Merasa Tertipu untuk Bayar Asuransi Chubb dari Kartu Kredit BCA

Saya terima tagihan kartu kredit BCA melalui email, yang biasa dicetak dan dikirim tanggal 19-an setiap bulan, tapi tidak langsung saya buka dan cek. Tanggal 22 Februari 2024 malam saya baru lihat tagihan dan ternyata ada tagihan dari Cigna. Saya sampai berpikir, tagihan apa ini? Perasaan saya gak pernah daftar asuransi.

Namun memang pernah ada telepon dari asuransi (yang entah kapan, karena sudah lama banget), nawarin asuransi promo diskon RS, promo apalah, blablabla. Katanya, “Nanti dikirimin penawaran dan polisnya. Ibu bisa lihat-lihat dulu, kalau ibu berkenan kita kirimkan dulu aja. Preminya bisa dibatalkan kapan aja“. Entahlah apa saja yang dikatakan, saya juga sudah lupa. Ya sudah, saya bilang boleh saya lihat dulu. Namun saya tidak terima polis atau penawarannya, saya juga sudah lupa. Tiba-tiba bulan Februari 2024 muncul tagihan Rp406 ribu dari Cigna.

Tanggal 23 Februari 2024, saya telepon ke Halo BCA. Saya bilang saya gak merasa mendaftarkan diri ke asuransi ini, kok bisa ada tagihan ini? Saya gak mau bayar dan saya juga gak mau ditagih lagi. Karena itu tagihan tanggal 26/1, pasti akan muncul lagi di 26/2. Oke pihak Bank BCA mengajukan pembatalan. Saya minta nomor telepon Cigna, dikasih 2 nomor yang bisa dihubungi: 02130481930 dan 02130505555. Saya coba hubungi keduanya, tapi tidak ada jawaban dan tidak dapat dihubungi. Saya coba beberapa kali, masih begitu. Ya sudahlah, saya pikir BCA sudah proses.

Eh ternyata tanggal 26 Februari 2024 masuk lagi tagihan itu. Tanggal 27 Februari 2024 pukul 8 pagi, saya dihubungi oleh Cigna, katanya ada pembatalan polis. Ya saya bilang, saya gak merasa daftar. Kalau telepon memang pernah ada, tapi saya merasa tidak terima polis. Namun katanya “Sudah diterima sama ibu sendiri”. Kurir ya memang biasa tulis diterima sama penerima langsung, padahal saya jarang terima atau ambil paket, pasti sama pegawai.

Harusnya kalau sudah dikirim, pihak asuransi juga telepon kembali, tanya “Polisnya apakah sudah diterima? Ibu berkenan bersedia melanjutkan asuransinya? Blablabla“. Kalau saya jawab bersedia, ya sudah silakan diproses, saya setuju, boleh jalankan dan tagih. Ini saya sama sekali tidak merasa menerima polis dan tidak menyetujui untuk bergabung dengan asuransi, kenapa tiba-tiba ditagih? Saya merasa ditipu.

Saya tidak mau bayar asuransi yang sudah ditagih itu, tapi jawabannya “Maaf ibu, yang sudah ditagihkan tidak bisa dikembalikan dananya. Nanti sifatnya pengajuan, ibu akan dihubungi oleh pihak kami”. Saya tunggu seharian, tapi tidak dihubungi.

Akhirnya saya coba telpon ke Halo BCA, tapi jawabannya “Ibu harap hubungi ke bagian asuransinya, tunggu jawaban baru hubungi ke BCA lagi”. Kesal ya, dibolak-balik aja.

Saya minta bantuan Media Konsumen untuk komplain ke BCA dan pihak asuransi Cigna/Chubb. Saya minta pertanggungjawaban dan pengembalian dana tagihan asuransi saya, yang tidak saya setujui secara langsung. Hanya dengan tawaran untuk melihat dulu penawaran detail asuransi, ternyata langsung diproses/ditagih tanpa konfirmasi ulang.

Saya minta dana yang sudah ditagihkan ke saya sebesar 2 x Rp406 ribu itu dikembalikan atau dikreditkan kembali ke kartu kredit saya. Jangan asal tagih dan memaksa orang bayar. Saya benar-benar merasa ditipu.

Harap berhati-hati dengan asuransi yang ditawarkan melalui telepon. Kita jawab setuju atau boleh, maka mereka langsung proses dan tagih seenaknya saja. Ini penipuan secara tidak langsung. Kalau tidak sadar atau tidak cek tagihan, ya bayar asuransi aja terus di tagihan.

