Berapa Lama Surat Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Bisa Diterima?

Saya sebelumnya pengguna kartu kredit Bank Mega dengan nomor: 4201 9101 **** **15, selama 10 tahunan. Per tanggal 18 Desember 2023 lalu, dikarenakan faktor usia khawatir nanti jika meninggal masih ada piutang dengan bank, maka saya melunasi semua sisa yang tertagih serta mengajukan penutupan.

Penutupan kartu diterima via call center 0804 1500010, diterima oleh CS Bastian. Setelah menjelaskan tujuan menutup kartu kredit, serta menolak segala yang ditawarkan termasuk mengembalikan kelebihan bayar saya, akhirnya CS Bastian menyampaikan penutupan kartu diterima. Lalu saya disarankan memotong kartu kredit dan menghancurkan (ini langsung saya lakukan).

Sudah dilakukan penutupan dikarenakan sudah tidak ada tagihan, serta dibuatkan nomor laporan: REV17010446. Untuk follow up surat penutupan kartu kredit saya yang akan diemail 10-15 hari kerja.

Per tanggal 4 Januari 2024, saya telepon kembali call center Bank Mega untuk follow up surat penutupan kartunya. Diterima oleh CS lainnya (saya lupa namanya), dikatakan surat penutupan saya sedang dalam proses. Saya disuruh menunggu 4 hari lagi, supaya genap 14 hari kerja menurut hitungan beliau, karena banyaknya hari libur sebelumya.

Namun hingga hari ini tanggal 11 Januari 2024, surat penutupan kartu belum diterima oleh saya. Maka saya ajukan pertanyaan via Media Konsumen ini, agar pihak Bank Mega bisa membaca dan mengirimkan surat penutupan kartu kredit saya, sebagai bukti agar tidak muncul tagihan yang tidak jelas ke depannya, padahal sudah ditutup. Kenapa via media ini, karena via telepon membutuhkan waktu berbelit-belit dan hanya kata kalimat yang diulang-ulang.

Hormat saya,

Epilina
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Berapa Lama Surat Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Bisa Diterima”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Ibu Epilina di mediakonsumen.com (14/01), “Berapa Lama Surat Penutupan Kartu Kredit Bank Mega...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Berapa Lama Surat Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Bisa Diterima?

  • 14 Januari 2024 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Saya nutup semua CC termasuk dari Mega gak pernah trima surat penutupan. Dan aman2 aja sih

    • 15 Januari 2024 - (06:27 WIB)
      Permalink

      sekarang iya aman, nanti2 ya ngga tau, tau sendiri kan kelakuan debtcoll bank satu ini gimana.

      2
      1
    • 15 Januari 2024 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Surat penutupan itu diperlukan sebagai bukti dikala nanti (bisa bertahun-tahun kemudian), ada pihak debt collector atau bank yang menagih kembali atas hutang yang tidak jelas, biasanya ada kekurangan pembayaran atau apalah. Makanya dgn surat tsb, ex nasabah bisa membela diri ketika nanti masih ditagih. Sudah sering kok kasus seperti itu ditulis jg di MK.

      • 15 Januari 2024 - (08:51 WIB)
        Permalink

        Ya kalau kurang bayar ya pastilah ditagih. Makanya kalau mau tutup kartu bayar jgn pas pasan. Lebihin buat biaya materai, biaya bayar antar bank dll yg biasanya muncul di tagihan berikutnya

    • 15 Januari 2024 - (09:35 WIB)
      Permalink

      Nanti kedepannya ada masalah,baru tulis di media konsumen,surat lunas harus di dapatkan ,karena itu penting

      • 15 Januari 2024 - (13:08 WIB)
        Permalink

        Biasa org yg belum kena emank gitu. Pintar omon omon aja. Nanti kalau uda kena baru teriak

        • 15 Januari 2024 - (19:48 WIB)
          Permalink

          Saya juga begitu, saya tutup lewat megacall, bilangnya sudah ditutup, tapi tidak diinfo akan dikirimin surat dan jiga kartunya disuruh simpan, kemudian tagihan tahunan tetap ada, saya tny kok sy tutup g dpt surat dan terus dapat tagihan, malah disuruh abaikan saja. Padahal rek tabungan jg sudah ditutup,
          Dan ternyata kartu itu aktif terus, padahal sudah hilang dan kena kasus carding, tp bank mega g mau mengakui kesalahan. Jadi saya laporkan OJK dan BI.

          • 15 Januari 2024 - (22:39 WIB)
            Permalink

            Kalau disuruh simpan artinya ya gak ditutup sama tuh cs. Kalau ditutup itu dibacakan peryataan per hari ini tgl sekian kartu anda ditutup……

          • 16 Januari 2024 - (11:22 WIB)
            Permalink

            Karena di suruh simpan saja, sy g mau cuma telepon mefacall, tapi saya ke Bank nya, CSnya yang telponkan, tetap aja jawabannya disuruh abaikan aja fee tahunan yang menggunung, dan sama CS ditulis perihal fee tahunan yang menggunung bukan penutupan rekening

            Memang dibuat sengaja begitu biar terjebak

            Saya awalnya juga nda apply kartu kredit, tapi dikirimin langsung katanya itu promo bagi yang buka rekening tab bank mefa untu dapat mencoba kartu kredit, kalau g cocok katanya boleh ditutup, tp ternyata kayak gini, mau nutup di ping pong sana2 aini , kita disuruh follow up terus, krn pandemi dan tidak punya waktu lagi ya saya g pedulikan, nda tahunya diaktifkan terus sama bank mefa, lali sekarang disuruh bayar separuh tagihannya, kok enak banget
            Makanya saya adukan ke BI dan OJk, g Tawnya dari BI bilang aduan seperti ini sudah banyak dan sampai peringkat 3 se Indonesia. Makanya saya sarankan untuk adukan ke BI sama OJK, biar g keterlalulan begini bank mefanya

