Shopee Melindungi Penjual Penipu yang Mengirim HP Refurbish

Mau curhat nih tentang kekecewaan belanja di Shopee, karena Shopee membela penjual penipu. Mohon bantuan dan hati-hati dengan seller nakal penjual HP refurbish/KW di Shopee (semua bukti sudah saya jembreng di foto-foto di bawah).

  • Nomor pesanan Shopee: 2310176N2P2MMN.
  • Nomor pelaporan J&T: 1723565876890275925.
  • Nomor laporan Shopee: 1723975783938830380.

Kronologi sebagai berikut:

  • Pada 17 Oktober 2023, saya order HP Oppo A16 via Shopee 4 pcs (order banyak karena barengan sama adik, temen, om, bukan untuk dijual lagi). Sebelum checkout, saya sudah konfirmasi mengenai keaslian HP dan dijawab asli ori.
  • Tanggal 19 Oktober 2023, paket datang isi hanya 3 HP (video unboxing ada lengkap) dan ternyata HP KW
  • Dari tanggal 19-22 Oktober 2023, saya menghubungi penjual lewat chat Shopee , tapi tidak direspons. Saya hubungi nomor pengirim di paket, ternyata nomor gaib tidak bisa dihubungi.
  • Tanggal 22 Oktober 2023, saya langsung ajukan komplain.
  • Tanggal 27 Oktober 2023, penjual baru respons menerima solusi retur refund karena kurangnya barang 1 pcs + barang KW.
  • Tanggal 29 Oktober 2023, saya kirim paket retur dengan menyertakan bukti packing sampai ditempel resi oleh petugas J&T.
  • Tanggal 31 Oktober 2023, paket retur diterima penjual.
  • Tanggal 4 November 2023, penjual baru muncul di diskusi dan mengajukan naik banding tidak terima dengan solusi awal, karena katanya HP hanya diterima 2 pcs. Kalau memang hanya diterima 2 pcs, kenapa tidak pada tanggal 31 Oktober komplainnya? Sudah jeda 4 hari baru muncul dan mengajukan banding.
  • Tanggal 4 November 2023, sampai hari ini drama naik banding dan tim Shopee yang tidak jelas, selalu membela penjual dengan memberi waktu tambahan. Padahal bukti-bukti yang dikirimkan penjual selama ini terlihat jelas janggalnya dan selalu saya tunjukkan kejanggalannya ke tim Shopee. Namun tim Shopee seolah buta. Tidak bisa melihat dan membaca semua bukti yang ada (video unboxing paket retur penjual packing-nya acak-acakan terlihat jelas bagian-bagian yang sudah sobek/terbuka foto saya sertakan di bawah).
  • Tanggal 13 November 2023, penjual memberikan bukti lagi video packing orderan saya. Namun videonya palsu lagi. Kode resi semuanya berbeda, dan anehnya, Shopee masih menerima bukti palsu dari penjual meskipun sudah terlihat jelas beda kode resi orderan saya dengan kode resi di video packing penjual

FYI penjual setelah didesak mengenai kenapa baru tanggal 4 November 2023 komplain, kenapa tidak saat barang diterima tanggal 31 Oktober 2023. Penjual menjawab katanya alamat retur bukan alamat toko dia, tapi alamat nitip ke orang dan paket retur baru diambil 2 hari setelahnya. Di sini terlihat ada kejanggalan.

FYI juga penjual selalu muncul di batas akhir waktu yang ditentukan Shopee. Mohon bantuan bagaimana caranya untuk push tim Shopee agar tim Shopee bisa melek dengan semua kecurangan penjual? Karena tiap hari puluhan chat ke CS Shopee tidak membuahkan hasil. Sungguh bobrok pelayanan dan perlindungan Shopee terhadap konsumen

Bonus foto penipu yang lagi bikin video packing palsu. Kalau ini wajah karyawannya saya minta maaf karena yang disertakan penjual adalah foto mas-mas packing ini. Semoga masnya bisa cari kerjaan lain bukan di tempat mafia penjual HP KW ilegal seperti ini.

