Beli Susu Bayi di Toko Makmur Online Shopee, Barang Habis tapi Penjual Tidak Mau Membatalkan Pesanan dan Shopee Pun Tidak Membantu

Kejadian saya memesan susu bayi melalui toko online Shopee ke Toko Makmur Online Surabaya pada hari Kamis, 14 Desember 2023, pukul 07.35 pagi dengan kurir Gojek Instant (karena saya sangat butuh agar dalam beberapa jam sampai).

Setelah saya tunggu sampai siang sampai sore, barang tidak dikirim. Saya mulai chat toko nya mungkin 3x baru direspon. Saat itu, saat klik pembatalan (walau tidak bisa batal otomatis, harus menunggu persetujuan penjual), tapi saat itu dijawab pesanan lewat jam 7 pagi akan diproses hari berikutnya. Padahal kalau dipikir, produk hanya butuh dikantongi dan dikasihkan kurir, kan beres, apalagi tiap hari karyawan kerjaan live Shopee terus. Akhirnya, karena saya punya itikad baik, saya cancel pembatalan saya sambil berpikir besok akan dikirim.

Ternyata, besoknya saya diberi tahu pukul 9.30 pagi bahwa barang kosong. Oke lah, saya chat, ya sudah batalkan saja.  Tapi yang bikin marah, toko mereka tidak mau mengklik pembatalan sampai surat ini dibuat Minggu, 17 Desember 2023.

Saya coba minta berulang kali, “Lah barang kosong terus, nunggu apa lagi saya?” dengan agak marah. Tapi jawabannya cuma sebentar, ya kak, sampai saya tanyakan apa SOP Toko Makmur seperti itu? Saya tanyakan ini karyawan atau pemilik tokonya, tapi cuma dijawab sebentar, ya kak, tidak pernah dijawab lagi.

Saya kira ini konyol!! Tolong dong, ini produk bayi, produk esensial yang saya butuhkan. Jika diklik batal, kan dana bisa masuk, saya bisa beli di toko lain?? Buat apa konsumen dipermainkan?? Apa konsumen beli online tidak dilindungi haknya oleh UU Perlindungan Konsumen juga??

Akhirnya, saya Jumat, tanggal 15 Desember, berusaha chat ke pihak CS Shopee (saya pikir biar diselesaikan platform Shopee yang menaunginya). CS Shopee bilang ada opsi akan ditelepon dengan penjual (lalu saya jawab, “Oke, saya ambil opsi itu saja”), tapi buru-buru CS Shopee mengakhiri chat saya dan bilang akan di email, dan bunyi emailnya,

“Tenang, kak, hari ini dalam beberapa jam ke depan akan dihubungi pihak Shopee jam 10.00-20.00.” (Padahal kalau dipikir, ngapain telepon saya, seharusnya mereka telepon tokonya kenapa tidak mau dibatalkan).

Tapi konyolnya, saya tidak pernah menerima telepon dari pihak Shopee, tapi besoknya ada email minta survei bagaimana pelayanan CS Shopee untuk penanganan masalah ini. Wow, benar-benar konyol kan, bintangmu nol, apa yang sudah kamu lakukan pihak Shopee.

Sekali lagi, ini saya tekankan, beli produk susu bayi yang merupakan esensial, kalau produk habis ya kita yang terbiasa belanja online ya tidak apa-apa, kan sewajarnya pihak toko minta maaf dan membatalkan pesanan. Kalau yang dilakukan Toko Makmur sudah tidak minta maaf dan tidak mau membatalkan orderan. Apa sesusah itu mengklik tombol cancel pesanan??

Segala sesuatu yang saya tulis benar adanya, ada bukti chat dan email. Selama saya berkomunikasi dengan pihak toko maupun CS Shopee pun selalu santun. Saya tidak butuh minta maafmu!! Kasihan konsumen yang dipermainkan seperti ini, dimana etikamu sebagai seorang pedagang?!

Untuk pelayanan CS Shopee, tidak bisa nilai, mending kalau tidak bisa berbuat apa-apa, tidak usah mengirim email sampah.

Fendry
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Beli Susu Bayi di Toko Makmur Online Shopee, Barang Habis tapi Penjual Tidak Mau Membatalkan Pesanan dan Shopee Pun Tidak Membantu

    • 18 Desember 2023 - (20:13 WIB)
      Permalink

      lho yang batalin konsumen khan, penjual lalu tinggal memberi persetujuan karna sudah masuk alur order diproses, bukan begitu khan ? Jadi mba-nya kesel, udah terima klo dikirim mundur sehari padahal pakai kiriman instant, sudah mau lakukan pembatalan pas tau kosong besok paginya, karna toko slow respon, pas ajukan pembatalan, malah ga disetujui sama tokonya.

      MUngkin tokonya ga mau rugi, mengulur waktu, karna tunggu kiriman dari suppliernya, karna waktu tunggu dari shopee ada jeda beberapa hari sebelum pembatalan otomatis.

      2
      8
    • 18 Desember 2023 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Tapi sewajarnya aja pak, barang kosong sampai 4 hari dana saya tertahan (dan sampai saat ini masih tertahan mungkin 5 hari sampai dibatalkan sistem)..karena penjual mengklik pengemasan..kan penjual konyol itu nama nya. Bisa saja penjual mungkin chat diskusi ke pihak shopee nya..
      Bukan konsumen malah yang dibikin seperti ini.
      Apalagi saya sudah meminta pembatalan baik baik sebanyak 3x kepada penjual.

