Percuma Bikin Laporan di Shopee Saat Ada Masalah dengan Penjual

Pengalaman tidak menyenangkan saat belanja di Shopee. Ceritanya begini, saya belanja alat berupa bor Impack di salah satu toko online di Shopee. Barang yang dibeli, dua hari tidak diproses apalagi diserahkan ke kurir. Kalaupun ada, sampai tahapan proses, butuh waktu seharian lagi untuk diserahkan ke kurir.

Belum sampai tahapan berikutnya, tiba-tiba berubah, jadwal kirim diubah. Singkat kata, barang tidak kunjung dikirim. Jika di-chat, jawaban dibalas tidak sesuai pertanyaan malah cenderung ngawur. Lalu, saya putuskan pembatalan pesanan.

Yang terjadi, penjual tidak mau merespon. Jika di-chat pun, jawaban ngawur. Sampai akhirnya, saya komplain ke Shopee. Komplain ke Shopee malah dijawab tunggu respon penjual. Kalau penjual tidak respon, gimana? Di sini saya melihatnya, Shopee lebih berpihak pada penjual ketimbang pembeli. Ini bukan kali pertama saya komplain ke Shopee, yang ada nunggu berhari-hari sampai sistem membatalkan secara otomatis. Inikan sangat merugikan konsumen. Tidakkah Shopee sadar, jika tanpa adanya konsumen, Shopee tidak bakal bisa jalan?

Saya bicara ini mewakili pembeli yang kecewa dengan penjual dan yang sedang saya alami. Jika indikasi ada penjual yang mahal atau jelas-jelas penipu, Shopee tidak langsung bertindak. Bahkan saya lihat banyak sekali penipu di Shopee, ciri-ciri harga yang dijual tidak masuk akal atau memberi diskon yang tidak masuk akal.

Coba saja transaksi, jika barangnya sampai dikirim, pasti tidak bakal sesuai, bahkan mungkin barang rusak yang diterima. Saat komplain, pasti berbelit dan prosesnya berhari-hari. Ini pernah saya alami. Jadi, sebaiknya berhati-hatilah, jangan tergiur barang murah dan promo.

Bacalah review pembeli dan komentar pembeli. Baca pula profil penjualnya serta apakah barang yang dijual sudah ada yang beli lebih dari 5. Jika kurang dari 5, hati-hati. Jika kita komplain ke Shopee, siap-siap sabar karena prosesnya lama dan belum tentu kita puas dengan apa yang sudah Shopee lakukan. Saya sudah dua kali mengalami hal yang seperti ini di Shopee.

Herman Biantoro
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Percuma Bikin Laporan di Shopee Saat Ada Masalah dengan Penjual

  • 17 Februari 2024 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Ada beberapa e-commerce yang memberi tenggat waktu pemrosesan pesanan sampai pickup. Biasanya 2-3 hari, tapi saya pernah mengalami cuma tenggat 24 jam. Saya bukan pelanggan Sopi dan belum pernah belanja di sana, tapi membaca beberapa SP yang pernah dimuat di MK nampaknya Sopi tergolong longgar soal tenggat waktu batas proses pesanan.

    Kalau anda butuh barang cepat dengan pertimbangan tidak mau menambah ongkos harian tukang di saat menunggu barang, sebaiknya cari toko yang masih satu kota/wilayah dan gunakan pengiriman instan/sameday menggunakan Gojek atau Grab. Bayar ongkir lebih selisih 30-50 ribu, lebih hemat daripada bayar tukang untuk menunggu dan beli obat anti depresan.

    8
    11
  • 17 Februari 2024 - (22:34 WIB)
    Permalink

    @Herman
    Saya tau mereknya itu. Jelek, mas. Baru 3x buka CVT langsung ngawur unitnya๐Ÿ˜“ . Komplen karena garansi nya 38 bulan omong kosong!.. Akhirnya beli baru lagi di LZD malah yang 48V yg waras ๐Ÿ˜