Niendy Claudia
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

52 komentar untuk “Shopee Melindungi Penjual Penipu yang Mengirim HP Refurbish

  • 16 November 2023 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Coba sertakan nama toko dan harga hp yg anda beli (kl berani) 😀 dugaan saya krn harganya miring jd anda tertarik beli dan ketipu. Kl harga sdh tdk masuk akal dan anda nekat beli ya itu salah anda sendiri. Anda bisa bandingkan dengan harga di official store, kl harganya selisih jauh ya hindari, tdk masuk akal. Belum lagi anda harus lihat rating toko, review toko dan penjualan.

    34
    19
    • 16 November 2023 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Rachellindo Multimedia, toko gestun. Ya jelas ngga pake nanya lsg checkout ngga bakal dikirim produk real. Ini antara ada problem dgn pencairan gestun atau memang pembeli yg seawam itu.

      2
      5
      • 16 November 2023 - (15:49 WIB)
        Permalink

        Gestun apaan? Sebelum order uda chatt padahal buat tanya keaslian hpnya. Maslaah harga Bilangnya lagi promo mangkannya murah. Intinya yah emang saya teledor asal percaya sama chatt penjual + review bintang 5 lain yg mungkin juga sebenernya gak tau itu hp kw/refurbish. Tpi sampai nipu jumlah + tidak kooperatif didiskusi itu bener2 fatal. Apalagi ngasi bukti2 palsu. Kebangetan itu mah.

        16
        3
        • 17 November 2023 - (19:17 WIB)
          Permalink

          Saya jg baru tertipu di shoope penjual minta barang di terima dan kasih bintang 5 yg di kirim barang pengganti dan apa bila sudah kasih review yg baik dan bibtang 5 barang asli baru di kirim dan keterangan di shoope barang di terima tetangga saya minta dana di refund dr shoope tidak ada tanggapan di keterangan dana akan balik sanpai tgl ini jika tidak di respon penjual dan pas sudah sampai tglnya dana paling lambat balik mundur lg tanggal nya…dan di notifikasi tidak ada muncul lg..dan keterangan paket di terima tetangga..padahal barang sudah balik ke penjual…kecewa berat

        • 22 November 2023 - (20:00 WIB)
          Permalink

          Kalau gua sih sudah kapok ma shopee. Gua berdoa moga cepat bangkrut.. dulu gua minta selesaikan kasus gua. Malah bertele”, padahal dokumen dan bukti yg mereka minta sudah gua berikan. Tapi ya itu balasannya jadi template, kalimatnya itu itu aja. Makanya gua mending pakai Tokopedia..

      • 16 November 2023 - (16:10 WIB)
        Permalink

        Gestun habis google ternyata buat nyairin duit pinjol/spaylater yah. Mohon maaf saya bayar cash transfer gak pakai paylater/cicil2.

        11
        1
        • 16 November 2023 - (17:44 WIB)
          Permalink

          kl sy tdk setuju harga murah blm tentu itu penipu..mau dia blg dijual hrg 1 rupiah..tp kl tdk sesuai dgn apa yg dia deskripsikan ke pembeli..itu namanya penipuan dan otomatis haram..apalagi pake drama retur hilang..kl retur hilang kan bknya tgg jawab kurir..hrsnya retur jg ad berat di timbang sesuai gak..saya kira posting penipuan disini itu sdh tepat, kl itu tjd di saya, sy jg akan melakukan yg sama dan proses hukum itu tentu..lanjutkan bang nyinyir mah krn mrk gak ngalamin

          12
        • 16 November 2023 - (18:25 WIB)
          Permalink

          Anda tergiur harga murah,, jelas jelas ko harga murah di beli,, udah pasti bego anda hahaha…

          1
          28
          • 17 November 2023 - (07:41 WIB)
            Permalink

            ga usah bego-begoin orang deh, kalo komen pake otak dan logika!

            14
          • 17 November 2023 - (12:06 WIB)
            Permalink

            Kau yang bego….., nyinyir boleh tapi jangan kurang ajar. Pake otak, pake hati nurani, pake etika. Kau juga bakal mewek mewek kalo ketipu….

