Kredivo Tidak Kooperatif dalam Menyelesaikan Masalah  Pembayaran Transfer QR yang Tidak Diterima Pihak Merchant

Pada tanggal 26 Januari 2024, saya membeli sparepart kendaraan dengan metode pembayaran scan QR (rek Bank BCA) melalui aplikasi Kredivo dan status berhasil, tetapi dana yang saya transfer tidak masuk di rekening pihak merchant, sehingga saya menunggu sampai sore sambil melaporkan kendala tersebut melalui live chat Kredivo, dan diinformasikan bahwa status berhasil namun tidak terverifikasi pihak merchant.

Karena menunggu 4 jam sampai sore dana tidak diterima pihak merchant, lalu saya membayar cash untuk transaksi tersebut. Kemudian saya membuat laporan dengan mengirim email dan live chat sesuai panduan CS untuk mengajukan pembatalan transaksi dengan melampirkan bukti transfer dan faktur pembelian, dan mendapat balasan sudah dibuatkan nomor laporan dan menunggu selama 10 hari kerja untuk proses pengecekan dan akan dikirimkan notifikasi melalui email apabila laporan selesai.

Saya secara berkala menanyakan laporan saya melalui email dan live chat karena tagihan masih muncul sampai tanggal jatuh tempo pembayaran, oleh pihak CS diinformasikan agar tagihannya dibayarkan dulu, setelah laporan selesai akan dilakukan pengembalian dana dan masuk ke dana lebih di aplikasi Kredivo.

Setelah satu bulan menunggu, saya menanyakan kembali melalui email dan live chat Kredivo dan tiba-tiba dijawab dengan memutar balikkan fakta dengan jawaban berdasarkan hasil pengecekan tim Kredivo saya sudah menerima barang tanpa mengganti metode pembayaran maka disarankan untuk konfirmasi kembali ke pihak merchant, padahal di awal pengaduan saya sudah sampaikan dengan melampirkan bukti transaksi bahwa saya akhirnya membayar cash karena pihak merchant tidak menerima dana yang saya transfer melalui Kredivo.

Saya menanyakan secara berkala melalui WA dan surat ke pihak merchant dan pihak merchant sudah menanyakan ke Pihak Bank BCA secara berkala dan tidak ada dana masuk yang saya transfer dari Kredivo, sampai saya hampir berselisih dengan pihak merchant karena saya kejar dan menyatakan bahwa dana yang ditransfer dari Kredivo tidak diterima dan pihak Bank BCA sudah melakukan pengecekan.

Kemudian saya menanyakan kembali ke pihak Kredivo dan masih mendapatkan jawaban berdasarkan hasil pengecekan tim terkait dikarenakan sudah menerima barang tanpa mengganti metode pembayaran maka kami sarankan untuk konfirmasi kembali ke pihak merchant.

Saya mengeluhkan tidak jelasnya penyelesaian masalah yang saya hadapi di transaksi QR Kredivo, seharusnya pihak Kredivo yang bertanggung jawab menelusuri sebagai pengirim dana apabila dana yang dikirim tidak diterima oleh pihak merchant sebagai penerima dana.

Pihak Kredivo tidak kooperatif dalam menyelesaikan masalah transaksi QR yang dihadapi oleh konsumen. Mungkin pembaca ada yang pernah mengalaminya bisa berbagi pengalaman.

Terima kasih.

Idris
Cicalengka, Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Kredivo Tidak Kooperatif dalam Menyelesaikan Masalah  Pembayaran Transfer QR yang Tidak Diterima Pihak Merchant

  • 5 Maret 2024 - (23:36 WIB)
    Permalink

    Iya kredivo memang tidak kompeten melayani pelanggan di info transaksi qris sukses saldo berkurang tetapi dana tidak masuk ke merchant saya pernah mengalami sendiri saldo rp 500 rb ilang,dari data transaksi tertera bank penerima atau acquirer,itu yg bikin sulit transaksi sudah di terima merchant atau belum.

  • 9 Maret 2024 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya jangan pakai lagi kredivo, jangan harap dapat pelayanan yg baik dari mereka. Iklaskan aja uangnya dan berdoa jangan sampai orang lain pakai kredivo

  • 9 Maret 2024 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Saya Pernah ngalamin gan , kasus seperti ini
    Dengan Nominal Transaksi 2jt

    Dan posisi saya sebagai merchant bukan customer , Waktu itu sebagai Merchant yang saya lakukan , telpon Halo BCA , dan katanya Transaksi nya Gagal , Lalu saya Minta Bukti Transaksi Gagal nya ke Pihak BCA , Sama dia di proses sekitar 14 hari Kerja , dan akhirnya uang nya langsung masuk ke Rekening saya sebagai pemilik merchant,

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kredivo Tidak Kooperatif dalam Menyelesaikan Masalah  Pembayaran Tran…

oleh idis suta dibaca dalam: 2 menit
3