Pendaftaran GoPay Later Ditolak tanpa Penjelasan Alasan yang Masuk Akal

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada media konsumen apabila surat keluhan ini bisa ditayangkan.

Di sini saya ingin menyampaikan keluhan atas pelayanan Gojek Indonesia yang kurang profesional dalam hal pendaftaran GoPay Later.

Kronologi, pada hari Senin tanggal 18 Desember 2023, saya melakukan pendaftaran GoPay Later dan GoPay Pinjam melalui aplikasi Gojek kurang lebih jam 23.00. Semua berjalan lancar pada saat pengisian berkas. Namun, masalah muncul ketika handphone saya menerima pemberitahuan bahwa pendaftaran GoPay Later ditolak tanpa disertai alasan yang masuk akal.

Isi pemberitahuan yang saya dapatkan seperti ini:

“Maaf, pendaftaran belum disetujui. Coba daftar lagi tanggal 12 Desember 2024. Pendaftaran mungkin belum disetujui karena:

    • Data yang kamu kirim tidak bisa diverifikasi.
    • Melanggar Syarat dan Ketentuan penyedia layanan.
    • Memiliki catatan kredit yang kurang sesuai.”

Menurut saya, ini hanya sekedar alasan asumsi tanpa bukti yang jelas.

Tak berhenti di situ, setelah mendapat pemberitahuan tersebut, saya mencoba mendaftar GoPay Pinjam. Anehnya, pendaftaran GoPay Pinjam langsung disetujui dalam waktu kurang dari 1 menit.

Kemudian, saya menghubungi pihak Gojek melalui email untuk menanyakan alasan pendaftaran GoPay Later saya ditolak tanpa alasan yang jelas.

Mungkin para pembaca semua memiliki pertanyaan:

  • Apa tujuan mendaftar GoPay Later? Tujuan saya mendaftar GoPay Later adalah untuk mencoba fitur tersebut, karena saya selalu penasaran dengan hal baru, dan juga untuk mendapatkan diskon naik GoRide.
  • Apakah sebelumnya saya pernah bermasalah dengan pinjol? Alhamdulillah belum pernah dan berharap tidak pernah berurusan dengan pinjol, kecuali dengan Pay Later.
  • Mengapa saya tidak memanfaatkan fasilitas GoPay Pinjam yang telah berhasil didaftarkan? Karena tidak ada diskon dan bunga terlalu besar.

Dari penjelasan tersebut, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan ke pihak Gojek Indonesia. Ketika data di pendaftaran GoPay Later tidak dapat diverifikasi, apakah saya harus menunggu hampir 1 tahun untuk mendaftar ulang? Ketika Gojek menuduh saya melakukan pelanggaran, mohon jelaskan poin pelanggaran yang pernah saya lakukan.

Apabila saya dituduh memiliki catatan kredit yang kurang sesuai, mohon tunjukkan bukti dan fakta secara langsung. Saya berharap, jika tidak terbukti melakukan kesalahan, GoPay Later saya dapat aktif tanpa menunggu waktu yang lama, agar saya dapat mencoba fitur tersebut dan mungkin masih mendapatkan diskon yang lumayan besar.

Much Aji Suseno
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Pendaftaran GoPay Later Ditolak tanpa Penjelasan Alasan yang Masuk Akal

  • 21 Desember 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    memang benar jika pengajuan ditolak mereka akan memberikan alasan seperti poin di atas. ditolak karena salah satu poin tersebut atau belum tentu karna alasan tersebut (istilahnya di tolak dengan cara halus)
    karena pihak analis tidak akan/wajib memberi tau asalan sebenarnya jika ditolak.

    • 21 Desember 2023 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Benar begitu kah? Malah baru tahu saya. Soalnya belum pernah berurusan dengan perkreditan atau PayLater. Makanya saya heran sampai sekarang. Kenapa pendaftaran GoPay later saya ditolak tanpa alasan yang jelas dan masuk akal

      1
      2
      • 12 Februari 2024 - (15:21 WIB)
        Permalink

        Saran, berbagi pengalaman saja. Saya penikmat Gopay Later dari versi pertama (Findya) hingga versi yg terakhir (MAB). Dua² nya menyebalkan & bikin repot!!