            7
            1
          • 19 November 2023 - (03:15 WIB)
            Permalink

            Mas mulyana, kayak lebih bego anda, keturunan dari ortumu makanya kamu bisa ngomong seperti itu

        • 17 November 2023 - (19:03 WIB)
          Permalink

          Paling aman sebenarnya beli di official store, kalau tgl kembar seperti 11.11 selain flash sale jg kita bisa manfaatkan voucher cashback atau diskon dr Shopee, mungkin harga lbh mahal sedikit, tp dijamin keasliannya, dan IMEI jg terdaftar
          Dan utk customer ketika membeli barang online plg tepa adalah punya video unboxing produk, jd ketika klaim ada bukti, begitupun ketika retur, jg menyertakan video pengepakan. Memang repot sedikit tp dijamin lbh aman jk buktinya lengkap

      • 17 November 2023 - (23:58 WIB)
        Permalink

        Itu beda dengan kasus play victim kasus grab ini tentang masalah HP ori dan HP kw

        Oppo A16
        HP kw dengan harga 750 rb dan 800 rb

        Oppo A16
        HP ori dengan harga 1.5 juta dan 1.6 juta tergantung daerah

        Aku saranin jangan tergiur harga murah dan promo nabung uang dulu beli HP ori sudah jelas kualitasnya dan juga garansi 👍

        Toko menjual banyak HP kw dari china HP berfungsi dengan baik itu menguntungkan pembeli dapat harga murah 👍
        dan HP tidak berfungsi baru minta retur di toko nya dan tidak mau retur jelas ada kerugian dari pembeli dan kerusakan bagian di perangkat mati total 🥺😭

        Ingat toko tidak bisa dinonaktifkan meskipun bukti sudah jelas 😂

        Penulis di media konsumen dengan judul Shopee Melindungi Penjual Penipu yang Mengirim HP Refurbish 😆😏

        Ini Bukan terjadi di shopee ada akulaku Tokopedia bukalapak Mengirim HP Refurbish 😂😆

        Tapi aku belum lihat bukti diberikan penulis bahwa HP kw nya berfungsi atau tidak HP kw refurbish 😳

        Cek imei gak masalah kalo beda merek walaupun HP nya berfungsi 😂😆
        Dan HP gak berfungsi kerusakan perangkat mati total 😭 baru post di media konsumen dan juga minta retur dari toko nya

        HP kw memang banyak yang jual di toko online itu buat orang kurang mampu beli HP ori 🤔 dan hp mahal

        • 20 November 2023 - (18:44 WIB)
          Permalink

          Oppo a16 yang harga segitu kebanyakan ilegal. Tindakan penipuan tidak bisa di benarkan, tetap masuk tindak pidana penipuan. Kalau barang sesuai jumlah orderan, HP nya sama walaupun refurbish, reject ga masalah asal fungsi normal imei aman ga masalah. Kalau saller niat nipu emang begitu 🤣 bisa buat pelajaran kita semua. Intinya jangan berharap banyak, asal HP fungsi normal

    • 17 November 2023 - (07:38 WIB)
      Permalink

      Ini namanya tergendam harga murah. Jangan mengandalkan chat, cari fakta lainnya yang gak bisa bohong. Reputasi toko, usia toko, review orang-orang yg sudah membeli walau produk lain dalam toko tersebut. Kalo toko nya masih baru, reputasi nya jelek dan review nya jg jelek ya wassalam dah… Ikhlas kan aja, jadikan pelajaran kedepannya. Harga murah yg gak masuk akal memang seperti sihir yg menghipnotis seseorang hingga akal sehat pun tak bekerja normal.

    • 17 November 2023 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Yaaah…resikonya beli online itu begitu, klu kurang teliti dan hati hati apalagi bukan di official store endingnya selalu ada drama. Klu ane pegang cash mending langsung beli ke toko offline biar mahal dikit tpi yg penting aman. Terkadang tergiur harga murah itulah yg suka jadi malapetaka, harga yang ga masuk akal itu di hindari karena di sana ada unsur yang aneh dan itu yg harus di cermati….happy shoping

  • 16 November 2023 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Tidak menyertakan bukti capture halaman transaksi shopee nya.Sama kayak postingan ibu-ibu yg komplain kurir gojek kemarin,tidak melampirkan bukti capture riwayat panggilan.Kemungkinan nyari aman,ogah dibully karena kesalahan sendiri hehehe

