Penjual Live di Shopee Jual Barang Tidak Layak, Pengajuan Retur Ditolak

Shopee saat ini sedang gencar mempromosikan fitur live di aplikasi Shopee. Menurut saya, sangat bagus karena dapat melihat sedikit gambaran produk atau barang yang dijual sebelum kita membeli.

Saya kira fitur live ini dapat dijadikan acuan: apa yang disampaikan penjual, maka itu adalah produk yang dijual. Jika ada yang tidak dideskripsikan secara detail, baik itu kerusakan atau kekurangan yang ada pada produk, maka pembeli dapat mengajukan pengembalian.

Hal ini tidak berlaku pada kasus saya kali ini. Penjual menerangkan bahwa barang hanya kotor dan perlu dicuci. Namun ketika barang sampai, ternyata ada beberapa hal yang tidak tersampaikan dan saya kira barang ini tidak layak pakai.

Barang yang saya terima merupakan baju kerah. Bahan tipis, noda yang sulit dibersihkan, dan ada coretan. Hal tersebut tidak tersampaikan oleh host pada saat live, sehingga saya mengajukan pengembalian barang.

Saya mengajukan pengembalian dengan melampirkan beberapa foto dari kondisi barang yang saya terima. Pihak penjual melampirkan bukti chat dengan pelanggan lain (pengakuan penjual). Hasil dari pihak Shopee adalah bahwa bukti saya selaku pembeli tidak cukup kuat sehingga pembatalan tidak dapat diajukan.

Saya sudah meminta bukti bahwa penjual telah menyampaikan hal yang saya komplain. Namun tetap tidak ada tanggapan. Saya kira proses pengajuan pengembalian dapat diperbaiki untuk melindungi konsumen.

Terima kasih.

Maestro
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Penjual Live di Shopee Jual Barang Tidak Layak, Pengajuan Retur Ditolak

    • 21 Desember 2023 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Hiyaaaahh….Kocaknya minta ampun…!!! dia yg **** dia yg *****, udah tau dari nama & pas live tu seller jual barang bekas, yg beli barang baru aja banyak ga yg sesuai harapan, ini barang bekas minta Spec dewa😮‍💨klo gue mah malu nge up ini

      4
      8
  • 20 Desember 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    nama barang loak ya untung2an kalo hoki dpt barang yg bagus kalo sial kaya TS dpt barang buluk 😆

    8
    18
  • 20 Desember 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Namanya loakan ya pasti pasti minusan lah ,,,kalau mau bagus jangan beli di toko loakan 😂😂😂, kocak anda ini
    Ibarat kita beli hp second ,,,pasti ada aja kan minusan nya ,,minimal lecet pemakaian lah ,,,mana ada jual bekas gressss ..cmiwww

    9
    16
  • 20 Desember 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    “Kurir tidak profesional dan asal asalan” lbh tren. Krn ada aktor antagonis yg jg tmpil d sini

    11
    2
  • 21 Desember 2023 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Lain kali buat video unboxing lengkap dari penampakan paket sampai uji kelayakan barang, tanpa terputus. Kalau bukti cuma foto ya tidak kuat karena lebih rawan manipulasi. Lagipula produk wearable sebaiknya jangan beli online.

    2
    7
  • 21 Desember 2023 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Ngakak, dibaca berkali kali ngak bikin bosen. Wajib diviralkan ada ada buyer jaman sekarang dia yg kurang teliti penjual disalahgunakan.

 Apa Komentar Anda mengenai kebijakan pengembalian barang di Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Penjual Live di Shopee Jual Barang Tidak Layak, Pengajuan Retur Ditola…

oleh Maestro dibaca dalam: 1 menit
17