        • 15 Januari 2024 - (19:55 WIB)
          Permalink

          Sebaiknya kasus seperti ini jiga di adukan ke OJK dan BI saja. Karena banyak sekali kasus menutup kartu kredit bank mega sudah per telpon dibilang tutup tapi nda ditutup sama mereka, dan di peraturannya juga tertulis, kl krt sudah expired akan diperbaharui secara otomatis tnpkonfirmasi. Tiap kita laporan ke bank, banknya bilang kl urusan kartu kredit hanya bisa lewat telpon megacall dan setiap di telpon selalu diinfo kl sedang diproses atau sudah ditutup, tp kenyataanya mereka bohong. Jadi biar mereka Jera dan aduannya banyak sebaiknya di adukan Ke BI dan OJK. Dan menurut petugas BI, bank Mega menempati urutan ke 3 se Indonesia kasus aduan seperti ini. Jadi kl banyak yg adukan bisa peringkat 1 nanti di notice oleh BI pusat.
          Nanti juga paling jawaban di media konsumen oleh banyak Mega, ” Bank Mega sudah menghubungi konsumen dan sudah menjelaskan duduk perkara..” padahal tetep aja bertele2 dan disuruh bayar tagihan.

    • 16 Januari 2024 - (00:36 WIB)
      Permalink

      Biasanya ada surat pernyataannya pak.
      Saya setelah tutup bank Mega, surat pernyataannya dikirim 30 hari setelah kartu ditutup, tapi via email, bukan surat yg dikirim ke alamat rumah.

  • 15 Januari 2024 - (05:53 WIB)
    Permalink

    Saya pernah nutup cc bni syariah lewat telpon tapi di depan CS telepon nya juga CS yg menyambung kan gak ada surat apa apa. Alhamdulillah aman.

  • 15 Januari 2024 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga masih menunggu suratnya dikirim email ini sudah 14 hari kerja tp saya belum ada email masuk dari bank mega

  • 15 Januari 2024 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Ya surat penutupan hak konsumen unuk mendapatkan nya. Dan sudah ada regulasi yang mengatur itu. Untuk kebaikan kedepannya. Saya pernah juga tutup beberapa KK lainnya seperti bca dan permata dan dapat surat penutupan nya juga.
    Dan dari pihak cs bank mega waktu saya call penutupan juga menyampaikan akan memberikan surat penutupan 14 hari kerja melalui email yang terdaftar.
    Saya masih tunggu semoga bank mega bisa menuntaskan janji pengiriman surat penutupan nya.

  • 15 Januari 2024 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga korban CC bank Mega.kartu tidak pernah saya gunakan.begitu muncul tagihan 800rb annnual fee langsung saya komplain karena saya pernah pengguna cc sebelumnya sudah saya tutup dan ada surat penutupan
    Tiba2 saya dikirimin lagi cc kedua kalinya yg tidak pernah saya aktifkan tiba2 ada tagihan
    Saya komplain dan minta di tutup katanya sudah ditutup tapi tiap bln selalu muncul tagihan annual fee sudah mau 3 tahun.akhirnya saya malas komplain karena syarat mau nutup katanya harus belanja dulu
    Kartuny dimana juga saya sudah gak tau dan gak pegang.benar2 membagongkan bank 1 ini.

    • 15 Januari 2024 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Harus diselesaikan sampai tuntas,akan jadi masalah jika anda akan kredit rumah dan lainnya kelak

  • 15 Januari 2024 - (16:05 WIB)
    Permalink

    saya juga punya pengalaman yang sama untuk CC bank mega ini
    pengajuan penutupanya sangat sangat sangat sangat susah dan berbelit-belit
    padahal itu kartu gak pernah sy aktifkan dan tiba2 muncul tagihan annual fee

  • 15 Januari 2024 - (21:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah nutup kartu kredit bank Mega via tlpn sama 3 x setiap minggu .tapi bukti penutupan kartu kredit nya blm di kirim lewat email.sampai cape sy tlpn di over ke sana ke sini mau nutup kartu kredit bank Mega akhir nya dpt email juga dari bank mega bukti penutupan kartu kredit buat jaga jaga kemudian hari sy print bukti penutupannya..

  • 16 Januari 2024 - (03:49 WIB)
    Permalink

    Ya kemarin saya telp ke bank mega kembali diover kesana kemari. Walau sudah bilang ditutup permanen saya tetap minta surat penutupan karena itu penting kedepannya.
    Setiap cs bolak balik nanya data berulang yang ujungnya dibuat laporan untuk dikirim ulang surat penutupan nya .. lucu sekali dan suruh tunggu 4-5 hari kerja kembali.
    Sy akan lihat 4-5 hari ini. Smoga bank mega menepati janji mengirimkan surat nya

  • 16 Januari 2024 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Sama nih saya juga lagi menunggu surat pelunasan yg dijanjikan 14 hari kerja tapi sudah 20 hari kerja surat belum juga dikirim.

    • 16 Januari 2024 - (16:59 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah.. Barusan saya buka email sudah dapat email surat penutupan kk bank mega. Terimakasih banyak bank mega.
      Semoga bapak ibu yang juga berharap mendapat kan surat penutupan bisa disegera kan juga.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Berapa Lama Surat Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Bisa Diterima?

oleh Epilina noor dibaca dalam: 1 menit
21