    7
    12
  • 16 November 2023 - (09:33 WIB)
    Permalink

    enak cod ktemu lgsng klo beli hp atau lewat ecomerce yg lbh trpecaya.
    casenya trnyata satu blm kelar. muncul yg lain.
    ini case lainnya :kurir tidak profesional dan asal asalan

    10
    3
  • 16 November 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Harga hp 760rb/hp. Meskipun teledor apakah dibenarkan tindakan penipuan dg mengurangi jumlah pesanan (mengirim jumlah pesanan sesuai orderan). Sebelum cek out uda tanya dg detail kepenjual dan penjual jawab ORIGINAL OPPO NEW GARANSI 12 BULAN . Tapi ternyata waktu nyampai memang benar hp oppo A16. Tapi waktu dicek imei munculnya imei hp realme C1. Namanya uda ketipu yah kita berusaha buat balik dapat hak kita dong. Apalagi barang uda diretur dan diterima penjual. Gunanya ada shopee yah buat jual beli yg aman. Ngapain sok2an ngebully bilang ini itu. Disini saya fokus ngasi bukti kecurangan penjual. Coba baca sampai habis deehhh + lihat semua bukti yg ada sebelum hate komen. Dan hp juga belum ada yg dibuka segel dusbuknya. Karena pas nyampai sebelum buka dusbuk langsung dicek imei yg nempel didusbuk. Jadi kalau kalian yg komen ini sama kayag ibu2 yg gak mau rugi. Yaahhh salah besar. Ini mah upaya biar gak sampai ketipu penjual nakal!!

    24
    3
    • 16 November 2023 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Kamu itu belum pinter “menerawang” toko. Nih ya manteman yg penasaran nama tokonya: Rachellindo Multimedia, itu toko gestun. Liat aja harga dan judul produknya, mana ada toko jual hp valid merek Oppo ditulis Opo.

      3
      11
    • 16 November 2023 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Resminy 1,5jt, ada yg jual 760k dan anda tetap beli😅😅 entah siapa yg bego😴😴

      5
      12
    • 17 November 2023 - (06:19 WIB)
      Permalink

      Hahahahaaa…..salah anda sendiri lah. HP baru Oppo A16 kok 760rb. Seken aja resmi msh 1jt an. Udh tau kw msh aja co.

      1
      7
    • 17 November 2023 - (06:21 WIB)
      Permalink

      Ibarat daging sapi 120rb/kg. Ada yg jual 80rb. Anda pasti udh tau kl itu campuran daging celeng. Ttp aja dibeli kan bego

      1
      6
    • 19 November 2023 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Sabar mbak, kadang Shopee nyene ******* i, sing komen elek biasane Yo pelaku penipuan pisan

  • 16 November 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Sebelum beli hp uda cek ulasan aman karena yg muncul banyak bintang 5. Waktu uda ketipu baru cek keseluruhan ternyata banyak juga review bintang 1 yg sama2 ketipu kayag saya. Tapi reviewnya paling bawah2

    9
    6
  • 16 November 2023 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Wkwkw mungkin yg anda beli bukan Oppo A16 tapi A16 doang
    Karena muncul nama A16 anda langsung berpikir itu dari Oppo
    Biasanya refurbish/kW itu selalu make nama brand yg terkenal lalu di plesetin dikit
    Contoh I14 pro max,PQCQ,galaxy S23,OPQO
    Lalu yg dipasang di gambar foto foto hp yg keliatan bagus
    Kalo penjual bilang itu ORI ya ORI karena dia pake brand sendiri

    Btw anda ga menyertakan bukti tampilan hp dan dus hp nya saat datang
    Lalu ga menyertakan nama tokonya dan halaman transaksinya pula
    Biar orang percaya kalo yg anda beli Oppo beneran

    5
    10
    • 16 November 2023 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Oppo A16 mbaakkk.. dusbuk+bentuk hpnya yah oppo 16. Dalemannya di about dicek juga tulisannya oppo A16,dicek pake Cpuz,devcek,aida juga muncul info hpnya oppo A16 (lihat diyutub) Bukan yg kayag hp i,PQCQ itu. Mangkannya pembeli banyak yg terkecoh. Harga aslinya berapa gitu loh terus disret jadi harga promo 760rb