BCA kerja sama dengan Cigna dan Chubb, sehingga data kita terkoneksi dan bisa langsung proses tanpa harus ada tanda tangan. Minimal ada konfirmasi ulang kalau sudah terima polis dan bersedia diproses atau tidak?? Ini tidak ada sama sekali. Cuma awalnya penawaran dan bersedia dikirim, ternyata otomatis langsung diproses. Aneh, saya merasa ditipu dan diperdaya oleh kata-kata bersedia atau setuju. Menawarkan untuk dilihat dulu detail dan bersedia atau setuju dikirim, bukan berarti bersedia ikut serta.

Sebelumnya saya memang pernah mendaftarkan asuransi gigi di Chubb dan merasa tertipu juga. Awal penawarannya menarik, bisa cabut gigi,t ambal dan bersihin gigi gratis, dalam setahun batas limit Rp10 juta. Ya sudah saya gabung, premi Rp166 ribu/bulan. Sudah berjalan lama hampir 1 tahun, saya baru mau pakai asuransinya. Ternyata baru tahu kalau ternyata yang ditanggung ada batasannya, hanya bisa tambal 2 gigi, konsultasi dokter 2x, pembersihan gigi 1x dalam 1 tahun. Sisanya kalau darurat kecelakaan, sakit gigi, dll, cabut gigi tidak ditanggung.

Ya percuma, sama saja bohong kalau begitu. Di awal gak dijelaskan kalau ada batasan-batasan itu. Kirain cuma batasan limit aja. Akhirnya saya tutup, meski sudah bayar selama 13 bulan. Ternyata asuransi Cigna dan Chubb itu sama.

Saya tidak mau bayar itu tagihan karena saya tidak merasa mendaftarkan diri secara langsung dan tidak ada konfirmasi ulang. Saya cuma berniat lihat penawaran atau berkasnya dulu, tapi langsung diproses tanpa persetujuan lagi. Saya tidak merasa terima berkasnya, karena yang terima paket selalu mbak saya, ternyata dia taruh di meja kerja dan tertumpuk buku dan barang lain. Saya cari-cari lagi dan kemarin tanggal 27 Februari 2024 baru ketemu.

Terima kasih untuk para pembaca, harap berhati-hati dengan kejadian ini. Semoga dapat segera diproses oleh BCA dan Cigna. Saya harap juga perbaikannya, jangan asal main potong/tagih, dengan alasan penawaran asuransi, coba lihat dulu penawaran kami, tapi tidak dikonfirmasi ulang apakah benar setuju lanjut proses atau tidak. Alasannya: Kalau tidak berminat, ya kakak bisa batalkan kapan saja Ya kalau saya ingat pernah ditawarkan dan kalau saya lihat polisnya. Namun saya gak lihat polisnya dan sudah lupa kalau ada penawaran itu, tiba-tiba muncul biaya asuransi di tagihan kartu kredit saya.

Meilianawaty
Bandung, Jawa Barat


Update (21 Maret 2024): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Bank BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Merasa Tertipu untuk Bayar Asuransi Chubb dari Kartu Kredit BCA”

Perihal: Tanggapan PT Chubb Life Insurance Indonesia untuk Surat Pembaca a.n. Meilianawaty Yth. Redaksi MediaKonsumen.com Di Tempat Melalui surat ini,...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Merasa Tertipu untuk Bayar Asuransi Chubb dari Kartu Kredit BCA

  • 3 Maret 2024 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Emang udeh terkenal penipu itu asuransi, klo sampe keangkat, jgn sampe sebut “iya”,.. bisa hamsyong sudah.. 😅

    • 3 Maret 2024 - (16:14 WIB)
      Permalink

      “Ini direkam kan? Saya akan jawab TIDAK, TIDAK dan TIDAK”, Begitu jawab saya kalau si penelepon sudah bicara bla bla bla. Sampai dia akhiri sendiri

      • 5 Maret 2024 - (06:36 WIB)
        Permalink

        Ini chubb asuransi MERUGIKAN saya banget. Saya sudah mengajukan pemberhentian tetapi tetep masih terpotong juga… Giliran masukin orang gampang banget maen rekam jadilah… Giliran nasabah mau tutup keanggotaan berbelit2.
        Hati hati kawan untuk menerima telp dari no yg tdk dikenal khususnya telemarketing chubb asuransi

  • 3 Maret 2024 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Begitu angkat telp penawaran asuransi,sigap saja jawab maaf tidak bersedia walaupun dirayu minta waktu cuma 5 menit, bilang saja maaf tdk bersedia dan minta tdk menghubungi lagi.

    • 4 Maret 2024 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Sy jg pemili CC BCA sering dihubungi pihak Asuransi, Paket Wisata Dll..
      Sy selalu jawab Tidak Tertarik..
      Yang Anehnya,itu Orang Dapat Nomor Telepon saya dari Mana ??
      Apakah bekerja sama dengan CC BCA ??
      Karena Bpk ini langsung dapat Tagihan dr CC BCA..