        yg versi pertama: waktu Fidaya yg kelola, jatuh temponya fix sebulan (tgl terakhir di tiap bln) dan selama sebulan itu bila limit habis atau belum, kita bisa REPAY sesukanya setelah top up saldo gopay terlebih dahulu. Saya sudah terbiasa mengatur pemakaian gopay later saya selalu susuai limit sampai tgl terakhir di tiap bulan. Sampai di suatu hari tgl 31 akhir bln saya top up saldo gopay sebesar 1jt, lalu saya ke menu REPAY Gopay Later dan ternyata tdk bisa, tertulis.. sy kurang ingat, pokoknya ada kata² “coba lagi nanti yaa…” dan selama 6 hari berikutnya saya selalu mengalami hal yg sama setiap tekan REPAY, yg anehnya pd hari ke 7 (setelah mulai terkena denda) barulah sy berhasil REPAY !!!! betapa repotnya saya selama 7 hari menyebalkan untuk mahkluk yg sudah terbisasa hidup non tunai. Dan saya ingat betul sampai sedikit dendam, bahwa pernah 3 kali saya alami gagal REPAY ini !!!

        yg versi terakhir: sudah MAB yg pegang, sempat nikmatin sampai Desember 2023 kemaren. Waktu itu tgl 12 dan pemakaian paylater gopay saya baru sekitar 120 ribuan dari limit 1 jt/bln. Hari itu saya sama sekali tidak bisa ber transaksi apa pun dgn pay later, pesan gojek, gocar, go food… selalu keluar apa itu saya lupa, pokoknya selalu diakhiri kata² “coba lagi beberapa saat nanti yaa…” terus begitu sampai tgl 15. Panjang kalau saya ceritakan kekacauan hidup yg saya alami selama 3 hari itu fitur non tunai saya ter disable. NAh bedanya dgn Findya, kalau MaB dibagi 2 periode. Pemakaian dari tgl 1 – 15, akan keluar tagihannya pd tgl 16 dan kalau mau REPAY pun baru bisa sesudah tgl 15, kalaupun mau sekalian nanti di tgl 30/31 akhir bln jg boleh. Lalu saya sambung lagi kejadian saya tadi. Di tgl 16, setelah masih tetap gagal bertransaksi menggunakan PayLater Gopay, keesokannya di tgl 17 saya coba top up saldo sebesar pemakaian saya saat itu, 120 rb dgn niat coba di REPAY saja dulu. Ternyata tidak bisa juga !! Terus ke tgl 18 ke tgl 19 juga sama! Gilaa, pakai paylater gak bisa, bayar paylater pun tidak bisa!!! Herannya metode pembayaran lain tidak masalah alias bisa digunakan dari tgl 12 sebelumnya. Yg kali ini, kalau saya ceritakan kisah yg saya alami selama tgl 12 ke tgl 21 itu, bakal ngalahin sedihnya pelem india… Akhirnya tgl 20 saya gunakan sisa saldo saya 120 rb untuk gojek, gocar, gofood sampai tersisa 7 ribu kalau tak salah. Esok nya tgl 21 saya uninstall app gojek saya, dan sejak saat itu saya tak pakai lagi hingga sekarang.

        Jadi saran saya buat mas Aji, walaupun cuma pengen ngerasain ya coba aja. Buat saya gopay sudah tamat dlm hidup saya, karna ternyata masih banyak paylater lain yg sekarang saya nikmatin dgn aman, lancar & tanpa masalah seperti paylater kredivo yg udh bisa belanja dimana², lalu untuk makanan saya pakai ShopeeFood yg bisa paylater juga. Sementara untuk transport saya sudah nyaman beralih ke Grab, karena walaupun tidak ada paylater, tapi dari segi tarif grabcar & grabike sudah terbukti jauh lebih murah dari si go..go

        sekali lagi ini sekedar sharing pengalaman saya saja, pilihan tetap pada anda mas Aji.

    • 21 Desember 2023 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Benar. Ibarat mendapat hukuman, tanpa tahu penyebab yang jelas mengapa harus menerima hukuman tersebut.

      1
      4
  • 21 Desember 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Terkait Kenapa Daftar GoPaylater ditolak sedangkan daftar GoPinjam langsung diterima, karena kedua fitur berbeda managementnya pak. GoPaylater dikelola oleh Multifinance Anak Bangsa, sedangkan GoPinjam dikelola oleh Findaya.

    Jadi asumsi saya, mereka menggunakan metode berbeda untuk menentukan diterima ato tidaknya pengajuan bapak.

    Sebagai tambahan, saya pengguna app GoJek sekaligus pengguna kedua fitur tersebut, dan saya mendapatkan kedua fitur itu awalnya di invite/diundang oleh pihak GoJek pada saat awal launching kedua fitur itu, dan hanya untuk pengguna Gojek terpilih saja. Jadi mungkin saja GoPaylater melihat aktifitas penggunaan app GoJek anda sebagai bahan pertimbangan mereka.