      6
      4
  • 16 November 2023 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Akhirnya setelah surat pembaca ini terbit tim shopee menghubungi saya. Dan saya jelaskan dg detail semua masalah + bukti2 dari penjual yg palsu. Akhirnya juga tim mediasi “nggeh” dengan bukti2 palsu yg ada.
    Terima kasih bantuan Media Konsumen dan Tim Medsos Shopee.
    Untuk yg lain hati2 lagi, karena banyak banget org awan termasuk saya yg beli ditoko itu tanpa tau sebenarnya itu hp refurbish.
    Untuk Hp,Dusbuk,cek Devcek,Cpuz,manual book semuanya Oppo A16. Beda dg hp kw2 lain. Jadi bener2 mengecoh.
    Semoga Shopee bisa menghapus lapak2 yg menjual Hp KW. Karena ternyata banyak sekali toko penjual HP KW/Refurbish.
    Tidak ada org yg tidak tergiur harga murah. Jadi semoga shopee bisa menonaktifkan toko2 penjual barang ilegal/kw/refurbish.
    Yg hate koment perlu diinget gak semua org yg beli dishopee sepintar kalian yg uda tau semua hal. Toh surat pembaca saya gak merugikan kalian+tidak bluder yg katanya cari untun apalagi playing victim,disini saya share pengalaman + minta solusi agar komplain bisa segera selesai. Karena sudah hampir 1bulan belum ada titik terang. Yg pensaran langsung kelapak penjual aja. Itu tertulis jelas namanya difoto. Bisa cari review bintang 1-2 ternyata banyak juga yg tertipu. Jadi jgn asal bilang playing victim. Karena gak semua org sepintar kalian yg hate komen

    32
    6
    • 17 November 2023 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Kira2 bikin laporan ke kepolisian bs gk tuh untuk toko2 yg menipu..
      Bukankah konsumen jg dilindungi oleh undang2, dan pengen tau sj sie prosesnya seperti apa..

      • 18 November 2023 - (10:02 WIB)
        Permalink

        kl saya
        1. penting duit qt balik
        2. kl duit g balik klaim ke agen terdekat
        3. kl g ad tanggapan, lapor polisi lapor media
        4. database penjual sophee yg pegang termasuk ktp,kk krn sy jg penjual sekalipun penjual sdh request hapus akun itu proses 2×24 jam..harusnya data ttp tersimpan..bukti2 dia udh kuat..sy ngira dia pembeli yg teliti krn jarang pembeli yg sampe detail foto paket
        5. kl duit udh balik ngapain buang2 duit lg u/ sesuatu yg gak nguntungin, rejeki sdh d atur gk mungkin jualan dgn cara haram bakal hudupnya baik2 sj..biarlah dia hidup dgn dosanya sndri. cmn saran aj b yg lain kl belanja kocek besar biasakan chat wa ajak videocall, rekam setiap pembicaraan. saya yakin kl dia penjual amanah gk bakal keberatan krn dia niat untuk jualan. dan lagi u jd penjual itu tdk mudah krn tokonya slh satunya tergantung pada tingkat reviewnya

    • 17 November 2023 - (15:37 WIB)
      Permalink

      Sama kayak saya, pernah ketipu beli di shopee hp redmi 6 , kata penjual nya ori, dan juga gambarnya saya lihat ori tpi pas sampai, sy buka agak heran karena terlalu ringan sy rasa, karena rasa penasaran dan curiga sy pun buka di internet mengenai hp redmi 6, dan ternyata benar hp yg sy beli itu adalah kw karena tempat sim card nya hanya satu slot, sedangkan yg ori 2 slotnya sy pun nyesel beli ternyata penjual penipu . Sy mau return jg sudah tidak bisa karena uang sudah sy konformasi lepas.
      Hp itu sampai di rumah siang lalu magrib nya langsung sy lelang di marketplace
      Beli 650 jual 300 ribu.
      Sebuah pelajaran, jangan mudah percaya apabila beli online , analisa dgn baik apalagi harganya murah, meskipun bilang nya promo.