      1
      3
      • 19 Desember 2023 - (06:43 WIB)
        Permalink

        Mirip sm pengalaman sy, tokonya udh sy chat nanya bs langsung kirim hari itu jg gak karna sy pake instant. Kalo gak bs sy mau pakai pengiriman reguler aja. Eh malah langsung diklik proses. Kirain bakal dikirim donk, tau2 sampe sore gak dikirim2 jg padahal sy order dr pagi. Akhirnya minta cancel, udh chat berkali2 gak dibales2 sm tokonya. Minta tolong sm CS? Gak ada gunanya, malah disuruh tunggu. Sy minta CS utk hubungin toko biar bs proses kirim atau ya cancel aja jgn digantung begitu. Tp sampe besoknya gak ada perubahan. Siangnya baru deh permintaan cancel diterima. Yg bikin sy kecewa adalah sy itu belinya obat, buat org sakit, bukan camilan yg bs ditunda. Kalau tokonya punya integritas, gak akan dia pending orderan instant seperti itu. Sy jg seller, semua orderan instant langsung sy proses, bahkan yg reguler jg sy usahakan kirim hari yg sm kecuali ada kendala pada ekspedisi. Dan sy jualnya skincare, bukan sesuatu yg urgent seperti obat. Dan sampai saat ini toko tersebut gak ada balas chat sy, sekedar minta maaf pun gak ada. Gak akan belanja lg di situ.

        3
        7
    • 18 Desember 2023 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Lho TS Fendry ni angela
      .ksus kurir spx tidak profesional,paket gagal diterima. Lebih ngetren

      8
      3
  • 18 Desember 2023 - (21:55 WIB)
    Permalink

    pngalaman CS sh0pe emng jlek. klo g dpecut y gk jln.
    CS jg nmnya bkn sbnarnya😬

    9
    2
    • 19 Desember 2023 - (03:03 WIB)
      Permalink

      Agak aneh kalau menyalahkan CS apalagi shopee. Setiap kasus ada sop nya, di mp manapun. Ketika pesanan sudah di proses kl dibatalkan ya harus persetujuan yg jual, dimanapun seperti itu. Lho saya hubungi CS kan minta bantuan untuk membatalkannya, kalau tau aturan cs tidak punya hak untuk membatalkan pesanan. Jadi yg bobrok siapa? Ya tokonya. Sudah tau kosong kok diterima ordernya. Kedua, untuk orderan instan harus pastikan dulu stoknya ada, ya tanya2 dulu.

      2
      13
  • 19 Desember 2023 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Kalau pengalaman sy di blibli, CS bs batalin order kalau tokonya gak bs dihubungin. Jd misalnya sy order instant yg hrsnya dikirim hari yg sama tp gak dikirim2, chat seller gak dibales, sy bs minta bantuan CS utk hubungin seller. Nah kalo si seller ini gak bs dihubungin sm CS, nantinya orderan akan dibatalin. Kalau di shopee, CS males2 mana mau dia repot2 hubungin seller paling buyer disuruh tunggu. Yg bikin senewen, cm di shopee orderan instant bs dikirim sehari setelah order masuk. Kalo di blibli udh keburu cancel by sistem kalo lewat Dr jam 7 malam.

    2
    7
  • 19 Desember 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Dari screenshot chat dengan seller, ada kesalahan TS yaitu tidak menanyakan stok terlebih dahulu. Jikalau ada, tidak ditampilkan di screenshot. Kesalahan seller tidak menyetujui pembatalan pesanan padahal yang mengajukan justru buyer sendiri. Demi reputasi toko (di mata Sopi) justru merusak kepercayaan konsumen. Sopi juga tidak punya SOP tegas yang bisa dipegang CS kroco, membiarkan seller dan buyer bertikai sendiri.

    1
    11
    • 19 Desember 2023 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Sudah saya minta batalkan ketika jam 3 sore belum direspon..saya sdh klik pembatalan nya gan…saat itu toko nya live streaming..saya chat di live nya…minta direspon..tp lalu di jawab kirim besok ya kak..(dalam arti toko nya tidak mau menyetujui pembatalan saya). Disini toko nya menjawab loh kirim besok ya kak…
      Kesalahan mutlak di pihak toko nya..
      Tai sudah tau kosong barang nya mereka klik kemas..sehingga dana saya tertahan 5 hari..besok nya pun saya minta tolong batalkan (krn sdh dijawab barang kosong) TAPI DASAR GA PUNYA ETIKA…mereka ga mau respon sama sekali…
      Apa sulit nya klik tombol batal??
      Klik tombol batal cuma butuh modal jari klik batal juga selesai.
      Kali ini cs shopee ikut2 an email..bilang masalah kak sdh terselesaikan…
      DASAR CS KONYOL..saya lapor kamis pun ga ditanggapi sampai harus nunggu 5 hari batal sistem…saya itu butuh saat itu beli SUSU BAYI…MASA CS GA BISA TELPON TOKO NYA??
      KERJAAN EMAIL SAMPAH AJA MINTA RATING!

  • 11 Januari 2024 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Stop aja belanja disana lagi,beli di hijau,kalau lewat tanggal akan dibatalkan otomatis,atau beli off line aja

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Care?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Beli Susu Bayi di Toko Makmur Online Shopee, Barang Habis tapi Penjual…

oleh Angels dibaca dalam: 2 menit
15