Paket Berisi Laptop Tiba-tiba Dinyatakan Hilang di Perjalanan

Singkat cerita, saya adalah penjual di Shopee. Sebelumnya saya tidak pernah ada masalah dengan pengiriman, baru kali ini pengiriman ke luar Pulau Jawa menggunakan kurir SPX standard, dengan nomor resi: SPXID03815613899B. Namun paket saya dinyatakan hilang secara tiba-tiba. Di bawah ini saya kirimkan semua bukti screenshot.

Yang saya heran, antara pelacakan SPX dengan di aplikasi Shopee berbeda. Di aplikasi menyatakan paket akan dikirim ke alamat penerima, yang logikanya paket sudah sampai Sirimau. Namun di web SPX menyatakan bahwa paket masih di Surabaya.

Saya sudah 3 kali menghubungi CS Shopee untuk ditindaklanjuti. Namun tetap sama, tidak ada pergerakan, terakhir tanggal 24 November 2023. Baru pada tanggal 4 Desember 2023 saya di-chat oleh agen Shopee, yang menjelaskan paket akan dikirim atau diproses tanggal 5 Desember 2023. CS juga menjelaskan paket aman, tenang akan dikirim (sesuai screenshot yang saya lampirkan).

Saya kecewa dengan model seperti ini. Apakah ini pencurian? Refund pengembalian kehilangan paket hanya Rp740 ribu dari harga Rp1,9 juta.Mmohon dijelaskan kelucuan ini, antara pengecekan di web SPX dan aplikasi Shopee yang berbeda, serta chat agen yang menyatakan paket aman dan akan dikirim pada tanggal 5, tapi kemudian paket dinyatakan hilang.

Sigit Ardiyanto
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Klaim asuransi pengiriman Shopee:
[Total:86    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Paket Berisi Laptop Tiba-tiba Dinyatakan Hilang di Perjalanan

  • 8 Desember 2023 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Bantu upp semoga pihak shopee segera menindaklanjuti dan masalah selesai amin… Jadi takut kalo mau beli barang elektronik nih….

    14
    27
  • 8 Desember 2023 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Ini modus pencurian sepertinya, kemungkinan sengaja di curi dan dengan mudahnya menyatakan hilang…Parah banget…

    16
    17
    • 8 Desember 2023 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Bener… Masak tiba tiba hilang. Apa krna di paket tertulis jangan dibanting jadi kurir nya kepo ya

      3
      19
      • 8 Desember 2023 - (19:52 WIB)
        Permalink

        Sabar yah bro saya jg sama belanja di shopee tiba2 barangnya di nyatakan hilang untung saya COD dan buntut2 nya shopee nawarin dgn ganti voucher 25 rbu, saya nolak dan saya ttp minta shopee nya harus ttp carikan barangnya saya ttp minta di carikan sampai dapat, saya sendiri ngalami barang ilang ini yg ke 3x nya saya bilang ga perlu ksh janji2 partai, intix itikad baik shopee mana? Masa beli barang hilang dan buntut2nya di gantikan voucher 25 rbu… hati2 skrg blnja di shopee

        8
        5
          • 10 Desember 2023 - (07:15 WIB)
            Permalink

            Btul. Jne sidoarjo gk bres
            Klo spx sistem & krirnya

  • 8 Desember 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Saya mau asuransikan tidak bisa karena emang shopee express tidak ada pilihan asuransi. Krn saat sy dikabari paket hilang, agen shopee sempat bahas asuransi. makanya langsung sy searching di web shopee ternyata asuransi dia tidak ada sama sekali

    9
    9
    • 8 Desember 2023 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya penjualan barang yang harganya jauh diatas 10x ongkir aktifkan asuransi supaya lebih aman (ada di menu program penjual-program asuransi pengiriman), ini cover semua jasa pengiriman. Kl dulu seperti JNE kita minta ke agen untuk diasuransikan, kl skrg ga perlu lg.

      4
      3
      • 8 Desember 2023 - (20:33 WIB)
        Permalink

        Spx tidak ada asuransi kak. Tapi dia menawarkan potongan ongkir. Jadi pembeli manapun bakal pilih ongkir Yang murah. TP ternyata ngeri Kali bah

        5
        3
          • 20 Desember 2023 - (05:21 WIB)
            Permalink

            wkwk ngapain malu bang.
            kurir antar diatas 150 paket. masa gara” 1 paket yang bermasalah, 149 paket jadi gagal diantar. mending satu dibiarin aja dulu

    • 9 Desember 2023 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Blm ad pngantiny dan jlekny pmbeli g bs milih dan tdk transparan lagi..
      SPX krirny kyk wong ndeso

      6
      1
      • 10 Desember 2023 - (06:15 WIB)
        Permalink

        kalau hal ini tidak direspon serius, dan dicari solusinya lama2 orang pada takut baik jualan ataupun belanja, karena mosi tidak percaya

  • 8 Desember 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Waah harusnya kalau barang hilang, pihak marketplace harus ganti rugi full. Apalagi jasa ekspedisi yang digunakan dari Shopee Xpress sendiri. Sangat tidak bertanggung jawab.

