Dispute Lazada Menolak Permohonan Pengembalian Barang, Tidak Sesuai dengan Tag “Berubah Pikiran” dan “Pengembalian 15 Hari”

Saya melakukan order di Lazada dengan nomor pesanan #1328583084250382 untuk sebuah koper 28 inch seharga Rp. 604.802. Saat barang datang, koper tersebut terbuat dari plastik dan ringkih, sehingga saya mengajukan pengembalian dengan nomor laporan dispute #3030500001349828.

Saya hanya ingin mengembalikan barang dan mendapatkan uang kembali. Saya bersedia mengirimkan barang tersebut kembali melalui ekspedisi. Namun, dispute diputuskan oleh Lazada secara sepihak tanpa memberikan konfirmasi atau telepon kepada saya. Keputusan ini lebih menguntungkan penjual daripada pembeli. Seringkali pembeli disalahkan atas ketidaktepatan membaca.

Lalu, apa gunanya tag “Berubah Pikiran” dan “Pengembalian 15 Hari” yang tertera pada produk yang dijual oleh Lazada? Jika produk tersebut tidak bisa dikembalikan, sebaiknya jangan menampilkan tag tersebut. Ini membingungkan dan menyesatkan pembeli.

Syarat dan ketentuan yang diterapkan terkesan merugikan pembeli. Sebagai konsumen, kita seharusnya memiliki hak untuk mendapatkan produk berkualitas. Namun, seringkali kita merasa sulit untuk bernegosiasi.

Jika barang yang diterima berkualitas baik, tentu saja kita sebagai pembeli akan merasa puas. Namun, mengapa kita sebagai pembeli tidak diberikan hak untuk mengembalikan barang yang berkualitas buruk?

Saya merasa kebingungan dengan kebijakan marketplace Lazada ini.

Tyas Arie
Karawang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Dispute Lazada Menolak Permohonan Pengembalian Barang, Tidak Sesuai dengan Tag “Berubah Pikiran” dan “Pengembalian 15 Hari”

  • 25 Desember 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Tag nya tdk masuk akal, berubah pikiran bisa dikembalikan, kacau itu. Mungkin nanti akan ada yg membangakan kl di eropa bisa 😀

  • 26 Desember 2023 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Akhir nya ada buyer juga

    Btw alesan pengembalian nya kenapa ? Tidak sesuai deskripsi ? Salah ukuran ? Warna ?
    Ketidaktepatan membaca itu salah nya buyer apa seller ?
    Saya sering x ketemu buyer seperti ini, mengajukan pengembalian barang hanya karena berubah pikiran, dengan enak dan gampang nya sudah pesen maen di balikin alesan berubah pikiran, memang nya packing barang nya ga pake modal tenaga waktu ? Jika ga mao, ya jangan di order
    Jika order tolong baca deskripsi dengan baik dan benar, kurang mengerti ? Masih kurang yakin, chat ke seller nya !!! Buat apa ada fitur chat tapi tidak di gunakan sama sekali.

    Buyer tdk menampilkan alesan pengembalian nya dan tdk menampilkan alesan penolakan seller

    Btw anda beli koper seperti itu berharap dapat bahan dari apa ? Besi ? Brankas dnk
    Merugikan pembeli ? I dont think so

    Jika anda katakan berkualitas buruk, tolong katakan buruk nya dimana ? Dan berikan contoh yang berkualitas nya seperti apa yang anda harapkan ?

    9
    1
    • 26 Desember 2023 - (00:44 WIB)
      Permalink

      Kita sebagai Buyer juga berhak donk mendapatan barang yang bagus. ga masalah koq kalo musti packing ulang dan drop barang ke ekspedisi. Lagi pula ada fitur bisa dikembalikan. Situ sebagai Seller klo emang barangnya bagus ya kenapa menolak dikembalikan? Takut barangnya jelek? Mau menghabiskan stok? tinggal tunggu barangnya datang, susah amat.
      .
      Saya jg ga asal kembaliin barang, kalo memang bagus ya pasti diterima, kalo kondisi itemnya jelek, ya kali. Ga semua Buyer juga mengajukan pengembalian barang, ga usah lebay deh. Kecuali Anda tau kondisi barang yang dijual kualitasnya jelek. Btw, Fitur chat ga membantu, Admin balasnya juga standar.

