tidak ada kejelasan apakah akan di-refund atau diganti voucher baru yang bisa ditukar.

Saya cuma ingin ada penyelesaian/penjelasan terkait pembelian 3 voucher Telkomsel senilai Rp14.070, kenapa tidak bisa digunakan? Keuntungan saya dari penjualan produk tersebut tidaklah banyak.

Terakhir, saya dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada rekan redaksi Media Konsumen, serta pembaca yang telah menyempatkan membaca artikel ini.

Eko Budi Harto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Voucher Telkomsel yang Dibeli dari Mitra Bukalapak Tidak Dapat Digunakan”

Merujuk pada surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 7 November 2023 oleh Bapak Eko Budi Harto mengenai Voucher Telkomsel...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Voucher Telkomsel yang Dibeli dari Mitra Bukalapak Tidak Dapat Digunakan

  • 7 November 2023 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Jika kita membeli voucher secara fisik, kode voucher ditutup kertas timah dan nomor seri tertera di kartu voucher bersama dengan barcode. Saya lihat BL menjual voucher fisik (secara digital) tetapi tidak mencantumkan nomor seri sehingga menyulitkan saat ada masalah. Seharusnya yang dijual BL adalah e-voucher 12 digit. Saran saya sebaiknya cari mitra lain yang memberikan anda akses penuh informasi transaksi voucher digital, atau cari agen yang menjual kartu voucher fisik secara grosir.

  • 8 November 2023 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Terimakasih pak telah meluangkan waktu membaca artikel saya. Saya telah dihubungi oleh kedua pihak tepat satu hari yang lalu. Namun hingga saat ini hasilnya NIHIL. Terkait pembicaraan melalui telpon, Telkomsel mengatakan akan di refund senilai 3*14.070 beberapa menit berselang saya dikonfirmasi ulang bahwa belum dapat dilakukan refund karena belum ada NOMOR SERI nya. Nah kalau di sistem bukalapak NOMOR SERI yang dimaksud memang tidak ada. Jadi bagaimana kejelasan produk digital yang sudah saya beli sebelumnya.

  • 8 November 2023 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Kode voucher nya itu sudah di gunakan , berarti ada 2 kemungkinan
    ••Kemungkinan 1kode vocher tersebut sudah di gunakan konsumen karena di foto tersebut tulisannya “voucher sudah di gunakan.
    ••Kemungkinan 2 kalau kode voucher tersebut masih belum di gunakan bisa di cek serial number lewat aplikasi Telkomsel atau Chat cs Telkomsel minta serial number lalu masukin di HP

    Dari penjelasan di atas kita bisa kemungkinan 50:50 konsumen bersalah atau mitra Bukalapak

    Semoga permasalahan cepat selesai

 Apa Komentar Anda mengenai Mitra Bukalapak?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Voucher Telkomsel yang Dibeli dari Mitra Bukalapak Tidak Dapat Digunak…

oleh Eko dibaca dalam: 2 menit
3