    4
    1
    • 8 Desember 2023 - (21:17 WIB)
      Permalink

      ud 2 lasus aja pernah baca juga. org beli ipad dinyatakan ilang pakai shopee express dan pergantian hanya biaya ongkir aja krn ga pake asuransi. skrg kejadian lg dengan shopee. perlu tanda tanya nih kenapa dengan shopee

      4
      2
  • 8 Desember 2023 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Kok bisa begitu ya jadi was was beli di shope pakai spx, pelacakannya aneh👎🏻👎🏻

    4
    3
  • 8 Desember 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Hmm.. Dilema yah.. Apa mereka melihat paket sudah Asuransi ? Jadi di “hilangkan” saja sekalian.. jadi yg di rugikan seolah2 pihak Asuransi.. Penjual Dapat ganti Rugi kan.. walau ga sesuai.. seandai nya ga asuransi gmana.. hilang beneran tanpa ganti rugi atau bisa refund 100% ?

    1
    2
    • 8 Desember 2023 - (21:18 WIB)
      Permalink

      pernah baca di MK kasus juga pembelian ipad ga pake asuransi diganti ktnya cuma brp x dr biaya ongkir doang.

      1
      3
  • 8 Desember 2023 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Bgtu lah kalo smua orderan mau di kuasai sma shopee express akhrnya overload dan ga mau berbagi dengan kurir2 lain jdi yah sperti itu, sya jg ngalami dan ini udh yg ke 3 untung sya cm COD smua jdi ilang tinggal ilang tpi kali ini sya btul2 minta shopee cari atau ga sluruh chat nya sya viralkan smp ke menteri perdagangan biar di tegur shopee nya

    5
    1
  • 8 Desember 2023 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Sabar ya gan. Shopee expres, standar, instan emang disengaja g ada asuransinya. Cek aja di web nya ada tuh. Cara curang nih kayaknya seolah2 dibikin hilang padahal bs jd ini oknum kurir atau malah oknum dalam ????? Melihat dari pelacakannya juga aneh gitu. Udah jelas ini pencuriann terencana.

    5
    3
    • 9 Desember 2023 - (14:59 WIB)
      Permalink

      kalau itu betul, kayanya mereka emng g yakin jg sama kurirnya sndiri,mknya g ad asuransinya, ibaratnya mreka bisa lepas tnggung jawab kalau ada kurir mereka yang nakal atau pihak asuransinya yg g mau tanggung secara term of trading, kalau misal semua diasuransikan bisa jadi kurir nakal tmbah menjamur, krn mindsetnya gpp gua embat brgnya nanti diganti asuransi ini wkwkwk nah asuransinya yg tekor hahahaha

      • 20 Desember 2023 - (05:23 WIB)
        Permalink

        kalau barang hilang di aplikasi kurir. tetap kurir yang ganti bro.
        kalau barang hilang di gudang. orang gudang yang ganti.
        minimal sebelum buat cerita, coba tanya dulu sama yang kerja disitu wkwk.

  • 8 Desember 2023 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Ngeri x pengiriman kayak ngirim ke luar negri lama bgt gitu hasilnya packet hilang. Jelas mrugikan waktu Dan perputaran financial penjual.sangat mengecewakan. Cs shoppe juga jawbnya enteng banget kayak udah biasa Tanpa ada investigasi Dulu. Apakah ini permainan ? Penasaran pihak shoppe bakal tanggapi gimana.

    1
    3
  • 8 Desember 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Kenapa ya shoope makin g professional. Padahal penjual juga dah dipotong biaya admin Yang gede juga kalau packet berhasil dikirim. Eh ini malah packet diilangin. Gila sih ini. G tanggung Jawab. Sabar ya gan. Diilangin artinya diambil/dicuri beda kalau terbakar/hanyut/kejadian gempa Yang bikin packet hilang/rusak. Harusnya dilacak jangan Diem aja shoope.

    2
    2
  • 8 Desember 2023 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Kerjaan kurir nakal atau gimana ya ini. Kalau baca track perjalanan paket rancu bangget

  • 8 Desember 2023 - (21:14 WIB)
    Permalink

    sudah 2x baca MK kasus kirim barang dinyatakan hilang. Ko 2 berita pembelian dr shopee semua. Yg sebelumnya Ipad sekarang laptop…ngeri juga nih.

    • 9 Desember 2023 - (03:27 WIB)
      Permalink

      Itulah alasan jgn pernah pakai kurir SPX apalagi SPX hemat. Segera ganti ke jasa kirim lain kalau berbelanja di shoppe

      2
      2
      • 9 Desember 2023 - (05:44 WIB)
        Permalink

        Maaf mbak kalau saya liat statusnya.. paket itu sama sekali blum bergerak ke alamat penerima.. posisi paketnya terakhir masih di surabaya dc. Belum sampai ke sirimau hub apalagi mau ke penerima..

        Surabaya hub yg harus tanggung jawab.. biasanya investigasi lewat cctv, apalagi itu barang elektronik mudah lacaknya..

