Sudah Berjualan 4 Tahun di Berbagai Marketplace, Baru Kali Ini Dituduh Menipu Pelanggan

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah berbaik hati memuat tulisan saya. Saya dari toko Dailyneeds sub di Lazada. Kronologi ini berawal pada hari Minggu, 02 Desember 2023, ketika saya mendapat notifikasi tiba-tiba sebanyak 48 poin pelanggaran dan toko saya otomatis ditutup permanen.

Pada tanggal tersebut mendapatkan 48 point dengan alasan menipu pelanggan

Saya tidak tahu menahu kenapa tiba-tiba dikenakan pasal penipuan dan masuk dalam pelanggaran berat? Di menu Lazada, orderan saya tidak ada yang fiktif apalagi menipu pelanggan. Semua produk yang saya jual original. Ketika pelanggan meminta informasi terkait expire date, ukuran, dll, saya jelaskan.

Saya di Lazada baru 3-4 bulanan. Sebelumnya saya sudah berjualan selama 4-5 tahun di Shopee Tokopedia. Kalau saya menipu pelanggan atau berbuat curang, sudah dari lama toko-toko saya kena pelanggaran. Saya ini jualan jujur dan amanah. Saya jual produk kecantikan, make up, skincare, hand body. Toko lainnya eksis sampai saat ini. Untuk itu saya membuka cabang di berbagai e-commerce, tapi Lazada aneh sekali, toko saya malah diblokir.

Hari itu juga saya melakukan banding. Pada banding ini harus menunggu 7 hari untuk mendapatkan hasilnya. Hasilnya? Ya betul, DITOLAK. Pihak Lazada tidak memberikan informasi lebih lanjut dan tidak dapat membuktikan alasan apa yang harus digunakan untuk banding atau dijelaskan, kenapa banding ditolak. Setahu saya, di mana-mana jika kamu salah itu dijelaskan dan diberi tahu agar belajar lebih baik. Bukan hanya diam tanpa memberikan keterangan, lalu menghukum.

Di sini saya merasa sudah sangat lama berjualan di e-commerce lain dan tidak pernah ada masalah dengan pelanggan atau hingga menipu pelanggan. Namunbaru kali ini mencoba di Lazada dan dituduh menipu pelanggan. Kalau saya menipu, di e-commerce lain toko saya  sudahkena blacklist. Nyatanya hanya Lazada saja yang mem-blacklist toko saya. Saya cukup kecewa dengan perlakuan Lazada kali ini.

Perihal keuangan ditahan dan tidak cair sekali lagi, apakah ini memang trik lazada berbuat curang kepada seller-seller-nya? Uang hasil penjualan tidak dicairkan sama sekali. Seharusnya itu sudah menjadi hak penjual menerima uang penjualan. Jika uang penjualan tidak cair dan masuk ke kantong Lazada, sama dengan Lazada melakukan penggelapan uang/mengambil uang yang bukan haknya.

Kepada Lazada yang terhormat, mohon untuk dikembalikan uang seller, karena uang tersbut hak seller. Mohon untuk diperbaiki sistem di Lazada.

Annisa Dinar
Surabaya. Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Sudah Berjualan 4 Tahun di Berbagai Marketplace, Baru Kali Ini Dituduh Menipu Pelanggan

  • 17 Desember 2023 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Susah bro gw jualan di shope aman aman aja 6 tahun ini jualan di lazada baru buka 5 bulan aja Tbtb ada penahanan saldo 90 hari

    CSKOLEKSIJAMTANGAN

    1
    2
    • 18 Desember 2023 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Selanjutnya apakah cair atau masih tetap harus menunggu banding 3 bulan bang

  • 17 Desember 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Biasanya bot yg nutup, tapi csnya lazada malas menggali lebih lanjut masalahnya apa. Minta saja jika ada uang yg di tahan dan stop jualan di lazada.

    1
    1
    • 17 Desember 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Sulit kak minta uang dulu rata2 tuh di tahan paling cepet 3 bulan paling lama bisa 2 tahun kalo saya baca baca di sini dan media lainya ,kayanya udah kebiasaan si lazada ini uang seller yg ketahan bisa di putar buat operasional jadi ya gitu kebiasaan nahan nahan , saya aja Tbtb ga ada apa apa uang ditahan 90 hari

      1
      1
  • 18 Desember 2023 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Lazedong emeng gitu..
    modusnya kurang lebih, sama dengan LupaBapak tempo dulu.
    LupaBapak, malakh lebih parah… saldo pembeli maupun penjual, bisa ditahan berlama lama dan dipingpong ini itu.
    Hingga akhirnya LupaBapak ditinggalkan orang.
    tapi anehnya, Lazedong masih exizt bae, walaupun sangat patut diduga, mengandung banyak tepu2 di situ.

  • 19 Desember 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Susah kalo mau duit nya ts mau balik udah banyak korban yang begini kedok pelanggaran tapi kalo dipinta bukti rinci gabakalan pernah dikasih cuma bakalan blg ada indikasi pelanggaran trus, punya gw dr Oktober 2022 sampai Desember 2023 ini belom dibayar juga duit nya

  • 19 Desember 2023 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Nominal uang di toko brp mbak? Kalo kecil mending ikhlasin aja lazada mah gausah heran silahkan baca2 SP lain soal uang ditahan buanyakkk banget…..

    Gw termasuk korban uang 15jt ditahan 15 bulan baru dibayar…. Itu juga setelah gw viralin tuh lazada di medsos susah lawan lazada mah kalo uang udh ditahan bakalan 70% jd punya mereka mbak

  • 19 Desember 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Lazada? Wkwkwkwkwkwkw GAK BAKALAN DIBAYAR banyak alibi ini toko online suka serobot duit seller yg sbnr mba

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Sudah Berjualan 4 Tahun di Berbagai Marketplace, Baru Kali Ini Dituduh…

oleh Anisa dibaca dalam: 1 menit
12