    2
    4
    • 17 Februari 2024 - (23:12 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya bukan merek nya,karena Impack yg ada di pasaran yg rentan harga di bawah 700k rata2 barang ke yg mutunya abal-abal garansinya pun abal-abal, karena harga Impack yg original harganya paling murah nggak kurang 1,5jt,sy ambil yg murah yg sy beli di atas tersebut, karena permintaan tukang sy,jadi sy beli lah yg itu,tapi masalahnya ni toko nggak kirim segera barang tersebut,terus setiap sy chat,jawabannya sering ngawur,sy lalu curiga, karena curiga,sy coba buka profil nya,di situ ada 13 video live,sy iseng buka dan baca satu persatu komentar di video tersebut,saya langsung kaget dan mutuskan batalkan pembelian,eh bukannya di proses oleh penjual pembatalan sy,malah ngulur-ngulur waktu terus,dari situ sy bikin laporan ke Shopee di tambah memberitahu kalau toko tersebut terindikasi penipu,sy lampirkan ss chatting yg ada di 13video sebagai bukti ke Shopee,agar proses saya segera di bantu untuk di batalkan dan Shopee ambil tindakan ke toko tersebut,biar nggak ada korban lagi,taunya yg sy dapat dari Shopee malah di suruh nunggu respon penjual, bukannya di bantu yg ada di siksa deh, sampai malam ini pun jawaban dari Shopee asal jawab aja dan laporan penjual yg nakal/nipu punya nggak ada tindak lanjutnya

      3
      2
    • 17 Februari 2024 - (22:53 WIB)
      Permalink

      Memang sangat tidak beres dan agen Shopee nya pun kemampuan nangani masalah sangat rendah,bahkan laporan saya mengenai toko tersebut yg terindikasi kuat penipu pun tidak di ambil sikap oleh Shopee.
      Coba lihat ini toko https://shp.ee/79bh2sp
      Kunjungi toko ini di Shopee! itmbl8ij4t: https://shp.ee/t2qg503
      Lihat komentar di 13 video live nya,90% komentar merasa dan tertipu toko tersebut yg parahnya,toko tersebut sudah bercokol di Shopee 3 th,namun Shopee tutup mata, sebenarnya di Shopee banyak loh yg terindikasi penipu,terutama yg profilnya nggak ada fotonya dan tokonya baru buka beberapa bulan,coba deh cek sendiri,biar ini bukan fitnah tapi faakta

      1
      1
  • 18 Februari 2024 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Hampir Semua toko online juga gitu mas, ada tenggat waktunya untuk nyiapin barang Jadi kalo emang mau cepet dan urgent… Beli langsung aja….

    Shopee ga selalu berpihak ke penjual mas.. Coba anda baca lagi nih di media konsumen,.. Banyak kejadian kok yg membuat shopee berpihak ke pembeli….
    Jadi tergantung kasusnya apa shopee akan berpihak

    2
    3
  • 18 Februari 2024 - (12:57 WIB)
    Permalink

    begitullah alur,sistem dan resiko belanja online, ada tenggat batasan yang diberikan ke penjual dan pembeli harus menunggu. sejauh masih dalam batasan waktu pihak ecommerce tdk bisa membatalkan seenaknya

    4
    5
  • 18 Februari 2024 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Butuh cepet ya pake instant kurir ๐Ÿ˜‰
    Harga 700k mutu nya rentan – trs knp maksa beli yang 500k ? Permintaan tukang, anda beli mahalan, kapan hari bisa di pake lagi…. Btw sy beli impact yang mirip seperti anda di tokoijo, instant kurir… Pesen jam 9 – jam 11 udh sampe ๐Ÿ˜ harga nya tdk sampai harga yang anda beli ๐Ÿ˜

    Sopi memihak penjual ? Kata siapa ? ๐Ÿ˜‚ Aturan baru pengembalian barang – jika seller salah, harus tanggung ongkir pulang pergi…. Baru beberapa hari lalu kena minus 100rb ( barang jualan ga balik, duit jualan ga ada, eh di tambahin harus ganti ongkir pulang pergi 96rb dan 16rb ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Penjual harus banding sana sini baru bisa dapat claim untuk ongkir…. Jadikan dimana letak nya sopi membela penjual ?

    3
    3

 Apa Komentar Anda?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Percuma Bikin Laporan di Shopee Saat Ada Masalah dengan Penjual

oleh Herman Biantoro dibaca dalam: 1 menit
13