        Sekalian buat seller lainnya, kalau bisa sih kita buat model packing khusus biar mudah dikenali, contohnya ya kardus / plastik buatan / cetakan kita sendiri.. biar gampang cirinya

        1
        3
        • 20 Desember 2023 - (05:24 WIB)
          Permalink

          bener. belum sampe ke hub. masih perjalanan dari DC ke hub. status nya emang muncul kalau ada delay.

  • 8 Desember 2023 - (22:04 WIB)
    Permalink

    Sengaja ngak diproses mungkin, semakin banyak kasus semakin suka. Supaya seller langganan asuransi

  • 9 Desember 2023 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Hmmm kasus hampir sama sprt yg saya alami cuma bedanya paket saya sudah sah dinyatakan hilang, ini trjdi di marketplace sebelah, sudah mengajukan klaim tp terkesan lamban dlm melengkapi berkas BAP utk diserahkan ke pihak Asuransi dmn Expedisi yg bermasalah sampai detik ini belum melengkapi berkas trsbt, cs nya dtya kpn selesai dan cs hy memberikan jwbn yg tidak mmbuat tenang d hati atau was was trus gak ada estimasi waktu utk pihak expedisi utk melengkapi brks tsbt, saya sbg org awam hanya ingin ini clear dengan hak saya, order tgl 21 Nov 2023 dan tgl 27 Nov 2023 dinyatakan hilang, ajukan komplain Tgl 29 Nov 2023 dan sampai detik ini pihak Expedisi rekomendasi nya blm jg melengkapi BAP…

  • 9 Desember 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga sebagai seller sering hilang paket saat pengiriman baik itu shopee, lazada, tokopedia dan sebagainya.

    Kalau di shopee, sebaiknya seller ikut program asuransi pengiriman, jika harga barangnya (mahal) di atas 1jt.

    Soalnya di shopee kompensasi kehilangan paket maks sebesar 10x harga ongkir.

  • 9 Desember 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    MALING!!! ini maling dari dulu belum ketangkep, jadi akan ada terus kejadian seperti ini, laporkan ke kepolisian. Jangan -jangan emang ada komplotan/sindikatnya???🤔🤔🤔

    1
    2
  • 9 Desember 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Ga heran, udah puluhan hingga ratusan kasus kek gini, sarannya selalu sama : barang mahal jangan jualan di shope.
    Asuransi gada, dipersulit, sering hilang. Shopee cocoknya jualan barang receh aja, atau barang yg nilainya tidak lebih dari 10x ongkir.

    2
    1
  • 9 Desember 2023 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Kok akhir2 ini jd byk di MED KOM
    Aduan kehilangang laptop di ollshop..??

    Ada apakah gerangan.

  • 10 Desember 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Wah spx lagi aja ini kejadian, ngalamain sendiri soalnya ketika order barang di toped lalu ada pilihan kurir rekomendasi yang ternyata mengunakan kurir spx, kemudian paket nambah estimasi kedatangannya padahal sudah di kota tujuan..ngga lagi-lagi deh pilih opsi kurir yang satu ini.

  • 10 Desember 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Hadehh SPX lagi, hal ini jg terjadi di daerah saya, kasusnya kurir SPX ini mencuri Hp yg tergeletak di ruang tamu (bukan punya saya tp punya tukang servis telkom yg kebetulan lagi ada perbaikan di rumah saya), ini ketika kurir lagi antar paket, dia ambil kesempatan pas saya ambil uang ke dalem, saya ngga ngeh klo di situ ada hp, tau² kang servis panik krm hpnya ilang yg dia taro di meja ruang tamu, di telusuri lah sama dia yg kebetulan tukang servisnya gk sendirian, dia ada temen 1, di amati ternyata ada jejak sepatu di lantai yg dmn seharusnya gk boleh masuk pake sepatu. Terus setelah tau, tukang servis itu sama temennya nemuin lah si kurir ini, si kurir bilangnya dia gk ambil tp dia bilang dia liat hpnya, dan herannya dia tau persis letak hpnya dmn sebelah mana yg padahal menurut saya jarak dia berdiri sama ruang tamu saya lumayan jauh jaraknya, apalagi dia merasa tenang ketika tau di tempat saya gk ada CCTVnya, sampe² kurirnya beralibi bakal bantu cari pelakunya, padahal yg kami curigai cuma dia, yg ke rumah saya dan di waktu hp itu hilang jg cuma dia. Salahnya wkt itu saya gk ikut menginterogasi kurirnya, jd kang servis sama temennya gk bisa berbuat banyak yg bisa bikin kurir ini ngaku.

  • 10 Desember 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Trakhir pngalaman pke spx. Kurir nyelonong msk smpek dlm rmh. Pdhal sdh dbilangin tnggu d dpn
    B3bal nih krir. Gk thu sopan sntun

  • 10 Desember 2023 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Kl brng yg nilainy tinggi, bsr kmngkinan diambil . krn bs djual atau dpake kmbali
    Sistem d toped skrang d lmayan baik malah

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Paket Berisi Laptop Tiba-tiba Dinyatakan Hilang di Perjalanan

oleh basinu dibaca dalam: 1 menit
59