  • 21 Desember 2023 - (21:38 WIB)
    Permalink

    Tim analis kredit tidak akan memberikan info terkait dengan penolakan, sama halnya dengan kasus fraud.
    Apabila diinfokan,dikhawatirkan menjadi celah yg bisa di manfaatkan oknum yg tidak bertanggung jawab.

  • 21 Desember 2023 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Kalo pengen gopaylater bisa di acc,perbanyak transaksi menggunakan gopay.Saya dulu pas apply juga ditolak dan disuruh nyoba 1 tahun lagi.Tapi pas sering belanja di Tokped pake Gopay,iseng nyoba daftar lagi berhasil.

  • 22 Desember 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Sering aja belanja di Tokopedia pasti nanti di ACC. Aku semua juga gak di ACC begitu sering belanja di toped walau dikit dikit tapi sering tiba2 muncul undangan suruh aktifkan gopaylaternya. Di ACC dapat limit 3jt karena sering beli pulsa listrik, bayar BPJS, kartu halo baru 6 bukan limit naik jadi 6jt. Yang penting sabar dan bayar jangan telat.

  • 22 Desember 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Sering aja belanja di Tokopedia pasti nanti di ACC. Aku semua juga gak di ACC begitu sering belanja di toped walau dikit dikit tapi sering tiba2 muncul undangan suruh aktifkan gopaylaternya. Di ACC dapat limit 3jt karena sering beli pulsa listrik, bayar BPJS, kartu halo baru 6 bulan limit naik jadi 6jt. Yang penting sabar dan bayar jangan telat.

  • 22 Desember 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    padahal udh dikasih bbrp kemungkinan kenapa pengajuannya ditolak. tp msh ga bisa terima. ini kan sama aja kaya kamu mau minjem duit, tp sama yg punya duit ga dikasih. terus kamu malah sewot. ya suka2 yg punya duitlah mau ksh pinjem apa gak. kl misalnya ga dikasih, kamu cari yg lain yg kiranya mau kasih pinjeman ke kamu

  • 23 Desember 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Saya malah saya tutup Paylaternya, walau limit di 5juta, soalnya sistem pencatatan tagihannya kalau tidak hati-hati menggunakan jebakan sekali, karena ditagih setiap tanggal 1 setiap bulannya.

  • 23 Desember 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Perbanyak transaksi online + no hp punya riwayat transaksi di berbagai platform, dari pengalamanku gitu sih. Ngajuin tau” dpt limit gede, bahkan kredivo pun ga ngajuin apa” tiba” dapat status premium yg aslinya prosedurnya butuh syarat macam”.
    Kalo pernah minjol di lain, dan ga pernah telat, biasanya juga naikin kemungkinan acc di platform lain.

  • 23 Desember 2023 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Perbanyak penggunaan gopay di Tokopedia apalagi kalau mau gopaylater cicil itu harus aktif di tokopedia, saya kemarin dapet limit awal 8,6 juta gegara aktif bat make tokopedia🤣🤣🤣🤣 antar sedih dan bahagia, hahahah . Tapi lumayn jadi pengganti cc

  • 23 Desember 2023 - (18:00 WIB)
    Permalink

    seharusnya sih tanya sana sini sblm posting. bener tuh yg komen d atas, perbanyak pake gojek dan blanja pake gopay, baik goride, gofood dan tokopedia. Gopaylater sendiri, kl telat sehari krn lupa, selama dua bukan kena sangsi gak bs belanja. Gopay pinjam, kl telat 1 hari tagihan lgsg kena 50rb. lewat 7 hr nambah 30rb lg. Btw Shopee Paylater dan Shopee Pinjam lbh gampang ACC tuh. selamat berhutang wkwkwkwk

  • 4 Februari 2024 - (18:01 WIB)
    Permalink

    emang aneh PT. M*B ini, dulu waktu GoPay Later masih dibawah PT. Findaya akun saya juga aman-aman aja, limit besar, pembayaran selalu tepat waktu, tapi kena jebak waktu mau upgrade GoPay Later ke PT. M*AB sampai sekarang juga selalu ditolak persis yang dialami saudara

 Apa Komentar Anda mengenai pendaftaran GoPay Later?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pendaftaran GoPay Later Ditolak tanpa Penjelasan Alasan yang Masuk Aka…

oleh much aji suseno dibaca dalam: 1 menit
20