      “kesuksesan itu tdk bisa didapatkan dgn cara menipu” Kalau jalan yg tdk benar yaa
      Mau tak mau pasti usahamu akan mangkrak.

    • 17 November 2023 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Untuk seri oppo a16 memang banyak yg KW dan jual di harga baru 800rban ini banyak di semua marketplace oppo a16 ori di harga baru 1jtan.bijak dalam berbelanja jangan tergiur harga murah

    • 18 November 2023 - (03:57 WIB)
      Permalink

      yg hate komen itu mreka yg iri dan bs jd dari pihak shopeny. apalag yg namany Hery Mulyanto. tiap ad ksus slalu komen, seolah diriny benar. h4 ha h4 ha

      1
      1
    • 18 November 2023 - (05:33 WIB)
      Permalink

      slamat ya sis, yg kmen (-) it biasa yg d3ngki
      Klo shope dr dulu mmng lbh cndong k seler, it yg bikin w kpok d situ

      1
      1
  • 16 November 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Saya tidak membela penjual atau pembeli disini.. 22 nya punya kesalahan.. Pembeli tergiur harga murah.. Penjual menjual barang kw.. Pihak Shopee harus nya memblokir penjual” seperti itu karena banyak meresahkan.. Karena tidak semua pembeli mengerti barang kw dan ori.. Ini salah satu contoh korban.. Gimana dengan yg lain? Harusnya tokonya ditutup kalau ada kejanggalan transaksi.. Dan untuk pembeli harus lebih hati” sebaiknya belanja di official store nya yg jelas kejamin.. Solusinya Shopee harus bertindak adil dan lebih teliti dalam menangani komplain seperti ini.. Mks

    12
  • 16 November 2023 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Si orens mah gudang ny penjual HP KW plesetan.
    GALAXY S23 RAM 12GB ROM 512 cuma sejuta. Ga salah judul ny, karena ga bilang HP Samsung, cuma namanya di mirip miripin dengan spek dan harga ga masuk akal

    6
    1
  • 16 November 2023 - (18:40 WIB)
    Permalink

    semua MP ada jual hp KW tinggal pembeli yg harus paham harga ASLI vs KW gak ada hp ASLI diskon besar 50% selain dr flasale

    2
    1
  • 16 November 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Orang udah bnyk tau di online beli hp berbahaya,jadikan ajah pembelajaran ,mau apapun kalau harga miring KW kebanyakan,mau micro-sd ,charger,kabel data ,tulisan nya ajah ORI ,ntar dikirim KW ,,makanya beli offline aman dah anda ,apalagi iPhone serem bos,3 bulan sinyal hilang dah ,kalau beli di resmi terjamin aman lho

  • 16 November 2023 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Harga murah dengan RAM / MEMORI yg besar itu sudah pasti KW kawan. Apalagi beli BUKAN di Toko Resmi atau OFFICIAL STORE hmm,, ya wassalam dehh.. Bijaklah kalo berbelanja online, jangan asal beli taunya KW atau PALSU. Liat ulasan review dan bintang yang ada di toko tersebut serta lihat pula harganya masuk akal kah dengan harga segitu, kalo sekiranya banyak yg buruk ya jangan ambil resiko, tinggalkan saja langsung tokonya tanpa musti kepo atau tanya tanya penjualnya lagi, tohh itu tokonya sudah ketahuan buruk kan, klo saya begitu bila berbelanja online yg aman agar terhindar dari penipuan. Dan untuk SHOPEE musnahkan lahh penjual barang KW, ILEGAL, IMITASI atau apapun itu yang merugikan konsumen.

    3
    1
  • 17 November 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Hampir semua pelaku usaha akan gercep kalo ada komplain dari konsumennya muncul dan viral di MK. Jadi, ya sebenarnya MK dan pemerhatinya yang luar biasa ngefek, berdasarkan pengalaman pribadi sy. Buat mbak Niendy, semoga masalahnya cepat selesai.