      1
      7
      • 27 Desember 2023 - (00:51 WIB)
        Permalink

        Kita juga sebagai seller juga berhak menolak karena alesan alesan yang di luar logika
        Jika alesan nya barang yang di terima cacad / rusak / berbeda dengan deskripsi ( beli tas di kirim celana ) seller jg pasti akan terima
        Tetapi jika barang yang kita kirimkan sudah sesuai pesanan anda, baik segi warna bentuk ukuran, sesuai dengan deskripsi.
        Justru karena kita produk yang di jual seperti apa, maka nya seller menolak alesan pengembalian anda

        Seringkali pembeli disalahkan atas ketidaktepatan membaca ( jadi kesalahan pembeli dalam hal membaca deskripsi produk perlu jadi tanggung jawab seller ? )
        Anda kan tidak di paksa buru2 membaca dan check out kan ? Waktu dan tempat di persilahkan untuk membaca

        Seringkali pembeli disalahkan atas ketidaktepatan membaca ( paling sering sy temui, pembeli yang salah baca tipe akhir nya produk yang di ksh bintang 1 padahal sudah di kirim sesuai tipe warna model yang di pilih )

        Dari foto anda berikan, bisa katakan ada salah dimana dengan produk yang anda terima itu ? Apakah ada cacad fisik ? Atau anda mengembalikan nya karena anda berubah pikiran tidak mao pakai koper tapi pakai kantong plastik saja ?

  • 26 Desember 2023 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami beli barang di Lazada (headphone bluetooth) di deskripsi bertuliskan stereo, ketika sampai ternyata barang ternyata masih mono.saya ajukan pengembalian dengan alasan tidak sesuai deskripsi.namun di tolak seller dengan alasan barang yg di kirim sudah sesuai, yg lucunya dia aja mengirimkan bukti barang yg gak sama dgn yg di kirim.singkat cerita pihak lazada menelpon saya dan berkata pengajuan pengembalian dana bapak tidak dapat di setujui karena tidak dapat di buktikan dengan video.hei gimana caranya saya buktikan bahwa seller ini menipu saya dengan mengirim kan barang yg tidak sesuai deskripsi, sedangkan semua itu hanya bisa di buktikan dengan cara menggunakan headphone secara langsung. Dari pihak lazada juga bilang bahwa katanya “harus nya sebelum membeli bapak sebaiknya chat seller utk lebih jelasnya tentang produk tersebut”,jadi seolah-olah pihak lazada malah menyalahkan saya karena saya kurang teliti.
    Padahal di deskripsi produk aja udah jelas bahwa produk tersebut stereo loh….
    Entah lah makin kesini makin nggak jelas

  • 26 Desember 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Yuk rame rame sewa tas di lazada trs dikembalikan sebelum 15 hari mumpung liburan nih. Kan ga jadi nyicil bisa pakai koper.

  • 27 Desember 2023 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Saya buyer belum pernah jualan di maketplace. Dulu sering juga kaya beli tp bahan jelek kecewa. Tp sekarang sudah ambil hikmahnya. Setiap mau beli saya liat deskripsi, trus liat review sampai berulang2. Cari review yg kasih video. Dan chat toko untuk meyakinkan diri.

    Btw, jaman pas kecewa sering dapet barang zonk itu saya sadar diri sih. Kalau ngga baca deskripsi. Memang penjual nakal ya.. tp ternyata di deskripsi sesuai dengan yg dijual. Dan, yaudah. Terima aja. Tp diambil hikmahnya. Besok2 musti teliti. Soalnya memang “saya salah, ngga baca deskripsi”.

    • 27 Desember 2023 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih Buyer yang baik hati
      Selama saya jualan di marketplace shp lzd tokped bukalapak tiktod
      Sangat sangat jarang sy temui buyer berkata seperti itu
      Jika ada, seller pasti sangat sangat meng apresiasi dan pasti akan di berikan bonus jika order baru 🙂

      Kebanyakan buyer, sudah salah baca, ngotot , minta selalu “dibenarkan” dan di “maklumi” jika salah baca

      Seller nakal atau tidak, cek toko nya aja jualan nya apa ? Harga yang di jual wajar ga ? Rating toko keseluruhan gimana ? Udh jualan brp lama ? Ulasan pembeli lain gimana ?

      Buyer nakal atau tidak, ga ada yang bisa ngecek, ga ada yang tau 🙂

  • 27 Desember 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Dear Media Konsumen
    Cc Lazada beserta Pembaca sekalian
    .
    Saya ingin mengkonfirmasikan bahwa pihak Lazada, dalam hal ini Bapak Pras, sudah menghubungi saya melalui telepon pada tanggal 26 dan 27 Desember 2023. Kemudian saya dibantu untuk melakukan pengajuan retur barang dan pengembalian dana.
    .
    Saya sangat terkejut sekali dengan pelayanan Customer Service Lazada, saya pikir saya akan dibiarkan begitu saja.
    .
    Terima kasih Media Konsumen yg sudah menampung keluhan saya. Terima kasih juga Lazada yg mau repot-repot membantu saya.
    .
    Hormat saya,
    Tyas Arie

 Apa Komentar Anda mengenai kebijakan pengembalian barang di Lazada?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Dispute Lazada Menolak Permohonan Pengembalian Barang, Tidak Sesuai de…

oleh Tyas-Arie dibaca dalam: 1 menit
11