Program “Spending Reward” BNI JCB Ultimate yang Merugikan

Sebagai pemegang kartu kredit BNI JCB Ultimate, saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap pengelolaan program Spending Reward JCB Ultimate yang telah mengalami perubahan kebijakan secara sepihak dan tidak konsisten. Keputusan ini telah menyebabkan kerugian bagi saya dan, yang saya percaya, juga bagi pengguna lainnya.

Ketertarikan saya terhadap kartu ini bermula pada akhir Oktober 2023, didorong oleh promosi yang menarik serta kebutuhan saya akan kartu kredit dengan manfaat yang signifikan untuk perjalanan saya ke Jepang. Keyakinan saya terhadap reputasi dan kredibilitas BNI mendorong saya untuk memindahkan transaksi dari kartu kredit lain yang saya gunakan, meskipun kartu BNI menawarkan perolehan miles yang lebih rendah. Saya percaya bahwa benefit dari program spending reward akan menutupi perbedaan tersebut.

Awalnya, syarat untuk mendapatkan spending reward ditetapkan yaitu hanya dengan transaksi minimal Rp 50 juta dalam tiga bulan berturut-turut, sebagaimana tercantum dalam materi pemasaran yang menjadi dasar keputusan saya.

Namun, saya terkejut ketika menemukan bahwa BNI telah menambahkan klausul baru pada situs web mereka yang membatasi pemberian cashback dan mengaitkannya dengan ketersediaan alokasi, tanpa memberikan klarifikasi mengenai jumlah kuota tersebut (“Pemberian cashback dapat ditukarkan maksimal 1x perkartu perperiode program dan pemberian cashback dapat diberikan apabila alokasi cashback masih tersedia”).

Saya tetap melanjutkan penggunaan kartu kredit BNI JCB Ultimate dengan asumsi bahwa alokasi untuk program ini akan memadai, mengingat skala promosi yang besar (dan karena sudah terlanjur). Namun, di awal Januari 2024, saya mengetahui bahwa banyak pengguna yang tidak berhasil mendapatkan kuota untuk cashback.

Meskipun BNI kemudian menyatakan akan memberikan reward kepada semua penukar sebelum 31 Januari 2024, permohonan saya ditolak dengan alasan bahwa transaksi saya, yang telah memenuhi syarat (November 2023 s/d Januari 2024), baru bisa ditukar pada Februari 2024. Keputusan ini terasa sangat tidak adil dan mengecewakan.

Saya telah menunggu hingga 1 Februari 2024 untuk mengajukan klaim saya, namun akhirnya diberitahu bahwa saya tidak mendapatkan kuota spending reward. Ini tidak hanya menimbulkan kerugian finansial bagi saya, karena saya telah beralih dari kartu kredit lain dan juga telah membayar biaya tahunan yang tidak bisa dihilangkan, namun juga merusak kepercayaan saya terhadap BNI.

Saya memahami bahwa BNI memiliki hak untuk mengubah syarat dan ketentuan. Namun, saya berpendapat bahwa perubahan tersebut harus dikomunikasikan secara jelas dan transparan kepada nasabah. Kegagalan untuk melakukan hal ini telah menyebabkan kekecewaan dan kerugian.

Oleh karena itu, saya mengharapkan BNI untuk mengambil tindakan yang adil dan bijaksana untuk menyelesaikan masalah ini dan memenuhi komitmen yang telah dibuat kepada nasabahnya.

Per hari ini tanggal 13 Februari 2024, saya akan menunggu selama 7 hari kerja untuk respon dari pihak BNI. Bila tidak ada respon positif, maka saya akan melakukan komplain ke OJK dan bila diperlukan, akan membagikan pengalaman buruk saya ini kepada lingkaran sosial saya berserta di media sosial.

Terima kasih atas perhatiannya.

Sincerely,

Go Melisa Gunawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Program “Spending Reward” BNI JCB Ultimate yang Merugikan

  • 14 Februari 2024 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama. Lagi mengirimkan juga surat pembaca. BNI JCB ultimate mengganti syarat dan ketentuan seenaknya sendiri tanpa mengkonfirmasi jauh2 hari sebelumnya

  • 14 Februari 2024 - (22:28 WIB)
    Permalink

    lama kelamaan di medkon satu hari satu sp khusus kartu kredit tipe ini. mana banknya termasuk 5 besar di indo. ntah kenapa jadinya panen hujatan di awal 2024.

    ada baiknya bank besar maupun kecil atau bank “emok” sekalipun, sebelum meluncurkan promo dihitung untung ruginya dulu. dan ada kata2 kuota, jangan main jaring dan tebar sana sini, kemudian saring seenaknya sendiri dan berlindung dibalik kata2 mutiara “s&k dapat berubah sewaktu2” yang belum tentu tercantum di brosur promo.

    mana tiap kali balasan tanggapan serasa template copas itu2 saja. padahal sudah bank buku 4.

  • 15 Februari 2024 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Saya yang buat artikel ini, maaf saya lupa menyampaikan nomor pelaporan saya yaitu 200020877944

    Ini sudah menghubungi jauh sebelum jam 8 dan menghabiskan banyak pulsa menunggu lama.