  • 17 November 2023 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Tanpa SS list pesanan, Tanpa SS Chat = Menunjukkan ada Sisi kesalahan dari sibuyer.
    Refurbished ≠ KW
    Be Smart Buyer
    Literasi Wajib A’in

  • 19 November 2023 - (16:55 WIB)
    Permalink

    saya beli di shopee hape 2x asli semua…. tidak kw… tergantung anda yg beli… biasanya yg beli sering kena tipu itu orang baru belanja Online… belum tahu caranya….

  • 20 November 2023 - (05:39 WIB)
    Permalink

    PENGALAMAN UNTUK PEMBELI LAIN NYA .JIKA ADA PRODUK HARGA GA MASUK AKAL .DI SITU SUDAH JELAS PRODUK ITU TIDAK SESUAI ..JADI JGN DI BELI

  • 20 November 2023 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ketipu ditoko itu🤣🤣 rachellindo.multimedia ternyata itu toko emang penjual barang KW/Refurbished. Semua barang yg dijual kw. Hampir sama nih kronologinya. Saya beli 5hp.Datang cuma 4hp. dicek trouble semua
    Ada yg kameranya blank,hp kagak mau nyala,suka restrat sendiri,speaker atas gak bisa🤣🤣 sama persis dah pokoknya. Ajukan komplain retur refund. Disetujuinnya lama bet dah harus debat dulu sampai berbusa,pdhal tuh toko kagak punya bukti apa2. Ciri khasnya itu toko. Selalu muncul disaat batas waktu mo habis🤣 akhirnya disetujui sama tim shopee buat retur refund. Barang uda sya kirim semua 4hp. Eh pas nyampai tuh toko ajuin banding katanya hp yg diterima cuma 4, kurang 1.Karena mereka kirim 5. Lah kan kocaaakkkk.. padahal klik komplain uda jelas gegara barang kurang 1, dan admin shopee juga kocak malah nyuruh saya kirim barang kurangnya yg 1 lagi. Gimana coba ini🤣🤣 diminta bukti packing ke shopee ya aku kasi bukti packing 4hp. Shopee masih ngotot harusnya yg dikirim 5 sesuai invoice. Lah saya juga ngotot maki2 tuh shopee n penjual. Buta apa kekmana,uda tau aku komplain barang kurang 1 + 4hp bangke. Malah saya disuruh kirim 1hp lagi🤣🤣 heran itu admin shopee manusia atau boot. Akhirnya malah gara2 saya kirim cuma 4hp (pdhal saya terima juga 4hp) . Dana malah diteruskan kepenjual. Akhirnya komplain lah aku tlp ke cs shopee katanya mau dibantu pengembalian dana diluar sistem karena dana sudah masuk kepenjual. Info dari shopee katanya mau dipotongin dari saldo penjual. Tapi saldo penjual masih tidak mencukupi. Uda chatt penjual minta tolong buat tf langsung aja duitku/isi saldonya biar kepotong shopee. Eh kagak direspon. Sumpah bangke emang itu rachellindo multimedia. Gak cukup nipu jual hp kw, tapi juga maling💩 herannya shopee masih ngijinin itu toko beroperasi malah star seller tuh toko. Dan kocaknya lagi itu toko buat ngilangin jejak review2 para pembeli yg ketipu. Mereka rajin banget gonta ganti/ngehapusin etalase. Biar review jelek mereka gak ketahuan sama calon mangsa baru. Saya dulu pesan oppo a31 disana. Katanya tuh barang lama mangkannya murah. Saya cek itu etalase oppo A31 uda 10x ganti mungkin. Etalase yg lama ada review saya uda dihapus. Habis itu mereka bikin lagi etalase oppo a31 ada review jelek dihapus lagi. Bikin baru lagi,hapus lagi,bikin lagi. Gitu terus mangkannya banyak yg tertipu gak bisa baca review yg uda ketipu2🤣🤣🤣 yok shopee harus bisa blokir itu toko. Setelah diselidiki rachelindo itu punya komplotan dishopee banyak tokonya dishopee🤣🤣

  • 20 November 2023 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Kalau untuk barang yang mahal memang jarang sih beli online. Karena rawan permainan baik dari pihak kurir, seller atau marketplacenya

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 52 komentar sampai saat ini..

Shopee Melindungi Penjual Penipu yang Mengirim HP Refurbish

oleh niendy claudia dibaca dalam: 2 menit
52