Isi Paket Indah Logistik Cargo Hilang Sebagian, Tidak Ada yang Bertanggung Jawab

Halo Media Konsumen, saya ingin mengajukan keluhan saya terkait hal yang merugikan saya dan pihak yang melakukan kesalahan tidak bertanggungjawab.

Saya melakukan pengiriman barang dari Indah Logistik Cargo Cabang Pramuka, Jakarta Pusat, pada tanggal 28 September 2023. Nomor resi: JKT1CS18196515, dengan estimasi 7-10 hari kerja akan tiba di lokasi tujuan. Ternyata barang yang saya kirimkan baru sampai tanggal 09 Oktober 2023 (sudah melebihi estimasi). Ketika penerima menerima barang dimaksud, ada beberapa barang yang hilang dari dalam box.

Saya melakukan konfirmasi dan komplain ke Cabang Indah Group di lokasi penerima dan Indah Cargo Cabang Pramuka untuk meminta penjelasan terkait hal tersebut. Diinformasikan oleh Indah Logistik Cargo cabang Pramuka, bahwa paket saya lolos manifest, yang mungkin menjadi penyebab paket saya tiba di tujuan tidak sesuai dengan waktu yang diestimasi dan paket saya dibongkar yang menyebabkan beberapa barang hilang.

Saya meminta solusi dan itikad baik dari Indah Logistik Cargo Cabang Pramuka. Saya diarahkan untuk mengajukan penggantian biaya kehilangan barang. Saya mengikuti prosedur yang sudah diarahkan oleh Indah Logistik Cargo cabang Pramuka dan sudah memenuhi semua persyaratan yang diharuskan, untuk melakukan penggantian biaya. Menurut informasinya, paling lama satu bulan untuk proses.

Saya menunggu satu bulan, tapi tidak ada hasil. Saya juga merasa pihak yang dimaksud tidak kooperatif. Saya tidak diinfokan secara rutin mengenai update informasi penggantian kerugian saya dan beberapa kali admin tidak membalas chat saya apabila saya menanyakan update info. Meskipun demikian, saya tetap menanyakan update info berkala dan tidak ada kemajuan. Saya coba email ke call center, tapi tidak ada balasan.

Tanggal 24 November 2023 saya kembali menanyakan terkait update-nya. Pihak Indah Logistik Cargo cabang Pramuka menginfokan bahwa pengajuan klaim saya ditolak dan tidak akan ada penggantian kerugian (itu juga kalau saya tidak tanya, tidak akan diinfokan). Dengan alasan video unboxing paket yang diterima tidak mendukung.

Sejak awal saya tidak ada perintah/anjuran dari pihak Indah Logistik Cargo Cabang Pramuka harus melakukan unboxing ketika menerima barang. Hak ini menurut saya bukan suatu keharusan untuk melakukan video unboxing ketika menerima paket. Kecuali kalau Indah Cargo sudah berubah menjadi online shop, mungkin alasan itu bisa diterima. Sampai hari ini tidak ada permintaan maaf dan penggantian kerugian dari pihak terkait.

Saya merasa dirugikan dengan hal ini. Saya berharap tidak ada korban-korban lain yang akan mengalami hal serupa. Jadi buat teman-teman yang mau kirim cargo atau pun paket lewat jasa logistik, berhati-hatilah dan sebaiknya jangan gunakan jasa yang tidak bertanggungjawab seperti ini.

Alima Silalahi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Isi Paket Indah Logistik Cargo Hilang Sebagian, Tidak Ada yang Bertanggung Jawab

  • 2 Desember 2023 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Terus yang mau dibuktikan apa? Tanpa video unboxing? Cara membuktikan bagaimana kalo anda tidak berbohong?

  • 2 Desember 2023 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Olshop atau bukan, digunakan ttp ada video unboxing untuk menangkal hal2 yg tak terduga seperti ini.

  • 25 Desember 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Paket saya dikirim dari Jakarta ke Kalimantan sudah 2 mingguan baru sampai Surabaya. Pertama dan terakhir dah pakai ekspedisi ini, langsung non-aktifkan di bukalapak.

 Apa Komentar Anda mengenai Indah Logistik Cargo?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Isi Paket Indah Logistik Cargo Hilang Sebagian, Tidak Ada yang Bertang…

oleh Alima Silalahi dibaca dalam: 2 menit
3