    • 16 Februari 2024 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Waktu tenaga pikiran terbuang sama kartu kredit ini. Ujung2 nya zonk abis. Hak kami kaliam ambil padahal kalian yg mengjanjikan hak tersebut. Jika tidak mau kasih kami hak kami, cukup di reject aja pengajuan kami dari awal jangan kau permainkan kami dgn ambil annual fee trus blg kuota sudah habis. Padahal dari awal ga ngomong soal kuota. Nipu banget ga sih kalo gitu? Ini artinya bank memutuskan secara sepihak tanpa pemberitahuan lbh dahulu ke nasabah. Kyk cimb jcn donk no drama. Saya juga komplain keras, menyusul komplain saya di media konsumen. Nomor laporan saya 200021186866. Percuma saya pagi2 tgl 1feb telp claim spending reward. Quota 30 tp ga transparan. Seenak jidat aja ganti2 aturan.

      • 16 Februari 2024 - (11:25 WIB)
        Permalink

        Komplain bikin surat pembaca sendiri biar ditanggapi bank..kog posting no laporan d surat pembaca orang lain..
        Malu2in saja

        • 16 Februari 2024 - (16:08 WIB)
          Permalink

          Saya sudah bikin koq tinggal tunggu di post.

          Ga malu maluin lah. Hak saya hahahaha… santai aja bro sis. Sensi amat ahahahah wkwkwkwkwk

          • 17 Februari 2024 - (11:34 WIB)
            Permalink

            nanti kalau ga cair,,, wkwkwkwk diganti sama hiksss hikss hikss ya bu

  • 16 Februari 2024 - (16:23 WIB)
    Permalink

    penasaran aja
    emang dapat cashbacknya berapa ya?
    mengingat akumulasi transaksinya minimal 50 juta sebulan

    • 17 Februari 2024 - (05:03 WIB)
      Permalink

      Dari brosur yang di muat ada 2 cashback
      3jt welcome cashback
      15jt spending reward cashback
      2 2 nya zonk! yg dapat baru orang2 yg daftar di bulan pertama launching.

  • 17 Februari 2024 - (04:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga salah satu pemilik BNI JCB Ultimate yang ditipu oleh BNI.
    Welcome cashback tidak jelas aturannya, Dulu pas telepon ke CS nya dibilang Akan di kreditkan di Bulan ke 3, terms Bulan ke Tiga dibilang 60 Hari kerja dr Bulan ke 3.
    Spending reward juga menyedihkan, tiap bulan sudah telpon CS untuk memastikan bahwa bulan sebelumnya sudah memenuhi kriteria, tiba2 bulan Jan tidak bisa dapat karena ada quota bla bla bla.
    disuruh coba lg bulan Feb. Ini saya dipaksa ikutan ‘togel’ dari ribuan yg ikutan cmn 30 yg menang, kalau terms and condition nya dari awal sudah dibilang ada kuota saya sudah pasti tidak akan ikut dan memilih spending dengan kartu kredit lain.
    kecewa berat BNI, tidak akan pernah pakai produk offering lainnya dari BNI

  • 17 Februari 2024 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Kevin, ga cair ga perlu nangis. Namanya juga komplain. Dapat syukur. Ga dapat yahdi coba lagi. Ga bisa lagi yah coba lagi. Abis itu move on donk. Cemen amat pake nangis

  • 17 Februari 2024 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga kmren saya bela belain transaksi pake BNI JCB Ultimate.. Eh T&C dirubah seenak jidat.. Auto balik lagi ke BCA Krisflyer infinite..50jt tadian tiap bulan dpt 7000 KF.. Eh malah terbuang sia sia gara2 BNI JCB ultimate

  • 19 Februari 2024 - (18:41 WIB)
    Permalink

    kasus saya juga kurang lebih seperti ini yang mengeluhkan T&C program spending reward yang dirubah – rubah seenak nya di tengah promo berjalan …

    nomor laporan 200020873101 dan 200020878592 sudah saya buat sejak awal Feb 2024 dan saya sudah follow up via CS maupun email namun sampai saat ini tidak ada tanggapan yang menyelesaikan masalah ini

    Saya juga sudah mengirimkan surat ke media konsumen & sedang dalam tahap verifikasi

    Apakah BNI mau membiarkan seluruh nasabahnya setiap hari membuat laporan ke media konsumen ? Apa tidak malu kalau setiap hari ada beberapa artikel terkait BNI muncul di sini ?

    Saya sudah cukup lelah dengan segala kontroversi dari program promosi ini & saya harap BNI bisa segera menepati janji promo nya di awal

    Terima kasih

  • 22 Februari 2024 - (00:47 WIB)
    Permalink

    sepertinya pihank Bank BENI sudah tidak memusingkan soal complainan borok kartu kredit jcb ultimate nya. dibiarkan padam sendiri.
    mungkin menurut mereka masih banyak ikan-ikan lain yang akan terjaring masuk dengan skema berbeda di kemudian hari.
    sadis sihh sikatnya gak main2. 5000 yang apply aja… telen 5M udah dari annual fee.
    Saya pribadi sih mungkin gak akan pakai dan invest di semua Bank BUMEN lagi kalau kasus ini gak kelar

 Apa Komentar Anda mengenai Promo BNI JCB Ultimate?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Program “Spending Reward” BNI JCB Ultimate yang Merugikan…

oleh Melisa dibaca dalam: 2 menit
17