Program Spending Reward BNI JCB Ultimate yang Merugikan dan Tidak Konsisten

Salam untuk BNI. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas responsnya, perihal keluhan pada surat saya sebelumnya:

Yang mana pihak BNI sudah menghubungi saya pada tanggal 15 Februari 2024 pukul 10:55 dan menginformasikan bahwa cashback akan diberikan pada cetak billing bulan Maret 2024.

Menyambung case sebelumnya, bahwa selain cashback Rp3 juta, salah satu daya tarik dari kartu kredit BNI JCB Ultimate adalah adanya program cashback Rp15 juta, dengan syarat total spending minimal Rp150 juta selama 3 bulan, masing-masing minimal Rp50 juta per bulan. Pada awal promo tidak disebutkan adanya alokasi/kuota untuk program tersebut.

Namun saya terkejut, ketika menemukan bahwa BNI telah menambahkan klausul baru pada situs web mereka. Pihak BNI membatasi pemberian cashback dan mengaitkannya dengan ketersediaan alokasi, tanpa memberikan klarifikasi mengenai jumlah kuota tersebut (“Pemberian cashback dapat ditukarkan maksimal 1x per kartu per periode program dan pemberian cashback dapat diberikan apabila alokasi cashback masih tersedia”).

Saya tetap melanjutkan penggunaan kartu kredit BNI JCB Ultimate, dengan asumsi bahwa alokasi untuk program ini akan memadai. Mengingat skala promosi yang besar (dan karena sudah terlanjur) serta keyakinan saya bahwa perusahaan sebesar BNI gak bakal PHP ke nasabahnya.

Namun pada awal Januari 2024, saya mengetahui bahwa banyak pengguna yang tidak berhasil mendapatkan kuota untuk cashback. Meskipun BNI kemudian menyatakan akan memberikan reward kepada semua penukar sebelum 31 Januari 2024. Namun permohonan saya ditolak, dengan alasan bahwa transaksi saya, yang telah memenuhi syarat (November 2023 s/d Januari 2024), baru bisa ditukar pada Februari 2024. Keputusan ini terasa sangat tidak adil dan mengecewakan.

Pada tanggal 1 Februari 2024 pukul 07:50 WIB, saya coba telepon ke BNI. Akan tetapi baru tersambung pada pukul 08:02 dan dibuatkan laporan untuk redemption spending reward berupa cashback Rp15 juta. Kemudian pada tanggal 7 Februari 2024, ada notifikasi WhatsApp, bahwa saya tidak mendapat alokasi buat spending reward tersebut. Akan tetapi di sosial media, ada nasabah yang telepon pukul 08:11 dan berhasil mendapatkan kuota cashback.

Ini tidak hanya menimbulkan kerugian finansial bagi saya, karena saya telah beralih dari kartu kredit lain dan juga telah membayar biaya tahunan yang tidak bisa dihilangkan. Namun juga merusak kepercayaan saya terhadap BNI.

Saya memahami bahwa BNI memiliki hak untuk mengubah syarat dan ketentuan. Namun saya berpendapat bahwa perubahan tersebut harus dikomunikasikan secara jelas dan transparan kepada nasabah. Jikalau memang BNI tidak siap dengan membludaknya pendaftar kartu kredit BNI JCB Ultimate, seharusnya dari awal bulan November sudah di-closed saja untuk penerbitan kartu kredit baru. Bukannya seenaknya sendiri merubah syarat dan ketentuan. Kegagalan untuk melakukan hal ini telah menyebabkan kekecewaan dan kerugian konsumen.

Oleh karena itu, saya mengharapkan BNI untuk mengambil tindakan yang adil dan bijaksana untuk menyelesaikan masalah ini dan memenuhi komitmen yang telah dibuat kepada nasabahnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hari Prasojo
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Program Spending Reward BNI JCB Ultimate yang Merugikan dan Tidak Konsisten

  • 24 Februari 2024 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Senasib bro saya juga kena prank program BNI JCB Ultimate ini

    https://mediakonsumen.com/2024/02/17/surat-pembaca/kecewa-dan-merasa-kena-prank-kartu-kredit-bni-jcb-ultimate

    Satu atau dua hari setelah keluhan ini saya tayangkan di Media Konsumen pihak BNI menghubungi saya via telfon dan menyampaikan bahwa mereka sudah membaca keluhan ini dan nanti akan ada staff bersangkutan yang akan menghubungi saya kembali.

    Lalu tanggal 19 Feb 2024 saya menerima email dari BNI (bnicall@bni.co.id) dengan info

    Pengaduan Bapak/ Ibu adalah sebagai berikut:
    No Tiket 2-00021270442
    No Account / No Kartu 356768****13
    Status Open
    Tanggal Open Tiket 19/02/2024 8:31:33
    SLA 5 HK

    Pengaduan Bapak/ Ibu telah kami selesaikan dengan data sebagai berikut:

    Tanggal 22 Feb 2024 ada email kembali menyatakan Ticket CLOSED padahal tidak ada yang menghubingi saya sama sekali.

    No Tiket 2-00021270442
    No Account / No Kartu 356768****13
    Status Closed
    Tanggal Close Tiket 22/02/2024

    Membingungkan. Ada case open lalu dia close dengan sendirinya tanpa tindakan apa-apa.

  • 5 Maret 2024 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Sama om, kemarin di telp katanya hasilnya tetap gak dapet. Padahal pas telp CS waktu penukaran spending reward bilang nya eligible. Spending reward jadi kaya lotere gini ya? Untung – untungan, bisa di laporin ga sih ini??
    Buat class action gimana ya?
    Di rugikan gini sama promo nya BNI

  • 20 Maret 2024 - (15:07 WIB)
    Permalink

    sampai sekarang belum ada tanggapan dari pihak BNI, sekelas top 4 bank BUMN di indonesia bisa seperti ini, parah sekali

 Apa Komentar Anda mengenai Promo kartu kredit BNI?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Program Spending Reward BNI JCB Ultimate yang Merugikan dan Tidak Kons…

oleh hari prasojo dibaca dalam: 2 menit
6