QR eSIM XL Prioritas Tidak Dikirim, tapi XL Enggan Melakukan Refund

Dengan hormat,

Saya Aldrey selaku customer XL, ingin menyampaikan keluhan atas transaksi saya di XL Prioritas.

Kronologinya, pada tanggal 2 November 2023 9.21 PM saya membeli paket XL Prioritas Diamond melalui website XL Prioritas, menggunakan pembayaran QRIS. Namun QR eSIM saya tak kunjung datang, hingga akhirnya saya telepon customer service. CS XL mengatakan untuk menunggu 1×24 jam untuk QRnya, apabila QR belum diterima, maka bisa mengajukan refund.

Tanggal 3 November 2023 9.27 AM, saat itu saya sangat membutuhkan kuota, tetapi QR eSIM saya tak kunjung datang pada pagi hari tersebut. Saya berpikir mungkin proses registrasi saya mengalami eror dan membutuhkan waktu yang lebih lama, karena saya transaksi pada malam hari. Sehingga saya berinisiatif membeli lagi paket XL Prioritas Diamond, dengan harapan sistem sudah normal dan QR saya bisa langsung saya terima detik itu juga.

Selain itu, pertimbangan membeli XL Prioritas yang kedua kali adalah, karena CS mengatakan apabila QR belum diterima dalam 1×24 jam, maka bisa mengajukan refund. Sialnya, pembelian XL Prioritas saya yang kedua juga mengalami eror dan saya tidak menerima email terkait QR eSIM saya.

Tanggal 5 November 2023, kedua eSIM saya tidak kunjung saya terima melalui email, sehingga saya membeli kartu provider lain.

Tanggal 11 November 2023 1.56 PM, QR eSIM untuk transaksi pertama saya telah saya terima melalui email. Namun saya sudah memiliki kartu lain, sehingga kartu tersebut tidak terpakai. QR eSIM yang kedua pun juga belum saya terima hingga tulisan ini dibuat (11 November 2023).

Tanggal 11 November 19.00, karena saya baru memiliki waktu untuk datang ke XL Center, saya datang ke XL Center Central Park dengan tujuan meminta refund atas transaksi XL Prioritas saya. Namun betapa kagetnya saya CS XL Prioritas menolak untuk melakukan refund atas kedua transaksi yang dilakukan.

Saya sangat keberatan atas pelayanan yang diberikan XL kepada saya. Saya merasa ditipu oleh XL, karena pesanan eSIM saya tak kunjung sampai, sedangkan XL tidak mau melakukan refund.

Melalui Media Konsumen ini, saya berharap agar XL mengembalikan uang saya, karena XL sudah bersikap wanprestasi sebagai penjual. Sehingga saya selaku konsumen berhak untuk mendapatkan refund. Sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada pasal 4 huruf H, yang menyatakan refund merupakan hak konsumen untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Dalam hal ini eSIM yang saya terima sudah lebih dari 1×24 jam.

Aldrey Eka Putra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan “QR eSIM XL Prioritas Tidak Dikirim, tapi XL Enggan Melakukan Refund”

Jakarta, 1 Desember 2023 Ref.CM/CU/E/017/1123/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Aldrey Eka Putra...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “QR eSIM XL Prioritas Tidak Dikirim, tapi XL Enggan Melakukan Refund

  • 23 November 2023 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Keluhan saya sudah ditangani dengan baik oleh CS XL

    dengan demikian keluhan ini saya tutup

    Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai XL Prioritas?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

QR eSIM XL Prioritas Tidak Dikirim, tapi XL Enggan Melakukan Refund

oleh aldrey dibaca dalam: 2 menit
1