  • 3 Maret 2024 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa sebagai Nasabah BCA, kok bisa bisanya kerjasama dengan asuransi yang kinerjanya seperti. Artinya data kita diserahkan ke pihak ketiga. Fix.
    Pernah juga saya ditawari suatu asuransi (asu lain) via telepon, saya menolak dan bilang “Yang berhak menghubungi saya hanya keluarga, teman atau yang berhubungan dengan bisnis dan pekerjaan saya”. Jawabannya, “Kami berhak karena anda Nasabah BCA”. Hell Oowh! Siapa yang memberi hak? SMS juga cukup kan?
    Saya langsung ke CS BCA di suatu cabang, saya melarang ditelpon penawaran2 seperti ini, saya tidak memberi hak ke pihak lain. Saya bahkan mengancam tutup akun. Setahun bersih, sekarang mulai lagi, tiga minggu sekali. Yang ada saya maki maki saja.
    Ini juga yang membuat saya tidak pernah mau buka Kartu Kredit, walaupun nasabah sudah jadi nasabah hampir dua dekade.
    Saya harap BCA mempertimbangkan lagi kerja sama dengan CIGNA, nasabah mu jadi korban.
    Untuk TS, semoga ada solusi yang terbaik.

  • 3 Maret 2024 - (17:33 WIB)
    Permalink

    kalau sy pakai aplikasi truecaller, atau klo keangkat, pas denger kata asuransi langsung tutup aja, jangan kasi waktu untuk bicara.

    Ga enakan sama orang, jadi kita sendiri yang repot

  • 3 Maret 2024 - (17:36 WIB)
    Permalink

    hehehe.. istri punya CC BCA, sering juga ditelp tele marketing asuransi, karena no hp jarang ada yg direct telp, biasanya saya yang angkat, sya jawab baik baik.. “ada ibu A” saya jawab “iya saya suaminya, ada perlu apa ya”, “kami dari asuransi AAA mau menawarkan..” “oh asuransi ya, ga usah..” dtanya “boleh tau alasannya?..” sy jawab.. “saya suaminya, saya bilang g setuju ya ga setuju, tidak butuh alasan…” wkwkkwkkwkw

  • 4 Maret 2024 - (02:27 WIB)
    Permalink

    kalo sy sih dpt telp dr asuransi, sy pasti bilang maaf sy tidak berminat, terima kasih. dia masih ngerocos tanya alasannya, atau dia mau menerangkan dulu 2 menit, sy langsung sela lagi, maaf sy tidak berminat dan sy lg sibuk. Terima kasih. dan sy langsung tutup telponnya. Terkesan sombong? Ya, ga apa apa cs asuransi mau menilai sombong/arogan, yg penting sy tidak direpotkan sama hal2 beginian di masa yg akan datang.

  • 4 Maret 2024 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Kalo saya di tlp siapapun tanpa muncul nama, saya tanya langsung tujuannya apa dan darimana ? Kalo asuransi langsung jawab “tidak dulu ya dan terimakasih” Tanpa buang energi dan waktu dan Fyi saja pihak ketiga dari bank itu banyak dan saat buka rekening di bagian bawah ada keterangan bersedia di hubungi rekanan atau pihak bank lainnya dan kita ttd. Makanya kalo ada yang ke jalur hukum dengan delik pencemaran nama baik ya kalah ujung ujung kecele. Tapi kalo ga di ceklist juga kita ga bisa buka rek atau cc. Yah gitulah diindo. Buat mbaknya banyak sabar ya, karena pengalaman musti buang energi sangat kalau mau uangnya kembali. Karena mereka ada masa apa gitu yang 14 hari dari terima polis

  • 4 Maret 2024 - (13:37 WIB)
    Permalink

    saya pake true caller, nomor gak dikenal gak akan saya angkat, kalopun itu penting dan gak keangkat pasti akan berlaih ke nomor wa.. dari situ langsung saya block dari KTA,ASURANSI, PENAWAWAN , DLL..intinya hanya terima dari nomor yang terdaftar di kontak saja, klo gak ada di kontak silahkan WA terlebih dahulu

  • 5 Maret 2024 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Suami saya juga pernah kena. Bank BRI. Padahal suami saya tidak mengatakan “ya”
    Banyak sekali yg komplain lewat IG nya. Tapi beberapa hari kemudian, komentar nya hilang.. Mungkin di hapus 2 in sama admin nya. Kasusnya udah banyak makan korban. Tapi kenapa yaa masih aman2 saja..
    Bahkan di google pun ada pegawai bank yg komplain di penilaian asuransi ini.
    Ke bank pun percuma. Karena pasti disuruh ke pihak asuransi nya sendiri. Karena ketika di telpon ke asuransi nya, lewat bank.. Nomor asuransi nya sibuk.
    Ada yg saldonya dikembalikan, tapi harus terus di kawal di telponin di email terus menerus..
    Bahkan yg sudah ikutan asuransi ini pun komplain tidak bisa di cairkan. Padahal sudah berjuta2 masuk.
    Saran saya, mending dikosongkan saja rekeningnya.

    • 7 Maret 2024 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Saran saya kak..
      Kl ada masalah dengan bank atau dengan pembayaran apapun yg sulit ditangani, ribet, ga selesai2 langsung aja masukan ke media konsumen disertai dengan bukti2 yg ada.minta bantuan media konsumen untuk mediasi dan menyelesaikan masalah yg ga beres2 kl kita hubungin langsung ke mereka..Media konsumen benar2 membantu saya sebagai konsumen untuk menyelesaikan masalah yg seringkali dilempar2,ga beres2..
      Begitu masuk ke media konsumen,mereka langsung gercep menghubungi saya dan membereskan masalah yg kl kita urus sendiri ga jelas kapan selesainya dan harus brp lama..
      Akhirnya langsung beres masalah ini,tinggal menunggu pengembalian dana yg uda dipotong di krt kredit saya..

      Terima kasih media konsumen selalu menjadi mediasi dan membantu masalah saya dengan cepat terselesaikan..
      Semoga kedepannya makin banyak membantu kami sbg konsumen untuk mendapatkan hak kami.

  • 5 Maret 2024 - (12:45 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah ditelepon dari pihak bank biru ini. tidak langsung gamblang menawarkan asuransi, tetapi berkedok “kartu diskon”, yang dimana pada saat itu cukup menarik kalau saya dengar, tapi setelah saya dengarkan sekitar 5 menit, saya curiga karena banyak sekali diskonnya dengan biaya yang sangat rendah per bulan. masa iya bank mau rugi? setelah saya gali2 informasi lagi melalui telepon itu, ternyata yang ditawarkan asuransi. hahahaha. mau lihat polis dulu juga tidak bisa, harus daftar dulu baru bisa keluar polisnya. dengan tegas saya katakan TIDAK dan terima kasih sudah membuang waktu saya. asuransi yang bekerja sama dengan bank umumnya banyak ruginya, saya sudah pernah mengalami dengan gabung di partner bank biru A*A. sudah 7 tahun, dana minus 20%, berbeda dengan proyeksi yang ditawarkan di awal. sudah mendengar juga pengalaman buruk dari teman dan keluarga. sejak saat itu, saya putuskan untuk tidak akan bergabung dengan asuransi yang menggandeng bank.

    • 7 Maret 2024 - (12:46 WIB)
      Permalink

      Nah awalnya seperti itu juga kak..
      Menawarkan diskon buat cek darah,diskon rmh sakit,dll.dapet asuransi blablabla..
      Ya yg membuat tertarik itu bisa diskonnya itu..ktnya mau kirim penawaran,polis..bisa cek n liat dl..tp wkt saya liat polisnya jg ga ada tuh brosur ato keterangan diskon apa2..
      Cm ada polis UP,dll..
      Harusnya ada konfirmasi lagi dong..
      Telpon lagi tanyakan gimana kak?uda terima polis..bersedia kita lanjutkan proses asuransinya ato gmn..
      Ini ga ada telpon lagi..
      Tiba2 muncul aja tagihan,pdhl saya ga merasa uda terima polis..yg terima pegawe..taruh diatas meja kantor,dan tertumpuk sama dokumen,buku,dll..jd ga tau kl itu polis yg dikirim..

      Ya berhati2 dengan penawaran manis..

    • 7 Maret 2024 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Benar kak..kdg kita hrs tegas..meskipun kasian mrk bekerja seperti itu, tp mau bagaimana lagi..drpd jadi masalah kedepannya buat kita..

    • 7 Maret 2024 - (12:39 WIB)
      Permalink

      Kl mereka kerjasama sama bank.mereka tidak perlu minta data kartu kita..otomatis dengan kita berkata ya,setuju,boleh..dianggap langsung otomatis bergabung dan diproses..

  • 22 Maret 2024 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Kenapa kasusnya sama dengan saya. Saya heran dengan tagihan kartu kredit saya. Kenapa ada tagihan dari CIGNA. setelah saya cari tau. Ternyata ini asuransi.
    Sejak kapan saya ikut asuransi ini. Dan herannya ternyata sudah lama masuk ke tagihan KK saya. 🤦 Baru menyadari ada tagihan asuransi Cigna. Gila sih…. Saya gk merasa pakai asuransi ini. Harus gimana saya? Bagaimana cara membatalkan asuransi nya?

 Apa Komentar Anda mengenai Telemarketing Asuransi Chubb?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu untuk Bayar Asuransi Chubb dari Kartu Kredit BCA

oleh Meilianawaty dibaca dalam: 4 menit
22